Jumat, 03 Oktober 2014

Selamat Datang Di BIOLOGI, Dak!

Edak edak...
   Iya daak
kita goyang edak edak ya dak
  Ayok daak
Angkat dagu dak di goyang-goyang dak
  dak dak dak dung dung... dak dak dak dung dung..

Lirik di atas adalah senam anak biologi saat PMB kemarin. Gak terasa udah sebulan Iyah jadi mahasiswi jurusan biologi. rasanya pasti bangga lah ketika dinyatakan di terima di USU. Melewati suka duka saat di ospek di PMB... lalu di lanjut PA ke sibolangit walaupun iyah gak ikut acara yang itu karena sesuatu hal :(

Gak pernah kepikiran apa yang bakal di pelajari di biologi selain mata pelajaran biologi. rata-rata orang bilang rugi masuk biologi non pendidikan. karena toh masuk biologi ujung-ujungnya bakal jadi guru biologi. atau kalau lanjut jadi dosen. eiiiits, tunggu dulu. ubah pikiran itu! hohoho.

Sejak kecil iyah tertarik dengan alam. Mamak iyah dengan rajinnya selalu mengumpulkan kisah iyah sejak kecil. mulai dari ngeramin telur, ngejar angin puyuh kecil, ngobatin anak kucing, dan banyak kisah yang satu persatu terus di ceritakan kembali oleh Mamak,ayah dan kakak iyah. 

Lalu iyah membuka diary-diary yang berantakan tulisannya yaitu diary sejak SD. ternyata dari SD sampai SMP iyah menulis di biodata kalau cita-cita iyah itu :

Kamis, 02 Oktober 2014

Maaf, ternyata saya pelakunya

Iyah paling suka berteman dengan siapa saja. Itu karena Iyah cuma 2 bersaudara, jadi kalau dirumah rasanya gak rame. apalagi iyah anak rumahan yang males banget kalau gak ada acara keluar rumah. jadi begitu keluar rumah dan jumpa teman baru, wuidiiiih pasti deh langsung iyah ajakin ngobrol.

Gak cewek,gak cowok ya sama aja perlakuannya. diajakin ngobrol apa aja yang nyambung. Seneng banget rasanya kalau udah jumpa banyak temen. dan rata-rata sih gaya iyah ngobrol ke orang-orang pukul rata, maksudnya di samain gitu. gak ada beda ke si anu, beda lagi ke si anu. bahkan di salah satu organisasi keagamaan yang iyah ikutin iyah di tegur karena suka rada sembarangan kalau ngomong. hehe.

Cara ngomong iyah yang terlalu terbuka ke orang dan tingkah iyah yang seenaknya mungkin ada plus minusnya. kalo kata temen sih bagusnya iyah gak ada yang di sembunyikan. senang ya ketawa lepas, sedih ya nangis deras, marah ya.... tumbukin aja. gitu.
tapi mungkin sebagai cewek yang berhijab kayaknya iyah memang harus mulai membatasi diri. bukan karena jaga image atau gimana. ya seharusnya kan muslimah yang baik itu bergaul apalagi dengan lawan jenis tidak boleh menimbulkan presepsi aneh-aneh dari orang.

Ucapan iyah kadang gak mikirin efeknya ke orang. bukan kata-kata kasar sih. yang lebih parah malah kalo kata-kata gombal kayak penambahan kata 'sayang' 'beb' 'cinta' dan lain-lain yang ngegombal. sebenarnya komunikasi ke cewek cowok sama aja gitu. tapi ternyata ada efeknya...

PHP. yap, Iyah di sangkain PHP. iyah gak sadar akan hal itu. selama ini kalau ada yang sms atau chat ke iyah pakai kata-kata rada mesra ya iyah balasnya sama juga, ga pakai perasaan apa-apa. habisnya udah tau kok lagi di candain. kecuali yang biasanya gapernah ngomong mesra tiba-tiba mesara nah itu iyah baru 'deg' gitu.

dulunya iyah pernah sih ngerasa di PHP in sama orang lain. padahal ternyata yang salah iyah. Iyah membuat batasan 'Iyah Gak Mau Pacaran' dan itu sudah banyak yang tau. tapi tenyata seseorang itu yang tau iyah suka sama dia, dia malah bingung. dia ngerasa iyah yang phpin dia. iyah ngasih harapan dan perasaan sama dia tapi iyah tarik garis tebal dengan lampu merah. tidak ada harapan untuk kelanjutannya.

si dia itu bingung dan curhat ke kakak kelas iyah. kaka kelas iyah itu nujukkin sms di ke iyah tentang perasaan dia ke iyah dan komitmen yang iyah pegang. si dia bingung dan galau. awalnya iyah gak ngerti situasinya. yah namanya juga emang gak ngerti soal ginian. iyah masih mikir kalau dia yang mainin perasaan iyah. padahal dianya juga bingung.

akhirnya ketika usai ujian akhir waktu itu. dia datang ke iyah dan bilang semuanya. 3 tahun itu dia galau,dilema,dan bingung menghadapi iyah. sedangkan iyah sesuka hati menyukainya. kadang suka kadang biasa aja. 

iyah bilangnya dulu belum move on. yang baca blog iyah dari awal pasti tau ceritanya. tapi sampai akhir waktu itu iyah pun bingung move on dari apa.

Iyah menulis ini sebagai perbaikan diri aja. kedepannya lebih jelasla jadi orang. jangan terlalu mengumbar kata yang membuat orang bisa salah paham. mungkin gak semua orang seperti iyah yang kadang di kodein beneran pun tetap gak ngerti. 

jadi maaf, tenyata saya pelakunya. iyah pelaku php itu. kedepannya di usahain deh supaya orang gak ngerasa di beri harapan. 

Gomenasai, bye.

Rabu, 01 Oktober 2014

Cerita Anak Kos-Kosan

Hey yo, What's Up!

Sebelum kuliah dulu, Iyah kepengen keluar daerah tempat iyah dilahirkan ini untuk menimba ilmu. Maunya sih kuliah di ITB jurusan seni rupa. atau Biologi UGM. Tapi sudah lulus di Medan, ya doa orang tua pun supaya iyah ga jauh-jauh dari ortu pun terkabul. Yeaay.

kalau kuliah di luar daerah pastinya yang paling penting adalah tempat tinggal. kalau untuk anak kuliah pastinya ngekos dong. Dan karena iyah belum pernah ngekos, jadi iyah kepo banget dong sama temen-temen kuliah yang pada ngekos. pas mampir di kosan teman semua di tanyain. hehe.

Yang paling pertama iyah tanyain itu pada mereka adalah apa rasanya ngekos. jawabannya beragam, kalau yang cewek sih kebanyakan mengeluhkan masalah gak sempat nyuci, harus masak sendiri, dan kalau sakit masih butuh orang tua.
kalau yang cowok kebanyakan mereka kayak ga ada masalahnya -_- katanya setelah ngekos mereka jadi lebih bebas dari orangtua. kalau makan bisa numpang di rumah kawan yang sama orangtua. terus soal baju anak laki-laki agak lebih kompak dari cewek. mereka buat jadwal siapa yang nyuciin dan nyetrika sesuai dengan waktu kosong kuliah masing-masing orang. walaupun salah satu temen cowok ngeluh karena bajunya kebanyakan di kasih kispray sama temennya yang nyetrikain. dan akhirnya wangi kispraynya semerbak ke satu kelas.

Barang-barang di kospun teman pun iyah perhatikan. Selain tempat tidur dan lemari, ada juga magic jar kecil. itu buat yang di kos-kosan standart. di kos-kosan elit yang harganya juga selangit, ada kulkas,AC,TV,rak buku.. wuih, kamar kosnya beneran kayak kamar sendiri ah. hasek bener. yah biayanya juga hasek sih.

cerita soal biaya, biaya kos-kosan pada beragam. yang paling murah sih iyah tau 5 jutaan gitu pertahun. ada yang tau lebih murah? . dan kalau yang paling mahal sampai sekarang iyah tau 14 juta pertahun. kalau yang perbulan iyah belum nemu temen yang kosannya perbulan...
biasanya yang 5 jeti gitu kamar mandi masih di luar dan harus rebutan. tapi kalau yang 14 juta itu udah lengkap komplit asoy dah pokonya. kamarnya juga luas. ah pokoknya kayak kamar di rumah sendiri dah! tapi harganya ya juga ... *ngitung harta*

ada juga sih yang nyewa rumah bareng-bareng. 5-6 orang gitu nyewa satu rumah. ada dapur sendiri, jadi bisa masak dan hemat uang makan. kayaknya itu lebih asik~

Nah, yang iyah perhatiin lagi *kepo banget ya* adalah keadaan di daerah kos-kosannya. kan ada tuh yang buat "TERIMA ANAK KOS KHUSUS PUTRI" . awalnya iyah bingung, 'lah emang ada kosan nyampur cewek cowok?' ada! iyah kaget banget pas tau ada yang nyampur gitu. huidih,walupun ada ibu kosnya tetep aja mesti jaga-jaga iman buat yang ngekos nyampur cewek-cowok...
kalau yang nyewa satu rumah rame-rame gitu juga diwaspadai. karena gak ada yang ngingetin kayak ibu kos, pokokonya yang tinggal di rumah itu bisa bebas suka hati bawa siapa aja masuk. ya balik lagi, kuat-kuat iman lah...

jadi sepertinya sampai disini aja investigasi iyah tentang anak kos. dan lagian hasrat penasaran iyah tentang ngekos selsai sudah. sekarang iyah bersyukur aja masih sama orangtua. kalau kepengen sesuatu bisa langsung bilang,misalnya "Mak...iyah mau bubur jagung..." ._.


oh iya, walupun gak punya pengalaman ngekos, iyah berbagi tips dari temen-temen iyah yang ngekos nih!

7 TIPS BUAT ANAK BARU NGEKOS


1. Perhatikan sifat ibu kos. kalau bisa di baik-baikin harga kosan bisa turun. kalau galak,waspadai!
2. waspadai teman baru. Bukan berarti saling buruk sangka satu sama lain, tapi kan kita gak tau sifat orang dari berbagai daerah. jangan sampai barang kita hilang trus tuduh-tuduhan.
3. atur jadwal sendiri. jangan berharap orang lain mengingatkan kita. Kuliah,tugas,nyuci,makan urusan kita sendiri.
4. Jangan boros kalau baru dapat uang bulanan. supaya gak kejadian awal bulan makan ayam, akhir bulan indomie rasa ayam.
5. kalau merasa lingkungan sekitar kosan kurang aman, misalnya jalanan sepi dan gelap saat pergi dan pulang kuliah, cari saja kosan lain. jangan cari bahaya di daerah orang.
6. Buat jadwal untuk baju. biar gak boros makai baju dalam 1 minggu. 1 baju bisa di pake buat hari senin dan kamis misalnya.
7.(tips dari iyah) kalau sakit atau sedang kekurangan makanan,cerita lah pada teman yang tinggal dengan orangtua. pasti di bantuin.

okedeh. selamat ngekos buat yang ngekos~

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers