Hai teman-teman! gimana harinya? apakah tadi pagi sudah mendengarkan burung berkicau? atau... sudah menikmati pemandangan hijau didepan rumah sambil menhirup aroma segar embun pagi? Kalau benar, kamu adalah salah satu orang yang beruntung di bumi ini loh. Karena tidak semua tempat di bumi memiliki alam seperti Indonesia kita ini. Sebagai negara dengan keanekaragaman tertinggi setelah brazil di dunia, kita juga memiliki 10% spesies endemik dari keseluruhan spesies yang ada di dunia. Padahal luas dataran kita hanya 1,3% di planet bumi (Walhi, 2019). Melimpah banget kekayaan alam kita ya... gimana enggak #IndonesiaBikinBangga

Ya, kita sangat berperan penuh dalam perlindungan seluruh alam di Indonesia ini. Karena kalau salah satu spesies saja hilang, rantai makanan saja terputus, ekosistem akan terganggu. Contoh saja ini ya, kalau banyak yang berburu ular untuk dimakan, dipelihara atau dijual menjadi aksesoris, makan makanan ular yaitu burung dan tikus akan meningkat pesat. Wah, tau dong ya kalau kedua jenis ini berkembang biak dengan cepat akan merugikan siapa? yap betul, Petani! Contoh lainnya, kalau kita menangkapin burung-burung berkicau, maka jenis biji pohon yang dimakan oleh burung tersebut tidak akan ada yang menyebarkannya. Akan ada spesies pohon yang hilang tanpa kita sadari ketika pemencar bijinya hilang padahal #UntukmuBumiku Huhuhu sedih sekali kan? karena itu kita harus perhatian penuh kepada alam kita karena kita punya :

 5 Keistimewaan Alam Indonesia

1. Rumah bagi 25.000 spesies Flora dan Fauna

Menurut LIPI, hutan indonesia yang luas dan memiliki jenis tumbuhan beraneka ragam ini menjadi rumah bagi sekitar 6.000 spesies tumbuhan, 1.519 jenis burung, 121 spesies kupu-kupu, 700 jenis mamalia dimana 200 di antaranya kelompok rodentia (binatang pengerat) dan 210 jenis kelelawar.  Kita juga punya amfibi sebanyak 409 jenis dan 755 jenis reptil dan kalau ditotal jenis flora fauna kita mencapai 25.000 spesies. Gemeter gak tuh kita sebagai pemilik tanah air ini punya tanggung jawab untuk menjaga kelangsungan hidup mereka?

2. Potensi Wisata Alam yang Besar

Sobat, seluruh kekayaan alam Indonesia memiliki Potensi wisata yang mendunia, seperti arena surfing di Pantai Nias, keindahan bawah laut bunaken, spesies endemik purba komodo dipulau Komodo, puncak gunung dengan kawah-kawah yang mempesona seperti Kawah Ijen, Danau yang melegenda, danau toba dan banyak lagi wisata alam lainnya dan ini ada di setiap tempat di Indonesia!


3. Hutan Mangrove Terbesar di Dunia

Kata pak Presiden yang dilansir dari Kompas.com, Indonesia memiliki hutan mangrove terluas di dunia, yakni sebesar 3,36 juta hektare. Kurang lebih 20 persen dari total hutan mangrove yang ada di dunia. Dimana Magrove berperan penting dalam menjaga garis pantai agar tidak terjadi Abrasi. kalau bibir pantai terus berkurang, maka lahan daratan kita juga berkurang.


4. Punya lebih dari 800 Hewan Endemik

Menurut perkiraan dari Rimbakita.com , Indonesia memiliki 165 jenis mamalia endemik, 397 jenis burung endemik, lebih dari 150 reptil endemik, serta lebih dari 100 ampibi endemik. Selain hewan atau binatang, Indonesia juga memiliki beragam tumbuhan atau flora endemik yang tersebar diseluruh wilayah.

5. Paru-Paru Dunia

Sudah tau ya bahwa kita dinobatkan sebagai salah satu paru-paru dunia setelah Brasil dan Kongo? Karena tidak disemua tempat yang memiliki jenis hutan hutan (rainforest). Jadi selain pemengan rekor hutan Mangrove terbesar, kita juga menjadi wilayah Heritage sebagai situs warisan dunia yang hutannya harus dijaga dengan baik!


Berbicara tentang Hutan, menurut pembicara dalam konferensi hutan Indonesia, negara kita ini 60% lahannya masuk memiliki tutupan pohon. Maksudnya, kalau didrone dari atas pasti masih hijau-hijau banget kan. lebih dari setengahnya loh dibilang masih tertutup pohon! Sayangnya, itu hanya dari pantuan langit. Padahal didalam #HutanKitaSultan ini sedang terancam nih sobat. Selain 5 keistimewaan tadi, hutan kita juga memiliki 3 ancaman besar :(

1. Illegal Logging
Ini udah enggak diragukan lagi kalau kayu-kayu dari Indonesia sangat berkelas dikancah dunia. salah satunya seperti jenis Meranti yang paling bagus hanya bisa tercipta secara alami di Hutan. Sebenarnya kita boleh sih menebang pohon untuk produksi. tapi itu di Hutan yang sudah diberi izin oleh pemerintah sehingga tidak mengganggu keseimbangan alam... 

2. Kebakaran hutan
Masih ingat sewaktu langit sumatra menggelap sampai sebulan lebih karena tertutup asap? sampai-sampai kabut asap ini menjadi trending topik di Asia tenggara karena asapnya sampai ke beberapa negara tetangga. Iya.. ini dari Hutan kita yang terbakar karena sekitar 20% hutan kita berjenis lahan Gambut.. Kalau perairan disekitar lahan gambut rusak, maka jenis hutan ini akan mudah sekali terbakar :(

3. Pengalihan Lahan
Betul lahan kita boleh digunakan sebagai pertanian atau perkebunan, tapi diwilayah yang diizinkan oleh pemerintah. sama seperti kasus Illegal Logging, banyak yang membuka hutan tanpa izin untuk dijadikan lahan perkebunan. Sama-sama pohon sih yang nantinya ditanam... tpai kan hanya satu dua jenis saja. Isitlahnya lahan monokultur. Kalau membuka hutan tanpa ada pendampingan profesional, bisa jadi ada spesies endemik yang hilang di daerah itu. 

Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga hutan?


Tentu banyak hal yang bisa kita lakukan seperti tidak membeli atau mencari jenis-jenis satwa liar maupun tumbuhan liar di hutan. Karena itu berpotensi aan ada orang-orang nakal yang masuk kedalam hutan untuk memburu jenis-jenis tersebut.

Lalu teman-teman juga bisa mengadopsi pohon untuk hutan kita ketika ada perayaan spesial seperti kelahiran bayi, pernikahan atau sekadar hadiah ulang tahun loh! untuk adopsi pohon hutan bisa teman-teman cari di lembaga-lembaga terkait yang mengurusi perlindungan hutan Indonesia.

Paling sederhana banget nih, teman-teman bisa mendengarkan lagu Dengar Alam Bernyanyi  di Spotify atau Apple Music.

Lagu #DengarAlamBenyanyi besutan LALEILMANINO bersama Chicco Jerikho, Hivi! dan Sheila Dara ini akan menyalurkan sebagian keuntungan royalti untuk konservasi dan restorasi hutan Indonesia yang dapat dilihat update nya di  #TeamUpforImpact . Agar kedepannya, hutan kita semakin baik, kita bisa berdampingan dengan alam dan jauh dari bencana yang membahayakan!