Kamis, 01 November 2018

PIMNAS 31 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Perjalanan TIM Biologi USU

Hi, Assalamualaikum!
Alhamdulillah ya Iyah bisa waktu menulis yah walaupun mohon maaf lahir batin la ya kalau cara nulis iyah gak seasik dulu hehe. Jadi kali ini iyah mau cerita tentang perjalanan kami di pimnas 31. sebelumnya iyah ceritain dulu ya tentang pimnas....

Wajah super bahagia. Terutama wajah bahagia mbak elsa yang jadi pendamping kami selama di jogja XD

Pimnas (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) ini adalah lomba yang diseleksi dari PKM (Proposal Kreativitas Mahasiswa) yang di adakan oleh Kementrian Riset dan Teknologi. Ini tuh kayak ajang pencapaian tertinggi (diluar OSN yang perindividu) untuk tingkat universitas se Indoneia baik dari Negeri maupun Swasta. Total hadiahnya samapi milyaran rupiah loh! tapi tujuan tim kami bukan untuk hadiah kemaren, kami cuma pengen jalan-jalan ke jogja gratis XD

Sejak kami lolos pendanaan PKM... btw, kami lolos di bidang kewirausahaan (jangan tanya jual apa yang penting gak jual diri hahahaha) kami berlima udah nyari tau nih, kali ini finalnya dimana ya? eh ternyata di jogja cuy! duuuh, namanya 4 dari 5 anggota kami itu mahasiswa semester akhir... tentulah kami pengennya liburan wekekek

Baiklah, baikla, 3 paragraf sudah habis untuk prolog hahah. Langsung ajalah ya, sekitar awal bulan agustus kami di telpon tuh sama wadek 1. Abis itu berasa mimpi... bener nih? nyampe PIMNAS nih? jalan-jalan gratis? (always salah niat salah fokus)

Ga usah kelamaan. Ini nyata, ini fakta. Akika sudah terdaftar sebagai peserta PIMNAS 31 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Yey.

Berangkatlah kami berlima bersama 4 tim lainnya~ dan drama di mulai dari Iyah telat datang ke kampus di mana pesawat kami pesawat jam 10 pagi! hahahaha. Kebiasaan jelek.
Ulfa (2016), Zumi (2014) menunggu bengong dan kesal.
Dan ngeng... berangkat lah kami dengan drama barang kami yang harus masuk bagasi khusus karena banyak yang fragile sekaleeee. Jadi semua pada tolak-tolakan buat ngurus koper yang bisa muat diriku ini masuk kedalamnya haha. iya kopernya gede beud.

Drama selanjutnya, X-banner yang ketinggalan dikabin pesawat padahal kami udah sampe di dalam. Tau dong ya bandara Adisutjipto yang beda banget sama kuala namu? hehe. Jadi bak film-film india atau ala sinetron Iyah sama Zumi berlalri di tengah bandara mengejar pesawat yang au parkir dan ada pesawat yang baru datang mau parkir kami di prit-prit karen abisa ketabrak pesawat. ((ketabrak pesawat coy, jadi serbuk ayam geprek lah))

Mohon maaf tidak ada dokumentasi selama di bandara karena kami sangat menjunjung tinggi kampanye keselamatan penerbangan di Indonesia termasuk penggunaan gadget yang tidak pada tempatnya. Apaan deh. (sebenernya ada tapi tidak layak tampil).

Di depan bandara kami udah di tunggu oleh Mbak-mbak dengan logat orang jogja yang kental banget, dengan senyum ramah menyalami kami satu-satu sembari meperkenalkan diri. Yoi, mereka LO keren mbak elsa dari jurusan pendidikan sekolah luar biasa dan Mbak Fiqi Jurusan sejarah. Dan mereka udah lulus. ****! (eceknya ngomong kasar tapi di sensor kayak chat di mobile legend)

Hehe. Peserta Coy.
Hari Kedua Di Jogja-

Lah, kok tiba-tiba udah hari kedua aja? ya habisnya sejak kami dijemput dari bandara, daftar ulang, makan trus di antar ke hotel gak terlalu berkesan sih. Oh iya, kami nginap di hotel D'Cayon, gak ada kolam berenang, tidak ada rooftop, kamar yang standart, tidak kedap suara. Hotel ini cukup bagus untuk kami yang hanya numpang tidur selama rangkaian acara PIMNAS di UNY. Hotel ini pun cukup dekat dan bisa di tempuh dengan jalan kaki ke kampus UNY. Kayak dari Simpang rumah sakit Siti Hajar ke USU lah kalau di medan wkwk.

Kami di jemput dengan bus tayo besar jam 6 pagi. Btw di sana itu subuhnya jam 4 (atau setengah 4 gitu ya) dasar mahasiswa tingkat akhir yang hobinya molor parah, kami semua selalu telat dan baru siap itu jam 7. Itu pun dnegan mata merah dan mulut belepotan karena buru-buru sarapan :(

Untuk hari pertama, kami registrasi lagi, ngurus poster dan foto-foto buat pamer dengan beberapa petinggi dari Universitas Sumatera Utara. Enggak, Pak rektor gak datang ke jogja kok :( silahkan di lihat foto-foto eksis ini.

Kami berfoto dengan ibu wakil rektor 1 Universitas Sumatera Utara

Dengan ibu dosen pembimbing yang pintar keren kekinian kaya raya banyak anak dan bahagia

dengan seluruh tim beserta dosen pembimbing, Bu WR 1 dan ada juga ibu wd 1 FMIPA USU
Pamer batik USU ini ceritanya. Maafkan pilihan lelaki tampan kami kurang, yang cakep malah yang paling muda :(
Nah, untuk foto di bawah ini ada cerita lucu buat kami yang baru mengenal suasana dan bahasa di jogja. Pertama kami udah meminimalisisr kata-kata bahasa Medan biarorang-orang gak salah paham kayak bilang 'kereta' 'be ka' 'pipet' ' kepala kau' 'nangadong' dll. dan di perjalanan dari hotel ke UNY aku sudah bertanya pada mbak elsa di dalem bus, kira-kira kata-kata apa yang gak boleh kami ucapkan yang artinya bakal kasar banget?

'Asem koe' itu udah paling kasar, kata mbak elsa.

hah? seriusan aja hahaha. kalau di medan bilang gitu mungkin dicandain, 'Naniura kale di asemiin'

diluar kata asem koe itu kami tidak mengantisipasi kata-kata lainnya. sampai akhirnya kami turun di UNY dan langsung alay pengen foto depan tugunya UNY. eh mbak elsa bilang;

"Foto, jangan?"

Eh? dilarang foto nih?

"Iya, mau foto disini, jangan?"

lalu seseorang yang waras di antara kami teringat adegan Dilan yang 'Assalamualaikum, jangan?'
oh ternyata maksudnya 'mau foto disini, gak?' nawarin foto ternyata gubrak.

Tugu belakangnya itu looh
wajar kalau gelap, fokusnya ke taqwa mandiri cendekia.
Nah, satu harian kami persiapan untuk pasang poster, briefing seminar... dan malamnya kami kemana? ya tentu saja di malioboro!
si dedek gemes awal baru kenal langsung pengen foto bareng gue sesama gamers. 





























Sepertinya ini sudah panjang, saya tutup postingan ini dulu foto gamers pro plus cakep bersama 'katanya dulu gamers' abal-abal.

Bersambung.





Kamis, 11 Oktober 2018

Rindu Menulis

Assalamualaikum dunia! Duh Iyah tuh kangen banget mau nulis blog... mau nulis kayak biasanya, nulis kegiatan, nulis film yang lagi disukai dan hal-hal random seenak jidat lainnya :( tapi belum bisa fokus. Ini aja iyah nulisnya di sela-sela kegiatan yang dikasih seabrek dari fakultas :( jadi kali ini iyah cuma mau curhat panjang lebar *heleh* untuk yang mana tau kepo sama kabar Iyah (Kayak adaaaaaaaaaaaaaaa aja)

So here we go.

1. Yah, Sekarang sibuk apa?
Sibuk ngejar dosen :') sibuk ngedesain nyaris semua acara di jurusan dan fakultas. Yep, kalau kalian liat spanduk-spanduk, brosur dan poster yang beredar di sekitaran kota medan dan penyelenggaranya adalah FMIPA USU, sudah bisa di pastikan ada sentuhan tangan iyah disana hahahahaha.
     Terus sejak iyah pulang dari PIMNAS 31 kemarin, yang tulisan cerita selama di jogjanya masih kesimpen di draft huhuhu. Sekarang Iyah juga bantu adik-adik dikampus supaya proposal mereka lulus pendanaan dikti dan bisa memenuhi target sampai PIMNAS :D
    Masih sibuk jadi asisten lab juga... (ampe bosen kali lab itu liat gue mulu)
    Sibuk ngajar privat juga... sibuk bantuin projekan dosen juga.... lebih ke sibuk-sibuk yang gak sengaja tercipta akibat mengisi kekososngan di kampus :(

2. Lama amat tamat sih, serius dong ngerjain skripsinya!
Kan udah di jelasin di awal tuh, Iyah sibuk ngejar dosen.... Jadi dosen pembimbing iyah tu hanya satu, gak kayak dulu-dulu doping itu dua. Sebenarnya kemarin maunya dua sih. Tapi memikirkan akan lebih mudah kalau hanya satu... dan ternyata enggak! sampai nyerah kemarin ngajuin permintaan ganti dosen pembimbing sama ketua jurusan. Tapi karena Iyah dan temen iyah 'terikat kontrak tak tertulis' jadilah harus sama bapak ini.
   Dulu iyah mikirnya dosen ghaib itu hanya candaan. Dan sekarang iyah mengalaminya. Iyah liat mobil si bapak nangkring di parkiran... dan wujudnya gaada. Iyah cari di semua ruangan gaada. samapi ada senior yang se dosen pembimbing bilang "coba cek di kamar mandi, yah" YANG BENER AJA WOI
   Iyah rutin nungguin dari pagi... sampai sore.... telponin sehari sekali... sms sehari sekali... dan ketika ketemu, wajah bapak ceria, Iyah ceria, sudah sampai situ aja, tulisan gw di perbaiki di depan mata, lalu di bawa pergi, dan tak pernah kembali. Yup, gak balik. makanya Iyah selalu siap siaga bawa print-nan yang baru. Yang udah iyah perbaiki dengan liat sekilas apa yang di perbaiki beliau.
   sampai kemarin ada satu opsi gimana kalau perbaikannya via e-mail aja. Oke deh, lebih gampang ye kan. dan ternyata sama aja sodara-sodara!
   Buat siapapun yang membaca ini... Iyah mohon doa dan kelancaran iyah menyelesaikan kuliah ya :)

3. Gak menggambar lagi?
Masih. Oret-oret sketsa. padahal udah setahun ini pake tablet yang ada stylusnya dan cakep banget buat gambar di setiap situasi dan kondisi (makasi abangdan tauko tembung wkwk). Tapi ternyata menggambar di tengah ke riweuhan kampus ora iso haha.

4. Akhir minggu sibuk juga?
Enggak. lebih tepatnya istirahat. Karena nyaris setiap hari Iyah nangkring di kampus jam 8 (kalo ga ujan deres) paling lama jam 9 pagi lah udah sampe. Trus malemnya lanjut ngajar. Dan baru pulang ke rumah jam 10 malem :') udah tepar, kadang sholat isyanya rangkap dengan solat malam hahaha hiks. Sedih akutuh kayak sibuk dnegan dunia dan menyepelakan ibadah-ibadah yang lebih penting untuk akhirat. hiks hiks hisk (eh seriusan dah gw kalau udha nulis gini udah sedih banget)

5. Udah? udah siap curhatnya?
Udah.

See ya guys, semoga berikutnya akan ada tulisan berfaedah dari Iyah! Assalamualaikum!

Minggu, 18 Maret 2018

304SR dan Drama Felicia Huang

Hai Assalamualaikum,
Hari ini iyah ngetik postingan blog ini dengan keyboard portable dan tablet disebabkan laptop sudah tidak dapat diajak kerjasama seperti jaman daholo kala. Iyah sedih karena gak bisa gambar pake mouse pen, lah iyah, pake tablet kan bisa gambar? huwewewe kalau kamu seorang digital artis pasti kerasa beda feel nya gambar pake mouse pen. kek ada rasa rasa gimana gitu sensasinya hihi. Sebenernya lebih ke kenangan perjuangan iyah belajar make mouse pen sih :') tapi dibanding cerita sedih iyah sejak awal paragraf ini, lebih sedih lagi karena komik webtoon kesukaan iyah, 304SR harus tamat gak jelas karena drama author felicia huang! huwewewewewewewewewewe

Fyi, sebagai seorang penikmat seni yang normal (garis bawahi, bold, italic, ukir kalo bisa) ya iyah harus menekankan kata-kata normal disini. karena rata-rata penikmat seni gratisan banyakyang gak normal. Ya iyah mengenal nama Felicia Huangsebagai author 304SR sejak jaman di challenge webtoon dengan komiknya claas  break (udah gak ada lagi, udah di hapus pihak webton dan gaada re-uploader nya) dari sana iyah udah kagum banget sama gambarnya 'cece' Felicia Huang ini. sampe-sampe ragu, seriusan nih author dari indonesia? masa iyah bisa kecolongan komikus se kece ini? kemana aja gue? berhubung iyah udah merasa mengenal banyak komikus indonesia mulai dari legend sweta kartika, annisa nisfihani, dini marlina, alex irzaqi, faza meonk, etc etc etc, eh lupa, bang dodi komikusnya digidoy dari medan, hehe.  Terus Felicia Huang ini siapa...? gak mungkin gambar sekece dannyaris setara sama park taejoon komikusnya lookism baru pertama kali menyebarluaskan komiknya!

Well, senormalnya lo kepo sama orang tentu yang pertama kali dilakukan adalah googling nama beliau. Iyah googling, gak nemu riwayat apapun dalam kehidupan perkomikannya selain 304SR. Akhirnya iyah nyerah, tanpa membuat hipotesaaneh-aneh tentang kehidupannya Felicia Huang. Bahkan, kepikiran kalau itu bukan nama aslinya aja enggak....

Sampai akhirnya di Instagramnya webtoon.id ada gambar doi dan di tag keakun ig-nya @real__hy ngeliat user namenya, iyah mikir "ooh... k-popers toh. mungkin dulu suka buat artwork bias nya dan komik fan fict nya kali ya makanya iyah gak kenal...." see? iyah selalu postif thinking dulu sama orang-orang yang gak iyah dekat.

Udah tau ig-nya, udah follow, yaudah, nikmatin aja gambar-gambar 'cece' Felicia Huang. Dan terus ngikutin cerita Descya, Dirga, Reihan, Bejo, Juna, Pak Zam, Laoshi Yanjie, etc etc etc, meskipun sering banget hiatus nya. Berhubung bukan obsesi sama manusia, iyah gak spesial ngecekin akun ig nya dia. Pas dia buat stories ya awak tengok, postingan dia ada di timeline ya awak bukak. kek gitulah, normal-normal aja, liat komen di ig dia, di webtoon dia ya normal. dan dia buat iklan merchendise nya 304SR di IG nya ya normal, meski beberapa kali Iyah liat distories nya dia bilang susah nyari percetakan bagus, banyak barang pesanannya dia yang 'fail' dan yang dimaksudnya gagal itu karena cetakannya meset dikiiiit aja. 'oh, wajar sih dia perfeksionis, keliatan juga dari gambar-gambarnya yang cantik dan detail' pikir iyah. pengen dulu beli merch Dirga dkk, tapi mengetahui harga gancinya aja di banderol 25 rebuan satu, saya tau diri mak'e....

Then, saking seringnya webtoon 304SR hiatus, jadi kayak gak terlalu menunggu-nunggu dan kecarian gitu tiap update malam sabtu. dan akhirnya.... setelah berminggu-minggu 'cece' Felicia Huang UPDATE! DENGAN JUDUL PREVIEW EPILOG!

YAAAAA LORRRD GUA KETINGGALAN BERITA APAAN YAAAK? APA YANG GUA TINGGALKAN? EMANG GUA BERAPA ABAD GAK NGIKUTIN  304SR???!!!

calm down iyah.... calm down....

Pelan-pelan iyah baca episode aneh itu.... 4 tahun berlalu dari karantina OSN si Descya nikah sama Juna. Hah? sorry? ini komik 304SR kan? yang gaada romancenya, yang banyakan kritik sosial ala komik dan komedi kan? yang alurnya detail banget, rapi dan dan dan dan...huwe...... ini author udah kejedot apaan dah huwe.... padahal si 'cece' sendiri yang nyindir popularitas webtoon romance lebih tinggi karena pembaca lebih suka adegan adegan baper baperan.

Lalu beranjaklah iyah liat komentarnya, kebanyakan suruh dia  berentiin drama hidupnya yang ngeluh sakit lah, ngeluh cuci darah, ngeluh masalah keluarga, prestasi-prestasinya mentor OSN, di terima pramugari Qatar Airlines.... semuanya ternyata bohong termasuk nama aslinya...

Men, gue sedih banget, sama orang gak dikenal dangak punya masalah apapun sama dia, hanya sekadar ngefans sama karyanya rasanya sediiiih banget tau kenyataan dia.

Seriusan Iyah gak perduli latar belakang orang dan masa lalunya  selama karya dia layak dihargai :')

Iyah googling nama Felicia Huang di google ternyata udah banyak sejak 8 januari berita dia yang nipu (gak tau sih termasuk nipu apa gimana, soalnya barangnya ada cuma dia manajemennya aja yang jelek sehingga gak ada pendataan siapa aja yang mesen) dan dasar netizen indonesia yang jempolnya cepat banget ngepoin orang, ketahuan lah kasus merch 304SR ini bukan yang pertama kalinya, tapi dia juga buat open comission, desain, dll sejak tahun 2012 dan gak di selesaikan sama dia padahal udah kerjasama dengan plaftrom gede. Caranya dia menghilang, ganti nama, terus main lagi dengan karya-karyanya di platfrom yang lain. Tapi jagonya beliau, dia mampu ganti-ganti style gambarnya sehingga orang gak terlalu ketara dia dengan nama lainnya adalah orang yang sama. 

Dan dia ternyata bukan orang tionghoa...

Iyah gatau kenapa bisa beliau begitu... ya semua orang juga pernah salah sih, ga mungkin ga pernah khilaf, tapi klo udah salah, lalu kabur, buat salah lagi, kabur lagi... gimana ya.

Cari duit sekedar buat jajan-jajan didunia gambar emang termasuk mudah sih, jujur aja karena gak semua orang punya skill yang sama.

Oh astaga Iyah ga tau mau nulis apalagi. Sebenarnya ini lebih ke bentuk kekecewaan kenapa 304SR harus tamat ga jelas... pengen nawarin diri mau ambil alih ngelanjutin tu komik (khayalan yang muncul saking kecewanya) skill dan juga waktu juga belum ada.

Untuk Author 304SR entah siapapun nama aslimu.... entah apapun ras mu... entah apapun agamamu.... entah berapapun umurmu.... kali ini jangan kabur, selesaikan masalahmu dan kembalilah ke dunia perkomikan indonesia... skill mu terlalu berharga untuk sebuah masa lalu yang bisa di perbaiki :( mungkin orang nantinya gak percaya sama jualannya, tapi kalau karya siapa yang bisa memungkiri?

Sekian, curhatan kali ini ditutup dengan jari yang pegel karena keyboard nya kecil dan amit-amit jangan sampe iyah kena CTS. Selamat malam senin, selamat menjumpai kesibukan esok hari! be produktif!

Jumat, 09 Maret 2018

Blog M ke Pasar Malam, Nyesel Gak Ikut!

Hai Assalamualaikum! hai pembaca, kalian udah pernah belum ke pasar malam? kalau belum, kita sama :'( Iyah juga belum pernah. banyak yang bilang pasar malam itu gudangnya kenangan masa kecil. huft, masa kecil iyah bahagia kok walau tanpa pasar malam. Iyah itu dulu mainnya kelewat elite wkwk. 

Gak, bukan maksud buat nyombong. kadang manusia kan memang gak ada batas puas diri, jadi jujur aja sebenenrnya iyah iri sama yang udah pernah ke pasar malam. sekadar ingin tau sih gimana keseruan pasar malam. apakah seperti yang di sinetron? tabrakan di pasar malam trus jalan-jalan bareng abis itu jadian? 

So, minggu lalu tepatnya tanggal 4 bulan 3 Blog M (Blogger Medan) ngajakin semua anggotanya buat jalan-jalan ke pasar malam di MMTC. Iyah langsung semangat, mengingat ini akan jadi kesan pertama iyah menginjakkan kaki di pasar malam yang selalu terlihat gemerlap. Sedihnya, sangat disayangkan Iyah bolak-balik demam-pilek-batuk selama sebulan ini. So sudah dapat di tebak endingnya, Iyah ga bisa ikut. 

Lah, jadi dirimu mau nulis apa disini Iyah?

Iyah bakal nulis apa yang iyah tangkap dari cerita keseruan mereka di pasar malam.

1. Ternyata, Masuk Pasar Malam Itu Gratis! (emoticon ketawa sampe nangis) (apaan sih) (lah lo yang apaan) (ngapa nge-gas woy)
Iyah kira, pasar malam itu kayak taman hiburan pada umumnya. Ya, kayak masuk Medan Fair tempoe doloe atau masuk ke Mikie Holiday. Eh ternyata yang mau masuk udah masuk aja gitu. kalau mau main baru bayar, mau jajan baru bayar, ya kalau tengok-tengok aja gratis. Asal jangan negok dompet orang terus ko colong itu minta di gampar namanya.

2. Mainannya Banyak!
Iyah kira mainan di Pasar Malam itu cuma bianglala sama nonton tong setan. Btw, boleh gak ya kalau kita nawarin diri buat di bonceng sama pengendara tong setannya?
eh ternyata disana ada kora-kora naga jejadian, komedi putar, arena tembak-tembakan yang abis nembak gak bakal jadian, mancing ikan, mandi bola, sewa mainan-mainan kekinian kayak apa tuh yang ke gini loh ko tengok sendiri ini gambarnya.

3. Makannnya banyak!
Kirain cuma bakal ada Kembang gula atau gula kapas atau arum manis atau apalah namanya disebut di daerah kalian. Ya, kirain cuma itu aja, tapi ternyata ada takoyaki (ini mungkin mengikut jaman kekinian) ada lolipos yang kalo di cairin sama dengan satu gelas susu (a elah iyah, apaan sih) Ya, pokoknya bakal banyak nemuin makanan beraneka bentuk dan rasa deh di Pasar Malam!

4. Kenapa harus ada eksploitasi hewan dan abang-abang yang aneh?
Dari beberapa video yang diabadikan anak-anak BlogM, salah satunya ada keong-keong lucu yang cangkangnya beri warna-warna dan di lukis gambar hello kitty, spongebob, doraemon.. huhuhu disitu Iyah merasa sedih :'( ada juga cerita yang lain kalau di pasar malam ada di jual beberapa hewan langka kayak kucing hutan dan musang bulan... soal abang-abang anehnya ya lihat aja di video dan postingan anak blogm lainnya.

5. Pasar Malam Cuma Buka Malam-malam
Selain pasar yang bisa pindah-pindah, pasar malam ini juga cuma buka malam-malam. kalau pasar pagi sama pasar sore biasanya jual ikan dan sayur, apalagi pasar pekan, banyakan jual monja hehe.

Jadi gitu deh cerita iyah setelah baca  semua postingan anak BlogM tentang Pasar Malam. Berhubung iyah jadi jurinya wkwkwk (padahal jarang blogwalking) semoga deh nanti iyah bisa ke pasar malam bareng pasangan :p

Kamis, 08 Februari 2018

It's About Blogging, Blogger and BlogM

Hai Gaes. Kali ini aku bakal nulis tentang Blogging, Blogger dan BlogM alias Blogger Medan. To be honest aku sebenenrnya males banget kalalu disuruh menceritakan tentang blog. Karena gak usah pun aku tulis juga udah banyak yang nanya langsung sama aku terkait dunia blog-blog an ini.

Most question, yang paling sering ditanyakan gini

Kak iyah, nge blog itu susah gak?
Kak Iyah, dari kapan ngeblog?
Kak Iyah, berapa di bayar ngeblog?
Kak Iyah, kapan wisuda?

Padahalkan jawabannya gampang. Lo semua tinggal googling. Apa sih susah nya memulai ngeblog? Tinggal klik di mesin pencarian, pilih platform yang mau di pake. Suka yang gampang pilih blogger, suka yang rapih pilih wordpress, suka yang beda pilih weebly, suka yang banyak komentar pedesnya pilih detikcom, suka yang mahal karena holang kaya langsung daftarkan domain kamu sendiri. easy bro. Gak ada yang sulit kalau kamu gak memulai.

Kenapa jaman sekarang kamu harus ngeblog? karena jika jaman dulu orang orang terkenal menelurkan karya-karyanya dalam bentuk buku, anggaplah ngeblog ini memfasilitasi untuk menampilkan karya-karyamu dengan gratis dan dilihat banyak orang. Sekarang kan semua orang mencari informasi lewat internet, untuk bisa turut berkontribus ya tentu kamu harus letakin karaya kamu di internet. 

Kak kan bisa dari instagram?

Kependekan. celoteh orang sekelas aku ga bakalan cukup.

Aku gak tau kenapa sekarang banyak yang memulai micro blogging dengan caption full sampe nyambung ke kolom komentar di Instagram. OMG, sebagai insan manusia yang masih normal dengan mengetahui fungsi setiap socmed, Iyah hanya menikmati gambar di instagram. caption hanya penambah keterangan dari gambar. lebih dari itu? Nonsense. sekian dan terimakasih.

Jadi intinya, kalau kamu mau terkenal secara maksimal, selain panjat sosial eh salah, selain punya berbagai media sosial, kamu juga harus nulis. yak, kamu wajib ngeblog.

Sejarah Iyah ngeblog udah gak usah di tanya lagi, liat tab di atas, baca sendiri sejarahnya. Pokoknya Iyah ngeblog karena iyah mau. Titik. Ga ada cerita buat cari duit, ga ada cerita buat terkenal. yang ada Alhamdulillah banyak dapat kenalan orang-orang baik dan dapat rezeki dari blog di syukuri. 

Aku sendiri bergabung dengan komunitas blogger juga gak sengaja. Jadi awalnya saya coba-coba *efek suara muppet* yah ternyata terus berjalan sampe sekarang. Tapi aku itu kan orangnya setia, jadi aku gak pernah banyak-banyak ikut komunitas. Gak mau serakah hahaha. Soalnya kalau khusus untuk di Medan ini, komunitas mana pun kamu pergi, kamu akan melihat manusia yang itu-itu aja. mungkin ada satu dua orang yang wajah baru, tapi percayalah, yang baru-baru biasanya perlahan menghilang. gak tau kalau bertahan, mungkin karena kecantol hatinya. (ciee) kecantol dengan visi misi komunitasnya gitu.

Btw, masih cerita seputar ngeblog. (yaiyalah, kan judulnya udah jelas. Masa mau cerita Saccharum officinarum?) Walau aku jarang ngeposting, mungkin banyak dari postingan aku yang rada kontroversial atau banyak di cari orang. jadi samapi sekarang banyak yang suka ngeline diskusi atau nanya-nanya soal beberapa hal. Bahkan ada yang karena ngerasa tulisan aku di blog sangat akrab sekali dengan pembaca mungkin (hehe) jadi banyak yang curhat tentang dirinya....

Sekarang aku tergabung dalam Komunitas Blogger Medan disingkat dan di kenal dengan nama BLOGM. Pake G, kalau pake K nanti angkotnya datang dari Jakarta.
 
BlogM sudah berumur 3 tahun Yeaaay! *tari hula-hula* gak tau kenapa rasanya seneng gitu bisa konsisten dan bertahan dalam BlogM (karena sempat kepikiran ingin keluar dan menghilang dari BlogM haha). Walaupun aku gak bisa berkontribusi banyak, tapi aku selalu berharap BlogM masih tetap ada sampe aku tua nanti. Sampe aku selesaikan S3, sampe aku menikah, sampe aku punya anak, dan aku bisa cerita kalau aku banyak di kenal orang dari ngeblog. *eciee ciee ciee*

Btw, sekarang aku punya dua eh tiga murid aktif loh yang ku ajarin nge blog. Niatnya mereka akan kubawa dan ku perkenalkan untuk ikut jadi anggota BlogM di acara ultah BlogM yang ketiga. Btw, anggota baru yang bakal ku bawa ini bukan anggota keluaraga ku lagi seperti yangs beelum-sebelumnya ku rekrut hehe.

Aku pikir semua sudah aku tuliskan terkait judul yang aku tuliskan diatas. ada yang gak puas sama tulisan ku kali ini? puaskan dirimu sendiri nak dengan menulis. Menulislah maka karya mu dapat di manfaatkan bagi semua orang, sepanjang masa! hidup dunia perbloggeran indonesia! hidup Blogger medan! hidup Blog M!

Sekian. Happy 3rd Anniversary BlogM ku sayang! 

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers