Jurusan Biologi VS Pendidikan Biologi, Apa Bedanya?

by - Senin, Januari 13, 2020

Hai, hai, hai, iyah hadir kembali membahas tentang dunia perkuliahan di biologi. Nah, kemarin ada yang nanya sama daku apasih beda jurusan pendidikan dengan murni belajar biologi. Di mulai dari mana ya. Soalnya agak bingung juga jelasinnya. Oke, daku coba aja ya!

Perbedaan Pendidikan Biologi VS Biologi Murni

1.Tujuan Kuliah
Nah, kalau keluaran pendidikan biologi tentu diharapkan menjadi pengajar dalam bidang biologi. Sedangkan jurusan biologi murni diharapkan jadi peneliti atau saintis. Apakah jurusan pendidikan biologi bisa menjadi peneliti? tentu bisa! ada kelebihan dan kekurangan dari setiap jurusan meski kita sebenarnya bisa memaksimalkan penyerapan ilmu dalam setiap tempat :) 
2. Mata Kuliah
Hal yang membedakan jurusan pendidikan dari jurusan kuliah lainnya tentu ada mata kuliah Rencana Rancangan Pembelajaran (RPP) atau tentang penyusunan kurikulum. Jadi, di pendidikan diajarkan bagaimana cara mengajar yang baik, menyampaikan materi denga metode yang baik di depan murid-muridnya. sedangkan pada biologi murni tidak ada diajarkan bagaimana cara menyampaikan ilmu yang baik.

3. Praktikum di Laboratorium
Pada Biologi Murni, nyaris setiap mata kuliah disampaikan dalam teori serta praktek secara berdampingan. Sehingga sampai waktunya lulus Biologi murni melewati jenis laboratorium bisa sampai belasan bahkan menyentuh puluhan. Sedangkan Praktikum di jurusan Pendidikan biologi hanya sebagai pengantar dari Teori. Bahkan banyak mata kuliah yang hanya disampaikan secara teori.

4. KKN (Kuliah Kerja Nyata)
Jurusan pendidikan wajib KKN, kuliah kerja nyata dimana mereka harus mengabdi kepada masyarakat. sedangkan Biologi murni tidak wajib bahkan tidak dianjurkan karena pada akhirnya pekerjaan yang diaharpkan bukan terjun langsung ke masyarakat melainkan menjadi pendukung dalam meneliti di laboratorium, rumah sakit ataupun perusahaan lainya. Oh iya, ini gak mutlak untuk semua jenis Universitas ya!

5. Masa Depan
Masa depan gaada yang tau, dan pasti setiap orang memiliki perbedaan hehe. Bisa aja jurusan biologi murni menjadi pengajar, sedangnya jurusan Pendidikan Biologi melanjut studinya sehingga menjadi konsultan dalam bidang pendidikan :p


So, Sudah paham perbedaan dari kedua jurusan yang terkesan mirip ini? Ini berlaku juga untuk yang bingung apa sih yang dipelajari di pendidikan fisika, pendidikan kimia dan jenis pendidikan yang mendukung mata pelajaran lainnya!
Ada lagi yang ingin ditanyakan? kirim ke email aja hehe. kalau singkat aku bisa balas langsung, kalau jawabannya panjang ya bisa jadi satu postingan seperti ini~

See ya~

You May Also Like

0 komentar

You word can change the world! you can left a comment on my post :)