Kamis, 08 Februari 2018

It's About Blogging, Blogger and BlogM

Hai Gaes. Kali ini aku bakal nulis tentang Blogging, Blogger dan BlogM alias Blogger Medan. To be honest aku sebenenrnya males banget kalalu disuruh menceritakan tentang blog. Karena gak usah pun aku tulis juga udah banyak yang nanya langsung sama aku terkait dunia blog-blog an ini.

Most question, yang paling sering ditanyakan gini

Kak iyah, nge blog itu susah gak?
Kak Iyah, dari kapan ngeblog?
Kak Iyah, berapa di bayar ngeblog?
Kak Iyah, kapan wisuda?

Padahalkan jawabannya gampang. Lo semua tinggal googling. Apa sih susah nya memulai ngeblog? Tinggal klik di mesin pencarian, pilih platform yang mau di pake. Suka yang gampang pilih blogger, suka yang rapih pilih wordpress, suka yang beda pilih weebly, suka yang banyak komentar pedesnya pilih detikcom, suka yang mahal karena holang kaya langsung daftarkan domain kamu sendiri. easy bro. Gak ada yang sulit kalau kamu gak memulai.

Kenapa jaman sekarang kamu harus ngeblog? karena jika jaman dulu orang orang terkenal menelurkan karya-karyanya dalam bentuk buku, anggaplah ngeblog ini memfasilitasi untuk menampilkan karya-karyamu dengan gratis dan dilihat banyak orang. Sekarang kan semua orang mencari informasi lewat internet, untuk bisa turut berkontribus ya tentu kamu harus letakin karaya kamu di internet. 

Kak kan bisa dari instagram?

Kependekan. celoteh orang sekelas aku ga bakalan cukup.

Aku gak tau kenapa sekarang banyak yang memulai micro blogging dengan caption full sampe nyambung ke kolom komentar di Instagram. OMG, sebagai insan manusia yang masih normal dengan mengetahui fungsi setiap socmed, Iyah hanya menikmati gambar di instagram. caption hanya penambah keterangan dari gambar. lebih dari itu? Nonsense. sekian dan terimakasih.

Jadi intinya, kalau kamu mau terkenal secara maksimal, selain panjat sosial eh salah, selain punya berbagai media sosial, kamu juga harus nulis. yak, kamu wajib ngeblog.

Sejarah Iyah ngeblog udah gak usah di tanya lagi, liat tab di atas, baca sendiri sejarahnya. Pokoknya Iyah ngeblog karena iyah mau. Titik. Ga ada cerita buat cari duit, ga ada cerita buat terkenal. yang ada Alhamdulillah banyak dapat kenalan orang-orang baik dan dapat rezeki dari blog di syukuri. 

Aku sendiri bergabung dengan komunitas blogger juga gak sengaja. Jadi awalnya saya coba-coba *efek suara muppet* yah ternyata terus berjalan sampe sekarang. Tapi aku itu kan orangnya setia, jadi aku gak pernah banyak-banyak ikut komunitas. Gak mau serakah hahaha. Soalnya kalau khusus untuk di Medan ini, komunitas mana pun kamu pergi, kamu akan melihat manusia yang itu-itu aja. mungkin ada satu dua orang yang wajah baru, tapi percayalah, yang baru-baru biasanya perlahan menghilang. gak tau kalau bertahan, mungkin karena kecantol hatinya. (ciee) kecantol dengan visi misi komunitasnya gitu.

Btw, masih cerita seputar ngeblog. (yaiyalah, kan judulnya udah jelas. Masa mau cerita Saccharum officinarum?) Walau aku jarang ngeposting, mungkin banyak dari postingan aku yang rada kontroversial atau banyak di cari orang. jadi samapi sekarang banyak yang suka ngeline diskusi atau nanya-nanya soal beberapa hal. Bahkan ada yang karena ngerasa tulisan aku di blog sangat akrab sekali dengan pembaca mungkin (hehe) jadi banyak yang curhat tentang dirinya....

Sekarang aku tergabung dalam Komunitas Blogger Medan disingkat dan di kenal dengan nama BLOGM. Pake G, kalau pake K nanti angkotnya datang dari Jakarta.
 
BlogM sudah berumur 3 tahun Yeaaay! *tari hula-hula* gak tau kenapa rasanya seneng gitu bisa konsisten dan bertahan dalam BlogM (karena sempat kepikiran ingin keluar dan menghilang dari BlogM haha). Walaupun aku gak bisa berkontribusi banyak, tapi aku selalu berharap BlogM masih tetap ada sampe aku tua nanti. Sampe aku selesaikan S3, sampe aku menikah, sampe aku punya anak, dan aku bisa cerita kalau aku banyak di kenal orang dari ngeblog. *eciee ciee ciee*

Btw, sekarang aku punya dua eh tiga murid aktif loh yang ku ajarin nge blog. Niatnya mereka akan kubawa dan ku perkenalkan untuk ikut jadi anggota BlogM di acara ultah BlogM yang ketiga. Btw, anggota baru yang bakal ku bawa ini bukan anggota keluaraga ku lagi seperti yangs beelum-sebelumnya ku rekrut hehe.

Aku pikir semua sudah aku tuliskan terkait judul yang aku tuliskan diatas. ada yang gak puas sama tulisan ku kali ini? puaskan dirimu sendiri nak dengan menulis. Menulislah maka karya mu dapat di manfaatkan bagi semua orang, sepanjang masa! hidup dunia perbloggeran indonesia! hidup Blogger medan! hidup Blog M!

Sekian. Happy 3rd Anniversary BlogM ku sayang! 

Rabu, 31 Januari 2018

Hai, ini 2018

Hai, Assalamualaikum.
Postingan kali ini aku lebih bersifat curhat ya. Gak terasa udah beberapa bulan aku gak ngepost. postingan terakhir pun cuma hasil dari salah satu tawaran kerjasama. 2017, adalah tahun yang tidak banyak memiliki kesan. masalah kenangan lebih ke kenangan dan kesan buruk. gak tau sih bagi sebagian orang. tapi di 2017 aku tetap bersyukur atas rezeki-rezeki yang gak di duga sampai...


intinya, 2017 tidak ada prestasi yang ku rancang dan kucapi secara signifikan. berubah menjadi lebih baik pun aku rasa tidak. oh god, 2017 aku berubah menjadi pribadi yang buruk.

aku banyak banget intropeksi diri, aku banyak penyesalan. Aku gak tau cara menyelesaikan masalahku, aku gak tau tempat dan kepada siapa aku mau bertanya. aku sangat amat sibuk untuk hal-hal yang tidak ada di dalam perencanaan timeline ku di 2017. memang baik sih, untuk membantu beberapa orang. tapi, astaga, pada diriku sendiri aku seperti dzholim. gak cuma sama diriku, sama orang di rumah dan sekitarku sikap ku jadi berubah.

well, buat yang bener-bener deket samaku pasti bilang aku berubah.

mahdiyyah, kamu berubah.

aku frustasi, tapi gak begitu keliatan. banyak hal yang kupedam dan kalau di ceritakan juga aku gak tau orang yang ku ceritakan bisa bantu apa. sebenarnya, aku lebih rindu sama kondisi dimana orang-orang di sekitarku gak sibuk. yaiyalah, dari dulu rasanya hidupku terlalu enak. semua orang di sekitar tanpa aku minta, tanpa aku melas-melas semuanya mendukung dan selaras dengan kegiatan yang aku lakukan.  tapi sekarang, tentunya smeua orang bergerak dan berubah kan.

dan kemarin aku masih gak siap untuk menghadapi semuanya. sekarang? sebenarnya masih belum. tapi aku berusaha.

2018, ini seharusnya menjadi targetku untuk menyelesaikan strata satu. tapi nilai-nilai yang kucapai tidak kunjung baik. Untuk hal ini, pribahasa melihat kebawah gak berlaku ya.

tentu kita selalu ingin jadi yang terbaik di antara terbaik. banyak juga yang mengatakan di skitarku kalau aku salah jurusan. tapi setelah aku terbentur dengan semuanya, ucapan mamak dan ayah yang bilang kalau selama ini walupun aku capek kuliah di biologi tapi setiap pulang aku selalu semangat cerita apa aja yang aku pelajari di kampus. tanpa aku sadari, dari situ aja orangtua sudah bahagia.

aku gak sadar. mataku terlalu jauh untuk memandang sesuatu tapi sangat kabur saat memandang hal disekitarku.

aku menulis ini lebih kepada kepuasan diri agar aku lebih memahami diri sendiri. untuk mengembalikan aku, ya, aku dengan pribadi yang tidak membuat masalah, pribadi yang tau mengutamakan prioritas, mengurangi memberi harapan untuk oranglain (ya ni harus ku garis bawahi, bukannya aku tidak mau menolong orang lain, tapi kadang aku tidak bisa bilang tidak padahal kerjaanku deadlinenya sudah di depan mata huwe.)

terimakasih yang membaca ini sampai selesai. apalagi baca sampai detail hahaha. di banding simpati, mungkin aku berharap doa dari ornaglain untuk menjadikan ku pribadi yang lebih baik dan lebih maksimal dalam berbuat kebaikan bagi semua hal.

semoga hari mu selalu menyenangkan, pembaca. dan semoga kenyaman tidak membuat mu menjadi seperti ku :)

Wassalam.

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers