Selasa, 25 Agustus 2015

Review Perjalanan Ke Gunung Sibuaten/Sibuatan Sumatera Utara

Review Perjalanan Ke Gunung Sibuaten/Sibuatan Sumatera Utara - Gunung Sibuatan yang acapkali disebut juga Gunung Sibuaten diklaim sebagai puncak tertinggi di sumatera utara dengan ketinggian 2745 Mdpl. Terletak kabupaten dairi. Bila kita orang Medan, perjalanan ke kaki gunung ini dapat memakai waktu ±3 Jam dengan sepeda motor dan saat jalanan lancar melewati kabanjahe.

Gunung Sibuatan, Sibuaten, puncak tertinggi sumatera utara
Lokasi Gunung Sibuatan atau Gunung Sibuaten menurut google maps

Sebelum naik ke gunung, kita di wajibkan untuk menuju pos registrasi yang terletak pinggir jalan besar tak jauh dari jalan kecil menuju kaki gunung. Di pos registrasi mereka akan mencatat nama-nama pendaki yang di tim kita, waktu kedatangan serta perjanjian waktu kepulangan. Bagi yang seluruh anggota timnya belum pernah naik gunung (Catat: pengalaman mendaki gunung sibayak tidak dihitung) dalam jangka setahun terakhir diharapkan untuk menyewa Ranger/Guide dari mereka. Setelah itu, satu orang yang menjadi Leader diminta untuk meninggalkan KTP di pos registrasi. Tak lupa pula, nomer handphone yang dicatat dari provider Telkomsel.

Biaya registrasi : Rp. 10,000/orang
Biaya Parkir : Sepeda motor Rp. 10,000/unit
Mobil Rp. 20,000/unit

Pendakian malam hari tidak diberlakukan di Sibuatan. Pendakian dimulai dari jam 6 pagi dan turun sebelum pukul 6 sore di hari yang dijanjikan. Para pendaki Pro bisa menembus waktu 6 jam untuk sampai puncak, stkitart 8 jam dan paling lama 10 jam. Namun ada juga yang 11 jam Baca: Pengalaman Naik Gunung Beneran Bagian 2

Apabila kita sampai pada sore hari, kita bisa nge-camp di kaki gunung sibuatan yang letaknya sekitar 10 menit dengan sepeda motor dan 30 menit berjalan kaki. Bisa juga tidak perlu membuka tenda dengan menginap di pos registrasi bila belum penuh.

Pagi harinya sebelum mendaki, kita diwajibkan untuk melapor lagi di pos kaki gunung untuk mengecek seluruh bawaan yang berpotensi menimbulkan sampah. Salut dengan komunitas GEMPARI yang sangat menjaga kebersihan Sibuatan. Cara pengecekannya, mereka kembali mencatat nama Leader dan seluruh anggota team serta meninggalkan 1 KTP lagi milik salah satu anggota tim. Setelah itu mereka akan mencatat berapa jumlah botol air mineral yang dibawa, bungkus mie instan, plastik jajanan dengan seksama. Dan saat turun nanti akan kembali di cek. Tidak boleh kurang sedikitpun termasuk tutup botol air mineral dan bumbu dari mie instan. Membawa sampah berlebih? Sangat dianjurkan.

Di kaki gunung adalah sumber air terakhir. Sehingga sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan air disini. Baca Tips dan Daftar Logistik/Makanan dan Minuman untuk Pendaki Gunung

Pendakian pun sudah bisa dimulai dari Pintu Rimba. Setelahnya akan ada 5 shelter yang harus kita lewati sebelum sampai ke Pilar (tugu penanda puncak tertinggi). Memasuki Pintu Rimba kita masih di sambut dengan jalanan setapak yang di kelilingi pohon karet. Kontur tanahnya padat dan relatif datar walaupun terasa mendaki. Bagi yang belum terbiasa akan mengalami drop di 45 menit pertama. Baca: Pengalaman Naik Gunung Beneran Bagian 1

Perjalan normal dengan istirahat secukupnya akan membawa kita 1,5 jam kemudian ke Shelter 1. Perjalanan dari shelter 1 menuju shelter 2 sudah melewati akar-akar besar. Jalanan miring ke atas sekitar 30-45 derajat terus kita dapatkan. Pemandangannya disana sangat indah, hutan lumut mereka menyebutnya. Rasa lembab dan mata yang sejuk karena warna hijau membuat nyaman perjalanan menuju shelter 2. Tak jauh beda waktunya dengan Shelter 1 tadi. Kita sudah mencapai Shelter 2 . dan di mulailah perjalanan terpanjang antar shelter yaitu shelter 2 ke shelter 3.

Perjalanan ke shelter 3 mulai banyak mendaki dan juga ada jalanan menurun. Bila kita datang ke sibuatan di musim hujan, maka lumpur yang sangat menggangu akan kita jumpai di perjalanan menuju shelter 3 ini. Berbagai jenis pohon rimba dan banyak kantong semar berbagai warna bergelantungan. Indah sekali.

Sekitar 2-3 jam kita sampai ke shelter 3. Perjalanan dilanjut ke shelter 4 yang di kenal sebagai trayek paling sulit. Tanaman pandan yang besar-besar dan berduri tumbuh subur disana. Kita sulit menemukan pegangan karena hampir semua batang di sana berduri kecil-kecil. Banyak yang bilang perjalanan ke shelter 4 lebih jauh dari ke shelter 3. Kenyataannya tidak, karena trayeknya yang sulit membuat kita cepat lelah. Mendaki dengan menggapai dahan-dahan sekitar 70 derajat. Tak tinggi memang, tapi banyak.

Dari shelter 4 ke shelter 5 cukup mudah bila bukan musim penghujan. Jaraknya lebih dekat. Tanda-tanda shelter 5 sudah dekat dengan kamu menemukan daerah yang luas dihiasi tanaman perdu setinggi betis. Hanya sekitar 10 menit kita akan sampai di shelter 5. Disini kamu bisa nge-camp. Bisa juga lanjut nge-camp di pilar yang hanya 30 menit dari shelter 5. Namun pemandangan yang di dapat saat pagi hari membuka tenda akan berbeda.

Oh iya, puncak sibuatan lebih dingin dari puncak sibayak Baca : Perlengkapan Wajib Saat naik Gunung. Dari atas sibuatan kamu sudah bisa melihat awan dari atas awan. Danau toba juga terlihat jelas secara keseluruhan. Sunrise nya juga sangat indah. Subhanallah...

Gunung sibuatan sibuaten sunrise pendakian mendaki traveler
foto sunrise dari shelter 5. By: iniyuha.blogspot.com

Sekian Review Perjalanan Ke Gunung Sibuaten/Sibuatan Sumatera Utara yang bisa iyah berikan. Proses turun ya tinggal turun aja hihi. Jangan lupa sampah di bawa lagi turun tanpa kurang satupun kalau ga mau denda dan dihukum saat sudah lelah turun gunung. Dan jangan telat turunnya kalau ga mau kena denda lagi karena Ranger harus naik untuk mencari kamu.

Gimana? Berani naik Gunung Sibuatan? Kalau Iyah sih pengen naik lagi pas bukan musim penghujan. semoga bermanfaat tulisan iyah ini ya Review Perjalanan Ke Gunung Sibuaten/Sibuatan Sumatera Utara

Pengalaman Naik Gunung Beneran Bagian 1

Pengalaman Naik Gunung Beneran Bagian 1 - Halo semua! Yang anak kuliah udah pada masuk ya? asik ya jadi anak kuliah liburannya berbulan-bulan. Saking lamanya liburan sampe lupa kuliah jurusan apa. Liburan emang asik. Yang ga asik itu. Lo liburan. Ga tau mau ngapain. Atau. Lo liburan. Cuma di rumah aja.

Oke, iyah emang banyak kegiatan selama liburan tahun pertama kuliah ini. Tapi tapi tapi, pas masa sekolah liburannya pasti keluar Medan. Sekarang udah kuliah beda jadwal sama semuanya. Kakak sibuk mau wisuda, Mamak sibuk dengan thesis, dan Ayah juga sibuk mengawasi pembangunan menara mesjid dekat rumah yang sudah berjalan setahun. Lah Iyah? Selain ikut kegiatan di sekitar Medan, kerjaan di rumah cuma begulung di selimut. Iyah butuh liburan. IYAAAH MAU PERGI LIBURAAAN GRAAWW RAWWR! *cakar-cakar meja*

Angin sejuk bersambut. Tersebutlah komunitas yang namanya kita samarkan sebagai BlogM. Komunitas Blogger Medan yang anggotanya sangat absurd dari segi minat dan kretivitasnya juga tingkahnya. Iniyuha.blogspot.com serta medanwisata.com berencana akan mendaki gunung Sibuatan Baca Review Perjalanan Ke Gunung Sibuaten/Sibuatan Sumatera Utara

Tanpa iyah tau dan googling lokasi maupun review dari gunung sibuatan, bodo amat ah yang penting iyah ada cerita buat di pamer-pamerin sama kawan-kawan pas masuk kuliah nanti. Iyah gitu orangnya. Dan iyah pun merengek-rengek buat ikut. Iyah dibolehin ikut dengan syarat udah latihan fisik 2 minggu sebelumnya. Wohohoho, iyah udah pernah ke sibayak pas SMP, latihan fisiknya udah taulah. Gampang itu. Sampai hari H iyah udah fit.

Hari H paginya iyah ikut acara XL dulu. Baca : Wisata Seluler, Semua Berasal Dari Sini... dan pulang kerumah lagi jam setengah 4. Sempat tidur barang sebentar, terus masak nasi anti basi buat makan disana. Baca : Tips Makanan Praktis Masakan Rumah untuk Pendaki Gunung . Setelah packing dan nasi masak, bang Yuha pun datang menjemput. Dan di perjalanan ke tempat ngumpul iyah di kasi tau kalo kak Diah dari aceh traveler sakit dan ga bisa ikut. Iyah mau batalin, tapi nanggung. Bodo amat ah. Iyah juga sering di katain setengah. Cewek enggak, lakik apalagi.

Sekitar jam 6, Iyah, Bang Yuha, Bang Rudi, Bang Eko (temennya Bang Rudi), Bang Basri (temennya bang Yuha) dan Bang *Lupa ( temennya bang basri) ngumpul di kantornya Bang Yuha. Kami pun memulai briefing. Ups sori,bukan kami. Tapi orang itu aja. Iyah cuek bebek gak perduli dan ga mau kenal sama 3 orang baru lainnya. Bwek. *terus iyah di geplak bang yuha di suruh gabung*

Menjelang maghrib kami mulai melengkapi perelengkapan. Mulai beli Mie instan, Air Mineral, dan beberapa cemilan. Iyah juga beli Tissue basah setelah di suruh bang Yuha. Iyah ga tau tissue basah buat apa dan nanti kalian yang baca akan tau.

Lalu kami berpisah, Iyah dan Bang yuha ngambil tenda, sleepingbag serta matras sewaan. Yang lain sholat maghrib. Setelah ketemu kami pun melanjutkan perjalanan. Eeeh ada insiden lagi, sepeda motor Bang Yuha bannya kempes. Mana bannya udah botak lagi. Bahaya banget buat di ajak jalan panjang. Iyah yang ngedumel ngejar sholat maghrib pun dioper sama bang Rudi sementara bang Yuha nyari tukang ban.

Iyah sholat maghrib SPBU sebelah pesantren Ar-raudhatul Hasanah. Gak lama adzan Isya berkumandang. Iyah udah jamak, Bang Rudi lanjut Sholat Isya. Sedikit lama menunggu sampe lumutan bang Yuha serta 3 orang lainnya dateng. Dia udah ganti ban baru. Ngerasa keren dengan ban barunya bang Yuha foto selfie dulu sama ban baru dan murahnya itu. Percaya? Gak? Yaudah.

Akhirnya perjalanan panjang pun di mulai. Ngeooong ngeoong *eceknya suara mesin* kami sampai di SPBU daerah Kabanjahe jam setengah 11 malam. Istirahat sebentar. Lalu Iyah mulai mengulah disini. “Bang ua, Iyah ngantuk. Gak bisa di kontrol ngantuknya.” WHAT?!

Akhirnya demi keselamatan bersama, Iyah pun diiket pake tali dan ditinggalin di SPBU. Oke enggak. Iyah diiket supaya gak jatoh. Iyah beneran tidur. Sempat pulas sebentar sampe... iyah ga terlalu inget apa yang bikin iyah kesentak bangun. Dan bang Yuha ngomel kenapa iyah bisa-bisanya beneran tidur.

Kami berenam sampe ke pos registrasi jam 12 malam. Dan mendaftar sebagai pendaki. Di tanya pengalaman naik gunung, bang Yuha menjawab pengalamannya ke Gunung Merapi dan beberapa gunung lainnya demi meyakinkan si ibu supaya kami ga perlu nyewa ranger. Oke,si ibu percaya dan mengamanahkan bang Yuha sebagai Leader tim kami. Iyah nyeletuk di sana “Saya sudah pernah naik sibayak kok bu!” dan jawaban si ibu sangat keren.

“Maaf bukannya kami sombong ya dek, tapi Sibayak itu bukan naik gunung sama kami...” 
#MAKJLEB 

Sibayak bukan gunung. Sibayak bukan gunung. Sibayak bukan gunung. Itu terngiang-ngiang di kepala iyah sampe kebawa mimpi pas tidur di pos registrasi.

Paginya tanggal 16, iyah bangun jam 4 pagi. Iyah ngerasa keren karena bangun lebih cepat dari alarm. Iyah meratiin seluruh ruangan yang tiba-tiba sudah penuh. Berarti ada yang datang jam 2 atau jam 3 gitu. Apa mereka cukup tidur ya buat naik gunung? Whoa.

Iyah sholat subuh disana. Syukurlah iyah cewek, karena dari pagi kamar mandi di kuasai oleh cewek. Cewek secara berantai masuk kamar mandi. Yang cowok jadi ga bisa pake kamar mandi. Salutnya lagi ada kakak-kakak yang sanggup mandi disana. Prokprokprok. Itu kulit badak kali ya.

Dan kami memulai perjalanan sesungguhnya dipagi hari yang cerah. Secerah sinar mentariii... terbanglah tinggi menuju angkasaa meraih bintang *lah kok jadi nyanyi*

Dari pos registrasi kami berenam yang kayak boyband ga jadi menuju ke pos berikutnya untuk pemeriksaan logistik yang berpotensi menjadi sampah. Huih pokoknya detail kali lah pemeriksaannya. Kami sarapan cantik karena matras udah digelar buat pemeriksaan logistik. Dan di situ ada abang-abang yang memperhatikan sendal gunung Iyah. “kak,kakak pake itu nanti daki?” kata abang itu. Iyah pun ngangguk-angguk kayak mainan dashboard mobil. “diiket tali palstik ujung-ujungnya ya kak.” kata abang itu memberi saran. Iyah ga tau maksunya. Tapi sebagai orang awam iyah lakukan saja. Setelah sarapan kami pun siap mendaki. Tak lupa dari sana kami mengisi botol air yang kosong dengan air mentah dari sungai karena itu sumber air terakhir.

Setelah itu kami menuju Pintu Rimba. O iya lupa, dari bawah semua udah pada ngeliatin Iyah karena Iyah pake ROK. Ada orang gila naik gunung pake rok. Bodo amat, biar keliatan cewek ini.
Kawanin adek bang..
15 menit pertama Iyah berulah lagi. Iyah MUNTAH-MUNTAH. Muntahnya ga berenti-berenti. Jalan bentar muntah, jalan lagi muntah. Kayak hewan yang nadain lokasinya pake kencing, iyah pake muntah. Oke ini joroknya udah kelewatan batas. Akhirnya tas iyah di bawain bang Yuha. Ya ampun, ga tega banget liat tas iyah jadi beban sama orang laiin. Tapi gimana lagi dari pada ga jalan. Dan iyah pun jalan melenggang tanpa tas sampe pertengahan shelter 2 menuju shelter 3.
Bang Yuha belum tau apa yang akan menimpa di shelter berikunya...
Sepanjang itu bang Yuha sama Bang eko gantian bawa tas Iyah. Setelah iyah mulai beradaptasi, iyah bisa bawa tas sambil lompat-lompat dari pohon ke pohon kayak naruto. Ekspetasinya sih gitu. Kenyataannya iyah nyangkut-nyangkut di akar-akar. Dan jatoh telentang ke belakang pas ngelompatin batang pohon gede. Untung iyah pake tas, kalo gak pasti benjol kepala. Saat iyah mulai semangat, Bang rudi malah pucat. Tapi gak sampe muntah. kami masih fit dengan istirahat beberapa kali namun tetap riang gembira kayak majalah bobo. Sepanjang perjalan kami terkenal, iyah ngerasa keren di tim ini. Iyah di sapa karena pake rok dan di tolong mulu sama abang-abang ganteng. Sementara bang yuha di kenal sebagai abang GOJEK karena pake kaos gojek. Bang rudi juga dapat kiriman salam dari cewek-cewek tapi dia ga percaya. Sementara bang Eko... dia terkenal karena selalu tertidur kalo istirahat agak lamaan. Keren.
Dari Shelter 3 ke shleter 4 seolah-olah kami hanya menuju lokasi mitos. IYA SHELTER 4 ITU MITOS. Ditambah lagi gerimis. Kalo ada pendaki yang turun kami nanya, “kak Shelter 4 masih jauh?” dan mereka bilang “deket koook,dua pengkolan lagi. Sekitar 30 menit lagi laah..” kenyataannya SHELTER 4 GA KETEMU-KETEMU JUGA. Buset, beneran SHELTER 4 itu kayak mimpi yang gak keliatan. Atau kayak jodoh kali ya, tau bakalan jumpa jodoh tapi ga tau kapan dan gimana bentuknya. Ya kek gitulah gambaran SHELTER 4.
Mitos.
Karena Jodoh akhirnya pasti ketemu, maka SHELTER 4 pun akhirnya ketemu. Tapi tenaga iyah udah abis. Belum lagi lumpur udah penuh ke rok. Iyah pun mengulah lagi. “Bang wa...gak sanggup lagi, mau buka rok aja...” dan rok yang iyah pake itu jenis Overall alias baju kodok yang bukanya dari atas. Bang yuha shock “jadi gimana bukanya?! Kena lumpur lah mukanya!” iyah udah pasang muka sejelek mungkin yang menyiratkan kalo ini ga di buka iyah ga bakal jalan. Akhirnya rok di buka. “aku geli kali ngurus kayak gini” kata bang yuha. Maafkan adekmu ini baaaang huwe.. akhirnya dengan celana dan baju kaos selutut iyah bisa melajutkan pendakian sambil bawa tas.

Bang Yuha dan Bang Eko jalan lebih dulu. Iyah sama Bang rudi di belakang. Iyah udah cengap-cengap dan ga sanggup lagi. Lutut gemeteran karena kelaperan. Habisnya makan siang cuma pake roti. Iyah jatuh terduduk di lumpur. Ga perduli lagi sama genangan lumpur. Lemas selemas-lemasnya. Masalahnya iyah lapar. Iyah ga bisa kelaparan. Iyah minta gula ga ada gula. Bang Rudi sibuk nyemangatin supaya iyah bisa jalan. Ini saat-saat yang paling krusial, iyah kayak robot yang kehabisan batere. Dan Bang Rudi saking bingungnya bilang gini “Jadi abang bisa bantu apalah supaya iyah bisa jalan lagi..?” iyah malah nangis bombay dan bilang “Abang gak kayak bang Yuha sama bang Eko...huwe..” yang maksunya adalah, abang gak bisa bawain tas iyah atau nuntun iyah jalan. Bang Rudi mana kuat. Makin peninglah Bang Rudi. Akhirnya iyah tanya masih ada makanan sama bang rudi. Ternyata ada, 3 bungkus snack apasih namanya yang harganya gopekan bentuknya petak dan ada gula di tengahnya itu. Iyah makan dengan rakus. Hampir terikut bungkus. Syukurlah. Ada tenaga sedikit. Iyah lepas sendal supaya ga berat kali jalan. Bang Rudi akhirnya bisa bantuin bawain sendal.

Setelah jumpa lagi sama bang Yuha iyah pun dengan berat hati meminta tolong di bawain tas lagi. Dan iyah luan lari sampe ke Shelter 5. Gak jauh dari shleter 5, di padang semak perdu iyah liat cewek yang stlyenya masih oke banget sampe atas. Cuma kaki sampe betisnya aja belumpur. Ga kayak iyah yang sampe muka berlumpur. Iyah tanya

“Kak sendirian aja? Mana temennya?” 

“Masih di bawah,lama banget mereka” 

“oh mereka bawain tas kakak ya?” 

“Yaiyalah, mana mau aku di ajak naik gunung bawa beban.” 

What?!

Iyah senyum sopan dan meninggalkan kakak itu menuju shelter 5. Gak lama bang Rudi sampe ke Shelter 5. Sementara itu bang Yuha panik karena bang Eko nyaris pingsan. Iyah mau turun lagi ngejemput. tapi mana bisa iyah nolong. Cuma bisa nengok dan bilang “yeyeye lalala ayo bang Eko semangat!” PRET.

Tapi syukurlah semua baik-baik saja. 2 tenda di pasang dengan baik dan bersebelahan. Tak lama kemudian tenda kami dikunjungi beberapa orang.... bersambung ke Pengalaman Naik Gunung Beneran Bagian 2
 

Sabtu, 22 Agustus 2015

Wisata Seluler bareng XL, Semua Berawal Dari Sini....

Wisata Seluler bareng XL, Semua Berawal Dari Sini....-“Sabtu, 15 Agustus 2015, aku booking waktumu ya, kita ke tanjung morawa bareng XL. Brangkat pagi jam 9 dr kantor XL, pulang jam 2 atau jam 3 an. Untuk details Acara nanti aku email. Aku book dulu waktumu yaaaa... confirm bisa kah? – Jimmy”
Jelajah cepat XL Network Building dan wisata seluler ke MSC tanjung morawa
Jelajah Cepat XL Network Building
YA BISA DONG.

Hai guys! Tanggal 15 Agustus 2015 kemarin, Iyah mendapat kesempatan untuk berkunjung ke salah satu tempat misterius dan keramat milik XL bersama 18 orang lainnya yang juga terdaftar jadi peserta.

Semua berawal dari sini, Lets Joint With Us Jelajah Cepat XL Network Building,- Iyah agak telat datang ke kantor Graha XL yang di jalan Diponegoro. Untung belom ditinggal. Dan setelah isi absen kami semua pun berangkat jam 9:35 naik bus pariwisata hijau.

Di perjalanan bang Jimmy ngasih pencerahan dulu tentang lokasi yang akan kami datangi. Iyah yang bener-bener kayak anak ilang ga tau apa-apa dengan polosnya saat ditanya
“Ada yang tau singkatan MSC?” Iyah jawab,”Master Science!”
Akhirnya kepolosan ini terjawab saat kami masuk ke lokasi misterius yang luas di daerah tanjung morawa. Gak semua orang bisa masuk kemari. Dan disinilah kami memulai Jelajah Cepat XL Network Building.

Begitu sampai tas dan segala gadget diamankan. Kami pun di briefing tentang lokasi dan keamanan serta pengenalan beberapa vendor oleh pak Hendra . Ada pak Gunawan,bang aldi, bli Widi dan bang Taufik yang manis. Salah satu peringatannya semua benda di sana bukan muhrim, jadi harus ekstra hati-hati.

Oleh pak firman menjelaskan bahwa di sumatera ini ada 3 MSC utama yaitu di tanjung morawa,palembang dan pekanbaru.

Iyah belom jelasin ya apa itu MSC? Mobile Switching Center yang bisa diartikan mobil pindah tengah. *terus digeplak bang Jimmy* oke, yang bener MSC itu adalah Pusat Penyambungan Bergerak. Jadi sinyal-sinyal hape itu semuanya pasti melewati MSC ini loh. Intinya kalau MSC ini bermasalah kamu gak bisa upload foto di instagram ataupun update status BBM. Dan kehadiran iyah disana untuk merusak nya HAHAHA *digeplak lagi*
Jelajah cepat XL Network Building dan wisata seluler ke MSC tanjung morawa

Kami memulai penjelajahan di ruang switching B. RUANGANNYA KOSONG karena ruangan ini di siapkan untuk tambahan karena semakin banyak pelanggan XL. CIYE XL. Oh iya, AC nya keren, Ga ada AC yang gelantungan di dinding. Penasaran dari mana udara dingin yang menusuk itu ternyata dari bawah ada bolong-bolong gitu. Kami lanjut berjalan ke arah ruangan Switching A yang hawa dinginnya semakin menggila. Dan baru di sadari bahwa lantainya agak bergoyang karena keramik yang di gunakan bukan keramik biasa. Tapi jenis granit yang tebal dan di letakkan di atas rangka besi. Jadi lantai sesungguhnya ada 30 cm di bawah kaki kita berpijak. Ruang kosong antara lantai dan tempat kita berpijak berisi kabel-kabel besar-besar. 

Jelajah cepat XL Network Building dan wisata seluler ke MSC tanjung morawa
Di ruang Switching A ini tangan iyah agak gatal untuk menyentuh kabel-kabel super mini yang melilit di berbagai tempat. semua kabel-kabel mini itu memiliki label. Karena gada orang gila yang berusaha menghapal posisi kabel-kabel itu. Hehe. Jadi kata bli Widi, kabel itu kalau di pegang gampang banget patah dan kalau patah, csst! Ada satu wilayah yang terganggu. Sip,iyah semakin semangat mau ‘merusak’ satu kabel (otak setan banget)
Jelajah cepat XL Network Building dan wisata seluler ke MSC tanjung morawa
memperhatikan dengan seksama setiap benda.
Melihat hasrat iyah yang ingin merusak, perjalanan segera dilajutkan ke ruang batere yang...BAU. iya bau, iyah ga suka baunya. Makanya ga ikut masuk, cuma sampe pintu aja. Tapi udah bisa ngeliat kok gimana batere-batere raksasa yang ada lambang postif (+) dan negatif (-) itu. Prinsipnya sama kayak batere kering ukuran kecil lainnya. Fungsinya ruang batere ini ketika terjadi pemadaman listrik (euh,indonesia banget) tidak terjadi arus yang anjlok drastis saat perpindahan ke genset yang memakan waktu sepersikian detik. Jadi kalau mati lampu yang pakai XL tetap asik XLancaran dengan smartphonenya.
Jelajah cepat XL Network Building dan wisata seluler ke MSC tanjung morawa
Kak Molly memperhatikan dengan seksama
Jelajah cepat XL Network Building dan wisata seluler ke MSC tanjung morawa

Nah di ruang batere ini iyah dapat penjelasan dari bli Widi kalau ada BTS (bukan MSC) yang mengalami pemadaman listrik, maka akan ‘sedikit’ lemot jaringanya karena di pindah ke BTS terdekat. Jadinya kan rame-rame pake satu bts.

Oh iya, iyah belum bilang ya sebenernya yang ngejelasin selama tour Jelajah Cepat XL Network Building itu bang taufik. Nah karena iyah ga denger dan dibelakang mulu kasak-kusuk, jadi yang lebih banyak ngasih iyah penjelasn bli Widi.
Jelajah cepat XL Network Building dan wisata seluler ke MSC tanjung morawa

Setelah dari ruang batere kami semua keluar dari ruangan dengan AC super dingin (plus angin yang masuk ke rok) menuju ruang genset. Ruang genset ini kayak pabrik. Ruangannya gede, panas, bau solar. Nah kalau terjadi pemadaman listrik tadi, ya di sini penghasil daya lainnya. Genset di ruangan ini dapat menghasilkan listrik 350 kVa dan menghabiskan 70 liter solar perjamnya.

Jelajah cepat XL Network Building dan wisata seluler ke MSC tanjung morawa
Bang Yuha :"bre ko nulis apa?" | Bang yoga : "ga tau bre, begaya aja kita. lagi di foto ni"
Dari ruang solar kami pun menuju tower. Dan asiknya di bolehin manjat. Syukur iyah udah pake rok. Kalo masih pake celana kayak dulu udah liar manjatin towernya. Setelah terjadi perdebatan panjang siapa yang akan dikorbankan dari atas tower, maka terpilihlah bang yoga. Setelah bang yoga selesai menulis surat wasiat, eh selesai memakai alat keamanan maka di mulai la pendakian tower bersejarah itu. Sementara itu kami di bawah memilih pulang. Enggak sih, kami di bawah di beri juga penjelasan-penjelasan. Salah satunya pertanyaan polos iyah kenapa ada ‘gendang’ besar dan ‘gendang’ kecil. O... ternyata itu radio namanya. Kalau radio kecil untuk menerima dari bts terdekat dan semakin besar diameter radionya maka semakin jauh jangkauannya. Jadi gausah takut buat yang LDR-an dari tempat terpencil. Dengan XL kalian bisa Xlalu komunikasi satu sama lain. Kalau jomlo? Telponan aja sama operator XL!

Terus bli Widi juga jelasin soal kabel fiber glass yang ga boleh di sentuh sembarangan karena saking rapuh dan kecilnya serpihan serat kaca itu bisa masuk ke aliran darah. serem euy.

Jelajah cepat XL Network Building dan wisata seluler ke MSC tanjung morawa
bang yoga:"bang kalok aku jatoh titipkan sajak rindu ku sama dek tu ya bang"
Setelah bang yoga menyadari niat busuk kami untuk mengorbankan dirinya dari atas tower, dia segera turun sebelum mencapai setengah tower. Dan kami kembali ke ruang briefing untuk makan siang. Iya makan siang. Iyah tau ada beberapa yang ngumpetin 2-3 kotak buat makan malamnya di kos. Iyah tau...

Setelah makan siang kami ditahan di ruang briefing. Kirain Jelajah Cepat XL Network Building udah mau selesai.. Tapi ternyata enggak.

Setelah perut kenyang biasanya *jadi ngantuk lebih konsentrasi. Jadi di ruangan di beri materi *kuliah 10 sks* seputar jaringan telekomunikasi. Iyah ga terlalu paham sih. Tapi yang pasti kalo kamu mau nelpon itu perjalanannya cukup panjang. Sepanjang jalan kenangan.

Misalnya nih kalau iyah mencoba nelpon nomer mantan gebetan, panggilan iyah akan di terima ke BTS terdekat abis tu dari BTS ke BSC/RNC baru deh ke MSC di medan meneruskan ke BSC/RNC baru ke BTS yang dekat rumah doi. Nah kalau sudah beda daerah misalnya doi di Jakarta, maka dari MSC medan bakal ke MSC Jakarta. Gitu deh penjelasan singkatnya.

O iya, di MSC bisa menyimpan data waktu setiap panggilan, sms, pulsa, paket dan lain hal yang terkait dengan handphone kita tapi tidak menyimpan sms atau rekaman telepon gombal kamu. Jadi tenang aja.
Jelajah cepat XL Network Building dan wisata seluler ke MSC tanjung morawa

Akhirnya setelah diberi materi yang sangat bermanfaat kami pun di kembalikan ke Graha XL dengan bus putih. Iya putih, bukan ijo lagi. Iyah seneng deh diajak Jelajah Cepat XL Network Building! Sekarang pun iyah pake data internet XL yang lancar jaya. Dan sesuai judulnya Semua berawal dari sini, Lets Joint With Us Jelajah Cepat XL Network. Iyah udah pake XL, kamu?

Sabtu, 15 Agustus 2015

Belum Pernah Hijrah

Belum pernah hijrah - Saat pertama kali masuk organisasi islam di kampus, seorang teman pernah bilang begini soal tingkah iyah yang agak 'aneh' di banding akhwat yang lain. "Ente baru hijrah ya? ga papa sih pelan-pelan sikapnya bisa berubah kan? ana juga waktu belum hijrah dan belum pake jilbab juga lebih parah, ana bla..bla..bla..." dia melanjutkan dengan kisahnya berhijrah.

Hijrah. Hijrah. Hijrah. Artinya pindah. lebih spesifiknya lagi orang mengasumsikan hijrah itu berubah dan meninggalkan masa-masa jahiliyah dan pindah menjadi orang yang lebih baik dalam mendalami ilmu agama. ya kira-kira begitulah.

Ketika SMA iyah sudah pernah menulis tentang hijrah di postingan Move On Dengan Mudah . Iyah bingung, apakah iyah sudah benar-benar berhijrah atau masih proses atau sebenarnya belum pernah berhijrah?

Jika hijrah yang di pahami banyak orang adalah berubah dengan menutup aurat... mungkin hijrahnya iyah tiba-tiba pake niqab (cadar). *pernah kepikiran, tapi langsung di tentang ortu karena iyah belum butuh ber-niqab

Jika hijrah adalah menjadi rutin mengkaji agama... mungkin hijrahnya iyah keluar dari kampus terus masuk akademi Qur'an di dekat kampus.

Jika hijrah adalah menjadi wanita yang dijelaskan di Qur'an, maka iyah berubah jadi feminin,lemah lembut dan mengamalkan ghazul bashar (menjaga pandangan) serta ga keluar rumah kecuali untuk urusan pendidikan dan ekonomi (cari sendiri ya ayat tentang ini)

Namun iyah miris dengan kisah-kisah orang hijrah di sana-sini. beberapa ada yang pure menjadikan kisah hijrahnya sebagai i'tibar (pembelajaran) bagi insan yang lain. Namun yang lainnya kok malah menjadikan hijrah seperti..

TREN. iya, tren. Hijrah kayak tren gelang power balance *oke ini ga nyambung*. Menceritakan seakan bangga dengan masa lalunya sebelum hijrah.
"Aku sebelum hijrah dan pakai jilbab syar'i gini suka pakai rok mini lo!"
"ih aku lebih parah, dulu aku pake hot pants sama tanktop!"
"dulu aku suka gonta-ganti cowok.."
"aku lebih parah sampe ke esek-esek.."

Semua memang butuh proses. Tapi kesucian proses hijrah ini jangan dinodai. pahami arti hijrah. cari gurunya. Jangan banyak baca artikel di internet tanpa ada seorang guru agama/ustadz yang menjadi rujukan. tiba-tiba mengklaim diri sudah hijrah tanpa ada seseorang membimbingnya... google bukan ustadz.

Jadi buat teman-teman yang bilang sudah hijrah.. ga perlu di bilang-bilang kecuali niatnya untuk i'tibar. Orang akan menilai seberapa jauh perubahan kamu menuju kebaikan...

yasudah, ini hanya tulisan ngaco dari yang belum benar-benar berhijrah. 

Rabu, 12 Agustus 2015

Mari Memulai Gerakan Sosial!

Mari Memulai Gerakan Sosial! - Selamat hari Rabu semuanya. *tebar stiker ILOVEMONDAY* *Lah ganyambung* Hari minggu kemarin Iyah ikut DURIAN ke Binjai yang iyah tulis di postingan Jalan-jalan ke binjai naik kereta api bersama blogM .

Sosial Movement gerakan sosial blogger medan

Nah, kemarin itu kami membahas Gerakan Sosial yang bahasa bataknya Social Movement oleh kak Rizky Nasution. Dan diskusi dibuka dengan pertanyaan apa itu Social Movement. seperti biasanya iyah selalu jawab ngaco. 'Social Movement adalah proses move on dari mantan dan mencari yang baru dengan bersosialisasi.' Ternyata bukan sodara-sodara.
Sosial Movement gerakan sosial blogger medan
kak Rizky Nasution sedang memberikan petuahnya
Saat ini kita melihat betapa kacaunya negeri kita tercinta ini. Sudah 70 tahun tapi masih gini-gini aja. bukannya semakin menunjukkan kemerdekaannya. malah makin bobrok dengan tingkah pola pemerintah dan merembet kepada kelakuan masyarakatnya.

Semua ini terjadi karena ketidak samaan visi dan misi serta kurangnya edukasi untuk masyarakat awam. Beberapa orang yang cerdas dan sukses menjadi individualis sehingga menjadikan negerinya ini hanya sebagai lahan memperkaya diri sendiri. demi kesejahteraan dia dan keluarganya. "Yang kaya makin kaya... Yang miskin makin miskin..." *Nyanyi sekelak*

Karenanya kak Rizky yang aktif dalam kegiatan sosial di kota Medan, memberikan edukasi mengenai Gerakan Sosial ini. Dimana tujuannya untuk mengubah dan mengedukasi masyarakat secara berkelompok. Jangan hanya demo-demo menghujat pemerintah sementara masyarakat lain tidak mengerti apa yang sebenarnya terjadi di negeri kita ini.

Tapi apa yang mau kita ubah? gampang, lihat saja issue-issue yang berkembang di masyarakat. lihat apa sebenarnya kekacauan yang terjadi. Lalu cetuskan perubahan sesuai dengan bidang yang kamu miliki kepada kelompokmu. Masalahnya sekarang, kadang kita udah tau issuenya tapi GAK MAU TAU.
Sosial Movement gerakan sosial blogger medan

Ngapain capek-capek buat kegiatan sosial. cuma koak-koak namun ga ada perubahan yang berarti. ga dapat duit juga.

Ini bukan masalah materi. Tapi masalah gimana cara kamu MENEBAR KEBAIKAN

Sebenarnya selain berbuat baik kamu juga bisa membangun SOCIOPRENEURSHIP.

hah, bahasa apa pulak Sociopreneurship ini?

Jangan langsung mual dan muntah karena terkejut dengar kata baru ini. Kata kak Rizky, kalau di pulau jawa kosakata satu ini sudah melanglang buana di lingkaran aktivis sosial. Sociopreneurship ini tidak hanya sekedar memberi edukasi namun juga memberi solusi. gak cuma koar-koar memberikan teori, namun bekerja dengan aksi dan memberikan bukti. Contohnya seperti kasus Dolly yang fenomenal. Kira-kira teman-teman ada yang kepikiran gak para pekerja yang telah nyaman di Dolly setelah Dolly di tutup mereka jadi apa? Para pekerja yang tidak punya keahlian lain untuk mencari uang bingung. itulah mengapa mereka memberontak saat Dolly di tutup. Namun, sebuah komunitas sosial membentuk sarana edukasi dan memberikan lahan agar mereka dapat diberdayakan. Sekarang usaha para aktivis itu berbuah manis. Pusat jajanan yang terkenal di Surabaya adalah hasil keringat dari mantan pekerja Dolly. Teman-teman bisa melihatnya di website ini Melukis Harapan.

Kalau teman-teman sudah membuka websitenya apa yang teman-teman rasakan? kalau iyah jujur nyesek. karena iyah sama sekali ga pernah kepikiran mereka bakal jadi apa. jangankan berbuat, ide pun tidak ada. padahal iyah tau ada kejadian Dolly itu. Yah, seperti itu lah contoh kecilnya. Kita tau tapi kita tidak mau tahu.

Iyah biasanya ikut gerakan sosial yang di pelopori orang atas dasar ajakan. ga pernah mau nyari tau. sor ya ikut. ga sor ga ikut. sesederhana itu. ga tau sih ini pemikiran lugu atau malah picik. makanya Iyah masih pede aja tuh bilang kalau iyah ga Nasionalis. Buat apa iyah mikirin apa yang terjadi di negara ini toh pengaruhnya ga ada buat Iyah.

Tapi sekali lagi bukan itu intinya. ini cerita tentang bagaimana cara kamu MENEBAR KEBAIKAN.

sekali lagi. MENEBAR KEBAIKAN.

Ga perlu nunggu banyak harta buat nyebar-nyebar duit di kalangan orang mampu. ga perlu nunggu dapat gelar Profesor untuk berani berbicara di depan publik. ga perlu nunggu umur puluhan tahun untuk berani membina masyarakat. kamu hanya perlu NIAT untu MENEBAR KEBAIKAN.
Sosial Movement gerakan sosial blogger medan

So, COME ON! LET'S START SOSIAL MOVEMENT! lihat sekitar kamu,lihat apa yang perlu di benahi, cari 2-3 orang yang sevisi dan semisi. AND DO IT!

BERGERAK JIKA TERGERAK
#XYGRA AXY

Ada Tinta Dimana-mana

Ada Tinta Dimana-mana - Judul kali ini bukan typo. juga bukan alay-alayan yang bilang cinta jadi tinta apalagi tinja. Beberapa bulan terkahirn iyah bermasalah dengan tinta. Iyah yakin ini tinta karena kalau cat pasti sudah kering.

Iyah suka melukis pakai cat air. kadang cat minyak. kadang pakai crayon dan akhir-akhir ini seringnya pakai pensil warna kayu. walaupun alat-alat mewarnai itu berserakan di rumah, terutama dikamar, kayaknya ga ada cat yang belepotan. tapi sudah beberapa bulan ini

BANYAK TINTA YANG MUNCUL TIBA-TIBA
Tinta yang di rumah setahu iyah cuma tinta kaligrafi miliki kakak. serta tinta stempel yang tempatnya petak itu loh. Iyah emang agak ceroboh. tapi yang ini kayanya bukan karena iyah ceroboh. intinya ini mulai horor. Mungki iyah bisa bikin komik hantu tinta.

jadi hantu tinta ini ga suka sama orang yang bersih dan dia nyebar-nyebarin tinta buat ngotorin orangnya.

kembali lagi ke kisah nyata iyah. pertamanya sih iyah gak sadar tangan iyah ada biru-biru gitu habis ngebersihin buku. masih biasa aja dan nyoba di lap. ternyata ga bisa. akhirnya itu noda biru misterius baru bisa ilang setelah pake sabun dan di gosok sabut mandi. beberapa waktu kemudian noda biru itu ada lagi. dan iyah ga sadar kapan kenaknya. iyah mulai kesal dan membersihkan kamar sebersih-bersihnya. bukannya dapat dimana nodanya, setelah semua bersih dan iyah kekamar mandi buat cuci tangan tiba-tiba iyah liat ada noda biru ikut mengalir. ternyata nodanya nempel di telapak kaki. gondok sumpah.

Beberapa waktu iyah pake sendal kamar dan kaus kaki tidur. noda tinta biru misterius itu ga muncul lagi. Nah, hari ini setelah iyah udah mandi bersih wangi kinclong abis itu sibuk main laptop tiba-tiba iyah menyadari ada tinta ungu di kaki! tintanya unguuuuu! iyah cari seluruh kamar karena kayaknya setelah mandi iyah ga belum ada keluar kamar. dan ga jumpa dari mana noda tinta ungu itu berasal. 

kepikiran kalau ini tinta pulpen yang ga punya tutup. iyah cari dan ternyata yang ga ada tutup udah macet semua. untuk mengurangi kekhawatiran iyah buang semua pulpen yang ga bertutup.

Haa... ini masih horor. iyah ga tau ini tinta apaan kok bisa muncul tiba-tiba. ada yang punya ide kira-kira bagaimana tinta bisa muncul di tempat tersembunyi? sekian kisah horor ngaco ini- Ada Tinta Dimana-mana

Minggu, 09 Agustus 2015

JALAN-JALAN KE BINJAI NAIK KERETA API BERSAMA BLOGM

Jalan-jalan ke Binjai Naik Kereta Api Bersama BlogM - Halo konkawan Iyah! Hari ini Iyah excited banget karena di hari minggu yang mendung-mendung gerimis manja ini iyah janjalan sama teman-teman BlogM. Namun jalan-jalan kali ini tidak seperti biasanya yang nge-DURIAN(DiskUsi RIngan Anak medaN) di cafe-cafe kota Medan. Yap, kali ini kami main ke kota tetangga naik kereta api. BINJAI.
Ini Rundownnya. Meski keliatan ngaco tapi semuanya berjalan sesuai rencana.

Kenapa Iyah seneng banget? sampe betingkah petakilan lasak bin rusuh di kereta api Karena Iyah terakhir kali naik kereta api di Medan itu pas masih TK menuju kisaran. pas udah gede cuma tau kereta api itu di Malaysia. Kalau ke Malaysia mana bisa dihindari kendaraan ular besi ini. Jadi, sebagai anak Medan ya seharusnya iyah tau dong ada kendaraan ular besi ini juga di Medan. Dan setelah denger dari beberapa temen bahwa kereta api sekarang udah bersih dan rapi, Iyah penasaran banget rasanya naik kereta api di Medan. Alhamdulillah, setelah iyah masuk BlogM akhirnya iyah bisa naik kereta api di Medan. 
BlogM Durian naik Kereta Api ke Binjai
karena pamer tiket nonton rame-rame sudah terlalu mainstream.
Jam 9 lewat 10 iyah sampe di stasiun KA. Dan iyah disambut oleh mbak-mbak SPG yang ngalungin bunga selamat datang pertama kali menjumpai Arya alias Golilaunyu bersama temennya Ryan di pintu masuk. Mereka ga berani masuk karena takut diculik orang ga dikenal. Iyah langsung masuk dan melihat anak BlogM udah ngumpul kayak mau demo sembako. Salam-salam, cipika-cipiki (cuma sama cewek aja!) dan kenalan dengan beberapa teman-teman baru juga seorang sepuh yang telah iyah kenal di komunitas lain. Sebut saja namanya kak Funy. *emang itu namanya...

BlogM Durian naik Kereta Api ke Binjai
Foto sebelum berangkat ke binjai. Dari kanan atas.... oke, dari kanan bawah.... ya, sudah kenal semua kan?
Akhirnya jam 9.25 kami mulai masuk ke dalam Gerbong. Niat kami mau membajak kereta ini, namun kami urungkan karena ada bapak-bapak berkumis dan berseragam putih biru memperhatikan kami. Akhirnya kami cuma ribut-ribut ga jelas kayak anak kampung yang ga pernah naik kereta api. Ups maaf bukan 'kami'. Cuma iyah sendiri.

Singkat cerita, dalam waktu 32 menit kami sampai ke Binjai dengan selamat.
BlogM Durian naik Kereta Api ke Binjai
Di depan stasiun binjai yang suasananya jadoel sekali
Setelah foto-foto kami pun ngumpul di depan stasiun buat kenalan. Karena kali ini banyak yang baru pertama kali DURIAN jadi semua baik anak lama maupun yang baru saling mengenalkan diri. Dan Iyah masih agak sulit untuk menerima bahwa sudah saatnya akan banyak yang manggil Iyah kakak. Ya, Iyah udah besar sekarang.

Usai kenalan (dengan sedikit pem-bully-an) kami pun beranjak ke cafe tempat kami DURIAN yaitu di neo cafe. Dari stasiun kami naik awan... ya enggaklah! kami jalan kaki. Alhamdulillah ga ada yang encok atau asam uratnya kumat.
BlogM Durian naik Kereta Api ke Binjai
Jalan kaki kek anak rombongan SMP gerak jalan...
Kami sampai di NEO cafe dan memulai diskusi kami yang di bawakan oleh kak Rizky Nasution dengan judul "Memulai Gerakan Sosial". Saat menerima materi itu Iyah langsung flashback pas dosen ngasih kuliah tentang ke apatis-an Iyah tentang kegiatan sosial ini. Ya, Iyah memang tidak terlalu perduli apalagi dengan issue-issue yang berkembang di negara kita. Kasarnya, Iyah masa bodoh dengan apa yang terjadi di negara ini beserta masyarakatnya. Iyah hanya berpikir mengikuti setiap kegiatan hanya untuk kesenangan Iyah semata. Padahal ternyata intinya bukan itu. Alhamdulillah, setelah mengikuti penjelasan Kak Rizky, Iyah merasa lebih tercerahkan tentang gerakan sosial.

Kami makan siang dan sholat Dzuhur disana. Sejujurnya agak bete di cafe ini (lagi-lagi) karena tempat sholat yang disediakan sangat memprihatinkan... O iya, perkedel yang iyah bawa laku keras di santap bersama makan siang konkawan yang lain. Bisa deh besok jualan perkedel *darah cina, semua jadi bisnis.

Sekitar jam dua kami bergerak kembali ke stasiun KA binjai yang bergabung dengan terminal bus itu. kami mengejar tiket jam 3.
BlogM Durian naik Kereta Api ke Binjai
Foto depan Neo Cafe. Tangan membentuk logo M. Inisial Mahdiyyah.com *eh
Kami pun berjalan kaki kembali menyusuri jalanan kota binjai ditemani gerimis rindu yang sejuk. Melewati makam pahlawan, pagarnya terbuka... kami foto deh.
BlogM Durian naik Kereta Api ke Binjai
Alhamdulillah tidak ada orang yang tiba-tiba bertambah...
Kami kembali menyusuri jalanan bersama titik-titik air hujan yang menenangkan hati para jomblo di BlogM. dan begitu sampai di gerbang terminal bus Binjai, kami kembali foto-foto....

BlogM Durian naik Kereta Api ke Binjai
Ga tau mau komentar apalagi soal kelakuan foto-foto anak BlogM ini...
Akhirnya kami kembali pulang naik Kereta Api. Sesuai rundown acara kami punya kegiatan bebas bin ajaib di perjalanan pulang. Salah satunya iyah yang sudah berencana main catur dengan bang Rudi. Iyah kalah 2 kali main. Padahal bang rudi ga terlalu familiar dengan jenis pionnya. Ternyata iyah belum cukup jago. *iket kepala,berlatih kembali*
BlogM Durian naik Kereta Api ke Binjai
jangan tanya beli catur begini dimana!
Saat Iyah dan bang rudi main catur, yang lain tebak gaya dengan berbagai benda. Snack yang di pura-purain sebagai teropong, ada botol minuman yang di pura-purain deodorant sampe ada yang tongsis di pura-purain sebagai tonkat narsis! *YAIYALAH!

setelah itu coba main sambung kata. berjalan namun sebentar. permainan di lanjutkan dengan balas gombal. Iyah mencontohkan dengan menggombali bang Adit. *Maapin iyah ya bang* dan ternyata kak Rizki dan kak Jati jago gombal. Buset dah.

Kami sampai di stasiun Medan saat kak Amel sedang memikirkan gombalannya. Dan lagi-lagi-lagi kami foto penutup di Titi Gantung.
BlogM Durian naik Kereta Api ke Binjai
yang ngambil yang ga ada di poto.
Pengen ikut Jalan-jalan ke Binjai Naik Kereta Api Bersama BlogM ? tunggu DURIAN bulan depan yang lebih seru! (Foto: dari kak Dewi dan Kak Molly)

GOSIPIN BERITA ARTIS TERBARU, BOLEHKAH?

GOSIPIN BERITA ARTIS TERBARU, BOLEHKAH?-Jaman sekarang nge-gossip sudah menjadi kebiasaan antar masyarakat kita. Walaupun katanya ga nge-gossip, tapi tetep saja ujung-ujungnya bakal ada kata "ih masa iya si anu gitu bu?" *Tepok jidat
Media televisi banyak sekali menyajikan hal-hal yang asik untuk menjadi bahan perbincangan. mulai dari issue sosial sampai kegiatan para artis sosialita.

Nge-gossip adalah kegiatan dimana interaksi terjadi antar manusia yang sedang membicarakan orang lain yang sedang tidak berada di lingkaran mereka.

Biasanya berita dalam gosip itu mengandung tiga unsur yang dalam hukum islam dikelompokkan sebagai : Ghibah dan Fitnah

apa perbedaan antara ghibah dan fitnah ini?
Ghibah berarti membicarakan kebenaran yang apabila kebenaran ini diceritakan kepada orang lain maka saat orang yang dibicarakan mengetahuinya ternyata dia tidak suka.
Misalnya nih,
Saat selesai upacara pagi di sekolah tiba-tiba si Iyah kepeleset becekan bekas hujan di lapangan. Dan ada beberapa orang yang melihat kejadian tersebut. sebut saja namanya fulan dan fulanah. lalu si fulan dan fulanah menceritakan kejadian itu kepada teman-teman yang tidak melihat insiden terpeleset tadi. maka seluruh sekolah akhirnya tau kejadian si Iyah kepeleset becekan di lapangan. 

Nah, Iyah ternyata ga suka kejadian itu disebar. walaupun itu adalah kebenaran, tapi jika iyah menganggapnya aib dan tidak suka di ceritakan maka jatuhlah hukum Ghibah.
"Barangsiapa yang menutup aib saudaranya maka Allah akan menutup aibnya di dunia dan akhirat"

Fitnah sudah pasti banyak yang tahu kan. Seperti peribahasa Fitnah lebih kejam dari pembunuhan yang berarti bahwa efek dari fitnah ini besar akibatnya. Ya, fitnah berarti menceritakan hal-hal yang tidak benar. Dan, menceritakan hal yang belum pasti kebenarannya, masih kabar burung istilahnya juga dapat dikategorikan sebagai fitnah.
Misalnya nih,
Si Fulan tidak suka dengan Mawar yang sering dapat nilai seratus diulangannya. Menurut kabar burung yang Fulan dapat, orangtua Mawar berteman baik dengan para guru sehingga nilai mawar menjadi tinggi. Fulan yang belum memastikan kebenaran itu, didukung rasa iri Fulan mengatakan bahwa Mawar mendapat nilai tinggi karena kedekatan orangtua Mawar dengan para guru. Yang awalnya hanya kabar burung, Fulan mengatakan bahwa hal itu benar adanya. Para murid pun menjadi marah terhadapa Mawar dan melawan guru karena menilai para guru tidak sportif. Akibatnya suasana di sekolah menjadi sangat tidak enak.

Kira-kira seperti itu lah dampak dari fitnah.

Saat ini kita kadang tidak sadar sedang melakukan aktivitas Gossip ini. Awalnya memang cuma ngobrolin seputar keadaan sekitar. lama-lama malah menjurus menyudutkan satu orang. dan makin lama obrolan menjadi gossip deh. Atau kita membicarakan artis di infotaiment yang kita ga sadar itu termasuk gosip!

Iyah disini mau mengingatkan saja sih. jadi supaya kita tidak terjebak aktivitas gossip ini adalah dengan:
1. Ketika sudah ada yang mulai menjurus ke gossip, alihkan pembicaraan atau tinggalkan
2. Melakukan kegiatan agar tidak terlalu banyak mengobrol
3. Berteman dengan orang0orang yang saling mengingatkan kepada kebaikan

Terimakasih telah membaca cuap-cuap iyah kali ini. GOSIPIN BERITA ARTIS TERBARU, BOLEHKAH? sampai jumpa lagi! Muach!

Senin, 03 Agustus 2015

Pemenang GA Mahdiyyah[dot]com

Pemenang GA Mahdiyyah[dot]com - Annyeong haseo, haseo di anyong anyong~ oke, kemarin iyah bikin GA Give Away Syukuran Mahdiyyah[dot]com . Jadi GA selama 1 minggu yang iyah adakan ternyata ada yang ikut :(

Lah? kok malah sedih ada yang ikut iyah?

Hehehe, canda ah! iyah malah seneng banget malah, jadi pesertanya kalau dihitung netto bersihnya 10 orang, sedangkan bruto keseluruhannya 12 orang.

Kok bisa beda-beda gitu?

Iya, yang 2 orang tim hore. kalo ga percaya ntar liat tabel penilaian yang iyah buat. kamu ga salah baca, Iyah emang bikin tabel karena iyah bingung, semuanya banyak muji-muji iyah. iyah kan jadi tersanjung, ntar kalo sinetron tersanjung ada lagi bisa berabe ceritanya.

jadi penilaian garis besarnya ada 2.

Ucapan selamat dan hadiahnya untuk apa

Tapi demi memenuhi 150 kata yang jadi pesyaratan (dimana hampir semua nulis diatas 200 kata) maka banyak diisi oleh kisah iyah. Dan kesimpulan yang iyah dapat adalah, Iyah si gadis bocah lugu SMP kecil keren dan tomboy yang lincah,supel dan kreatif tapi sudah kuliah. makasih makasih makasih. Untung ga ada yang nulis si cabe syar'i. 

Kesimpulannya jelas bukan itu, kesimpulannya adalah pemenang yang iyah dapat adalaaaaah...
jerengjerenjerengjerengjereng jeng jeng jeng jeng
jerengjerenjerengjerengjereng jeng jeng jeng jeng
jerengjerenjerengjerengjereng jeng jeng jeng jeng

JUARA 1
Oleh : Kak Lily
(Sketsa full colour+Sketsa BW+Digital art)

JUARA 2
Oleh : Kak Molly
(Sketsa BW+Digital art)

JUARA 3
Oleh : Kak Dewi
(Digital art)

jadi... kayak gini cara iyah menilainya. itu maksudnya kolom komen, iyah lupa, udah iyah komen apa belom.

Pas baca tulisan kak Lily di awalnya iyah agak ragu karena ucapan selamatnya ga ada. Terus di awalnya kata-katanya ga terlalu ngena dihati *halah. turun kebawah iyah liat ada video. iyah penasaran, jangan-jangan ini video JAV  nyepam kayak di pesbuk pesbuk itu. dengan bismillah iyah buka, ternyata STOPMONTION etdah! NIAT BANGET. oke, iyah ceklis lolos ucapan selamat. pas iyah liat gambarnya buat apa, iyah balik ngakak sambil guling-guling sampe kejedot lemari. gambarnya buat NYARI JODOH. jadi begitulah. masalah jodoh memang sensitif, iyah turut prihatin.

Lalu dari kak Molly, katanya gamabr iyah bakal di pajang di antar foto-foto travelling kak Molly yang keren-keren itu. Terus kak Molly juga sedih karena si Abang sudah punya sketsa wajahnya sementara kak Molly ga ada. jadi ini iyah persembahkan buat pasangan sketsa tersebut kak. fufufu

Kak dewi adalah satu-satunya yang menyertakan foto orangtuanya untuk digambar. iyah terhura eh terharu kak... dan tulisan kak dewi juga banyak sampe empat ratus kata.

daaaan untuk semua yang telah berpartisipasi...
Seluruh Partisipan Mendapatkan Sketsa BW di Kertas HVS yang Di Belah Dua Kira-kira Ukuran A5(Maap bukan maksudnya pelit kertas)

Dan berhubung seluruh peserta adalah anggota BLOGM, maka hadiah akan diserahkan saat DURIAN Agustus ini...

yang lain tulisannya bagus-bagus semua, ada yang ngebongkar masa lalu blog ini dari jaman piekantropus sampe sekarang dan ada juga yang ngebongkar masalalu pemiliknya. trus ngasih semangat supaya iyah makin rajin nulis dan tulisannya berkualitas. dan juga doa-doa yang di berikan, jadi iyah sangat berterimakasih sih sih sih sihlakan ditutup postingan ini dengan Wassalam...

Sabtu, 01 Agustus 2015

8 Tipe Pemain Catur

8 Tipe Pemain Catur- Main catur itu lihat lawannya tipe pemain yang gimana. dan gimana juga tipe permainan kamu. yuk ah di liat!

1.Tipe GrandMaster
Tipe ini mainnya serius. Strategi tersusun rapi. Matanya menatap tajam sampe lawannya jadi kebelet pipis dan merinding disko. Tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama dalam menggerakkan pionnya. Gerakannya sangat tegas namun hati-hati. Ga sampe 10 langkah,bahkan pion si lawan belum gerak semua tiba-tiba udah skak mate. Kampret.

2. Tipe GrandMaster ala Warkop

Permainannya berdasarkan pengalaman di warung kopi atau pos KamLing. Gayanya santai dengan satu kaki di angkat ke kursi dan secangkir kopi di sisi kanannya. Mainnya sambil ngobrol ngalor ngidul sama lawannya. Ngomongin politik sampe uang sekolah anak yang naek. Susunan caturnya agak beserak tapi tetap memiliki peluang besar untuk menang. Kalau sudah kejebak akan lama terdiam untuk berpikir. Dan tiba-tiba memnyerang lawannya langsung skak mate. Kampret.

3. Tipe agak Grandmaster

Biasanya tipe ini baru belajar teknik-teknik catur. Terpaku pada teori sampe-sampe bingung sama langkahnya sendiri. Agak susah buat men skak mate lawan. Paling ujung-ujungnya remis. Paling jago stale mate lah. Tapi kalau sudah sering latihan bisa jadi lawan berat.

4. Tipe Deking

Kalau ada orang lagi main catur,orang ini bakalan ada buat jadi deking yang ngarahin permaian salah satu lawan. “alah,kok itu yang ko gerakkan. Kuda kau rawan itu, roker aja raja kau dulu. Awas,mau nyekak dia bentar lagi. Kasikan aja pion itu, tenang gak prenya itu. Kita serang pake kuncung abis tu.” Dan sekian banyak komentar lainnya. Nyebelin sih,ganggu konsentrasi yang main. Tapi giliran dia yang di ajak main jawabannya bakal.... “ah,aku gak jago-jago kali, pasti kaulah yang menang”. Kampret.

5. Tipe Gak Mau Kalah
“Skak Raja atau benteng hilang”, “eeeeeeeehhh kayaknya tadi aku salah langkah deh,kok bisa skak sekali dua ya? Aduuh,coba ulang dua langkah sebelumnya, ya?ya?”

6. Tipe Nyerah
Dia jatuhin rajanya sendiri.

7. Tipe Pelatih
Manusia tipe ini sebenernya jago main catur. Tapi dia lebih suka ngelatih orang yang main sama dia. Kalau misalnya kita salah langkah dan membahayakan diri sendiri, dia sebagai lawan akan bilang, “Ganti aja yang lain yang ko gerakin, nanti kalau aku majukan ini kau gawat”. Kadang dia juga mau ngasih poin misalnya main tanpa benteng atau main tanpa mesa dia. Ujung-ujungnya tetap dia yang menang sih.

8. Tipe 3S (Sangat Serius Sekali)
Dia bakal melototin papan catur sambil di kepalanya berpikir apa strategi selanjutnya. Dia bakal membuat sebanyak-banyaknya spekulasi kemungkinan gerakan lawan. Dan berapa langkah dia bakal menang atau bagaimana cara dia bertahan dan membandingkan setipa untung rugi kehilangan pionnya juga harga yang harus di terimanya. Pokoknya smeuanya harus di rencanakan dengan benar-benar matang. Dan akhirnya lawannya bakal bilang “eh,gue pulang ya. Lo lama banget mikirnya.” Dan dia jawab, “Lo?giliran aku ya?”

Yang mana tipe kamu saat main catur? :D

*****

Iyah pertama kali belajar main catur kelas 1 SMP. Di ajarin sama adek kelas 5 SD. Namanya Filia. Iyah sering nongkrong di perpus, dan Filia juga. Pas dia ngajak maen catur Iyah ketawa bilang gak bisa. Trus dia ngajarin dasar-dasarnya sesabar mungkin. Dan akhirnya iyah bisa maen catur sama Filia. Setelah sering main sama Filia di perpus, temen sekelas namanya Taufik ngajak tanding catur dan gak tau gimana ceritanya jadi berguru catur ke dia. Haha. Mungkin karena dia kasian liat Iyah mainnya sama anak kecil kali ya. Wkwkwk.

Teknik skak jerat babi (istilahnya gitu lo). Permainan 4 kuda. Main pake setengah papan catur. Cara main tanpa Mesa. Menghindari kena langkah kuda. Dll. Taufik yang ngajarin.

Setelah beneran bisa baru deh belajar sama Ayah dan di beliin papan catur. Dan sampe sekarang satu-satunya permaian yang iyah halalkan di HP (setelah janji sama diri sendiri ga main game di HP) Cuma catur. Aduh,guru kecil Iyah dulu,Filia apa kabar ya? Ga ada kabarnya lagi. Taufik juga apa kabar ya? ga tau deh pada SMA dan kuliah dimana. :’D - end, 8 Tipe Pemain Catur

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers