Minggu, 23 November 2014

Jurusan S1 Biologi Murni, Mau jadi apa?

"Kalau kuliah di kedokteran nanti jadi dokter, kalau di arsitektur nanti jadi arsitek, kalau di Hukum nanti jadi pengacara. nah di biologi jadi apa?"

Halo para makhuk chordata..

Biologi, adalah salah satu mata pelajaran yang kita dapat sejak SMP. dan saat SD pun, biologi itu sudah ada di pelajaran IPA/SAINS. Saat SMA pun buat yang masuk IPA tentu biologi tidak asing lagi. nah saat di Universitas, kita mengenal adanya Jurusan Biologi Murni. 

Kita selalu berpikir kalau jurusan di bangku kuliah itu adalah jurusan yang langsung menjurus kepada pekerjaannya. misalnya ya kayak kedokteran yang jadi dokter, keperawatan yang jadi perawat, ilmu kebudayaan jadi budayawan, farmasi ya jadi apoteker. sedangkan matematika,fisika,kimia,biologi hanyalah sebuah mata pelajaran atau mata kuliah yang dipelajari untuk mendukung mata kuliah itu. tentu saja di semester satu buat jurusan eksakta akan mempelajari 4 ilmu wajib itu. 

Then, the question is: mau jadi apa Lulusan sarjana Biologi ini?


Mari kita telaah dari arti biologi.

" Biologi adalah ilmu alam yang mempelajari kehidupan dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya.[1] Ilmu biologi modern sangat luas dan eklektik, serta terdiri dari berbagai macam cabang dan subdisiplin. Namun, meskipun lingkupnya luas, terdapat beberapa konsep umum yang mengatur semua penelitian, sehingga menyatukannya dalam satu bidang." -Wikipedia

See? we learn all about this world!

hampir semua aspek kehidupan di pelajari, tentunya bukan setengah-setengah. tetapi secara mendalam.
Tujuan dari jurusan ini tentunya bukan menjadi guru biologi. karena kalo mau jadi guru tentunya yang diambil adalah jurusan biologi pendidikan. sedangkan Biologi Murni ini tujuannya adalah menjadi PENELITI / SCIENTIST.

Suka kepo dengan hal apapun?suka melihat sesuatu sampai detail? suka penasaran dengan fenomena? Nah,maka kamu berpotensi menjadi peneliti.

tapi bukan jadi peneliti hati gebetan ya.

What the meaning and function of scients?

Guys, kita sekarang telah tau bahwa bumi kita sudah semakin rusak. Tidak hanya alam, manusia pun tubuhnya semakin rentan akan penyakit. semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat banyak orang semakin lalai dengan dunia nyatanya. nah, untuk itu di prediksi 5 tahun kedepan para ilmuwan akan di tuntut untuk meneliti serta menemukan inovasi-inovasi baru untuk tetap menjaga keseimbangan bumi ini.

Nah, ini saatnya para peneliti muda harus lahir!

selain itu orang biologi juga dipakai di tim forensik, dipakai didunia industri, dan banyak lagi yang membutuhkan produknya untuk diteliti. ada juga peneliti sekaligus dosen~

sekarang Iyah mau cerita bagaimana Kehidupan Kuliah Di Jurusan Biologi
  
SEMESTER 1-2

Begitu kamu masuk di semester satu, kamu akan mendapatkan matakuliah yang tak jauh berbeda dengan matapelajaran pada jurusan IPA umumnya. kamu bakalan mendapatkan kembali pelajaran Biologi dasar (sudah pasti!), Fisika dasar, Matematika dasar, Kimia dasar,(yang berikutnya kan di singkat dengan Biodas,Fisdas,Madas dan Kimdas). Lalu juga ada mata kuliah PKN,Ilmu Sosial dan Budaya (ISBD) serta Agama yanga hanya di pelajari di semester 1 ini saja.
di sini kamu akan menemukan 3 buah laboratorium yang wajib kamu masuki setiap minggunya. Lab Fisdas,Biodas,dan Kimdas. dengan hari yang berbeda-beda tentunya.

Semester 2 akan ada yang matakuliah yang lebih menjurus. dan kamu juga akan kembali menemuilaboratourium yang berbeda.

SEMESTER 3-4

Di kedua semester ini adalah tahun paling melelahkan (kata senior iyah). karena selain ada 5 lab yang akan di masuki dalam waktu satu minggu, ada juga namanya PL alias Praktik Lapangan. ada PL pantai,PL Hutan, dan PL Malam. di PL inilah uang kamu akan mengalir dengan sederas-derasnya. uang untuk perjalanan,makan,dan alat praktek pribadi. oh iya, saat PL malam, itu artinya kamu akan nginep di kampus. dan besoknya kamu tetap akan ada kuliah di kelas. prokprokprok.



SEMESTER 5-6

Semester ini adalah semester konsentrasi jurusan. kamu akan sedikit terpisah dari stambukmu. karena disini akan ada pembagian lagi. misalnya konsentrasi Mikrobiologi, konsentrasi Ekologi Hewan, Konsentrasi Genetika, Konsetrasi Fisiologi tumbuhan, Konsentrasi Fisiologi Hewan, Konsentrai Fisio dan Eko Hewan, Konsentrasi Kultur Jaringan, dan ada beberapa konsentrasi lagi. sesuai dengan minat kamu saja.
oh iya, di tahun ini kamu akan menjadi kakak asuh dari junior yang baru masuk. kamu akan dimintai bahan dan pertolongan oleh Maba yang akan beradaptasi dengan kerasnya dunia biologi.serta kamu kalau cerdas,dan ceria (hehe) kamu bisa menjadi Asisstan Laboratorium (Aslab) yang kece badai.

SEMESTER 7-8

Tahun ke empat adalah tahun dimana kamu muali menyusun penelitian. dan kelas-kelas serta lab-lab yang kamu gagal di semester-semester sebelumnya, silahkan mengulang di tahun ini pula. yang masih jadi aslab ya tetap jadi aslab.

pokoknya di tahun keempat ini menentukan mau cepat tamat atau masih nyaman guling-guling di laboratorium universitas sih. hehehe.kalau sudah tamat ya bakalan punya lab yang lebih keren dong ya.


kayaknya ini saja yang iyah masih pahami dari jurusan iyah sendiri, sampai sekarang walaupun iyah mudah-mudah susah menghadapi kerasnya hidup di alam liar biologi ini, iyah tetap suka karena benar-benar iyah banget. Biologi menutaskan kekepoan iyah serta bisa menjadi penyaluran ide-ide iyah yang rada aneh. hehehe

sudah deh, tulisan ini khususnya buat para calon mahasiswa yang pengen masuk Biologi tapi bingung Jurusan S1 Biologi Murni, Mau jadi apa? . Semoga sudah terjawab ya... Wassalam! salam biologi, Pencinta alam!

UPDATE: Merespon banyaknya pertanyaan terkait jurusan biologi Iyah membuat tulisan baru silahkan lihat di : Frequently asked-jurusan biologi

54 komentar:

  1. ayoo ambil kultur jaringan iyahhhhhhhhh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. siip,saran di pertimbangkan bg /o/

      Hapus
  2. Wah kuliah dimana mbak?
    Dulu aku mau milih biologi juga loh. tapi ga dapat restu dari ortu huhuhu

    BalasHapus
  3. Di Universitas Sumatera Utara kak, Loh..kenapa gak di restuin kak? :(

    BalasHapus
  4. Kan kak kalo pendidikan biologi bisa kerja / jadi guru.. nah kalau biologi ini nanti pas udah wisuda bisa kerja apa aja kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyaak! yang pasti intinya di laboratorium. bisa di industri makanan,di LIPI,di BPOM, badan forensik kepolisian, atau pengembangan obat-obat, identifikasi tumbuhan banyak sekali :)

      Hapus
    2. assalamualaikum . mba skrg kuliah semester brp atau sudah kerja ? saya ingin sekali masuk biologi murni

      Hapus
  5. Kak, syarat2 diterima di fakultas biologi apa aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak buta warna yang paling jelas, yang lain kalau ikut ujian Insya Allah lulus :D

      Hapus
  6. Anonim4/23/2016

    Kak, kalo untuk biaya kira2 sbesar apa ya kak yg dibutuhkan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur untuk biaya kuliahnya sebenarnya tidak besar. tapi kalau untuk sample (bahan praktikum) untuk ke lab itu yang besar. dalam sebulan bisa rogoh kocek ratusan ribu

      Hapus
  7. Anonim5/08/2016

    Kak aku insyaallah mau ngambil bio murni jg, tp aku takutnya gini lho kak pas di sma aku tuh kayak bisa2 enggak gitu,apalagi misal materi tumbuhan yg ngejelimet itu -.-" tapi aku tetep suka sama bio, yg aku takutnya aku bakal keteteran gitu pas kuliah kak :( menurut kk gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di biologi semuanya di jelasin dengan detail, jangan takut ada hal-hal yang ngejelimet. karena diajarin dari dasar. justru yang kita bingung di SMA di lurusinnya saat kuliah

      Hapus
  8. Kak kalau di biologi murni bisa jadi guru juga gak?
    Dan pekerjaan untuk lulusan biologi di medan peluangnya besar gk kak?

    BalasHapus
  9. Kak kalau di biologi murni bisa jadi guru juga gak?
    Dan pekerjaan untuk lulusan biologi di medan peluangnya besar gk kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, nanti setelah tamat ambil akta4 nya. mau pendidikan dan non pendidikan bisa jadi guru sekarang. tapi kalau biologi murni belajarnya lebih luas. jadi mau masuk ke seluruh perusahaan yg ada bagian riset dan penelitannya bisa

      Hapus
    2. Terus Kak,kira² di semester ke berapa kita bisa kuliah sambil kerja?

      Hapus
    3. Terus Kak,kira² di semester ke berapa kita bisa kuliah sambil kerja?

      Hapus
    4. Semester 5-6 jadwal Labnya tidak terllau padat apalagi sudah bisa jadi Asistan Lab (dan beberapa Lab khusus asistennya di beri gaji). sudah bisa ngajar privat maupun melamar jadi tentor ke beberapa kursus :)

      Hapus
  10. Terimakasih ats infonya ya kak iyah :-)

    BalasHapus
  11. Terimakasih ats infonya ya kak iyah :-)

    BalasHapus
  12. Ada isu isu kalau akta 4 gk berlaku lg. Bener gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Isu kan? ya aku juga ga bisa bilang bener atau enggak hehehe

      Hapus
  13. kak, selama kakk kuliah di usu, biaya utuk kebutuhan perkuliahan kakak dalam sebulan mencapai berapa uang kak ? baik itu untuk praktikum, tugas dll. kecuali ukt.

    BalasHapus
  14. Kak sekarang udh semester brapa? Bisa mnta id line ga ka bwt tanya ttg jurusan biologi. Mkasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih sems 4 kok. boleeh boleeh silahkan idline: mahdiyyahardhina

      Hapus
    2. Kak bagi id line nya donggg

      Hapus
  15. kak selama kakak kuliah , pengeluaran kakkak selama sebulan berapa kak ? baik untuk biaya tugas dll.

    BalasHapus
  16. Ka kalau biologi murni itu ada praktik kaya bedan hewan ngga ? Terus gimana caranya supaya engga keteteran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dong, banyaaaaaak malah. ga bakal keteteran, jalanin aja dengan niat :)

      Hapus
  17. kak saya lulus sbmptn biologi usu. kira" apa saja yang harus saya persiapkan untuk menjalani perkuliahan di jurusan yg kata org tersibuk di usu itu ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mental, siap fisik, siap duit :D

      Hapus
  18. kak mau tanya,saya pas sma nya jurusan ips jadi nggak tau banyak tntang biologi.tapi saya kuliah mau ambil mipa bio.kira"bakalan keteteran nggak ya sama materinya kak? takut nggak paham nantinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok temen Iyah yang dri jurusan ips masuk di biologi. dia sekarang malah jdi fokus ke bidang serangga. keren euy.

      Hapus
  19. kak mau tanya,saya pas sma nya jurusan ips jadi nggak tau banyak tntang biologi.tapi saya kuliah mau ambil mipa bio.kira"bakalan keteteran nggak ya sama materinya kak? takut nggak paham nantinya.

    BalasHapus
  20. Kak kalau masuk di bio murni itu pakai tes wawancara ngak sih kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung universitasnya. sepanjang Iyah tau gaada yang pake tes waswancara.

      Hapus
  21. Anonim7/15/2016

    thank's for imfonya ka...

    BalasHapus
  22. Nanti kan di semstr 6 akan ada penjurusan lgi.
    Nah sekiranya bisa dikash penjelasan nya dong kak, tentang masing" penjurusan di biologi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, saran di tampung. nanti aku buat postingannya! terimakasih!

      Hapus
  23. Kak aku anak biologi smtr 2 di um. Aku sempat berat hati kak masuk jurusan ini :(

    BalasHapus
  24. kak, mau nanya nih...
    kalau waktu semester 5-6 kan ada yang lebih dijurusin lagi tuh, itu maksudnya gimana sih? dijurusinnya kayak masuk sma ipa ips gitu? itu cuma boleh masuk salah satu aja atau gimana sih? itu ngaruh gak buat kedepannya kalau mau cari kerjaan?
    maaf nih kak nanyanya banyak banget.. hihihi..
    makasih kak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. penjurusannya berdasarkan mata kuliah pilihan yang kita ambil. Ngaruh dong buat cari pekerjaan. kan soft skill masing-masing bidang berbeda-beda :)

      Hapus
  25. Kak aku mau tanya.. Klo mau jadi dosen biologi murni, kita ambilnya apa?

    BalasHapus
  26. Kak aku mau tanya.. Klo mau jadi dosen biologi murni, kita ambilnya apa?

    BalasHapus
  27. kak, jurusan biologi murni sama sith beda ga?

    BalasHapus
  28. kak, kata orang prospek kerja peneliti di indonesia itu kurang dihargai, saya jadi bingung kak sebenernya saya mau jadi peneliti tapi katanya gajinya bakal kurang...

    BalasHapus
  29. Universitas Gunadarma menyediakan berbagai jurusan dengan akreditasi A BAN-PT.
    Bagi kalian yang mencari beasiswa full, Universitas Gunadarma juga menyediakan beasiswa untuk berbagai jurusan loh.Ayo dicek ! :)
    Universitas Gunadarma
    Kemahasiswaan Gunadarma

    BalasHapus
  30. Kak kalau kita selesai wisuda dengan biologi murni nah tidak lanjut akta 4 karna misal akta 4 sudah tidak berlaku dll apakah kita bisa menjadi seorang pengajar juga .. Atau gimana :( bingung dengan biologi murni atau pendidikan biologi ..makasih kak

    BalasHapus
  31. terima kasih infonya, semakin tau tentang jurusan ini,semakin penasaran dan semoga di tahun ini saya lulus sbmptn di unsoed jurusan biologi murni.

    BalasHapus
  32. kak bener gak sih klw lulusan bio murni susahcari kerja?

    BalasHapus

You word can change the world! you can left a comment on my post :)

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers