Senin, 18 Juli 2016

Frequently Asked-Jurusan Biologi dan Biologi USU

Tulisan ini iyah buat karena banyaknya pertanyaan yang masuk ke email, aplikasi chatting dan socmed iyah akhir-akhir ini.

Sebelumnya Iyah ngucapin selamat ya yang udah berhasil lulus di biologi baik dari jalur undangan, ujian, mandiri, jalur darat, jalur laut dan jalur-jalur lainnya. hehe.

Iyah sih sebenanrya gak keberatan untuk membalas semua pertanyaan dari teman-teman. Kebanyakan sih pertanyaannya mirip-mirip. Dan mungkin karna iyah ngerasa udah ngejawab panjang lebar sebelumnya jadi pas di tanya lagi sama yang lain iyah jawabnya kurang memuaskan....

Beberapa teman baru yang bisa iyah rangkum dari line.
Yosh, iyah mulai aja ya

10 hal yang sering ditanyakan tentang jurusan S1 Biologi Murni

1. Question (Q): Kak, biaya kuliah jurusan biologi berapa?
Answer (A): Ada 3 hal yang harus di persiapkan untuk kuliah di biologi. Pertama, uang kuliah yang tergantung dengan universitasnya masing-masing. Kedua, uang kos dan uang makan. Ketiga, uang perlengkapan pribadi dan sampel. Apa itu perlengkapan pribadi? seperti masker medis, sarung tangan karet, tissue masker arang, kalkulator, pipet tetes, kuas, kaca pembesar dll biasanya itu kamu bawa pribadi dari rumah. Apa itu sampel? sampel itu seusatu yang harus kamu bawa ke laboratorium saat mau praktikum. ada sampel pribadi, kelompok ataupun satu angkatan.

2. Q: Kak, aku lulus di Biologi USU. Apa yang harus aku persiapkan?
A: Siap Mental, Fisik dan Duit. Kenapa mental yang Iyah tulis lebih dulu? jujur aja, di biologi banyak yang pinter, sehat dan duitnya asoy geboy tapi harus keluar dari biologi karena gak sanggup uji mental. Walaupun Iyah termasuk yang ga suka kalau harus di marah-marahin asisten lab tapi tetep aja itu semua untuk nguji kita pas di lapangan nanti. Jangan dimarahin sikit ngadu. Coba belajar menyelesaikan masalah sendiri~

3. Q: Kak, di Biologi banyak prakteknya?
A: Yaiyalah. Kalau kamu sangat suka praktikum, memang tepat sekali kamu di biologi. Bukan banyak lagi, tapi banyak sekaleee. Selain praktikumnya yang banyak, laporannya juga banyak dan numpuk!huahaha

4. Q: Kak, di Biologi belajar apa? susah gak?
A: Yaaaa belajar biologi lah. kalau semester satu masih kayak mata pelajaran di SMA kok. terus semester selanjutnya ya jelas semua mata kuliah yang berhubungan dengan biologi. Terus... kalau ga mau ngerasain susahnya belajar ya gak usah kuliah....

5. Q: Kak, masuk biologi butuh laptop?
A: Butuh. karena banyak laporan yang harus di ketik dan agak sulit kalau ngerjain laporan harus minjem-minjem. Belum lagi ada mata kuliah yang memang wajib bawa laptop ke kelas. Selain laptop jangan lupa flasdisk ya. Kalo bisa kalungin terus itu fd.

6. Q: Kak, lulusan biologi nanti kerja apa ya?
A: Banyaaaaak. Dimana ada laboratorium disitu ada anak biologi, dimana ada hutan di situ ada anak biologi, dimana ada hewan di situ ada anak biologi, dimana ada tumbuhan disitu ada anak biologi. dimana ada jurusan biologi kamu bisa ngelamar jadi dosen biologi :p Ya pokoknya luas deh biologi ini. kayak jadi tim forensik di kepolisian juga bisa. jadi nyaris semua aspek bisa dimasukinya.

7. Q: Kak, dari biologi bisa jadi dokter?
A: bukan dokter sih, tapi nanti bisa jadi ahli medis. kalau kuliah S1 nya ngambil bidang fisiologi hewan terus S2 nya ngambil Biomedis bisa. Sekarang kamu mau gelar dokternya apa ilmu kedokterannya? Hehe

8. Q: Kak, katanya kuliah biologi lama tamat?
A: Tergantung kamu. Serius. Ga usahkan kuliah biologi, kuliah yang lain juga kalau kamunya males-malesan juga lama tamat.

9. Q: Kak Iyah sudah kerja apa masih kuliah?
A: Seriusan ini banyaaaak banget yang nanya sama Iyah. jadi iyah jawabnya gini aja ya, sejak tulisan BIOLOGI MURNI, MAU JADI APA Iyah buat, itu iyah baru masuk kuliah. Baru banget. Iyah itu stambuk 2014. Begitchu.

10. Q: Kak, dosennya killer gak?
A: Agak aneh emang ya, tapi lumanyun eh lumayan juga yang nanya ini. Kalau di Biologi USU sih justru Iyah segan, bukan takut. Karena rasanya waw gitu diajari langsung sama profesor-profesor dan doktor. Jadi masalah dosen killer itu tergantung kamu menyikapinya ya.

Semoga tulisan iyah ini cukup membantu bagi teman-teman. Dan kalau ada yang merasa informasi iyah salah ataupun kurang boleh menambahkan di kolom komentar. Timikici terima gaji :D


0 Responses:

Posting Komentar

You word can change the world! you can left a comment on my post :)

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers