Sabtu, 10 Januari 2015

5 BENDA WAJIB DALAM LABORATORIUM



Assalamualaikum guys, 

Haloow apa kabar, saya dijahyelloww #skip

Sebentar lagi  1 semester akan usai. Gak terasa men, Iyah seminggu lagi bakalan ujian Semester trus ngeliat IP iyah untuk yang pertama kalinya.ckikikikik
Sehubungan dengan itu, maka Labor-Labor dasar akan iyah tinggalkan. Minggu depan iyah bakalan ujian semua judul praktikum yang bikin kepala botak. Di Lab fisika, Lab kimia dan Lab Biologi. Belum lagi ulah Aslab yang aneh-aneh. Ketika Praktikum seluruh judul itu seluruh praktikan harus cantik-cantik, yang cowoknya pake jas, ceweknya pake Long dress. Asoy.
Setelah ini, selamat datang Labor-labor yang lebih mengerikaaaan~ ulalalaaa

Nah, kali ini iyah mau berbagi apa saja yang harus kamu miliki kalau mau masuk laboratorium.

1.       Jas Laboratorium
Jas Lab ini sungguh sangat penting. Saking pentingnya,jas lab ini ga bakal pernah ditinggal. Selain menujukkan bahwa kita adalah Praktikan yang sedang praktikum, Jas lab yang berwarna putih akan melindungi serta menjukkan dengan jelas kalau ada sampel atau zat-zat kimia yang keciprat ke arah kita. Kalau sudah pakai Jas Lab ini rasanya keren. Biasanya kalau pulang nge-lab dan Jasnya Cuma Iyah sampirkan di tangan, di jalan bakalan di sapa orang gini “Bu dokteeer” hehehehe.
Laboratorium dasar

2.       Masker
Masker Ini berguna agar kita tidak menghirup zat-zat yang dapat menggangu organ dalam. Misalnya zat asam pekat. Kalau sudah dekat-dekat ke lemari asam, biasanya masker kurang cukup. Di balik masker harus di lapis 2 lembar tissue lagi. Mungkin rasanya bakalan sesak napas tapi untuk sementara aja. Ga papa sesak napas,dibandingkan terkena resiko besar dari dampak kontaminasi zat nya? Paling parah akibatnya bisa mandul. HIY.
Laboratorium dasar

3.       Sarung tangan
Sarung tangannya bukan sekadar sarung tangan kain kayak yang lagi ngetren bagi pengendara sepeda motor. Bukan pula sarung tangan chibi-chibi yang di pake sama cosplayer. Tapi sarung tangan plastik kayak yang di pake dokter-dokter itu lo. Dan sedihnya tiap habis di pake sarung tangannya wajib langsung buang. Duh sayang. Tapi tentu ada juga bahayanya kalo ga pake sarung tangan, memang belum ada sih yang tangannya melepuh kena zat kimia akibat kesalahan prosedur, tapi temen iyah sudah ada yang tangannya bebercak hitam seperti kena tinta pulpen tapi ga bisa hilang. Katanya ga sakit, trus ga ada timbul reaksi dari kulit kayak gatal ataupun panas. Dan dia kayak menyatu rata dengan kulit. cap hitam kayak ketumpahan tinta pulpen itu belum bisa hilang. Syukurlah iyah selalu pake sarung tangan. #IYAHSIANAKBAIK
Laboratorium dasar
4.       Tissue
Perbedaan anak eksak dan non eksak adalah bagaimana jawaban mereka saat kamu minta tissue. Kenapa tissue jadi barang penting, karena anak eksak identik dengan kebersihan. Karena kalau kotor, atau keringatan, bisa-bisa hasil penelitiannya gagal deh. Gitu.

5.       Buku penuntun dan buku catatan
Tanpa adanya buku dewa ini, para praktikan akan bingung tujuan dan prodesur dari percobaannya. Walaupun sebenarnya ketika mau masuk labor, praktikan harus wajib hafal alat,bahan serta prosedurnya. Lalu selama praktikum berlangsung maka praktikan akan aktif mencatat seluruh hal yang terjadi saat praktikum. Mulai dari hal penting sampe ga penting.

Itu sih benda-benda yang penting untuk keselamatan kita di laboratorium. Yang lainnya sih seperti sampel percobaan, kalkulator,kartu absen, dan lainnya tergantung peraturan bawaan dari lab tersebut. Oke deh. Selamat nge-lab. Selama praktikal seluruh judul, hahahahahaha
Botaaaaak! Dah,botaaaaaaakkk! #stres

0 Responses:

Posting Komentar

You word can change the world! you can left a comment on my post :)

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers