Drama Saat Menstruasi (+ Tips Saat Datang Bulan)

by - Jumat, Juni 21, 2019

Ahola~ Siapa yang sering berdarah-darah setiap bulan ayo angkat tangan! Oke, yang enggak silahkan tinggalkan postingan ini. hehehe becanda ding, cowok juga harus tau (mungkin) isi postingan ini. Mana tau mau mengalami juga (ih amit amit amit amit)
Aku termasuk yang bersyukur karena mengalami siklus bulanan pada perempuan ini tidak ada kendala berarti seperti tidak lancar atau tidak teratur. Ya kalau bulan lalu aku dapetnya tanggal 20-an kemungkinan besar 28 hari kemudian aku bakal dapet antara tangal 17-19 gitu. Tapi nih ya tapi, kalau udah menjelang halangan ini, bakal ada mood yang benar-benar gak bisa di kontrol. Kalau marah jadi marah banget, sedihnya sedih banget, dan senang juga senang banget. Over gitu. Udah lama sadar tapi gitu deket hari H tetep aja lupa. Jadi bablas. Tapi kali ini aku agak ingat untuk kontrol mood dan emosi karena nyantet tanggal buat puasa ganti dan puasa 6 bulan syawal. Yoi gils, puasa sunnah itu sebaiknya di lakukan kalau puasa wajibnya udah di ganti semua. begitchu.

Nah, tadi kisah pra mesntruasi. kalau saat menstruasinya versi aku tuh ya... 
1. Datangnya tiba-tiba
siapa yang pernah pas due date nya halangan, lagi ketawa-ketawi tetiba ngerasa ada yang "curr" atau "cluck!" dan ketawa lo langsung berhenti dimbangi dengan ekspresi yang seolah menggambarkan "eh bentar nih kayaknya ada yang aneh". Atau, mens juga bisa datang di tengah malam dan saat paginya ke kamar mandi... yah, merah. udah gitu. Ada yang punya kisah unik saat datangnya si merah ini?

2. Gak selera makan
ini yang paling parah. Gak seleranya bener-bener gak selera nasi dan makanan padat lainnya. Bahkan sekelas Indomie selera seluruh bangsa juga nolak. Tapi kalau jenis sop atau makanan berkuah masih bisa masuk dikit. Padahal, kalau sedang menstruasi, itukan tubuh kita para cewek lagi terluka dan membutuhkan banyak asupan gizi untuk pertahanan tubuh. So, kalau dari aku ngakalinnya banyak minum susu dan makan buah berkalori tinggi kayak alpukat, kurma, kacang-kacangan dll.

3. Badan nyeri-nyeri
Nyeri badan biasnaya paling parah hari pertama dan kedua. bagi cewek manapun ya serasa nerakanya itu di awal-awal. Saat deres-deresnya, nyeri-nyerinya. Nah nyerinya itu selain bagian perut bawah yang serasa ditusuk, ditonjok, diremes kuat (btw beda-beda sih pengambaran sakitnya) bagian badan yang lain juga sakit kayak masuk angin tapi gaada anginnya. otot badan itu jadi kayak sensitif kalau di pegang atau kesenggol agak kuat sedikit langsung 'auch' perih gitu. 
Dulu aku cara ngilangin nyeri ini sempat tiap datang bulan minum feminax atau kiranti, lalu temen farmasi ngomel. katanya nanti aku bisa mati rasa. karena obatnya buat ngilangin rasa kram perut gitu. (ya emang tuuannya itu ye kan wkwk).
Aku ganti dengan jamu kunyit. Awalnya beli di tukang jamu pinggir jalan, trus waktu ada mbak di rumah yang tau aku tiap halangan nyeri, dia buatin deh rebusan kunyit yang udah di parut di campur gula merah. abis itu aku diajarin bikinnya. Setelah beberapa lama, ibuku dapat pesan whatsapp yang katanya rebusan kunyit gak bagus buat rahim. bisa nempel lama getah kunyitnya di dinding rahim gitu. aku sih bingung ya, jalan masuknya dari mana.. (mencoba menganalisa dengan membayangkan matkul fisiologi). Dan akhirnya aku berhenti konsumsi kunyit buat diminun, buat masker sama lulur aja udah. Apa kata ibu harus di patuhi, nanti kualat.
Last, aku konsumsi rebusan daun bidara yang di bawa ibu produk dari HPAI. Oke, walaupun khasiatnya tidak sedashyat kunyit dan seinstan feminax, tapi mungkin sugesti dari ibu ini ya lumayan yah dengan tambahan khasiat lainnya. Karena nyerinya tidak hilang banyak, sisanya aku kompres perut pakai handuk yang di kukus bentar. enak men. 

4. Panas Salah Dingin Salah
Aku itu sebenarnya orangnya gampang molor diaman aja dan dalam situasi kondisi apa aja. mau panas, dingin, hujan badai, ampe gempa ya molor kalau gak di geret ayah dulu keluar waktu kejadian gempa besar 2004. Tapi lain cerita kalau udah halangan... ya ampun mau tidur itu serba salah, idupin kipas kedinginan, pake selimut gerah, tidur di lantai dingin, tidur di tempat tidur gerah, setengah ketutup selimut setengah enggak, enggak nyaman juga, sebel. akhirnya aku atasi dengan pengunaan eye mask, penutup mata yang banyak di jual-jual itu. Sambil komat kamit amalan sebelum tidur, udah bantai aja nyaman gak nyaman paksa tidur dan... yah tidur ketika udah dekat subuh wkwk.

5. Maunya ngerjain ini itu padahal harus istirahat
kenapa aku bilang harusnya orang menstruasi itu banyak istirahat? karena di situ masa peluruhan dinding rahim loh. itu dinding rahim lagi terluka guys, jadi fokus tubuh seharunya menyembuhkan dan menjaga kondisi rahim kita. Tapi entah kenapa otakku justru kerja sebaliknya, selain alasan di nomer 4, otakku juga bekerja lebih aktif untuk melakukan sesuatu. bahkan saat aku lagi nulis ini, aku udah kepikiran hal lain yang mau aku tulis di blog. Mungkin pelampiasan atau pengganti karena seharusnya ada kewajiban sholat ya kan, tapi aku gak sholat jadi waktunya kerasa hampa dan harus kuiis dengan hal bermanfaat. Dan bukan cuma buat mikir, aku bisa tiba-tiba kepengen nyuci seprai, nyetrika semua baju, ngepel sampe ke sudut kolong sampe mandiin semua kucing sekaligus. padahal efek tambahannya itu karena capek badan aku bisa gatel-gatel gitu ototnya kali ya dan ada yang bilang gak boleh garus-garuk badan selama masa mestruasi. jadi ya gitu. serba salah.
Oke, selesai tulisan kali ini. Semoga ada informasi yang bisa membantu kalau kondisi kalian sama kayak aku ya girls~ 

You May Also Like

0 komentar

You word can change the world! you can left a comment on my post :)