Selasa, 08 Desember 2015

LIGA BLOGGER INDONESIA 2016 I'M IN!

LIGA BLOGGER INDONESIA 2016 I'M IN! - Pertama, saya salah satu wanita yang suka olahraga. Suka main futsal tapi ga suka ngikutin pertandingan sepakbola yang rame di televisi. Sebagai seorang Blogger yang masih labil, membaca tulisan LIGA BLOGGER INDONESIA membuat hasrat penasaran saya tergelitik. Saya pun kepo.

Liga Blogger Indonesia 2016, LBI, LBI musim ke 4
Selamat bertanding di LBI Sahabat!


Lalu saya membuka blog ligabloggerindonesia.blogspot.co.id dan lagi-lagi mata saya tergelitik melihat 'klasemen'. wuidih, pertandingan olahraga nih dalam pikiran saya.

Karena saya suka tantangan dan hal yang unik, jadi walaupun belum ngerti betul sistem LBI ini saya join aja. Nambah pengalaman, nambah kawan plus makin eksis.

Daaaan saja pun dijebloskan oleh pihak berwajib dalam liga ini ke grup A dengan urutan nomer 3. Dan saat saya lihat lagi nama-nama peserta lainnya, yaelah ternyata rame dari anak-anak BLOGM. Iya, saya juga taunya LBI ini dari grup BLOGM.

Yang saya lihat dari LBI ini seperti pertandingan persahabatan sih. Ajang silaturrahminya para blogger. Bisa blogwalking, canda-candaan sampai mana tau ada yang jodoh-jodohan *eh. Intinya di bawa asik aja vroh.
Liga Blogger Indonesia 2016, LBI, LBI musim keempat, babak kualifikasi

Biasanya yang namanya pertandingan itu ada hadiahnya. Etdaaah boro-boro mikirin hadiah, Bisa ngikutin kegiatan ini saja sudah membuat saya cukup bangga. Biasanya saya update blog itu seenak udel. kapan ada waktu, kapan ada ide. dan kapan mood. Iya saya labil.

Kepengennya sih hadiahnya duit sesuatu yang bikin ada kenangannya gitu. Bisa dalam bentuk digital maupun dikirim dalam bentuk nyata. Atau hadiahnya (kalo sponsornya banyak) para finalis dikumpulkan dalam satu kota dan ada acara puncak gitu. Wuih, ngebayanginnya aja saya ngerasa itu keren. Secara kan udah keempat kalinya LBI ini digelar. Oh iya, sebenarnya saya ga tau sih yang tahun lalu apa hadiahnya. Sepertinya saya kurang kepo untuk urusan begini.

Kalau nanti ajang ini telah berakhir (woi, kualifikasi aja belum selesai!) dan entah saya menang atau tidak, semoga pertemanan para blogger di ajang ini tak sebatas saat Liga berlangsung saja. Berikutnya tetap saling berkomentar satu sama lain, beramah tamah.....

Oh iya, maunya di tahun berikutnya acara ini lebih gencar lagi promosinya. Biar nyaris seluruh blogger indonesia tau LBI ini. kalau bisa sampai negeri jiran juga ikut. Saya aja kalau teman-teman komunitas gak heboh bicarain ini mungkin saya ga tau.

Oke, sekarang saya siap bertanding dengan sahabat-sahabat baru saya!
Sun sayang,

Senin, 07 Desember 2015

Harris J, Nafas Segar Dunia Musik Islam

Assalamualaikum, Alaikum yeah!



I just wanna spread love and peace
And all of my happiness

Salah satu musik yang saya gemari adalah musik romace, mellow. Di luar lagu-lagu cadas yang mungkin kebanyakan orang akan shock dan mengatakan jenis musik itu tidak cocok untuk saya. Yaaah, mau gimana lagi selera kan ga bisa disamaratakan hehe. Selain itu saya menggemari lagu nasyid.

Nasyid, musik islam sudah pasti di benak orang-orang. Nah, bagaimana kalau nasyid di bawakan dengan lirik yang gaul abis dengan musik pop modern layaknya musik yang umum pada saat ini? namun tentu musik nasyid isinya mengingat Allah dan RasulNya serta ke arah motivasi dan perbaikan diri seorang insan manusia.

Suatu ketika saya yang biasanya jarang membuka televisi, saya membuka televisi dan ada acara di RCTI yaitu Music of the day. Dan tersebutlah nama Harris J. Awalnya saya ga gitu respek dengan bocah berpaikan gaul dan gayanya rada ngehe di atas panggung. Biasa aja, artis baru muncul lagi begitu pikir saya. Namun ketika di acara itu ada permainan 'Sambung Ayat' (walaupun saya tidak suka ayat Al-quran sebagai game), dan disana di jelaskan bahwa Harris J telah menghafal 10 Juz Al-Quran. Dari situ, saya langsung kepo.

Bagaimana mungkin seorang lelaki yang usianya satu tahun di bawah saya bisa mempertahankan hafalannya di dunia entertaiment? pikir saya saat itu. Saya aja yang fokus Sekolah, ngeLab, Organisasi dan Blogging doang ga nyampe-nyampe pinomat tiga Juz aja. Saya sirik. siriiik banget.

Lalu saya mencari lagu-lagu yang di bawakan pemuda kelahiran 3 maret 1997 ini. Ternyata doi dibawah didikannya Maher Zein toh... dan satu label dengan Raef. Ga tau siapa Raef? Googling sendiri deh sono. Saya hanya membahas Harris J di postingan kali ini soalnya.

Doi lahir di Inggris dan lulusan BRIT School for perfoming arts and technology. Secara doi usia baru lulus SMA gitu, jadi saya simpulkan akademi ini seperti SMK gitu kalau diindonesia. Dan ini juga ada Universitasnya, Secara saya belum kepo badai jadi saya belum tau sekarang Harris J ini kuliah dimana. FYI, Adele pelantun Some One Like you yang bikin baper juga lulusan BRIT.

Dari sekolahnya saya rasa ga ada islam islamnya sama sekali. Teruus gimana bisa bertahan dibenua eropa sebagai minoritas dan malah famous dengan keislamananya di usia yang belia itu? Seriusan, saya standing appaluse kepada pemuda ini. Saya hanya berharap di bawah naungan Maher Zein doi ga berubah drastis dan malah jadi buruk kayak itu tuh, penyanyi yang terkenal umur 15 tahun dan melejit lalu malah jadi rusak. Yeah you know lah what i mean.

Sekian aja informasi singkat dari saya, semoga bermanfaat.
With love,



Minggu, 06 Desember 2015

"Nasihat Terbaik Adalah Kematian"

Nasihat Terbaik Adalah Kematian - Saya pertama kali mendengar pepatah arab ini dari guru siroh saya dulu ketika SD. Dulu saya tak mengerti kenapa kematian menjadi nasihat terbaik untuk seorang anak manusia. Yang saya tahu kehidupan kita di dunia ini meski sementara setidaknya harus kita nikmati, lalu kenapa harus menjadi beban memikirkan kematian yang pasti datangnya?

bird fly
everyone will gone
Dari dulu saya selalu berpikir hal-hal yang terlalu sederhana saja. Sesederhana kenapa telur menetas ya karena dierami. Tapi tidak sekarang. Semakin saya beranjak besar semua hal terlihat begitu rumit. ilmu yang saya pelajari saat ini juga memakasa saya untuk berpikir jauh lebih rumit. Tak bisa lagi berpikir telur menetas karena dierami, Tapi terjadinya perubahan pada zygot, banyaknya yolk, fase pembelahan sel, rantai DNA dan RNA yang terangkai dan banyak hal yang seharunya tak jadi pikiran menjadi pikiran yang wajib diketahui.

KEMATIAN. Mungkin sebagian orang memikirkan bagaimana ia mati kelak seperti saya yang pernah menulis tentang pemikiran saya di tulisan Ketika Aku Meninggal. Mungkin sebagian lagi sibuk mengejar karir di dunia maupun hanya berpesta pora menikmati kemegahan dunia. Saya pun terkadang masih lupa dengan adanya kematian yang menanti saya dari detik ke detik.

Innalillahi wa innailaihi raji'un....
Akhir-akhir ini entah diri saya yang semakin peka ataukah memang banyak kematian yang melanda disekitar saya akhir-akhir ini. Salah satu yang yang baru-baru ini kembali kepada-Nya adalah ustadz saya kala SMP dulu.dan saya terlamabat mengetahui beritanya. Yah, lagi ula bila saya masih sempat bertemu beliau, entah mau ditaruh kemana wajah ini. Hafalan gak nambah, amalan kacau, yang ada malah berkurang. Sebelumnya lagi juga orang yang saya kenal sebagai Hafidz 30 Juz plus multitalent dan belum menyempurnakan setengah agamanya juga berpulang. Sebelumnya lagi Ustadzah saya saat SD pun berpulang. Dan banyak lagi orang-orang yang menginspirasi saya dalam mencintai islam telah kembali kepadaNya. Saya takut, saya belum ada bekal apapun untuk meninggalkan dunia ini.

Ini adalah sebuah perenungan diri, Ketika kata-kata motivasi tak cukup untuk memperbaiki diri, maka kematian adalah pengingat yang terbaik. Bila ada yang berkata bahwa wajar iman itu naik turun, maka seharusnya tidak begitu. Sefatal mungkin keimanan mu sama dengan kemarin. jangan turun karena sesungguhnya kita adalah orang-orang yang merugi.

Sekali lagi saya mengatakan ini sebuh perenungan. Hampir setiap saat saya terpuruk kematian menjadi cambuk saya untuk bangkit. Setidaknya saat menyusul orang-orang yang mencintai islam yang terlah berpulang itu, saya harus lebih baik lagi. Insya Allah... Insya Allah.. 

Senin, 23 November 2015

Tinggal Ngomong Kok Susah? - Belajar Public Speaking di DURIAN November

Tinggal Ngomong Kok Susah? - Belajar Public Speaking di DURIAN November
Sesuai dengan titah yang katanya mau buat blogger tematik atau apalah itu karena saya tidak terlalu mendengarkan, 'maafkeun Iyah...' walhasil sebelum hilang feel nulisnya karena udah sibuk ngampus lagi pagi ini, saya sempatkanlah menulis dahulu...

Durian Blogger medan november
Durian Blogger Medan November

November kali ini selain momoent ulang tahun saya yang ke-19 #cieee ada yang menarik di durian kali ini. Karena yang jadi Speaker nya katanya mirip sama saya. Saya gak percaya. Jadi, gitu kelar ngiden (bahasa kerennya anak lab kalo identifikasi spesies. bukan ngeden loh ya) saya langsung tancep gas nyari omerta cafe di jl. wahid hasyim. Kali ini saya yakin tidak nyasar lagi. Wahid hasyim deket dari kampus saya. Eh dasar sialeun, ternyata cafenya gaada plangnya. Jadi sempet nyasar deh -,-

Akhirnya saya sampe pas materinya nyaris selesai. Jadi saya ga tau apa-apa. kalau begitu, saya tutup postingan ini.

EEEH ga dong, kan kita punya slidenya WKWKWK *eceknya minta sama pemateri yang katanya mirip saya*

Durian Blogger Medan November
gak mirip sama saya kan?
Naaah kenapa sih kita harus belajar Public Speaking atau ngomongin publik? ya perlu dong, karena ternyata ngomong dengan baik di depan orang banyak agar orang nyaman dengan kita itu gak mudah loh! apalagi ngomong depan penghulu
“Jika ingin menguasai dunia, maka kuasailah dua hal.
Menulis dan berbicara”

Nah, jadi gimana cara kita agar bisa jadi Speaker yang baik?

-colokin ke laptop/hapenya dan idupin tombol speakernya #PLAK

1. SUARA
Suaraaa dengarkan kan lah akuuu~
Suara itu penting agar orang paham apa yang kita maksudkan. apalagi suara hati. Nah, gimana seharusnya kita 'bersuara' saat ngomong di depan orang banyak? suara kita HARUS Jelas, Lancar, Bulat, Powerful, Tanpa Cacat Vokal, Tanpa Noise (Ehmm, Eng, Uhh)

2. BODY LANGUAGE 
Sikap tubuh kita di atur, jangan buat penonton atau pendengar gak nyaman liat kita yang mungkin tetiba garuk-garuk kete atau semacamnya. yang betol-betol ajalah. 
Durian Blogger Medan November
nah ga tau deh ini lagi latihan apaan, eike blon dateng cyin.

3. KONTAK MATA
Saya paling gak bisa natap mata orang di luar ghadzul bashar. walaupun sama sesama cewek saya gak bisa natap matanya. Karena kalau saya liat mata orang seolah saya menembus ruang dirinya yang dalam. #tsaah eh tapi ini serius lo, ada orang yang susah natap langsung ke mata. kalau saya sih ngakalinnya liat jidatnya atau hidungnya. Makanya ada beberapa orang yang bilang pandangan saya kayak 'kosong' padahal karena ga fokus ke mata dia hehehe.

jangan lupa dengan metode “KIPAS”

4. SIKAP TUBUH
Rileks, Terbuka, Penuh Penerimaan, Kokoh, Berwibawa
Durian Blogger Medan November
Ciaaa Bang Wahyu blahe gugup!

Nah, itu dia rangkuman materi dari  Durian november kemarin! ada yang ga jelas? kurang lengkap? atau butuh pencerahan? ketik REG spas... eh eh salah. Siapa suruh ga datang Durian, kan jadi ga dapat ilmu mahal ini kan~ Lebih rugi lagi karena kemaren ada kuis berhadiahnya!
Durian Blogger Medan November
pasti ada konspirasi makanya bintangberpuisi.com menang lagi :| *peace kaak

Durian Blogger Medan November
ceritanya runner upnya nih

ya udah, gih hubungi pemateri yang katanya mirip saya itu di blognya kapal-layar.blogspot.co.id atau di twitternya @uttihati

Daaan kembali ke Durian yang selalu menyenangkan bagi saya karena selain menjalin silaturahmi juga mempertemukan jodoh  melepas strees saya. dari pada ngeluh mulu mending di bawa hepi aja~

nih, foto-foto rangkaian acara...

Durian Blogger Medan November
mc ngeselin dengan game yang ngeselin
dan saya belum terima atas tabokan di wajah saya.

Durian Blogger Medan November
kakak manis ini menghibur dengan game yanglebih waras.
Durian Blogger Medan November
iyah masukin foto ini karena duduk iyah lagi 'cantik'
Durian Blogger Medan November
jarang-jarang bisa ngetawain bang blahe!
Durian Blogger Medan November
gue.... gak setuju atas rekayasa foto ini.

dan ini..... what?


banyak yang sibuk begadget
Durian Blogger Medan November
para jejaka tamvan *eceknya kak bibeh tersamarkan*
Daaan, samapi berjumpa di DURIAN desember edisi liburan akhir tahun!
Durian Blogger Medan November
banyak yang udah pulang ni -.-
Sekian dan wassalam!

sumber foto: facebook BLOGM



Pengemis, Dikasihani atau Tidak?

Pengemis, Dikasihani atau Tidak? - Suatu hari di dalam lingkungan kampus, saya sedang mengerjakan tugas membuat video yang merekam diri saya sedang menjelaskan bagian-bagian dari seekor hewan. Agar suara saya terdengar jelas, saya dan teman saya mencari tempat yang tidak terlalu ramai. Di tengah-tengah rekaman, tiba-tiba datang seseorang yang meminta-minta kepada kami. Walau merasa terganggu, saya dan teman saya dengan halus menolak orang yang meminta-minta tadi. Lalu kami melanjutkan videonya, ternyata gangguan belum selesai. Lebih parah, seorang anak kecil bernyanyi dengan kerasnya dan segera kami tolak kembali dengan halus, namun anak ini seolah tak perduli dan memaksa kami memberikan uang kepandanya baru ia pergi. Walhasil, kami yang pergi karena kami tidak mengantongi uang sepeser pun karena tas kami tinggalkan di lab.
Pengemis meminta-minta di jalanan
Pengemis. sumber: google

Saya dan teman saya jadi membahas masalah ini di perjalan kembali ke lab. Seharusnya di dalam lingkungan kampus tidak di perkenankan ada peminta-minta karena itu lingkungan pendidikan. Namun hati kecil ini tidak dapat di sembunyikan. rasa kasihan dan ironi membayangkan bila diri sendiri menjadi seperti itu apa yang akan saya lakukan? 

Tentu saja di posisi itu bukan dengan Skill dan potensi kita saat ini. Menurut teman saya, masih mending pengamen dari pada peminta-minta. karena para peminta-minta itu adalah orang malas. Kalau menurut saya sama saja. intinya mereka membutuhkan uang dari orang lain. Lagi, ini soal Skill.

Beberapa waktu lalu saya ke salah satu warung makan pinggir jalan yang cukup terkenal, di sana ada seorang pengamen yang jago sekali menggesek biola. Saya telah melihatnya sejak saya kecil. dari saya kecil sampai sekarang tak banyak yang berubah darinya, ia tetap dengan biolanya dan menghibur orang-orang yang sedang makan. Paling yang berbeda, saya melihat ia sudah memakai Smartphone. Namun di luar itu, semua pelanggan menikmati gesekannya. Tak ada yang mengusirnya.

Berikutnya, masih di warung itu datang seseorang yang berpakaian dekil dan langsung menyodorkan keorang-orang bekas bungkus snack yang di harapkannya terisi oleh lembaran atau pun recehan uang. Dapat di tebak, banyak yang mengusirnya.

Lihat? ini soal Skill. Dan intinya kedua-duanya sama-sama Meminta.

Ini selalu bekecamuk dalam diri saya sendiri. Banyak yang bilang kalau para peminta-minta terus di beri mereka akan malas dan tak mau bekerja. Pertanyaannya adalah, siapa yang mau mempekerjakan mereka? satu banding seribu mungkin. dan para musisi jalanan, kenapa tidak ada seseorang yang mau merekrutnya? menjadi pemusik di cafe mungkin?

atau ada yang bilang kenapa mereka tidak berdagang seperti penjual rokok dan minuman mineral di lampu merah? lah, siapa yang mau modalin? atau siapa yang mau mengajarkan mereka untuk berdangang? dan anak-anak yang meminta, mengamen, pernahkan kita berpikir dimana orang tuanya? atau malah mereka di kepalai dan di perintah preman?

Persaingan hidup saat ini terlampu ketat. Untuk mereka yang kurang ilmu, mendaftar menjadi seorang loper koran saja sangat sulit. Untuk bertahan hidup, hanya itu mungkin yang bisa para peminta-minta lakukan....
Peminta-minta. Sumber: google

Tapi, tapi, tapi, saat hati ini sudah sangat kasihan saya melihat dengan mata kepala saya sendiri para peminta-minta yang menipu. Pura-pura buta, pura-pura cacat fisik dengan melipat kakinya sendiri atau pun yang ngesot tiba-tiba di tempat sepi dia berdiri dan menyebrang jalan. Dan lagi para bayi-bayi yang di perdagangkan untuk menarik rasa kasihan dan simpati orang-orang....

Serba salah. Sulit membedakan yang benar-benar dalam kesulitan dan yang sedang menipu. Saya semakin sering dilema. saya ingin menutup mata namun tidak bisa. Karena tidak sepatutnya sesama muslim kita bersaudara lalu membiarkan saudaranya tidak makan sementara kita bisa makan dengan nikmat.

Hati nurani ini seakan abu-abu. berkabut. berbayang. tak ada yang jelas.
pemulung bukan pengemis
Pemulung bukan pengemis sumber: google

Saat melihat orang yang telah sepuh memulung di jalanan... tubuhnya telah bungkuk, kulitnya berkeriput, terkadang tak pakai alas kaki atau pun menyeret-nyeret sendal yang telah putus di kakinya agar tetap bisa telapak kakinya bertahan dari panasnya aspal. yang seperti itu membuat saya sangat sedih, dan ingin mengurkan tangan. Sialnya, karena beliau bukan peminta-minta, ia menolaknya. saat di beri air minum dan snack baru di terima... saya hanya membayangkan bagaimana jika ada kerabat atau orang terdekat kita yang bernasib seperti itu.

Entahlah, mungkin saya yang terlalu lebay membahas hal beginian. Masyarakat bahkan pemerintah seperti tutup mata dengan ketidaksejahteraan orang-orang yang kurang ilmu dan skill ini. dan saya malah selalu terpikirkan setiap melihat mereka....

pengemis di tangkap pihak berwajib
Pengemis di tangkap apakah lantas di berdayakan? sumber : google

Jadi, Pengemis perlu di kasihani atau tidak? silahkan coba tanya pada diri anda sendiri, yang pasti bila sudah memberi ikhlaskan dengan stulus hati, jangan pikirkan hal lainnya. cukup kembali ke niat awal kalau kita memberinya untuk membantunya hidup. .




Selasa, 03 November 2015

Excelnutri+, Inovasi Terbaru Nestlé DANCOW 1+ Lindungi Eksplorasi si Kecil dengan Nutrisi dan Stimulasi Tepat

Excelnutri+, Inovasi Terbaru Nestlé DANCOW 1+ Lindungi Eksplorasi si Kecil dengan Nutrisi dan Stimulasi Tepat - Medan, 31 Oktober 2015 – Nestlé DANCOW 1+ sebagai susu pertumbuhan terkemuka di Indonesia memahami bahwa aspek penting dari pola asuh adalah nutrisi dan stimulasi. Untuk itulah guna melengkapi aspek nutrisi, pada hari ini Nestlé DANCOW 1+ memperkenalkan Nestlé DANCOW Excelnutri+ di Medan, inovasi terbaru dari Nestlé Research Center, Swiss. Nestlé DANCOW Excelnutri+ hadir dengan nutrisi untuk membantu menjaga fungsi saluran cerna, membantu perkembangan si Kecil untuk proses belajarnya dan membantu pertumbuhan fisik.
Susu dancow melindungi anak selama masa eksplorasi
Susu Dancow

Menurut Dokter Spesialis Kandungan Dr. dr. Ali Sungkar, Sp.OG(K), masa seribu hari pertama atau periode emas dalam kehidupan adalah periode terpenting, karena hal tersebut kritis, sensitif dan tidak dapat diulang kembali. Pada periode yang dimulai dari masa kehamilan hingga si Kecil berusia dua tahun ini, apa yang telah ditanamkan pada si Kecil secara fisik dan psikologis akan mempengaruhi proses pertumbuhannya sampai ia dewasa nanti. 

Di sinilah peran penting orang tua dibutuhkan dalam memenuhi tiga kebutuhan dasar yaitu perlindungan, stimulasi serta kasih sayang untuk memastikan tumbuh kembang si Kecil. Asupan nutrisi yang baik akan memenuhi kebutuhan fisik si Kecil dan membantu mereka untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal.

Dokter Ahli Gizi Klinik Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc menjelaskan “Asupan nutrisi yang seimbang dan sesuai tahapan usia akan bekerja dengan efektif dalam tubuh si Kecil. Pilihan nutrisi yang tepat dapat melengkapi kebutuhan si Kecil secara menyeluruh untuk mendukung tumbuh kembangnya.” Lebih lanjut Dokter Ahli Gizi Klinik yang biasa disapa dengan Dokter Tati ini juga memaparkan mengenai pentingnya nutrisi untuk membantu perlindungan. ”Nutrisi yang dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti bakteri baik serta vitamin dan mineral tertentu ini dapat membantu melindungi si Kecil sehingga ia dapat belajar dan aktif bereksplorasi. Sebaliknya, jika asupan gizinya buruk akan berdampak pada kesehatan tubuh secara umum, kecerdasan menjadi tidak optimal serta daya tahan tubuh yang lemah,” jelasnya.

Menyambung pernyataan Dokter Tati, Ahli Gizi Sari Sunda Bulan, AMG memaparkan “Salah satu asupan nutrisi yang penting untuk perlindungan si Kecil bisa didapatkan dari bakteri baik Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium longum, serat pangan inulin, serta Vitamin A, Mineral Selenium dan Zink. Untuk mendukung perkembangan otak dan pertumbuhan fisiknya, lengkapi juga kebutuhan si Kecil dengan minyak ikan, protein, kalsium serta nutrisi penting lainnya yang bisa didapatkan dari aneka ragam lauk-pauk, sayur dan buah, juga susu pertumbuhan. Nutrisi tersebut dapat membantu melindungi si Kecil, sehingga ia dapat belajar dan bereksplorasi,” ujar Sari Sunda.

Selain nutrisi yang melindungi, mengajak anak bermain untuk mendorong stimulasi serta memberikan cinta dan kasih sayang dapat membantu membentuk anak yang sehat, cerdas, kreatif, inovatif dan mandiri. Cinta orang tua bukanlah sekedar pelukan hangat, belaian lembut dan menghabiskan waktu bersama. Perlindungan juga merupakan salah satu wujud dari kasih sayang dan cinta orang tua terhadap si Kecil.

Psikolog Lia Mawarsari Boediman, MS.CP.Psy.D. menambahkan, “Cinta adalah berani memberi ruang kepada si Kecil untuk berusaha bangun saat ia terjatuh agar dapat belajar berjalan dan akhirnya berlari mengejar cita-citanya. Perlindungan yang baik akan membantu kita para orang tua memastikan tumbuh kembang si Kecil agar ia dapat bereksplorasi namun tetap terlindungi. Beri si Kecil kepercayaan dan kemandirian agar ia berani bereksplorasi dan belajar mengenal sesuatu yang baru, sehingga ia menjadi si Kecil yang tangguh. Cinta bunda adalah bekal terbaik untuk si Kecil di masa depannya.”




Nestlé DANCOW percaya bahwa perkembangan si Kecil harus dilakukan secara holistik dan pemahaman akan aspek penting nutrisi inilah yang melatarbelakangi peluncuran Nestlé DANCOW Excelnutri+.

“Kami terus berinovasi untuk menyediakan kebutuhan nutrisi sesuai dengan tahapan tumbuh kembang si Kecil. Kami ingin memastikan anak Indonesia dapat bereksplorasi dan siap berpetualang tanpa perlu khawatir karena adanya asupan nutrisi yang tepat untuk melindungi mereka. Penyempurnaan nutrisi Nestlé DANCOW Excelnutri+ merupakan komitmen Nestlé DANCOW 1+ untuk turut mewujudkan anak Indonesia yang lebih sehat,” ujar Senior Brand Manager DANCOW Excelnutri+ Nestlé Indonesia, Riza Nopalas.
  
Dancow parenting center
Dancow parenting center
Nestlé DANCOW Excelnutri+ Ranch Adventure

Untuk membantu orang tua agar si Kecil dapat belajar dan bereksplorasi, Nestlé DANCOW Excelnutri+ menghadirkan DANCOW Excelnutri+ Ranch Adventure, sebuah area bermain berbentuk peternakan pertama dan terbesar di Medan yang didesain untuk memberikan stimulasi pada semua panca indera (melihat, mendengar, menyentuh, mencium dan merasakan). Hal ini untuk mendukung keterampilan sensorik motorik, keterampilan dalam berkomunikasi, sosial-emosional, kemandirian, kognitif dan kreativitas si Kecil.


Kegiatan yang kali ini diselenggarakan di Plaza Medan Fair, berlangsung dari tanggal 31 Oktober-1 November 2015 dengan luas area permainan sebesar 600 meter persegi. Medan merupakan kota kelima diselenggarakannya Ranch Adventure, setelah kegiatan serupa sukses diselenggarakan di Jakarta, Yogyakarta, Semarang dan Makassar. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kampanye nasional Nestlé DANCOW Excelnutri+ Ranch Adventure yang juga akan dilaksanakan di Surabaya dan kembali ditutup di Jakarta.




DANCOW Excelnutri+ Ranch Adventure menampilkan tujuh aktivitas seru yang terdiri dari Animal Petting, Fishing Area, Milking Cow serta Pony Riding yang mengajarkan si Kecil untuk berani berinteraksi serta berempati terhadap hewan. Ada pula aktivitas Puzzle dan Hay Maze yang akan mengasah memori serta keberanian si Kecil dalam menyelesaikan masalah dan juga membangun kekompakan serta interaksi antara orang tua dan si Kecil. Selain itu ada juga aktivitas Gardening yang mengajarkan si Kecil untuk mengenal dan mencintai tumbuhan.

DANCOW Excelnutri+ Ranch Adventure juga menyediakan area konsultasi agar para orang tua dapat berkonsultasi mengenai tumbuh kembang si Kecil dengan para ahlinya.

“Kami bangga dapat kembali melibatkan keluarga Indonesia dan melihat antusiasme publik yang amat baik dalam kegiatan Nestlé DANCOW Excelnutri+ Ranch Adventure. Hal ini merupakan langkah penting dalam membantu memberikan pemahaman kepada orang tua akan pentingnya nutrisi dan stimulasi dalam mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Ditunjang oleh perlindungan dari dalam yang terdapat dalam DANCOW Excelnutri+, kami berharap kegiatan ini dapat mendorong si Kecil bereksplorasi serta memperkuat ikatan dengan orang tua yang nantinya dapat turut membentuk anak Indonesia yang tangguh dan kreatif,” tutup Riza Nopalas.(*)


Nestlé DANCOW 

Nestlé DANCOW adalah susu pertumbuhan berkualitas tinggi dan bergizi yang telah dikenal para bunda di Indonesia serta disukai keluarga Indonesia. Nestlé DANCOW berkomitmen untuk memberikan rangkaian produk untuk setiap tahapan usia si Kecil, serta terus berinovasi melampaui produk (beyond the product) dengan menyediakan program parenting untuk membantu tumbuh kembang optimal si Kecil melalui DANCOW Parenting Center.


Tentang Nestlé Indonesia

Nestlé Indonesia adalah anak perusahaan Nestlé S.A., produsen makanan dan minuman terbesar di dunia, yang berkantor pusat di Vevey, Swiss. Nestlé telah beroperasi selama hampir 150 tahun, dan merupakan perusahaan terkemuka di bidang gizi, kesehatan dan keafiatan.

Nestlé Indonesia didirikan pada tahun 1971 dan mempekerjakan sekitar 3.300 karyawan. Nestlé Indonesia memiliki empat pabrik di Indonesia yang memproduksi susu, makanan dan minuman di bawah merek terkenal seperti DANCOW, MILO, NESCAFÉ, CERELAC, LACTOGEN 3, KITKAT, FOX’S, BEAR BRAND dan lain-lain.

Moto Nestlé “Good Food, Good Life” menggambarkan komitmen perusahaan dalam menggabungkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menyediakan produk yang memenuhi kebutuhan dasar manusia akan makanan yang aman, berkualitas dan bergizi yang nikmat untuk dikonsumsi.

Nestlé merupakan perusahaan makanan dan minuman dengan pusat Penelitian dan Pengembangan (R&D) terbesar di dunia, yang terdiri dari 34 pusat Penelitian dan Pengembangan. Di Asia, Nestlé memiliki pusat Penelitian dan Pengembangan di Tokyo, Beijing, Shanghai dan Singapura.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:




Nur Shilla Christianto
Head of Corporate Communication
PT Nestlé Indonesia
Tel: +62 21 7883 6000 ext. 1510; Fax: +62 21 7883 6001

E-mail: nestle.indonesia@id.nestle.com

Rabu, 21 Oktober 2015

Cara Bekicot (Achatina fulica) Berkembang Biak

Cara Bekicot (Achatina fulica) berkembang biak- Siapa yang tidak mengenal hewan yang kerapkali kita jumpai di dedaunan atau pun di batu-batu rumah kita? hewan lambat yang ternyata juga menjadi konsumsi masyarakat di beberapa daerah ini memang sudah tak asing lagi. Kita mengenalnya dengan nama Bekicot. Tapi, adakah yang tau bagaimana bekicot berkembang biak sehingga populasinya bisa meningkat besar dan dikategorikan sebagai hama?

Reproduksi bekicot, Achatina fulica kawin dan berkembang biak
Achatina fulica Bekicot
Bekicot atau yang memeiliki nama ilmiah Achatina fulica dari kelas Molusca ini adalah hewan hemaprodit. Apa itu hewan Hemaprodit iyah? Hemaprodit adalah keaadaan dimana organisme yang bersangkutan dapat memiliki 2 alat seksual. Nah, Hemaprodit ini terbagi 2.

Hemaprodit sejati dimana organismenya benar-benar memiliki organ jantan dan betina di dalam tubuhnya contohnya seperti pada cacing tanah yang bakal Iyah bahas di postingan lain ya.

Hemaprodit Time slap dimana individunya secara bergantian bisa jadi jantan lalu betina di waktu yang berbeda. Contohnya ya si Achatina fulica alias bekicot ini.

Nah, dibawah ini foto-foto Bekicot sedang melakukan fertilisasi atau kawin. Foto diambil oleh temen iyah Randy Aritonang. Kalo iyah gak sabar banget nungguin bekicot kawin -_-

Reproduksi bekicot, Achatina fulica kawin dan berkembang biak
Reproduksi bekicot
 Pertama si bekicot akan saling tempel-tempelan. pedekate gitu. dan mereka juga sentuhan fisik. jadi yang dielus-elus gak cangkangnya doang.

Reproduksi bekicot, Achatina fulica kawin dan berkembang biak
Reproduksi bekicot
 Setelah itu bekicot akan berusaha seperti akan keluar dari cangkangnya sampai pneumastom (saluran udara) nya terlihat. ituloh lubang yang kayak koyak di dagingnya bekicot. keliatan kan di fotonya?

Reproduksi bekicot, Achatina fulica kawin dan berkembang biak
Reproduksi bekicot
 Lalu mereka mulai mengerluarkan alat kelaminnya yang tersembunyi. liat ada putih yang menonjol pada foto diatas? itu bukan mata maupun maxila/mandibula nya. itu cuma keluar saat bekicot akan kawin.

Reproduksi bekicot, Achatina fulica kawin dan berkembang biak
Reproduksi bekicot
 Nah sekarang kedua-dua bekicot sudah mengeluarkan alat kelamin mereka masing-masing. sekarang kita jadi tahu siapa yang sednag jadi bekicot jantan dan siapa yang menjadi bekicot betina.

Reproduksi bekicot, Achatina fulica kawin dan berkembang biak
Reproduksi bekicot
 Dan sekarang fertilisasinya di mulai. tau dongkan yang masukin jantan ke betina. ah udahlah ini ga perlu di jelasin panjang lebar lagi. jadi spermanya sedang di transfer.

Reproduksi bekicot, Achatina fulica kawin dan berkembang biak
Reproduksi bekicot
Sampe akhirnya masuk semua alat kelamin jantan ke alat kelamin betinanya.seolah-olah mereka menyatu nempel gitu. sampe akhirnya selesai bekicot akan melepaskan sendiri.

Nantinya yang jadi betina akan memproduksi telur. telur itu akan di keluarkan di tanah dan dapat menempel pada cacing tanah. karena itu jangan main-main di tanah ga pake sendal ya!

dan saat telur menetas... tadaaa! bekicot kecil muncul udah punya bakal cangkangnya. kalau kamu jumpa kayak bekicot tanpa cangkang ukurannya sebesar kelinking bayi. itu bukan bayi bekicot. itu namanya Vaginula. jadi bekicot udah punya cangkang semua dari lahir. nanti kalo iyah dapat foto telur dan bayi bekicot iyah post lagi deh.

Oke, penjelasan dari iyah tentang Cara Bekicot (Achatina fulica) berkembang biak :)
oh iya sebagai  informasi nih. bekicot juga bisa menjadi pembawa telur-telurnya cacing tanah. semacam simbiosis mutualisme gitu. selain menjadi hama, Bekicot adalah hewan dekomposer dalam penghancuran sampah. jadi kalau jumpa bekicot jangan jijik, tapi pindahkan dia di dekat sampah organik agar sampahnya bisa di urai oleh bekicot.

Ciao!

Minggu, 18 Oktober 2015

Melirik Sisi Lain dari Pantai Mangrove

Melirik Sisi Lain dari Pantai Mangrove - Selamat weekend sobat! rencana kemana akhir minggu kali ini? nah kali ini iyah pengen cerita tentang perjalanan iyah ke Pantai Mangrove di daerah Serdang bedagai minggu kemarin. 
Pantai Mangrove, wisata sumatera utara, wisata pantai
Elemen Air! Menyala!
Dari medan tepatnya dari amplas, Iyah, Ayah iyah beserta 2 teman kampus iyah Rahma dan Rahmi (Bukan kembar) bergerak menuju pantai Mangrove sekitar jam 11 pagi (Eh, pagi atau siang ya?). Syukurlah entah kemana hari minggu kemarin enggak macet. jadi hanya menempuh waktu kurang lebih 2 jam sudah termasuk sholat Dzuhur kami berempat sampai ke pantai mangrove.

Ada dua jenis parkiran disana. parkiran dengan harga Rp. 10.000 tapi harus naik tongkang (gratis) atau semacam sampan untuk sampai ke pantainya. sedangkan parkiran yang sudah dekat sekali dengan pantai dikenai biaya parkir Rp. 15.000. Karena penasaran naik tongkang,  Iyah memilih parkiran yang 10.000. serius karena penasaran naik tongkangnya. bukan karena lebih murah =3=
Pantai Mangrove, wisata sumatera utara, wisata pantai
Naik tongkang!

Perjalanan dengan tongkang memakan waktu sekitar 15 menit dan sesampainya langsung disajikan oleh pemandangan pantai yang menyejukkan mata. Mangrove yang teduh dan pohon Pinus pantai. kemarin itu cuacanya cukup baik, gak panas dan ga hujan juga. Kebetulan juga orang yang dateng gak rame.

Pantai Mangrove, wisata sumatera utara, wisata pantai
jangan liat-liat!
Setelah masuk kami baru ingat kalau kami gak bawa alas duduk. So, kami nyewa tiker pandan seharga Rp.10.000 aja. Sedangkan tiker tenun yang lebih gede di hargai Rp. 20.000. Di daerah Mangrovenya tidak terlihat pondokan.

Pantai Mangrove, wisata sumatera utara, wisata pantai
Sebenarnya tujuan Iyah dan kawan-kawan kemari bukan buat jalan-jalan, tapi buat survey awal buat praktikum pantai. Jadi kami juga mengecek apa saja yang ada di pantai ini. salah satunya tempat penjualan ikan yang di singkat TPI.
Pantai Mangrove, wisata sumatera utara, wisata pantai
Nah di tempat penjualan ikan ini kami jumpa bapak yang baik hati dan mau memberikan kami informasi jenis-jenis ikan disana. Variannya ga terlalu banyak, jenis kepiting hanya 3 macam dan pada umumnya. Lobster jarang, tapi guritanya gede-gede loh. jenis udang cuma 3 juga. oh iya kami di kasih blankas gratis! hehehe
Pantai Mangrove, wisata sumatera utara, wisata pantai
yang depan Rahma, yang pake jaket oranye Rahmi. FYI aja sih.
Usai melihat-lihat saatnya jalan-jalan oh iya, harap maklum ya sama iyah, meski pakaian jubah-jubah kalo liat pohon ga tahan juga buat manjat. sementara kami foto-foto, Ayahnya iyah persiapan buat menjala. kata ayah tunggu sedikit surut.

Pantai Mangrove, wisata sumatera utara, wisata pantai
maafkan kelakuan iyah.

Kami pun mulai menyusuri pinggiran pantai dan meninggalkan pesisir yang di tanami mangrove. sekedar info, pantai ini bersebelahan dengan Romance bay. pada tau dong kan pantai serba pink yang sering di pakai orang Prawed dan pacaran itu. nah sebelahnya lagi ada pantai Kelang yang terkenal ikannya.

Pantai Mangrove, wisata sumatera utara, wisata pantai
Magrovenya sudah mulai berkurang semakin kami jauh menyusuri garis pantai. dan huwala, saat menemukan pantai yang luas dan bersih, ada seorang pak nelayan yang baru sampai dari laut. beliau menawarkan ikan yang di dapatnya kepada kami bertiga. Maklum mental cewek, ketika di tawarkan ikan Rp.10.000 satu tumpuk yang kami tau itu lebih dari sekilo mata kami bertiga langsung berbinar. namun kami tak semudah itu tergoda. Dan akhirnya Ikan kedora/belanak kami bawa pulang seberat 3 kilo lebih (karena ga pakai timbangan) seharag Rp.15.000!
Pantai Mangrove, wisata sumatera utara, wisata pantai
Makasih lo pak, ikannya enak!
Sebenarnya kasian sih sama pak nelayannya, usaha beliau bawa ikan dari tengah laut hanya di hargai segitu. Tapi kami gak nawar kok, si bapak yang nawarin segitu. yaudah di ambil dong, kan lumayan udah murah segar lagi dari laut lepas. Tinggal di bakar deh. hehe.

Karena tadi pas masuk kami naik Tongkang, jadi kami ga lewat pintu masuknya. ternyata di daerah pantai luasnya ada tempat penjualan ikan lagi, juga ada spanduk yang menawarkan beberapa paket wisata buat menanam magrove. juga ada pondokan di sekitar sana.
Pantai Mangrove, wisata sumatera utara, wisata pantai
Jembatan-jembatan dari bambu memuat anak kota kayak iyah ini ngerasa backt to nature banget. agar merasakan menginjak bambu, iyah cuma pake kaus kaki jalan-jalan. sendal iyah buka. maksa banget ya.
Pantai Mangrove, wisata sumatera utara, wisata pantai
Dulu nih ya, kalau ke pantai tanpa ba bi bu gitu nyampe langsung nyemplung. sekarang tahan... tahan.. jangan sampai elemn air iyah aktif kembali *lah
Pantai Mangrove, wisata sumatera utara, wisata pantai
ini kisah ku. aku yang moto.
Meski sibuk foto-foto ria, mata kami tetap jelalatan melihat sudut-sudut agar pantai ini lulus untuk praktikum lapangan. salah satunya fauna Aves. And.... we got it! Birds!
Pantai Mangrove, wisata sumatera utara, wisata pantai, burung pantai
Akhirnya kami menemukan setumpuk burung untuk di foto. dan selesai lah survey. kami yakin pantai ini lolos untuk praktikum lapangan kami. Nantikan postingan selanjutnya tentang praktikum pantai, dagh dagh!
Pantai Mangrove, wisata sumatera utara, wisata pantai
O, iya setelah menyusuri pantai kami kembali ke tempat pepohonan mangrove dan ternyata ayah sudah siap untuk menjala. Dan akhirnya iyah masuk laut juga, pake rok jeans. Ga ada yang moto karena kami bertiga udah sibuk ngumpulin ikan dan udah yang ditangkap Ayah.

Melepas rindu makan udang mentah, melepas rindu ngumpulin kelomang. See? I love Sea so much.

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers