Minggu, 11 Oktober 2015

Praktik Lapangan Malam, Iyah Jatuh Cinta

Iyah menulis ini 3 jam setelah Praktikum yang harus membuat iyah nginap di kampus. Praktik Lapangan alias PL. Dan Iyah  ngantuk berat, tapi entah kenapa iyah ga bisa tidur pulas kayak temen-temen lain yang sudah tepar bergelimpangan seusai praktikum. Karena... Iyah lagi jatuh cinta.

Biologi usu, praktikum malam
Praktikum malam ini di mulai tanggal 9 Oktober 2015 pukul 14.00 alias jam dua siang. ga usah kaku banget bacanyalah, ini efek iyah kebanyakan ngetik jurnal. O iya, sebelum PL resmi di mulai... kami di cek dulu jurnal setengah jadi yang berjumlah 7 judul. Bayangin dari jam 2 siang sampai 6 pagi iyah dan kawan-kawan harus mengerjakan 7 praktikum di sertai pengamatan. tapi ga usah di bayangin kali, paling gak ngerti. Padahal aku butuh kamu yang ngertiin aku. #Pffft

Biologi usu, praktikum malam
ikannya di iketin tali berwarna sebagai tanda.
Nah Praktikum yang kami lakukan pertama adalah Osmoregulasi. Dimana kami melihat pengaruh berat badan ikan terhadap kandungan garam di air. Ya, jadi kemarin kami buat ikan oplosan. ikannya benerak gemuk dalam waktu singkat! Hahaha. 
Dan di Praktik pertama baju iyah sudah kuyup semua karena kecipratan air di ikan. ya ampun ikannya lasak banget.
Satu kelompok alias satu partner terdiri dari 9-10 orang. jadi untuk pengamatan Osmoregulasi kami meninggalkan kawan kami untuk nunggui tu ikan makin berat badannya trus mantap buat di bakar.

Biologi usu, praktikum malam
tush yang item, ikan sapu kaca susah banget matinya. padahal udah di air logam lo.
Kami lanjut ke Praktik kedua yaitu Ekologi Evolusi. Iyah ga terlalu ngerti karena iyah sama sekali ga megang materi jurnal tentang praktikum satu ini. Yang pasti kami masukin beberapa jenis ikan kecil kayak ikan laga ke dalam air yang kami campur logam. Pengamatannya? nunggu sampe ada ikan yang mati! Ya... Biologi memang kejam. Dan akhirnya pengamatan berlanjut sampai 2 hari sehingga ikannya harus di bawa pulang. ada kelompok yang frustasi banget sampe mencet-mencet ikan sapu kaca yang susah banget matinya biar mati.

Biologi usu, praktikum malam
Iyah lagi nuangin alkohol ke ember kecil di balik tenda itu.
Praktik di lanjut sebelum maghrib yaitu PitFall Trap atau bahasa lainnya perangkap jebak. fungsi praktikum ini buat ngejebak serang-serangga tanah. jadi metodenya kami gali lobang sebanyak 10 buah dengan cangkol (yaiyalah masa pake tangan!) terus di masukin ember kecil gitu. abis itu di tendain biar ga masuk ujan. sementara embernya kami isi dengan alkohol campur ditergen biar serangganya tenggen -_- dan ternyata paginya kami nemuin kadal masuk ke perangkap kami.

Biologi usu, praktikum malam
Lagi pemasangan perangkap.

Praktik keempat Light Trap. Nah, yang ini bagian iyah! iyah yang jadi penanggung jawabnya. jadi perangkap cahaya ini di maksudkan untuk menjebak serangga-serangga terbang yang tertarik dnegan cahaya. betapa jahatnya kami menjebak serangga dengan kelemahan mereka yang tertarik dengan cahaya :'( Praktik ini berlangsung dari jam 8 malem sampe jam 4 pagi. dengan pengamatan 2 jam sekali.

Biologi usu, praktikum malam
Di nomerin biar tau yang mana paling aktif.

Praktik selanjutnya yang kelima itu sekitar jam sembilan habis makan malem. Perilaku Achatina fulica. Buat apa kami praktikum ngamatin keong di malam hari? nah iyah juga belum tau buat apa. tapi hewan dekomposer ini memang bergerak jauh lebih cepat saat malam hari.

Biologi usu, praktikum malam
Ikan di osmoregulasi sudah tewas di perut para praktikan.
Lanjut lanjut yang keenam Praktikum Capture recapture. Praktikum yang di laksanakan jam setengah 3 pagi ini membuat iyah bolak-balik di bedakin pake tepung beras. Kenapa? karena iyah bolak-balik ambruk alias tidur. jadi yang tidur bakal di bedakin. ini ngeselin banget sumpah keseeeeel. masalahnya iyah begadang itu kalau udah minum kopi mix. sementara kopi yang di sugihin kopi itam dan iyah ga bisa minum. walhasil iyah menderita... Back to the topic. jadi praktikum yang menggunakan kutu beras ini iyah juga ga tau apa gunanya. yang pasti kami harus menghitung berapa detik yang di butuhkan para kutu beras ini sampai ke permukaan tepung beras setelah kami pendem.

Biologi usu, praktikum malam


The laaast is. Tipe Respon Hewan. Ini adalah praktikum yang paling horor sampai iyah kabur dengan alibi ikut pengamatan. Karena praktikum ini menggunakan Blatta sp. alias KECOAK. kalian bisa bayangin 50 ekor kecoak yang dikumpulkan masing-masing partner. jadi yang bertahan melakukan praktikum itu hanya orang-orang beradrenalin cukup tinggi. HIY. nah sekilas aja nih ya, jadi praktikumnnya itu menguji respon hewan dengan cahaya, sentuhan, dan bahan kimia. sekian.


Yang bikin iyah jatuh cinta di praktikum malam adalah praktikumnya. hehehe. jadi entah kenapa iyah makin semangat, makin suka walaupun di siksa ga tidur tapi setelah praktikum malam iyah ngerasa jadi peneliti beneran gitu. setelah praktikum malam usai, temen-temen iyah banyak yang sakit dan drop. Alhamdulillah iyah sih enggak. tapi pemulihan waktu tidur itu berlangsung selama seminggu.

Sekian cerita iyah kali ini di biologi, CIAO!

0 Responses:

Posting Komentar

You word can change the world! you can left a comment on my post :)

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers