Rabu, 21 Oktober 2015

Cara Bekicot (Achatina fulica) Berkembang Biak

Cara Bekicot (Achatina fulica) berkembang biak- Siapa yang tidak mengenal hewan yang kerapkali kita jumpai di dedaunan atau pun di batu-batu rumah kita? hewan lambat yang ternyata juga menjadi konsumsi masyarakat di beberapa daerah ini memang sudah tak asing lagi. Kita mengenalnya dengan nama Bekicot. Tapi, adakah yang tau bagaimana bekicot berkembang biak sehingga populasinya bisa meningkat besar dan dikategorikan sebagai hama?

Reproduksi bekicot, Achatina fulica kawin dan berkembang biak
Achatina fulica Bekicot
Bekicot atau yang memeiliki nama ilmiah Achatina fulica dari kelas Molusca ini adalah hewan hemaprodit. Apa itu hewan Hemaprodit iyah? Hemaprodit adalah keaadaan dimana organisme yang bersangkutan dapat memiliki 2 alat seksual. Nah, Hemaprodit ini terbagi 2.

Hemaprodit sejati dimana organismenya benar-benar memiliki organ jantan dan betina di dalam tubuhnya contohnya seperti pada cacing tanah yang bakal Iyah bahas di postingan lain ya.

Hemaprodit Time slap dimana individunya secara bergantian bisa jadi jantan lalu betina di waktu yang berbeda. Contohnya ya si Achatina fulica alias bekicot ini.

Nah, dibawah ini foto-foto Bekicot sedang melakukan fertilisasi atau kawin. Foto diambil oleh temen iyah Randy Aritonang. Kalo iyah gak sabar banget nungguin bekicot kawin -_-

Reproduksi bekicot, Achatina fulica kawin dan berkembang biak
Reproduksi bekicot
 Pertama si bekicot akan saling tempel-tempelan. pedekate gitu. dan mereka juga sentuhan fisik. jadi yang dielus-elus gak cangkangnya doang.

Reproduksi bekicot, Achatina fulica kawin dan berkembang biak
Reproduksi bekicot
 Setelah itu bekicot akan berusaha seperti akan keluar dari cangkangnya sampai pneumastom (saluran udara) nya terlihat. ituloh lubang yang kayak koyak di dagingnya bekicot. keliatan kan di fotonya?

Reproduksi bekicot, Achatina fulica kawin dan berkembang biak
Reproduksi bekicot
 Lalu mereka mulai mengerluarkan alat kelaminnya yang tersembunyi. liat ada putih yang menonjol pada foto diatas? itu bukan mata maupun maxila/mandibula nya. itu cuma keluar saat bekicot akan kawin.

Reproduksi bekicot, Achatina fulica kawin dan berkembang biak
Reproduksi bekicot
 Nah sekarang kedua-dua bekicot sudah mengeluarkan alat kelamin mereka masing-masing. sekarang kita jadi tahu siapa yang sednag jadi bekicot jantan dan siapa yang menjadi bekicot betina.

Reproduksi bekicot, Achatina fulica kawin dan berkembang biak
Reproduksi bekicot
 Dan sekarang fertilisasinya di mulai. tau dongkan yang masukin jantan ke betina. ah udahlah ini ga perlu di jelasin panjang lebar lagi. jadi spermanya sedang di transfer.

Reproduksi bekicot, Achatina fulica kawin dan berkembang biak
Reproduksi bekicot
Sampe akhirnya masuk semua alat kelamin jantan ke alat kelamin betinanya.seolah-olah mereka menyatu nempel gitu. sampe akhirnya selesai bekicot akan melepaskan sendiri.

Nantinya yang jadi betina akan memproduksi telur. telur itu akan di keluarkan di tanah dan dapat menempel pada cacing tanah. karena itu jangan main-main di tanah ga pake sendal ya!

dan saat telur menetas... tadaaa! bekicot kecil muncul udah punya bakal cangkangnya. kalau kamu jumpa kayak bekicot tanpa cangkang ukurannya sebesar kelinking bayi. itu bukan bayi bekicot. itu namanya Vaginula. jadi bekicot udah punya cangkang semua dari lahir. nanti kalo iyah dapat foto telur dan bayi bekicot iyah post lagi deh.

Oke, penjelasan dari iyah tentang Cara Bekicot (Achatina fulica) berkembang biak :)
oh iya sebagai  informasi nih. bekicot juga bisa menjadi pembawa telur-telurnya cacing tanah. semacam simbiosis mutualisme gitu. selain menjadi hama, Bekicot adalah hewan dekomposer dalam penghancuran sampah. jadi kalau jumpa bekicot jangan jijik, tapi pindahkan dia di dekat sampah organik agar sampahnya bisa di urai oleh bekicot.

Ciao!

18 komentar:

  1. haha... kira-kira perkawinan bekicot dilandasi oleh apa ya? niat baik melanjutkan generasi? kecantikan? Kelendiran? Harta? Nafsu? Atau ras keturunan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelendiran? <<< what teh meaning baaaang?! huahahaha

      Hapus
  2. walaupun setiap bekicot punya dua jenis kelamin tapi tetap saja gak bisa membuahi sendiri ya harus dengan pasangannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bisa kak, bahkan caing tanah yang sudah memiliki dua alat kelamin bersamaan pun ga bisa membuahi dirinya senidri :)

      Hapus
  3. wopppp, mereka butuh perjuangan yang ekstra ya, eh itu kalau jumpa 2 bekicot, langsung di satuin, mereka bakalan langusng reproduksi ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga bisa, karena kita ga tau kapan fase dia jadi jantan atau betinanya bang :D

      Hapus
  4. nama latinnya si bekicot ini keren juga ya *salah fokus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan dijadikan nama anak pulak nanti kak -,-

      Hapus
  5. keren, diteliti sendiri mba? :D nice

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibilang diteliti sendiri engga sih :/ ini jepretan temen, soalnya Iyah ga sabar nungguin beginian :D

      Hapus
  6. Wahaha...pas SMA gak kepikiran buat tnya sama guru biologinya atau tanya om google. Dulu percaya banget bhwa hwan yg punya 2 alat kelamin kyak siput n cacing tanah tu..ya berkmbangbiaknya gak butuh pasangan. Sndiri aja udah bisa mghasilkan telur...hihihi...ternyata imaginasi nya meleset dah :) thank you Iyyaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maka benar firman Allah kak, semuanya di ciptakan berpasang-pasangan apapun itu jenisnya. maka hanya yang ga mau berusaha akan tetep jomblo kak. *lah salah fokus*

      Hapus
  7. Hm, akhirnya tahu juga. Mudah2an gak salah injak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa jangan sampe keinjek baang karena cangkangnya ga bisa beregenerasi :'( kasiaan

      Hapus
  8. MasyaAllah, walaupun rada horror, dari hal kecil aja ada tanda tanda kebesaran Allah ya kan. Panteslah udah lama gak nampak iyah, sekali nampak bekacamata, mainannya mengamati bekicot kawin, kapan mengamati semut kawin? Ajak ajak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak hal yang lebih kecil iyah lihat dan bikin ga berenti bilang "subhanallah"
      jangan bahas kacamata, ntar min iyah nambah bang.

      Hapus
  9. Wih, kok pengen cepat pulang ya hahahha
    videonya format 3gp gak ada yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih di bawah umur gue baaang

      Hapus

You word can change the world! you can left a comment on my post :)

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers