Jurusan Biologi Murni Bisa Jadi Guru Sekolah?

by - Rabu, Juni 19, 2019

Assalamualaikum! hola~
Aku kembali lagi harus membahas soal jurusan biologi murni. Karena banyak banget pertanyaan di kolom komentar di postingan aku 5 tahun yang lalu. Yup, di postingan waktu aku masuk kuliah dan sekarang di jaman aku udah lupa rasanya kuliah aku masih dikelilingi oleh pertanyaan yang sama



"Jurusan Biologi Murni bisa jadi guru sekolah gaaaak?"

jawabannya, BISA BANGET

Yoi, bisa dong gengs! berhubung sekarang itu baik  jurusan pendidikan dan non-pendidikan akan melewati jalur yang sama untuk menjadi guru. Hanya saja, kalau kita dari jurusan non-pendidikan, kita gak akan belajar bagaimana cara mengajar, cara menyusun materi, cara-cara lainnya yang berhubungan dengan dunia mengajar.


Yah, tapi pengalaman mengajar itu dikit-dikit bisa di dapat kalau kamu pernah jadi asisten laboratorium atau asisten dosen semasa kuliah. Kamu akan mendapatkan pengalaman berhadapan dengan tingkah pola orang yang akan di ajar. Lah.. ngajar anak kuliah tingkat pertama sekarang gak jauh beda kok kayak ngajarin anak SMA. Belagu, gak mau dengerin tapi susah nerima materi. Silahkan sebel sama aku karena ngetik begini, emang nyatanya gitu kok. wek.

Serunya kalau kamu adalah jurusan non-pendidikan dan jadi guru sekolah, kamu sedikit banyaknya akan bersahabat dengan kurikulum 2013 yang mengindahkan pakem-pakem cara mengajar jaman dulu. Kamu bisa dengan bebas mengajarkan murid dengan metode-metode baru. Gak cuma dnegan gaya guru sekarang yang menganggap kurtilas ini dimana murid bisa mepresentasikan dengan power point materi yang mereka pelajari dari sekolah dnegan berbagai sumber di internet. Bukannya paham, malah anak sekolah semakin gencar copy-paste, nyomot-nyomot bahan dari internet dan itu gak baik buat kedepannya. 

Jurusan non-pendidikan tidak akan terpaku dengan buku sekolah, kalian bisa mengajar sesuai dengan kapasistas pemahaman kalian semasa kuliah. Dengan pengembangan juga dong harusnya, masa cuma murid yang belajar gurunya enggak? wkwk

Murid bisa di ajakin ikut bereksperimen seperti semasa kamu kuliah. karena jurusan pendidikan tidak mendapatkan materi sedalam yang di dapatkan non pedidikan atau ilmu murni. Yup, jurusan pendidikan lebih banyak tentang pengusaan materi yang akan di ajar di kelas. CMIIW.
Aku sendiri hanya punya pengalaman mengajar di sekolah formal swasta sewaktu belum kuliah malah. Saat kuliah aku lebih banyak menjadi guru privat. Aku tuh suka bingung kalau murid-murid curhat soal kurikulum 2013. Yah, mereka yang mengalami aja gagal paham apalagi aku ye kan. hahaha. 

Jadi, semoga postingan aku kali ini menjawab pertanyaan kalian apakah Jurusan biologi non-pendidikan bisa jadi guru ya. Tentu aja bisa, kalau ada lowongan guru di sekolah swasta ya daftar. Kalau ada pembukaan guru honorer di sekolah negeri ya monggo daftar. Penuhi syarat-syaratnya, syukur-syukur ada yang lolos ujian PNS dan jadi guru negeri. Btw, kalau jadi guru negeri tolong lebih semangat lagi ya, jangan terikut-ikut steriotipe kalau guru PNS suka makan gaji buta hehe. Semua guru pasti punya potensi hebatnya masing-masing kok!

Untuk para mahasiswa yang bercita-cita jadi guru, berbanggalah! cita-cita kalian itu mulia banget loh, semangat ya! 

See Ya~

You May Also Like

0 komentar

You word can change the world! you can left a comment on my post :)