Mahasiswa Bunuh Dosen di Hardiknas, Inikah Wajah Pendidikan Indonesia?

Assalamualaikum,

Tanggal 2 mei 2015, linimasa BBM iyah penuh dengan ucapan selamat hardiknas. begitu pula di line, di grup BLOGM banyak yang mengucapkan selamat hari pendidikan nasional. Ahh... di pagi hardiknas, Iyah harus telat masuk kuliah 19 menit. Syukurlah ibu dosen masih baik (walaupun kelihatan kesal) dan mengijinkan iyah masuk.

Hari pendidikan nasional kali ini awalnya terasa biasa saja. di biro rektor ada yang upacara. Yaaah standart lah. di Hardiknas Iyah masih tetep perbaikan jurnal, keter ngurus sampel sebelum masuk laboratorium dan masuk laboratorium sampe menjelang maghrib pastinya.

Dan saat Iyah keluar nge-Lab, temen yang gak ngelab lagi pada heboh di luar. Pada nunjuk-nujuk layar hapenya. Kepo, iyah pun mendekati mereka. "Ada mahasiswa bunuh dosen!"cetus salah seorang teman. Iyah langsung kaget "hah? dimana? kapan?", "Di Medan Mah, tadi siang. Di kampus xxxx!", "Kok bisa? Liat dong beritanya" Salah seorang teman menyodorkan hapenya. Terlihat berita yang di sebar masih dari chat to chat. Bukan dari berita koran yang valid. Dikabarkan kalau motifnya adalah skripsi yang tak kunjung acc.

Pagi ini, (karena tadi malam ketiduran hahahaha) Iyah ngecek beberapa media online, beritanya simpang siur. ada yang bilang karena skripsi lah, karena dendam hal lain. jalur ceritanya pun begitu. gak jelas gimana kejadiannya bisa terbunuh. Yang pasti adalah, seorang mahasiswa telah membunuh dosennya. di hari pendidikan nasional.

Dosen killer, dosen kejam, dosen ngeselin, dan banyak hal yang sering dilontarkan mahasiswa terkait dosen-dosen mereka. Iyah gak habis pikir, bagaimana bisa si pelaku se-tempramen dan se-sadis itu kepada orang yang pernah memberikan ilmunya ke dia?

Dosen yang tidak sesuai dengan hati kita mungkin karena kita tidak memahaminya. seorang dosen telah menempuh pendidikan jauuuh jauuuh lebih tinggi dari mahasiswanya. mungkin ada beberapa yang belajar di luar negeri sehingga cara mengajarnya sedikit berbeda. lalu lantas mahasiswa dengan sembarangan mengecap 'gak enak ngajarlah' 'killer' lah, tanpa tau latar belakang beliau.

Entahlah, entah apapun motifnya yang pasti tempramen mahasiswa ini perlu terapi.... Bayangkan, dia sudah di tingkat akhir, hanya karena emosi sesaat dia harus mengorbankan waktu dan uang yang telah di habiskan pada tahun-tahun sebelumnya.

Generasi indonesia dituntut untuk cerdas secara fisik saja. psikisnya tidak di perhatikan. Hanya di harapkan saat dia ditanya lalu menjawab dengan benar adalah generasi indonesia yang baik. tanpa tau bagaimana cara dia belajar. entah ketika dia tidak dapat jawaban sebuah tugas dia menumbuk dinding kamarnya, menendang seperti itulah.

Satu hal yang sangat iyah syukuri dari diri iyah sendiri setelah mengetahui kasus ini adalah: iyah bersyukur masuk biologi. Yang sudah terbiasa dilatih sabar, kemampuan memahami sesama teman, walau cekcok tapi tetap berpikir kedepannya. Jujur saja, bukan belum pernah iyah mengamuk kepada teman karena tingkahnya yang sangat menyebalkan. Lalu, lalu, lalu, iyah sangat menyesal dan meminta maaf kepadanya. dan samapi hari ini, dia tidak juga berubah dan membuat banyak orang selalu marah kepadanya. hahahaha, begitulah kenyataan, kita gak bisa mengharapkan seseorang seperti apa yang kita inginkan. tapi setidaknya kita bisa menyikapinya dengan lebih baik.

Jadi para generasi muda yang juga membaca tulisan iyah yang gak jelas ini (karena di tulis pagi ini dengan kilat), masih maukah kamu menjelek-jelekkan orang yang sudah memberimu ilmu? berhentilah membicarakan mereka di belakang sekesal apapun kalian. saat kalian dewasa, kalian akan melihat lebih banyak hal yang menyakitkan dari pada hanya hukuman dari guru atau sindiran keras dosen yang tidak akan melukai kalian.

Huf... maafkan tulisan yang gak jelas susunannya ini. Iyah hanya merasa menyesal kenapa hal seperti ini bisa terjadi. Iyah turut berduka atas kejadian yang menimpa Beliau (dosen yang menjadi korban) dan mengutuk si pelaku apapun motifnya.

Semoga tulisan ini tidak membawa keburukan. Amiin.
Assalamualaikum

10 Hal Asyik Kalau Kamu Jadi Mahasiswa Biologi


Assalamualaikum! Hai semuanya kabarnya pada baik kan? semoga jangan kayak Iyah yang akhir-akhir ini sering di bully mulu karena kalau iyah ngomong sulit untuk nahan bahasa-bahasa biologi yang asing di telinga non-biologi. ceilah bahasanya non biologi...

Mungkin bagi sebagian orang biologi itu hanya mata pelajaran saat sekolah biasa dan kayaknya membosankan banget kuliah Jurusan Biologi Murni ya kan? udah bingung mau jadi apa, terus pelajarannya cuma menghafal doang. Eiits, tunggu dulu! siapa bilang Biologi se-boring itu? nih Iyah jabarin dari Temen-temen Iyah yang Biologi

10 Hal Asyik Kalau Kamu Jadi Mahasiswa Biologi

1. Kamu lebih dekat dengan Tuhan 
irisan daun pinus
agama apapun kamu, ketika kamu pertama kali melihat sel dari mikroskop, kami pasti berdecak kagum dan bergumam dalam hati betapa hebatnya kuasa Tuhan. Begitu juga iyah danteman-teman biologi setiap kali kami nge-lab (praktikum di laboratorium). Ngeliat koloni mikroba cantik, inget Tuhan, Ngeliat susunan unik dari sistematika hewan, inget Tuhan. Inget laporan usai praktikum yang sulit Acc, jadi pengen cepat di panggil Tuhan...

2. Kamu bisa pegang barang-barang mahal
ini mahal. kata asisten.
Berapa sih harga Lamborghini? milyaran ya? duh kalau anak Biologi pasti udah biasa pegang barang-barang super mahal di laboratorium. Salah satunya VCR. Kalau ga tau apa itu VCR seacrh google deh. begitu juga dengan alat sentrifugasi, autoclave de el el. walaupun masih jadi praktikan tapi kami udah pegang barang-barang super mahal ang kalau ga hati-hati makenya.. *glek. lagi-lagi inget Tuhan. 

3. Kamu gak penakut atau pun penggeli

gimana mau takut atau geli kalau pas mos di suruh cium kodok. Gimana mau takut ular kalau praktikum kamu di suruh mengukur bukaan mulut ular. Lagi pula sejak awal memang sudah di beritahu. misalnya begini ya, kamu di sengat telson (bagian tajam ekor) Kalajengking, terus kamu panik dan adrenalin kamu segera naik, cocok lah racunnya segera berkembang. yang bener kamu tenang dan cucuk lagi bagian yang terkena itu dengan ekor si kalajengking. karena penetralisirnya disitu juga, udah pernah di coba sama aslab nya iyah. Jadi gitu deh kamu gak perlu takut. tapi tetep aja sih... kalau jumpa Blatta sp. iyah tetep jerit-jerit panik.

4. Kamu jadi gak gampang ketipu HOAX
tau dong sekarang banyak beredar penelitian-penelitian yang ga tau sumbernya dari mana. share sana share sini karena udah banya yang share terus semua orang percaya. contohnya kayak kerupuk yang di campur plastik caranya dnegan cara di bakar, atau madu asli ga bakal di datengin semut. daaan semua itu hanya berdasarkan "menurut penelitian bahwa bla bla bla" HOAX! Coba kalau kamu anak Biologi, kamu tau dasarnya, dan kalau penasaran tinggal di uji coba di lab. memang sih ga semudah itu ngelakuin penelitian. tapi penelitian sederhana kayak mengetahui kadar daun mint sebagai antibiotik itu cuma melewati prosedur sederhana kok!

5. Kamu jadi kepo dengan segala hal
Ih ini bunga apa ya? khasiatnya apa ya? bisa jadi obat ga? bisa jadi pestisida gak? Ih hewan apa ini lucu bangeeet, masih satu famili sama kucing enggak ya? kalau bisa di kawinin sama kucing ku pasti lucu deh keturunannya.

6. Kamu jadi banyak tau tentang alam
Kalau iyah pribadi sih gak terlalu tau-tau banget ya. namanya juga sering males menghapal *getok jidat sendiri* tapi kalau temen-temen iyah yang lain sih bisa tau misalnya waran air di sungai ini kandungan pH nya asam atau basa. Iyah juga ada inget sih dikit-dikit kayak lumut Pogonatum sp. yang bisa jadi obat darurat kalau di hutan. Atau kayak pohon yang salah satu bagian sisinya di tumbuhi lumut itu artinya mengarah ke barat.

7. Kamu bisa ngerasain kerennya pake baju Lab
Keren yang disini gak cuma di Labpratorium aja. kalau SMA sih biasa ya kalau mau praktikum pakai baju lab. Tapi kalau udah jadi mahasiswa Biologi kalau bisa ga usah di lepas lagi baju Labnya. hahaha. Kerennya lagi kalau pakai baju lab sambil bawa kereta kencang-kencang, berkibar bok baju nyaaaaa. demi ngejar asisten dan jurnal yang baru diprint buat Acc. anak Lab pasti tau rasanya. pasti tauuu.

8. Jiwa Psikopat mu akan tersalurkan dengan baik
dont kill me plis :'(
kesinabung bareng tim PKM
Tau psikopat? orang-orang yang ga punya hati dan membunuh serta menyiksa orang tanpa ragu. merasa punya kecenderungan seperti itu? kamu masuk biologi aja, kamu di butuhkan untuk 'tega' membedah banyak hewan demi ilmu pengetahuan. Iyah? termasuk tega. selalu sempurna dalam mendislokasi (membunuh tanpa suntikan) kepada mencit.

9. Bergadang mu akan bermanfaat
Begadang jangan begadaaang~ kalau tiada artinyaaaa~ Biasanya bergadang ngapain? karena insomnia kayak anak-anak alay sekarang? Kamu pasti senang masuk biologi. karena memang tugas yang banyak memaksamu harus bergadang. Kalau ada yang ketemu sama iyah pasti bingun bedain mana iyah mana panda.

10. Banyak jalan-jalan ke tempat-tempat asik

Ini sih udah pasti. kamu gak perlu luangin waktu buat jalan-jalan di sela-sela kepenatan kuliah. karena praktikummu memang jalan-jalan! kayak iyah semester lalu yang nginep di Aek nauli selama4 hari, ke pantai dari pagi sampai malam, ke kebun binatang juga. asik kan? hohoho.


Nah itu deh asiknya. ada yang gak setuju? makanya jadi anak biologi haha.

Salam Homo! Ciao! *Homo sapiens maksudnya*

Finally, Meet and Greet Sweta Kartika Di Gramedia Sun Plaza Medan


Hari sabtu, tanggal 23 April adalah salah satu hari terpadat Iyah (karena Iyah sudah biasa dengan jadwal yang padat) selama dua minggu ini. Gimana gak padat coba, pagi jam 6 nganter Ibunda tersayang ke Kuala Namo untuk pergi ke Vietnam. Belom mandi, muka lecek, hape dalam keadaan low tapi tetep Iyah mainin hahaha. Balik dari Kuala Namo ke rumah udah jam 8 ternyata. Langsung mandi (gak mandi ayam ya), ga sempat sarapan cuma buat susu sebotol tupperware penuh dan nguyah roti keju sambil nyiampin perlengkapan selama satu harian ini. Ban kereta beat ternyata bocor. Langsung sambar kunci kereta Revo yang biasa di pakai Ibunda Haha. Let's we go and strat the adventure! *Correct me if i'm wrong*

Udah hampir 3 bulan gak naik kereta Revo yang non matic. kayak biasa Iyah stel ala-ala Moto GP eh lupa rem kiri gaada hahaha sumpah koplak. Mana silap lagi antara gigi dan rem. Akhirnya nyampe juga di CePo alias Center Point. Entah kenapa provider *ehem* beberapa hari ini ngajak ribut. jadi pending gitu ngirim ke line. Bodo amat lah, pulsa Iyah banyak. langsung telpon Bang Ua. Bang ua tanya bang Rudi yang di lokasi acara, Bang ua balik telpon Iyah ngasi tau tempat. Kenapa Iyah ga langsung telpon bang rudi? karena beda provider. *skip*

Iyah akhirnya duduk manis di acara Exite Indonesia Roadblog 10 Cities. Sebenernya kenapa dateng ke acar itu karena nunggu bang Agoz Perdana. Ternyata si abang munculnya siang. Jam 12.30 Iyah cabut dari CePo dan kembali layaknya Moto GP menuju kampus tertjinta. USU. buat responsi Laboratorium genetika jam 1.30 wib. Kawan yang lain belajar ngapal dan panik-panik ayam. Iyah datang lempeng jam 1 lewat 10, Solat, keluarin baju lab, langsung duduk manis. Soalnya iyah udah ada gambaran apa yang bakal di keluarin di ujian responsinya. rejeki anak soleh. rejeki anak yang suka bikin ulah di Lab.

Jam 3 Iyah cabut dari kampus, galau antara balik ke acara di CePo atau ke Sun Plaza. Terus Echa (temen iyah sejak jaman naruto baru masuk akademi ninja) SMS kalo iyah udah nyampe minta di beliin buku Wanara supaya dapat foldedbag grey dan jingga. Oke. Bissmilah, nawaitu cuma ini pertama kalinya Sweta Kartika ke Medan. Maafkan iyah bang Agoez, maafkan iyah keluarga BLOGM, maafkan Iyah.... 
masih sepi. tapi itu udha ada kopernya bang swetaa
Tadaaaa, mendarat tjantik di SUNPLAZA jam setengah 4, semua masih sepi... hati ini juga sepi... *PLAK* *EFEK MALAM MINGGU* tapi di space talkshow iyah liat... kopernya bang sweta yang iyah liat di instagramnya pas update lagi di hotel danau toba! Doi udah di sini! doi udah disini! Kyaaaa XD misi berikutnya nyari si echa yang ternyata udah lebih dulu nyampe. Eh, ada cewek lambai-lambai pake topi rajut putih. Yaps, Echa yang hari itu pakai hak tinggi tapi tingginya banter sejajar sama Iyah. Padahal iyah gak tinggi ya kan?

Kami duduk di baris kedua, karena di depan tinggal satu bangku dan gak lucu kami rebutan bangku. Tiba-tiba, muncul seseorang dengan kaus hitam, tiba-tiba langusng kedepan dan nyusun komik-komik serta merchandise. Berkacamata dan jenggotan. Itukah? itukah Sweta Kartika yang selalu aku kepoin dan menjadi mood booster ku saat menggambar? Kok... gemukan dari di dunia maya ya? "Mad, rada gemukan ya? efek udah nikah biasa gitu ya?" bisik Echa. O iya, efek nikah gemukan, itu artinya Bang Sweta bahagia.

Acara pun di buka dengan kebetulan oleh MC kak fatin dalimunthe yang waktu itu pernah iyah gantiin doi nge-MC juga di PRSU. Kebetulan sekali haha. Langsung di buka dengan tanya-tanya ke peserta yang hadir. Huft huft iyah ga bisa nahan rasa excited luar biasa. Iyah yang berusaha kapan ada kesempatan ke jakarta ketika popcon dan sekarang orang yang pengen iyah jumpain itu malah datang ke Medan. Medan, tempat yang hawa seninya belum terlalu tercium. 

aku aja lah yang nanyak kak fatin. kita tukeran lagi :')
Kak fatin nanya-nanya tentang komik dan kenapa memilih menjadi komikus. Pertanyaan klise buat orang yang baru pertama kali tau seorang sweta kartika. Sementara aku yang udah ngikutin sejak pertama kali pakai android di SMA trus langsung download makko dan baca komiknya Bang Sweta ini yang berjudul Wanara. Terus beberapa waktu berlalu iyah di saranin lagi baca Nusantara ranger. terus di tambah lagi adanya komik strip yang di share temen ke fb iyah yaitu Grey and Jingga the twilight yang lagi-lagi buatan bang Sweta. Cut alias si kancut iyah manggilnya juga nge-fans berat dnegan komik grey and jingga. Semasa kelas 3 SMA, kami suka ngecover soundtracknya yang berjudul "Pangeran kesepian", "Semenjak ada" dan "Kekasih masa kecilku" Is so kampret kalau inget jaman itu soundcloud ga bisa di download jadi caranya adalah dengan merekam dari laptop dnegan hape dan itu tengah malam supaya suaranya bersih. Dari situlah iyah dan icut ga perlu korban paket data lagi buat dengerin soundtrack grey dan jingga.


Akhirnya di buka sesi tanya jawab dan Iyah pun bertanya "1. Bagaimana cara agar pesan di komik bisa nyampai? 2. Kok bahasa di komiknya ilmiah banget padahal Bang Sweta jurusannya DKV ?3.kenapa suka kelinci?"

Terus di jawab beliau:
1."Aku itu jurusan DKV, Desain Komunikasi Visual. lalu apa yang kaian dapatkan saat mendengar itu? Komunikasi! itu intinya. Inilah bentuk nyata dari desain komunikasi visual (sambil mengangkat komiknya) aku gak setuju kalau komik yang bagus itu adalah yang gambarnya bagus, baik. Komik yang baik itu kalau pesannya nyampe. Coba liat komik shincan, banyak yang bilang gambarnya jelek. tapi itu di buat dari hasil riset, bagaimana cara pandang seorang anak-anak terhadap dunianya. karenanya komunikasi yang di sampaikan harus jelas. itulahnyawa sebuah komik"

2."Untuk membuat komik yang baik kita harus memiliki informasi yang akurat agar pembawa tidak salah menadapatkan informasi. dan aku memang sangat tertarik dengan hal-hal yang aku gak tau (mantep!) ada sebuah pepatah dari cina yang mengatakan saat kamu mempelajari hal yang kamu tidak tahu, di ssanalah kamu akan terus bertambah dan tambah lagi. kau suka dunia sains dan juga astronomi. aku suka dengan segala fenomena yang terjadi dan aku mencari tetang hal itu."

3."Biasa aja sih sama kelinci. itu cuma icon"

itulah kira-kira yang bisa iyah tangkep dari jawaban Bang Sweta. Aselinya panjang banget dan kasian buat yang baca ini kepanjangan kali. ini aja udah panjang ya kan.

Itu beneran pertanyaan yang iyah ga dapet dari hasil Stalking seorang Sweta kartika. Duh malunya kalau ke gep nyaris semua socmed dan akun yang doi punya Iyah kepoin. Sampe penasaran sama keluarganya lagi. follow kak swetty yang juga jago gambar. gila parah banget Iyah kan kalo udah suka.
Iyah pake kacamata

Iyah ga pake kacamata. cakepan mana?


Cha, mancung. Bang sweta lumayan. Iyah pesek. Puas
Setelah itu sesi minta tanda tangan dan foto bareng. aseli iyah gugup banget sampe jatuhin komiknya di depan Bang Sweta, Iyah cepet-cepet ambil. padahal kalo di rumah sih siap baca langsung ketumpuk di jurnal-jurnal dan tugas-tugas kuliah Hahaha. kadang di jadiin alas mouse juga .-.

Eh, siap iyah sama echa minta tanda tangan dan foto ada yang minta digambarin juga. what the... Iyah pun ngeluarin notes dan minta di gambarin juga. Minta di gambarin seta pegang topeng bersama monyetnya. Agak lebih lama dari yang lain, iyah sempetin ngobrol-ngobrol di depan. Bertiga sama echa juga. Tentang sains, mencari referensi, dan skizofrenia juga. 

Acara talkshow pun ditutup dengan harapan Bang Sweta agar Medan dapat menyumbangkan komikus-komikus yang konsisten untuk menjadi amunisi komikus Indonesia.

Terus acara ditutup, dan Bang Sweta menawarkan untuk lanjut meet up di luar. Iyah awalnya seneng dan mau ikut. Echa emang ga bisa ikut karena nanti kemaleman. Tapi jujur aja sih, Iyah sudah mencoba akrab dengan anak-anak gambaris Medan yang hadir dan mendominasi acara tersebut. tapi mereka gak welcome. Iyah udah melewati beberapa jenis komunitas, memang awalnya mungkin agak aneh, tapi setidaknya kalau salaman iyah nyebut nama ya sebut nama balik lah. gak sekali loh iyah jumpa anggota gambaris. So,gak mungkin iyah pergi meet up sendirian tanpa echa. Udah Iyah alien makin alien lah di mata mereka. Biarin deh diakata kampungan ngefans sama Bang sweta segala macem, puasin aja dulu jumpa sekali terus nanti jumpa lagi di panggung yang setara Amiin.

Iyah pun pulang setelah sebelumnya nungguin echa dapet angkot sambil curcol ngalor ngidul. Lewat CePo lagi iyah tanya di line apa masih ada yang di CePo tapi low respon. ya sudahlah, balik ke rumah langsung beresin kamar karena besoknya minggu (hari minggu kamar harus rapi karena iyah istirahat full).
  
maaf, males rotate
Terima kasih Bang Sweta, salam sama istrinya yang suka duren. :')

LOE MAU GAYA? IKUTI GAYA GUE!

matahari mall, loe mau gaya, MMAAJA Mataharimallcom

Pas SMA, jaman orang belum pake masker ucul-ucul yang gambar doraemon atau gambar lainnya, iyah orang pertama yang make ke sekolah. Aneh? Iya. Di liatin? Jelas. Terus berikutnya banyak yang make masker ucul-ucul ke sekolah. Hihihi. Iyah ngerasa jadi Trendsetter deh!

Terus, jaman-jamannya rohis belum pake manset tangan, iyah suka pake pake manset tangan yang ada bolong buat bagian jempolnya, sekarang mulai ngetren namanya handshock kalau ga salah. Terus anak-anak basket pada nanya iyah beli dimana, ngoahaha.

Iyah sih ga terlalu mengikuti perkembangan fashion sih. Walaupun rada ngasal kalau pake baju, tapi hampir rata orang udah tau icon fashion iyah. Salah satunya iyah identik sama denim. Padahal iyah ga pakai celana jeans lo. Tapi ya itu iyah sering pakai denim~

Kayak di cover postingan ini keliatan kalau iyah sama saudara-saudara iyah tuh selera fashionnya ga sama, yang penting asiknya sama!

Jadi sebenernya gaya gak di tentuin apakah kamu harus ngikutin setiap tren fashion terbaru yang ada. Contohnya kayak gaya-gaya baju yang sering iyah kenakan sehari-hari ini, cekidot!

1. Gaya Saat Ngampus


matahari mall, loe mau gaya, MMAAJA Mataharimallcom

Kemeja+ mini denim dress+ rok + pashmina. Dress denim ini salah satu favorit iyah! Iyah kalau ngampus ga mau pakai warna yang terlalu mencolok sih, terutama pas masuk mata kuliah dosen sangar, takut di tandain bok! Kutandain kau ya~


2. Gaya Di Laboratorium
matahari mall, loe mau gaya, MMAAJA Mataharimallcom
itu properti aja kok
Kemeja+ Manset tanga +jilbab+ jas lab. Di lab itu udah pasti wajib pake baju lab dong ya. Biasanya iyah pakai jilbab licin supaya gak gampang nyangkut-nyangkutin barang-barang di lab. Berusaha paling ringkas kalau udah masuk banyak lab dalam satu hari.

3. Gaya Buat Main

matahari mall, loe mau gaya, MMAAJA Mataharimallcom

Kalu main iyah paling suka pakai overall! Bebas banget, kalau kepijek kan roknya ga bakal melorot hahaha. Iyah juga suka pakai warna-warna pastel kalau lagi main.



4. Gaya Ala Model Trubus

matahari mall, loe mau gaya, MMAAJA Mataharimallcom

Kadang kalau lagi bosen iyah suka foto-foto sok-sok model gitu. Tentunya pakai warna yang mencolok dong. Hehe



5. Gaya Lagi Berpetualang

matahari mall, loe mau gaya, MMAAJA Mataharimallcom

Siapa bilang berpetualang ga bisa pake rok? Sejak tamat SMA iyah ga pernah lagi pake celana *eh, maksudnya di usahain selalu pakai rok. Walaupun di tengah jalan bisa saja ada insiden karena rok, tapi secara keseluruhan baru sekali kok iyah bermasalah pake rok (cc: mendaki sibuatan)


Nah gitu deh gaya iyah di setiap kegiatan, biar dikata heboh atau gimanapun karena suka pake baju tumpuk-tumpuk yaaaa suka-suka iyah dong, kan iyah yang nyuci baju sendiri hihi. So, pede aja dengan gaya kamu. Jangan maksain diri ikutin fashion yang ga cocok buat kamu. Kalau mau liat-liat berbagai produk buat gaya yang sesuai dengan kamu banget, Iyah saranin buat ke mataharimall, kamu bisa liat-liat dulu. Karena barangnya banyak macam dan banyak juga yang ngena di hati. Cuma abang itu aja yang belum ngena di hati iyah *tsaaah

Be your self! find your style! Salam M! for BLOGM for Mataharimall!

matahari mall, loe mau gaya, MMAAJA Mataharimallcom
muka lecek baru bangu tidur

5 Tips Mencari Situs Baju Online Terpercaya


Tips Mencari Situs Baju Online Terpercaya - Pusing cari baju online? Takut tidak sesuai dengan aslinya? Semakin banyaknya penjual online di Indonesia ini memang kita harus semakin selektif dalam mencari baju secara online. Karena ketika kamu melihat secara gambar di website tertentu, bisa jadi ketertarikan tersebut pudar saat barang tersebut sudah kamu terima dan terlihat jauh berbeda dari gambar sebelumnya yang ditampilkan. Uuuh, pasti kesel banget kan kalau udah gitu? mau di balikin juga ya percuma. Biar gak mengalami kejadian seperti itu, berikut tips dan trik pemilihan busana  online yang mungkin berguna bagi  ketika ingin membeli baju secara online:

1. Check en ReCheck

Periksa website yang kamu pilih secara merata dari mulai website, dan beberapa media sosial lain, seperti facebook, twitter, instagram, dan lainnya. Apakah online shop tersebut benar sama sesuai dari websitenya. Agar kamu suatu saat bisa komplain jika barang tersebut tidak sampai kepada tempat kamu.

2. Real Pict

 Mintalah foto-foto baju yang dijual secara real pict, agar kamu bisa melihat setidaknya secara nyata dari gambar tanpa adanya editan dari suatu software komputer. Biasanya online shop profesional bisa memberikan fasilitas pelayanan yang baik, mereka bisa memberikan foto real pict-nya agar konsumen semakin lebih percaya dan akan menjadi langganan bagi mereka.

3. Ask More!

Kemudian tanya bahan yang berasal dari baju pilihan kamu, sehingga kamu bisa searching atau cari-cari informasi mengenai bahan tersebut, sehingga setidaknya kamu bisa semakin paham bahan tersebut cocok atau tidaknya untuk kamu gunakan. Karena pengetahuan bahan sangat penting bagi konsumen, karena jika tidak sesuai, baju yang kita beli akhirnya tidak terpakai sama sekali.

4. Investigation

Jika kamu tipe yang malas untuk bertanya, carilah website yang memberikan fasilitas keterangan yang komplit, karena saat ini website semakin bersaing untuk mencari pelanggan, otomatis mereka saling bersaing untuk memberikan pelayanan terbaik dari masing-masing online shop.

5. Famous Brand

 Selalu mencari website yang memperlihatkan alamat secara detail serta kejelasan pengirimannya, jangan sampai kamu tertipu setelah mentransfer barang tidak kunjung datang.


Itulah beberapa tips mencari baju online agar bisa membua kamu bisa semakin selektif dan cermat dalam memilih online shop. Ketika kamu sudah mendapatkan online shop langganan, beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berbelanja via online, seperti:


Gak perlu lagi keluar rumah, merasakan macet dalam perjalanan, karena sudah bisa memesan baju pilihan kamu secara online

Gak perlu mengeluarkan biaya ongkos perjalanan kamu pulang pergi dari rumah ke toko baju, karena sudah bisa berbelanja via online dengan pengiriman oleh jasa paket.

Kamu bisa meluangkan waktu semakin banyak dirumah bersama keluarga tanpa harus sibuk keluar rumah cuma soal urusan baju.


Informasi di atas semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin membeli baju secara online. Temukan juga informasi seputar model fashion terbaru di model busana terbaru.

16 Tipe Orang Unik Yang Iyah Temui Ketika Travelling




Dari kecil Iyah udah sering travelling berempat. Sama Ayah, Mamak dan kakak. Mulai dari destinasi wisata dalam kota, luar kota sampe luar negeri. Pas Iyah udah besar, udah sulit buat jalan bareng. Iyah mau pergi sama temen juga belum di zinin tanpa ada yang ngawasin. Euh, sulit euy.

Kadang kalo iyah bilang mau pergi barneg temen ke tempat yang sebelumnya udah pernah kami sekeluarga kunjungin pasti Mamak bilang ngapain ikut kan udah pernah. Huhuhu sedih. Pernah juga protes kenapa pigi-piginya pas iyah masih kecil, kan ga inget lagi. apa jawab mamak? “kalo masih kecil di bawa kan murah ongkos, ngurus paspornya juga gampang.” Huwewewewewe

Udah la, daripada ngenes sama paspor periode ini masih kosong, mending iyah inget-inget beberapa kejadian unik pas traveling

1. SKSD (Sok Kenal Sok Dekat)

Ini kejadian pas iyah ngunjungin sepupu iyah di Malaysia pas umur iyah sekitar 7 atau 8 tahun gitu. Jadi iyah di ajak main ke taman apertemen. Pas lagi main, tiba-tiba sepupu iyah bilang bentar mau ke kamar mandi. Nah, di sana ada seorang anak perwakan chinese gitu ngajak kenalan ke iyah. Awalnya sih masih ngerti, tapi pas udah ngobrol pake bahasa melayu panjang lebar iyah ga mudeng. soalnya sepupu iyah ngajak iyah ngobrol masih ada bahasa indonesianya.... dulu belum ada upin-upin, jadi walaupun bahasa melayu dan indonesia itu mirip, tetep aja Iyah susah ngeh. Iyah cuma bisa diam tapi tetep senyum, tapi doi tetep ngomong panjang lebar. Pas sepupu iyah balik dia kaget, dan dia ngomong ke anak yang SKSD itu kalau iyah ga terlalu paham bahasa melayu....

Yah, mungkin dia ngerasa keren udah bisa ngobrol sama orang indon...

2. JOROK

Ini adalah hal yang paling buat iyah rada gimana gitu kalau jalan-jalan. Beberapa kali iyah ke jakarta, iyah ga mau ikut mamak sam akak uti naik metromini lagi. karena bau ketek yang sangat menyengat belum lagi tempat duduk dan pinggiran jendelanya jauh lebih jorok dari angkot di medan. Nah, satu ketika kami ke sentosa island di singapore. Tau dong monorel singapore itu bersih banget, kebetulan waktu itu tempat duduknya lagi penuh jadi iyah berdiri. Ada bule cantik yang duduk di depan iyah dia bilang ke iyah kalo dia bakal turun di pemberhentian berikutnya, jadi iyah bisa duduk. Dengan bahasa inggris yang terbata-bata iyah pun mengucapkan terimakasih atas tawarannya. Pas udah sampe di stasiun berikutnya si bule berdiri, dan tersenyum ke iyah dan beranjak pergi. Pas iyah mau duduk, barulah iyah liat ada bekas ‘noda’ dari bekas duduk si bule, euh. Ga bisa berkata-kata lagi deh.

3. MINTA FOTO


Mungkin ini hal yang paling bego dari sekian banyak tingkah iyah yang terlampaaaaau polos. Ini kejadiannya di masjid raya aceh. Iyah lagi moto-moto dan video-video (dan filenya hilang semua karena sdcard nya ilang). Terus ada bapak-bapak lagi duduk bersadar di salah satu pilar masjid. Iyah ngeliat si bapak, dan si bapak liat iyah dan bilang dengan logat aceh “Foto dek?” Iyah bingung, terus “cekrek!” iyah foto deh si bapaknya dan iyah ngacir. Iyah menyimpulkan bapak itu pengen di foto. Ternyata pas muter-muter lagi, si bapak tukang foto. Karena tadi bapak itu duduk, iyah ga liat ada kamera di baliknya. Maluuuuuu X”(

4. SALAH KIBLAT

waktu itu pas lagi perjalanan ke batam naik kapal laut. Itu pertama kalinya iyah naik kapal laut. Pas jam sholat, iyah ke musholanya dan liat ada kompas gede banget. Katanya di suruh ngikutin arah kompas. Iyah (lagi-lagi) dengan polosnya ketika kompasnya geser iyah ikut geser, maklum dulu ga ngerti. Dan karena kebetulan bukan pas baru masuk waktu solat jadi ga rame orang, eeh ada ibu-ibu yang ikut geser juga pas iyah geser. Udah siap solat ibunya bilang “susah ya kalau soalt di kapal” iyah pun bilang “iya ya bu”. Jadi... kami sama-sama ga ngerti -_-

5. IKUTAN NYASAR


Ayah iyah itu orang yang paling akurat kalau nentuin jalan. Jarang nyasar. Satu kali kami pernah ke berastagi yang padahal udah berkali-kali tapi entah kenapa malah jadi nyasar. Ayah iyah dengan tenang bilang, yaudah kita ngikutin orang yang di depan itu aja, pasti mau ke gundaling juga. Kami pun ngikutin mobil avanza biru tua, tiba-tiba mobil itu berhenti dan Ayah iyah pun menyalip dan melanjutkan perjalanan. Eh tiba-tiba kami liat mobil avanza biru itu ngikutin dari belakang. Pas udah sampai di gundaling dan parkir, supir pemilik avanza itu keluar sambil mengucapkan terimakasih karena tadinya mereka nyasar.

6. DI BUKAIN PINTU SAMA ARTIS

Iyah itu jarang ngikutin berita infotaiment, jadi buat artis-artis yang gosipnya gak heboh dan panas iyah gabakal tau nama artisnya. Pas iyah ke jakarta buat liat kakak iyah yang nampil di studio Epicentrum ANTV, Iyah sama Mamak makan di Sevel. Mamak nunggu di luar dan iyah bawa 2 Bento pake nampan. Eh, pas sampe mau keluar dari sevel ada yang bukain Iyah pintu. Wuiih baik banget ni orang pikir Iyah. Orang itu senyum, iyah juga senyum sebagai tanda terimakasih. Dalam hati kok mukanya familiar ya? Nah, pas orang itu keluar lagi, Mamak iyah bilang “eh ada artis tuh, Surya Saputra.” Iyah ngeliat ke arah yang di tunjuk Mamak. Oalala, itukan yang bukain pintu tadi, pantes familiar -_-

Duuh, kalau cerita soal orang unik yang di temuin itu gaada habisnya deh, terkahir kali tuh yang paling berkesan pas iyah naik gunung sibuatan dimana para pendakinya ramaaaah banget, ada juga iyah nubruk anak bule yang encesnya banyak banget. Adalagi yang nanya tempat padahal sesama pendatang dan doi nanya pake bahasa dia. Aduh!

Btw, di judul tulisannya ada 16, kok iyah cuma nulis 6, 10 lagi kemana? :| *loh?

Wardah Beauty House Medan - Beauty Gathering with BLOGM


Hola Gals! Pada gimana nih kondisi psikisnya? Hahaha, rancu banget bahasanya Iyah ya. Biasanya nih penghujung maret masuk april itu agak-agak jenuh dan ngerasa stuck gitu buat Iyah. Soalnya kan, dulu pas Iyah SMA, bulan segini itu ujian masih jauh, inget liburan sebelumnya juga udah ga ngerasa fresh lagi. pengennya cepet-cepet langsung ujian dan liburan aja. Pas kuliah sama juga, malah lebih parah, karena weekend juga tetep harus ngampus. Maklum vroh, anak laboratorium. Tinggal nunggu ngomong sama awetan aja nih.

Karena itu beberapa minggu yang lalu (Iye, udah beberapa minggu dan Iyah baru sempet nulis sekarang) Iyah dan beberapa temen BLOG M di ajakin ke Wardah Beauty House Medan buat Belajar make up gitchu. Uhuuuy ya mau banget lah, udah jenuh di ajakin nongki cantik sambil belajar dandan. biarpun jomblo apa salahnya belajar dandan. minimal buat ngetawain diri sendiri lah *miris

Jadi kebetulan pas di hari H, adek Iyah dari palembang dateng. Salah satunya ada yang cewek dan minta ikut sama Iyah. Yowes lah, palingan si bocah SMP ini bisa duduk doang nengokin kami dandan. Jadilah doi ikut sama Iyah.



Wardah Beauty House ini terletak di jalan Iskandar Muda . Buat yang anak USU bisa kalilah mampir ke sini kalau muka udah ngerasa lepek atau cuma sekadar belanja produk Wardah. Sempet nyasar dikit karena bangunannya rada nyuruk dan ketutupan pohon. Tapi syukurlah ga telat dan nyampe sebelum jam 10. Sampe di sana udah ada Kak Molly yang selalu ontime. Warbyasah. “Kak, maaf nih iyah bawa adek. Gapapa ya?” tanya iyah ke kak Molly. “Oh iya gapapa, lagian baru aja ini ada yang cancel, Yah.” Jawab kak Molly santai. What? Ada yang cancel? Itu artinya bocah SMP ini bakal ikutan dandan? what what what the...



Terus kehadiran pun di susul kedatangan kak Amel, bang Dessy dan kak Funy yang dateng dengan sedikit panik karena doi kira bakalan telat. Kami pun ngobrol-ngobrol sama mbaknya yang menjelaskan tentang Wardah Beauty House yang baru ada satu di Medan dan baru berdiri sekitar 2 tahun. Setelah ngobrol dan foto-foto buat before after kami pun diajak sama penyelenggara, Kak Tira buat ke atas walaupun personil BLOGM blom lengkap. Iye, BuSek alias Bu sekertaris alias Kak Lily belum muncul juga batang hidungnya.


Kami naik ke lantai dua dan ternyata sudah di sediakan tempat duduk untuk kami bersepuluh. Selagi menunggu kak Lily, kami melakukan perkenalan dulu. Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak kaweeen~ *eh

Setelah semuanya siap kami pun merundingkan siapa yang layak kami tumbalkan untuk menjadi model make over. Yak, demi kemashlahatan ummat, maka di pilihlah Bang Desy menjadi tumbalnya.

Yak, kita mulai 7 Langkah Tampil Cantik  Bersama Wardah Beauty House!

1. CLEANING tanpa servis

Pastinya kita bersihin muka dulu kan, pakai Milk Scrub dengan teknik merotasi seluruh wajah dengan tissue agar bersih sempurna. Iya pake tissue, bukan kapas muka. Di anjurkan mencuci muka juga dengan Facial Wash

2. BASIC

Nah, udah wajahnya bersih kinclong baru deh kita pake Face Toner untuk kembali menutup pori-pori kita yang tadi terbuka saat mencuci muka. Cara makenya di tepuk-tepuk pelan bukan di gosokin apalagi di tabokin. Nah, buat yang sering kegiatan outdoor kayak Iyah yang suka loncat dari pohon ke pohon, di saranin pake Sun Screen Gel yang mengandung SPF 30 supaya kulit kita terlindung dari sinar matahari yang udah ga terfilter sama ozon lagi. Sehari-harinya Iyah pake ini sebelum ngampus, rasanya ringan dan ga lengket. Makennya 15 menit sebelum keluar ya.

3. FOUNDATION
Tadaaa, bagian ini yang jadi senjata cewek buat nutupin bekas jerawat, mata panda dan masalah kulit lainnya yang bikin gak perfect pas udah siap dandan. Kita pake Exclusive Liquid Foundation tapi kalau buat sehari-hari bisa pake BB cream kok. Penggunaannya secara bertahap, jidat dulu di selesaiin, terus pipi di selesaikan. Satu-satu, jangan gantung. Kayak perasaan kalau gantung ga enak kan. Hm. Kalo masih ada warna yang kurang merata, bisa di tutupi dikit pake conceclear.

4. BEDAK
Saatnya berubah! Saatnya pake bedak andalan setiap wanita supaya kulitnya ga keliatan ‘licin’. Cara make bedak yang baik dan benar serta sopan santun, ikutin arah tumbuh rambut wajah agar bedak lebih bertaham lama. Misalnya di jidat kan rambut-rambutnya tumuh ke kanan dan kiri, ikutin. Di pipi rambutnya ke arah bawah. Ikutin. Ikutin aja, biar gak cekcok. Daerah mata ga usah di bedakin, bedak mata lain lagi nanti.

5. EYE SHADOW + EYE LINER + MASKARA
Sumfffaaah ini bagian yang paling sialeun. Ini tadi yang iyah maksud bedak mata. Mata iyah tu kan gaada kelopak kelipetnya gitu, jadi pas mau narok Eyeshadow di suruh di kelopak. Kan iyah bingung. Jadi pokoknya di sapukan aja ke daerah yang terasa melingkari bola mata. Ya gitu deh, bagian bawah alis itu di colok-colok biar dapet posisi tepat buat eyeshadownya.

Giliran pas pake Eye Liner juga gak lebih baik. Garis mata gue manaaa? Mana?! Syukur ada pertolongan dari kakak-kakak Wardahnya.... tapi sebelah aja yang di bantuin.

Lanjut pake maskara wardah EyeExpert yang gak gumpal dan bikin bulu mata jadi lebih tebal. Iyah suka sih, tapi... tetep aja karena masalahnya dikelopak mata yang gaada dan bulu mata iyah yang rapet-rapet. Yah, iyah harus banyak belajar soal mata ini. Nyehuhuhu...

6. NGALIS
Udah ga usah di jelasin lagi. Iyah juga fail disini. Intinya jangan kotak aja. Natural, natural.

7. SHADING
Yosh, udah mau selesai! saatnya shading Hidung biar keliatan ‘ada’ dan shading pipi. Bisa request pengen pipi keliatan chubby maupun tirus.

Sihiy, udah selesai. Para cewek-cewek BLOGM mendadak kalem. Biar sesuai mekap. Tapi percuma aja sih tampil cantik tapi gaada yang bisa di ajak jalan saat weekend *lirik ganas bin sirik ke kak Molly*

 Dan saatnya foto-foto!
















Makasih Wardah Beauty House yang sudah mengundang kami! Jangan kapok undang kami lagi yaaaaa~ Eh, ada yang penasaran dengan perubahan Bang Desi jadi Mbak Desy?






Coba Peruntungan 2016 di Kelima Ide Usaha Ini!


Peluang bisnis 2016 seperti apakah yang akan berkembang di pasaran? Pertanyaan tersebut pasti muncul di benak para pelaku bisnis yang ingin meraup keuntungan di tahun yang baru ini. Segudang ide telah menumpuk di kepala kalian, tapi belum berani memutuskan bisnis seperti apakah yang ingin dijalani.

Perkembangan potensial pasar yang selalu berbeda setiap tahunnya mengundang para pelaku bisnis untuk terus berinovasi agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang ada. Untuk menyegarkan kembali ide yang Anda miliki, beberapa peluang bisnis berikut bisa dicoba untuk dijadikan sebagai bisnis rumahan dan beberapa yang memang perlu tempat:

1. E-commerce
Peluang bisnis 2016

Di era dengan perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini, bisnis e-commerce telah membuktikan potensi pasar yang menakjubkan. Kemudahan yang diciptakan oleh teknologi terkini memungkinkan kita untuk tidak lagi berbelanja secara manual namun secara online. Lebih mudah diakses dari manapun melalui PC/laptop atau bahkan smartphone Anda. Potensi pasar seperti ini pada akhirnya dijadikan peluang bagi pelaku bisnis yang baru maupun yang sudah lama hadir. Berdasarkan data dari eMarketer, perkembangan pasar e-commerce di ASEAN diprediksi akan berkembang hingga angka 25% hingga tahun 2017 nanti. Selain itu, menurut Menkominfo Rudi Antara, tahun ini angka transaksi e-commerce naik hingga USD4,89 miliar dibandingkan dengan tahun lalu yang sebesar USD3,56 miliar. Atas data-data tersebut, tak ada salahnya untuk mencoba lahan bisnis melalui internet.

2. Kuliner
Peluang bisnis 2016

Sektor makanan merupakan salah satu usaha sampingan yang menjanjikan juga karena siapa sih yang tak membutuhkan makanan? Jika kita melihat di seluruh sudut kota di manapun, bisnis kuliner menjamur mulai dari pusat-pusat perbelanjaan, pinggir-pinggir jalan atau di fasilitas-fasilitas publik yang ramai pengunjung. Anda dapat mencoba peruntungan melalui bisnis kuliner di tahun ini, hanya saja perlu diingat cobalah untuk berinovasi secara kreatif, sebab banyaknya pebisnis yang merambah sektor kuliner mengharuskan kalian untuk memiliki keunikan tersendiri dalam bisnis ini. Jika berniat untuk membuka restoran, pastikan Anda memiliki menu andalan yang belum tentu ada di restoran lainnya.

3. Teknopreneur

Peluang bisnis 2016
Teknopreneur merupakan penggabungan dari istilah teknologi dan enterpreneur dan memiliki arti pemanfaatan teknologi untuk disentuh peluang bisnisnya. Anda dapat menyaksikan ragam aplikasi yang dibuat untuk mempermudah kita melakukan pekerjaan yang kita lakukan. Ada aplikasi games, pengelolaan keuangan, pengelolaan absensi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Mungkin Anda berminat mencoba peruntungan di bidang ini?

4. Advertising
Peluang bisnis 2016

Bisnis advertising atau periklanan merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Sebab semua jenis bisnis mulai dari bisnis kecil-kecilan hingga bisnis berskala besarpun membutuhkan lahan untuk mempromosilkan bisnisnya. Bahkan tak sedikit yang berani mengeluarkan uang besar-besaran demi keberhasilan dan kelancaran bisnisnya. Dalam membangun bisnis advertising, Anda dituntut untuk memiliki ide, kreatifitas dan inovasi yang tak terbatas. Sebab klien Anda tidak akan memilih konsep yang Anda tawarkan apabila konsep tersebut kurang menarik perhatian konsumen. Strategi pemasaran yang Anda gunakan pun harus beragam demi cakupan konsumen yang lebih luas lagi. Anda dapat memanfaatkan teknologi terkini seperti membuat website dan blog bahkan media sosial untuk jangkauan audience yang lebih banyak lagi.

5. Transportasi
Peluang bisnis 2016
A-line? Airplane Online?

Jasa transportasi juga menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan tahun ini. Sebab banyak orang yang membutuhkan transportasi untuk bepergian kemana-mana. Kalian bisa mencoba untuk menjajal peruntungan bisnis penyewaan kendaraan, jasa travel, antar jemput, transportasi umum bahkan transportasi pengiriman barang dan logistik. Siapa tahu nasib baik berpihak pada kalian yang berusaha dengan tekun memanfaatkan bisnis sampingan. Selamat mencoba!

Be My Friend!