Minggu, 09 Agustus 2015

GOSIPIN BERITA ARTIS TERBARU, BOLEHKAH?

GOSIPIN BERITA ARTIS TERBARU, BOLEHKAH?-Jaman sekarang nge-gossip sudah menjadi kebiasaan antar masyarakat kita. Walaupun katanya ga nge-gossip, tapi tetep saja ujung-ujungnya bakal ada kata "ih masa iya si anu gitu bu?" *Tepok jidat
Media televisi banyak sekali menyajikan hal-hal yang asik untuk menjadi bahan perbincangan. mulai dari issue sosial sampai kegiatan para artis sosialita.

Nge-gossip adalah kegiatan dimana interaksi terjadi antar manusia yang sedang membicarakan orang lain yang sedang tidak berada di lingkaran mereka.

Biasanya berita dalam gosip itu mengandung tiga unsur yang dalam hukum islam dikelompokkan sebagai : Ghibah dan Fitnah

apa perbedaan antara ghibah dan fitnah ini?
Ghibah berarti membicarakan kebenaran yang apabila kebenaran ini diceritakan kepada orang lain maka saat orang yang dibicarakan mengetahuinya ternyata dia tidak suka.
Misalnya nih,
Saat selesai upacara pagi di sekolah tiba-tiba si Iyah kepeleset becekan bekas hujan di lapangan. Dan ada beberapa orang yang melihat kejadian tersebut. sebut saja namanya fulan dan fulanah. lalu si fulan dan fulanah menceritakan kejadian itu kepada teman-teman yang tidak melihat insiden terpeleset tadi. maka seluruh sekolah akhirnya tau kejadian si Iyah kepeleset becekan di lapangan. 

Nah, Iyah ternyata ga suka kejadian itu disebar. walaupun itu adalah kebenaran, tapi jika iyah menganggapnya aib dan tidak suka di ceritakan maka jatuhlah hukum Ghibah.
"Barangsiapa yang menutup aib saudaranya maka Allah akan menutup aibnya di dunia dan akhirat"

Fitnah sudah pasti banyak yang tahu kan. Seperti peribahasa Fitnah lebih kejam dari pembunuhan yang berarti bahwa efek dari fitnah ini besar akibatnya. Ya, fitnah berarti menceritakan hal-hal yang tidak benar. Dan, menceritakan hal yang belum pasti kebenarannya, masih kabar burung istilahnya juga dapat dikategorikan sebagai fitnah.
Misalnya nih,
Si Fulan tidak suka dengan Mawar yang sering dapat nilai seratus diulangannya. Menurut kabar burung yang Fulan dapat, orangtua Mawar berteman baik dengan para guru sehingga nilai mawar menjadi tinggi. Fulan yang belum memastikan kebenaran itu, didukung rasa iri Fulan mengatakan bahwa Mawar mendapat nilai tinggi karena kedekatan orangtua Mawar dengan para guru. Yang awalnya hanya kabar burung, Fulan mengatakan bahwa hal itu benar adanya. Para murid pun menjadi marah terhadapa Mawar dan melawan guru karena menilai para guru tidak sportif. Akibatnya suasana di sekolah menjadi sangat tidak enak.

Kira-kira seperti itu lah dampak dari fitnah.

Saat ini kita kadang tidak sadar sedang melakukan aktivitas Gossip ini. Awalnya memang cuma ngobrolin seputar keadaan sekitar. lama-lama malah menjurus menyudutkan satu orang. dan makin lama obrolan menjadi gossip deh. Atau kita membicarakan artis di infotaiment yang kita ga sadar itu termasuk gosip!

Iyah disini mau mengingatkan saja sih. jadi supaya kita tidak terjebak aktivitas gossip ini adalah dengan:
1. Ketika sudah ada yang mulai menjurus ke gossip, alihkan pembicaraan atau tinggalkan
2. Melakukan kegiatan agar tidak terlalu banyak mengobrol
3. Berteman dengan orang0orang yang saling mengingatkan kepada kebaikan

Terimakasih telah membaca cuap-cuap iyah kali ini. GOSIPIN BERITA ARTIS TERBARU, BOLEHKAH? sampai jumpa lagi! Muach!

0 Responses:

Posting Komentar

You word can change the world! you can left a comment on my post :)

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers