Selasa, 13 Januari 2015

Asiknya Nongkrong di Perpustakaan Kota Medan

Ada yang suka baca buku? atau sekedar mencari tempat menyendiri yang senyap namun tak sendirian?

haha, kalau ada kita sama. *toss*

Jadi iyah kali ini mau share tempat asik buat di tongkrongin sama anak medan.Yap, tempat itu ialah Perpustakaan Kota Medan. Biasanya sih iyah suka nyingkatnya 'Puskot'

Puskot ini tempatnya deket sama simpang 4 sebelum Gramedia dan dekat Walisongo belakangnya Masjid Aceh Sepakat. jangan tanya rute jalannya sama iyah. karena iyah buta jalan.ckikikik

Sabtu, 10 Januari 2015

Cerita Medan? Cerita Apa tuh?

Cerita Medan

Hey Yo! Apa kabar kelen lek? masik idup kelen kan? jawab la lek!

Woi LEK, Jawab Iyah LEK!

Apa sih iyah.. kesurupan apa nya kau...

Oke,oke. Jadi gini, sebelumnya kan teman-teman semua udah tau kalau iyah itu anak medan. selama ini kan kalau medan terkenal suka kombur-kombur. Nah, kalau ini iyah nemu yang baru, Namanya Cerita Medan .

Bah, Apa pulak ini Cerita Medan, Iyah?

 Cerita Medan ini website gitu loh. jadi kalau temen-temen anak Medan pengen tau apa yang sebenernya terjadi di Medan ini, mulai dari Komunitas sampai gossip (Eh) buka aja website Cerita Medan.  Gak cuma buat Anak Medan, kalau dari luar medan kayak dari pulau jawa, pulau kalimantan, dan kepulauan lainnya yang di pisahkan oleh lautan dengan Kota Kecil beribu cerita bernama Medan, bisa buka Website nya Bang Wahyu ini.

Ha, siapa lagi Bang Wahyu,Iyah?

Abang itu lah yang buat Cerita Medan. jadi doi bikin itu website supaya seluruh jagat raya ini bisa menjadikan Cerita Medan sebagai Kiblat Info Kota Medan.


Beneran isinya tentang Medan? Full gitu Cerita nya tentang Medan?

 Iya lo! Ko bukak la sendiri kalok gak percaya. Bisa di bilang juga ini Portal Medan. Apa saja tentang Medan bisa terhubung disini. Misalnya nih ko carik apa? Rekomendasi tempat wisata? Ada. Mau cari berita bola di medan, PSMS misalnya. Ada. Komunitas di kota medan baik yang di dunia nyata maupun dunia maya? Ada. mau cari seputar inovasi inspiratif oleh orang Medan? ada. Pokoknya semua ada la. Macam di pajak-pajak (baca: pasar) Medan yang suka nanyain "Apa carik kak? Lejing warna-warni? baju bolong samping? Celana da....#skip"

Semuanya tinggal cari di daftar isinya Cerita Medan. kek gini.
Cerita Medan

Nah, sekarang ga usah ribet lagi kalau temen-temen kepo banget soal Medan yang katanya Garang, Kasar dan Seram itu. Setelah kalian membaca Cerita Medan , berubahlah presepsi kelen tentang Medan. Haha.

Udah, kalau di blog iyah ini ga banyak nyeritain Medan. Jadi kalau mau cerita-cerita soal Medan, buka dulu Cerita Medan baru bisa kelen becakap-cakap soal Medan sama Iyah. hohoho.

Udah la. cek ajalah sana. ga usah keasikan di blog iyah. *Ngusir*

Ciao!

5 BENDA WAJIB DALAM LABORATORIUM



Assalamualaikum guys, 

Haloow apa kabar, saya dijahyelloww #skip

Sebentar lagi  1 semester akan usai. Gak terasa men, Iyah seminggu lagi bakalan ujian Semester trus ngeliat IP iyah untuk yang pertama kalinya.ckikikikik
Sehubungan dengan itu, maka Labor-Labor dasar akan iyah tinggalkan. Minggu depan iyah bakalan ujian semua judul praktikum yang bikin kepala botak. Di Lab fisika, Lab kimia dan Lab Biologi. Belum lagi ulah Aslab yang aneh-aneh. Ketika Praktikum seluruh judul itu seluruh praktikan harus cantik-cantik, yang cowoknya pake jas, ceweknya pake Long dress. Asoy.
Setelah ini, selamat datang Labor-labor yang lebih mengerikaaaan~ ulalalaaa

Nah, kali ini iyah mau berbagi apa saja yang harus kamu miliki kalau mau masuk laboratorium.

Rabu, 07 Januari 2015

Cara Nyolong Widget Blog Orang

Hai. kapan ujian? hehe.

Kemaren itu iyah lagi blosing blosing (baca: Browsing) ga jelas gitu. nah, terus iyah lihat ada widget bagus di salah satu web. iyah mikir, wah keren nih kalau di taruh ke blog iyah kali ya. soalnya widget yang mau di ambil itu jam sholat. biasanya nih kalau udah blogwalking dan stalking pasti deh lupa waktu. kelewatan deh sholatnya. hehe

jadi iseng-iseng iyah nyoba ngambil widget dari Eramuslim. Maaf yo mbah, ada yang eike colong dari website mbah..



Jadi gini loh.. CARA MENGAMBIL WIDGET DARI WEB/BLOG ORANG LAIN

Selasa, 06 Januari 2015

#6 Taman Baca Utiyah #1Day1Dream



Dulu sebelum pindah ke rumah sekarang iyah dan kakak iyah punya perpustakaan mini buat anak-anak komplek. Waktu itu rumah iyah yang paling banyak bukunya. sampai-sampai saat iyah masih esde itu perpus mininya udah pake buku folio itu buat bikin daftar keseluruhan buku dan daftar pinjam-kembalinya. dan setiap buku kami labeli dengan kode-kode tertentu.

sejak pindah rumah perpustakaannyanya ga di lanjut. selain susah beradaptasi sama temen yang baru iyah juga bingung dimana tempat perpustakaan mininya. apalagi saat itu kaka iyah di pesatren. mana sanggup ngurus sendiri lala-yeye dan segala macem administrasi  perpusnya.

jadi salah satu impian ini sejalan juga dengan impian mama iyah. sekarang sedang ngoleksiin  buku sebanyak-banyaknya (karena saat pindah banyak yang hilang bukunya). setelah mama iyah selesai sekolahnya, dan iyah sudah mulai senggang kuliahnya, perpustakaan iyah dan kakak iyah bisa di buka kembali Insya Allah...  mungkin dalam jangka 2-3 tahun lagi :D



Senin, 05 Januari 2015

#5 Makkah, Wait for Me #1Day1Dream



Assalamualaikum! Ahay!

Makkah. salah satu tempat yang ada di dalam Rukun Islam. Bagi umat muslim, siapa sih yang gak mau ke tempat suci satu ini? tak terkecuali Iyah.

Untuk mimpi satu ini iyah ga tau kapan target untuk mewujudkannnya. semua umat muslim di duniapun juga memiliki impian ke sini. apakah iyah akan pergi bersama Ayah, Mamak, dan Kakak? atau kah perginya bersama keluarga kecil Iyah nantinya? #Ciye. #uhuk

Yang pasti, hal yang akan iyah persiapkan untuk pergi kesana adalah keimanan yang jauh lebih baik dan mantap. Materi so pasti harus di persiapka. tapi kalau sudah ada materi lalu berangkat ke sana dan jadi perjalanan sia-sia?

Ah, Makkah. tak semudah itu untuk menjadi Haji yang mabrur.

Hari ini gak banyak-banyak prolog mimpi kelimanya. yang penting impiannya Makkah. Makkah. Makkah.

Tujuan dari impian ini untuk mendapat Ridho Allah. bukan supaya pas pulang di panggil "Bu haji! Bu haji!" hehehe.

wassalam! ciao~

Minggu, 04 Januari 2015

#4 Beasiswa S1 #1Day1Dream


Alasan terbesar kenapa banyak orangtua yang menginginkan anaknya masuk ke Universitas Negeri salah satunya adalah masalah Biaya.
Yap.  Pemikiran ini masih bisa iyah terima sampai akhirnya iyah membayar uang kuliah iyah yang pertama.

Kakaknya Iyah dan Iyah satu Universitas. melihat uang kuliah doi yang gak sampe menyebutkan "Jeti" membuat iyah pun merasa minder karena saat Iyah masuk sistem uang kuliah sudah memakai sitem UKT!

UKT alias Uang Kuliah Tunggal adalah pembayaran uang kuliah dengan tidak mensamaratakan seluruh mahasiswanya. di tinjau dari ekonomi keluarganya maka ditentukanlah cocoknya si mahasiswa ini bayar berapa untuk Universitasnya.

dan Iyah dapat yang "ber-Jeti Jeti"

Bayangkan saja sakitnya ketika saudara sendiri tidak begitu berat membebani orang tua. sedangkan iyah di rezim nyaris(dan bentar lagi bakal) krismon harus bayar uang kuliah segitu gede.

kesalahannya karena gak pande "mengolah" data yang di berikan.

Subhanallah... jadi dimana lah kita bisa jujur dan menujukkan jati diri kita yang sebenarnya. berapa banyak orang yang menipu data-data yang di berikan itu.

Jadi iyah mau mengejar beasiswa. tak perdulu dari pemerintah mau pun swasta. kebayakan sekarang beasiswa memberikan syarat dengan menujukkan surat miskin. Huft. bukannya sombong, tapi masih ada banyak orang yang sebenarnnya lebih membutuhkan fasilitas yang di dapatkan jika memiliki surat miskin itu. Sekarang yang iyah kejar adalah beasiswa yang di sediakan oleh fakultas untuk tahun 2015 ini. syaratnya IP harus di atas 3.

Bismillah!

Sabtu, 03 Januari 2015

#3 Hafal Al-Qur'an #1Day1Dream



Ketika Iyah SMP, setiap pagi kami selalu ada setoran hafalan Qur'an. Kelas 1 SMP nyaris semua anak harus bisa menutaskan hafalan Juz 30. Sampai Iyah tamat SMP, hafalan yang iyah pegang Juz 30, beberapa ayat pilihan dan setengah perjalanan di Juz 29.

Namun, ketika SMA semuanya hilang, Iyah mulai rada "bandel" dan gak lanjutin hafalan Qur'an lagi. jangankan nambah. ngulang hafalan enggak. kalau sholat bacaannya gak mau repot. Trikul sudah cukup. kalau di tunjuk jadi imam baru deh bacaannya rada panjang dikit. tapi tetep aja mentok di Juz 30.

Dulu Iyah tidak memiliki ambisi untuk hafal Qur'an karena merasa tidak mampu. Setelah ke klinik tongfang menonton acara Hafidz Indonesia, iyah terkesima. anak sekecil-kecil itu bisa jauh memeiliki hafalan lebih banyak dari Iyah.

Yaiyalah iyah, mereka kan di bimbing orangtuanya, ada pelatihnya...

Nah, justru itu! kalau masih kecil wajar butuh pelatih, kalau sudah besar, sudah lancar baca Qur'an, Masa gak bisa menghafalnya? masalahnya orang yang udah mulai besar ini butuh di paksa.

Belum lagi iyah juga menonton seseorang yang memiliki kekurangan pengilihatan. ya, tuna netra. dan beliau hafal Qur'an mengandalkan Qur'an Braille dan Mp3 Qur'an. Subhanallah!

syukurlah di kuliah ini iyah ikut LDK (Lembaga Dakwah Kampus) ,UKMI. dan Iyah mendapatkan Murabbi. Ke Murabbi lah Iyah bisa menyetor hafalan seminggu sekali.

Hafal Qur'an ini tidak iyah beri target dan juga tak akan iyah katakan semampu iyah juga. seiring waktu berjalan iyah akan terus menambah dan mengulang hafalan serta memahami artinya juga.

Caranya iyah?

Tiada hari tanpa membaca Al-Quran! tidak bisa pegang Qur'an pun minimal mengulang hafalan!
Bismillah!


Jumat, 02 Januari 2015

#2 Menerbitkan Komik (#1day1dream)

Sejak kecil iyah sangat suka menggambar. Tapi iyah gak pernah melihat ada coret-coretan krayon sebagai jejeak tangan masa kecil iyah di dinding rumah. soalnya sejak kecil keluarga iyah udah 4 kali pindah rumah. hehe

menerbitkan komik ini sebelumnya belum terpikirkan sebagi salah satu impian iyah. karena menurut pemikiran iyah dulu kalau yang nyiptain komik itu cum orang jepun dari negara matahari dari timur sono. Tapi pemikiran itu terbantahkan oleh beberapa komikus indonesia yang sudah menembus ranah nasional, yaitu kemenangan Kak Irzaqi yang menjadi juara satu di lomba "Silent Manga" di jepang. dan beliau menang melewati orang jepun nya sendiri.

mulai lah Iyah kepo dengan para komikus indonesia yang sudah menerbitkan komik. iyah pun menemukan kembali Kak Sweta Kartika(Grey&Jingga), Kak Dini Marlina(Bubblepops). Juki Hoki, M. Fajar (Tuti and Friends) dan banyak lagi.

GOD! Mereka bisa kenapa Iyah gak bisa?!

Komik pertama iyah itu adalah komik strip yang iyah buat kelas 4 SD dan di terbitin di Mading Sekolah. sejak itu iyah terus membuat komik strip minimal 2 minggu sekali. sampai iyah tamat SD dan mendatangi SD itu lagi setahun kemudian, komik strip terakhir iyah belum di copot. hahaha.

beranjak SMP, iyah ikut di buletin sekolah Anakita News, lalu iyah membuat kolom iyah sendiri berisi Komik buatan iyah.

Begitu SMA, Iyah kembali memberikan komik iyah ke majalah lokal khusus anak SMA Medan yaitu SMARTMAGZ. Namun majalah ini hanya bertahan 1 tahun, sayang sekali. Sejak majalah ini vakum mulailah iyah kehilangan tempat agar orang membaca komik strip iyah. Akhirnya iyah memposting komik di blog iyah ini. Iyah posting Disini

Setelah di beri banyak wejangan sama banyak orang, mereka menyarankan kenapa iyah ga ikin komik iyah sendiri? tapi jangan di upload dulu. Emang sih kalau di upload belum sleesai lanjutannya iyah bakalan males dan komiknya berhenti saja di tengah-tengah.

Jadi mimpi iyah yang kedua ini adalah menerbitkan komik. iyah memberi ultimatum agar dalam tahun 2015 ini komik yang sudah iyah mulai dengan 2 halaman bisa selesai. Lalu menyelesaikan komik dongeng anak yang di minta buatin untuk buku salah satu TK Medan. Dan semakin rajin menyumbang komik untuk Medan Heritage. Terakhir komik Edukasi tentang Internet dari salah satu lembaga dakwah kota medan.

Ngerjainnya kapan iyah?! apa sempat di tengah-tengah kuliah yang padet?

Pasti sempat, selama ini iyah sadar banyak waktu yang kurang produktif dan malah menghabiskan waktu dengan terlalu banyak tidur,main internet dan ngobrol ga jelas sama temen. 

Haha, ternyata banyak banget yang Iyah tunda di 2014 lalu. semoga dengan program #1day1dream ini sifat menunda iyah itu bisa hilang. Fighting!Fighting! Bissmilah untuk Mimpi #2

Kamis, 01 Januari 2015

Header Baru di 2015!

PREEEEEEEET!!!!!
PREEEEEEEEEEET!!!
*ecek-eceknya suara trompet*

Wohooo 2015!
Setelah setahun lalu Iyah melewati sekelumit kisah yang gimanaaa gitu, pokoknya 2014 lalu cukup berwarna, sebanyak warna yang sering iyah torehkan di atas kertas putih~

Untuk mengawali tahun 2015 ini, iyah pun memberikan perubahan pada blog iyah yaitu, HEADER BARUUU!

ini kali kedua iyah bikin header di blog. sebelumnya kan header blog iyah yang ini.

 nah, untuk 2015 ini iyah mau bikin yang berbeda dengan membuat header blog ngelink. setelah cari-cari berbagai tutorial buat header ngelink, akhirnya iyah tau kalu mau bikin header ngelink itu pake Adobe DreamWeaver.

#1 Menjadi Asistan Laboratorium Biologi (#1Day1Dream)


Ini impian iyah pertama. Kecintaan iyah pada laboratorium membuat iyah ingin jadi asistan laboratorium di fakultas iyah sendiri.

Saat iyah pertama kali melihat asisten laboratorium di Lab dasar biologi, iyah langsung terkesima. dan iyah selalu menangkap dengan jelas apa saja yang di jelaskan oleh para aslab saat membimbing kami ketika praktikum. iyah ingin menjadi seperti mereka!

banyak menghabiskan waktu di laboratorium dan bisa melakukan penelitian. Ide-ide penelitian iyah yang sudah mulai iyah tuliskan setiap menjumpai ide membuat iyah selalu ingin di laboratorium.

iyah tau beberapa kali ketika di uji sama asisten laboratorium saat respon test sebelum praktikum iyah masih sangat kurnag pemahamannya. tapi dengan itu membuat iyah semakin bersemangat saat masuk laboratorium. sejujurnya iyah kurang perduli dengan batas-batas nilai yang harus di capai. yang iyah pahami adalah ketika iyah masuk di lab maka iyah harus ngerti apa yang di praktikum kan di hari itu.

menjadi asisten lab baru bisa setelah semester 5. itu artinya 1 tahun setengah lagi. karena sebentar lagi iyah masuk semester 2. menjadi asisten lab katanya nanti bakal di panggil untuk ikut ujian. dan di calonkan oleh asisen lab sebelumnya. jadi iyah harus menujukkan kredebilitas iyah dan kemampuan iyah selama di laboratorium.

2016 iyah harus menjadi Asisten dari salah satu Laboratorium Biologi. Bismillah!



Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers