Rabu, 01 Oktober 2014

Cerita Anak Kos-Kosan

Hey yo, What's Up!

Sebelum kuliah dulu, Iyah kepengen keluar daerah tempat iyah dilahirkan ini untuk menimba ilmu. Maunya sih kuliah di ITB jurusan seni rupa. atau Biologi UGM. Tapi sudah lulus di Medan, ya doa orang tua pun supaya iyah ga jauh-jauh dari ortu pun terkabul. Yeaay.

kalau kuliah di luar daerah pastinya yang paling penting adalah tempat tinggal. kalau untuk anak kuliah pastinya ngekos dong. Dan karena iyah belum pernah ngekos, jadi iyah kepo banget dong sama temen-temen kuliah yang pada ngekos. pas mampir di kosan teman semua di tanyain. hehe.

Yang paling pertama iyah tanyain itu pada mereka adalah apa rasanya ngekos. jawabannya beragam, kalau yang cewek sih kebanyakan mengeluhkan masalah gak sempat nyuci, harus masak sendiri, dan kalau sakit masih butuh orang tua.
kalau yang cowok kebanyakan mereka kayak ga ada masalahnya -_- katanya setelah ngekos mereka jadi lebih bebas dari orangtua. kalau makan bisa numpang di rumah kawan yang sama orangtua. terus soal baju anak laki-laki agak lebih kompak dari cewek. mereka buat jadwal siapa yang nyuciin dan nyetrika sesuai dengan waktu kosong kuliah masing-masing orang. walaupun salah satu temen cowok ngeluh karena bajunya kebanyakan di kasih kispray sama temennya yang nyetrikain. dan akhirnya wangi kispraynya semerbak ke satu kelas.

Barang-barang di kospun teman pun iyah perhatikan. Selain tempat tidur dan lemari, ada juga magic jar kecil. itu buat yang di kos-kosan standart. di kos-kosan elit yang harganya juga selangit, ada kulkas,AC,TV,rak buku.. wuih, kamar kosnya beneran kayak kamar sendiri ah. hasek bener. yah biayanya juga hasek sih.

cerita soal biaya, biaya kos-kosan pada beragam. yang paling murah sih iyah tau 5 jutaan gitu pertahun. ada yang tau lebih murah? . dan kalau yang paling mahal sampai sekarang iyah tau 14 juta pertahun. kalau yang perbulan iyah belum nemu temen yang kosannya perbulan...
biasanya yang 5 jeti gitu kamar mandi masih di luar dan harus rebutan. tapi kalau yang 14 juta itu udah lengkap komplit asoy dah pokonya. kamarnya juga luas. ah pokoknya kayak kamar di rumah sendiri dah! tapi harganya ya juga ... *ngitung harta*

ada juga sih yang nyewa rumah bareng-bareng. 5-6 orang gitu nyewa satu rumah. ada dapur sendiri, jadi bisa masak dan hemat uang makan. kayaknya itu lebih asik~

Nah, yang iyah perhatiin lagi *kepo banget ya* adalah keadaan di daerah kos-kosannya. kan ada tuh yang buat "TERIMA ANAK KOS KHUSUS PUTRI" . awalnya iyah bingung, 'lah emang ada kosan nyampur cewek cowok?' ada! iyah kaget banget pas tau ada yang nyampur gitu. huidih,walupun ada ibu kosnya tetep aja mesti jaga-jaga iman buat yang ngekos nyampur cewek-cowok...
kalau yang nyewa satu rumah rame-rame gitu juga diwaspadai. karena gak ada yang ngingetin kayak ibu kos, pokokonya yang tinggal di rumah itu bisa bebas suka hati bawa siapa aja masuk. ya balik lagi, kuat-kuat iman lah...

jadi sepertinya sampai disini aja investigasi iyah tentang anak kos. dan lagian hasrat penasaran iyah tentang ngekos selsai sudah. sekarang iyah bersyukur aja masih sama orangtua. kalau kepengen sesuatu bisa langsung bilang,misalnya "Mak...iyah mau bubur jagung..." ._.


oh iya, walupun gak punya pengalaman ngekos, iyah berbagi tips dari temen-temen iyah yang ngekos nih!

7 TIPS BUAT ANAK BARU NGEKOS


1. Perhatikan sifat ibu kos. kalau bisa di baik-baikin harga kosan bisa turun. kalau galak,waspadai!
2. waspadai teman baru. Bukan berarti saling buruk sangka satu sama lain, tapi kan kita gak tau sifat orang dari berbagai daerah. jangan sampai barang kita hilang trus tuduh-tuduhan.
3. atur jadwal sendiri. jangan berharap orang lain mengingatkan kita. Kuliah,tugas,nyuci,makan urusan kita sendiri.
4. Jangan boros kalau baru dapat uang bulanan. supaya gak kejadian awal bulan makan ayam, akhir bulan indomie rasa ayam.
5. kalau merasa lingkungan sekitar kosan kurang aman, misalnya jalanan sepi dan gelap saat pergi dan pulang kuliah, cari saja kosan lain. jangan cari bahaya di daerah orang.
6. Buat jadwal untuk baju. biar gak boros makai baju dalam 1 minggu. 1 baju bisa di pake buat hari senin dan kamis misalnya.
7.(tips dari iyah) kalau sakit atau sedang kekurangan makanan,cerita lah pada teman yang tinggal dengan orangtua. pasti di bantuin.

okedeh. selamat ngekos buat yang ngekos~

0 Responses:

Posting Komentar

You word can change the world! you can left a comment on my post :)

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers