Selasa, 30 September 2014

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Tentang Jilbab ke Iyah

Seiring perkembangan waktu dan pergaulan, semakin banyak yang bertanya kepada iyah tentang busana yang iyah kenakan telihat tidak sesuai dengan fashion yang ada. dan mungkin di pikiran beberapa orang terkesan primitif. jadi iseng-iseng Iyah kumpulin deh pertayaan yang paling sering di tanyakan orang ke Iyah.
Oke deh, ini dia~

1. Kalau pakai Jilbab gak panas?
Enggak, malah karena pakai jilbab kepala dan kulit iyah ga terkena langsung sinar matahari. jadi lebih adem deh. Oh iya, dibanding ngerasain panas atau gerah di dunia buat yang baru berjilbab, coba bandingin panasnya sama panas neraka. hehe.

2. Gak Risih pakai Jilbab lebar gitu?
Enggak, karena pakai jilbab  rambut iyah gak sulit di atur. gak harus selalu sisiran dimana-mana karena rambutnya di terpa angin. kalau ada yang risih atau ribet pakai jilbab segita ya pakai jilbab langsung pakai aja. kan banyak tuh di Rabbani atau Zoya (yah malah promosi)

3. Di rumah juga pakai jilbab? tidur pun pakai jilbab?
Di rumah sendiri sih enggak pakai jilbab. ya sama kayak orang kebanyakan la pakai baju rumah,celana panjang ma kaos. kalau ada tamu baru deh sambar jilbab sama jaket. 
tapi kalau di rumah saudara ya pas tidur pun jilbabnya di pake.

4. Enggak malu kalau di lihatin orang pakai Jilbab lebar gitu?
Dimana malunya? kalau jilbabnya kusut atau kotor baru malu. Iyah paling sebel kalau jilbab iyah udah kusut atau kotor. atau pake yang koyak baru malu. kalau ketutup,bersih dan wangi ngapain malu? yang malu tuh kalo ga pake apa-apa.

5. Kok semuanya di tutup? yang lain jilbabnya tipis,tangannya gak pake manset trus gak pake kaus kaki,gak pake rok, kau kok beda ?
Pakai Jilbab itu kan hukumnya wajib bagi perempuan, ya di ikutin peraturannya secara Kaffah(keseluruhan) dong. Peraturan memakai jilbab yang benar ada di surat An-Nur dan Al-Azhab.
jadi menutup aurat bagi perempuan itu seluruh tubuh keculai wajah dan telapak tangan. tidak boleh membentuk tubuh dan membayang karena tujuan awalnya agar bentuk tubuh tidak terlihat dan menimbulkan fitnah.. gitu. tapi ya bukan berarti cara berpakaian iyah yang paling bener ya. iyahkan hanya berusaha mengikuti Islam secara Kaffah. *halah*

6. Lulusan Pesantren ya?
Enggak. Iyah dari SMIT Siti Hajar trus SMAN 21. gak pernah mengenyam pendidikan pesantren sebelumnya. kalo ada aroma-aroma pesantren mungkin ketularan dari kakaknya iyah yang SMP dan SMA nya di pesantren Ar-Raudathul Hasanah. hehe.

7. Eh,ga papa nih berteman dengan kami? (ditanyakan oleh teman kuliah yang non-muslim)
Ya ga papa lah. selama masih manusia dan waras ya berteman,ngobrol,hang-out boleh-boleh aja. yang ga boleh barengan kalau ibadah. "Bagimu agamamu,Bagiku agama ku (QS.Al-Kafirun)". diluar urusan agama oke-oke aja kita saling bertukar pikiran. hohoho.

8. Ciye,Mualimah..hafal Qur'an dong?
Iyah belum pernah jadi guru agama, jadi bukan mualimah. pernahnya cuma jadi guru seni di TK ma SD. hehe. Amiiin bisa segera hafal Al-Qur'an...

9. Kau ga ikut aliran-aliran sesat gitu kan?
Aliran sesat gimana...? -________________- hadeeeh. *tepok jidat* Iyah ga dak ikut aliran apalah itu ataupun ikut partai-partai *lah?*. cukup agama Iyah Islam, Al-Qur'an dan Hadist pedomannya. Nabi Muhammad SAW contohnya. selesai.

10. Kepala kau pasti botakkan makanya di tutupin jilbab? kalo gak botak tunjukkin la, sedetikpun jadi!
Ini pertanyaan terhuwala yang iyah dapat. Rambut iyah adalah. Hitam kek kebanyakan orang indonesia. sehat gak kutuan dan gak ketombean. ga boleh di tunjukkin, karena ini spesial untuk mempesona seseorang yang sudah di takdirkan buat Iyah. wkwkwkwkwk.
Lagian kalau sehelai rambut di lihat sama bukan muhrim itu dosanya 70k tahun di neraka lo. keren kan?

Oke, jadi sekian pertanyaan-pertanyaan yang selama ini menggelitik di hati teman-teman iyah semua. ciaooo!


Something Wrong With My Style?

Halo para pembaca yang di rahmati Allah...
ecie.tumben ngebuka tulisannya kayak begini.

Sejak Iyah jadi Mahasiswa, yang paling berbeda dari bangku sekolah adalah seragam. Yaiyalah, kalau kuliah bajunya sudah bebas walupun tetap ada peraturannya. Biasanya masing-masing jurusan di kampus beda-beda peraturannya, tapi yang pasti gak boleh pake kaos oblong dan sendal. Bohong banget di FTV-FTV yang mahasiswa/i nya seenak jidat pake tanktop,hotpants, dan high heels ke kampus. ya keles, Jurusan apa sih yang ngasih mahasiswa/i nya berpakaian seperti itu. Karena biasanya di peraturan ada di tambahkan 'menggunakan pakaian yang sopan dan menunjukkan citra akademisi' gitu.

Di jurusan Iyah peraturannya agak ketat. belum lagi karena Iyah 3 kali seminggu wajib masuk laboratorium. jado pakaian harus benar-benar di jaga. Sepatu wajib sepatu Kets.Bajunya warus kemeja atau enggak kaos berkerah dan kancingnya minimal 3. Yang cewek harus pakai rok, yang cowok celananya ga boleh jins. bahkan di laboratorium fisika, rok ceweknya harus sampai mata kaki. kaus kaki juga harus panjang. Di Lab kimia lebih keras,jangankan pakai aksesoris, jam tangan aja gak boleh di pake.

Iyah ga ada masalah dengan peraturan itu. karena pakaian sehari-hari iyah sebelum jadi mahasiswi pun sudah pakai kemeja dan rok panjang. #iyahanakteladan.

Tapi yang jadi masalah sih, jilbab yang iyah kenakan.

Kenapa jilbabnya Iyah?kenapa?? ga boleh pake yaaah?


Pakai jilbab ga ada larangannya. Ga ada masalah mau pakai jilbab bentuk apapun. Mau jilbab yang nyekek leher sampai jilbab syar'i yang selebar mukenah pun ga masalah. Yang gak boleh itu kalau pakai jilbab tapi rambutnya keluar-keluar di belakang itu gak boleh. biasanya bakal di marahin sama senior. karena kata senior mending ga usah pake jilbab kalo yang mau di tutupin malah keluar-keluar. yang ngomong gitu senior yang non-muslim lo. Iyah salut.

Iyah pakai jilbab kayanya masih wajar-wajar aja. Gak kontoversial banget lah. Jilbab nutup dada,di lapis suapa gak tembus pandan.dan gak di model macem-macem. gak lilit kanan,lilit kiri. tapi entah kenapa awal-awal iyah masuk itu beberapa teman satu stambuk agak gimana gitu ke iyah. bisa jadi ini karena perasaan iyah sih. Tapi kalau iyah mau ngomong gitu, suka ada yang nyeletuk "diam, diam kelen, Ustadzah mau ceramah!" kan iyah jadi gimana gitu. padaha mereka belum kenal betul siapa iyah.
gosip jilbab kartun seksi salah style
Sulitkah menerima perbedaan?

Kalau ada beberapa teman lagi ngumpul gitu iyah datang mereka langsung bilang " hush, jangan ngegossip lagi, nanti Ustadzah marah." padahal Iyah belum ada ngomong apa-apa. sakitnya tuuuuh.. disiniiiiih..

Satu stambuk menilai Iyah dari penampilan. kebetulan memang cuma Iyah di stambuk biologi yang berpenampilan gini. ada juga sih yang pakai rok terus, tapi jilbabnya jarang di double. jadi yang paling mencolok itu Iyah. ketika ada sosialisasi mentoring, dan beberapa kegiatan kegamaan lainnya dari bebrbagai organisasi, yang lain pada langsung nyeletuk," Mahdiyyah ga ikutan tuh, kan jilbabnya udah sama kayak kakak-kakak itu." Mereka pada bilang gitu.

Ketika di OSPEK sama senior juga gitu, 'eh yang itu gak usah aja', pasti ada senior yang ngomong gitu kalau iyah mau di kerjain sam asalah satu senior. feel weird  tau gak sih. bisa gak sih iyah ga di beda-bedain gitu. ya samain aja perlakuannya denga teman-teman yang lain..

Iyah jadi mikir, 'apa ini karena pakaianku?'

Pakaian yang iyah kenakan sehari-hari semata-mata bukan karena mengikuti mode,tren,fashion maupun karena ikut-ikutan. Tapi jelas kalau kita tau sesuatu yang wajib ya harus di jalankan sesuai perintah bukan?

Sudah banyak yang mengingatkan Iyah kalau di perguruan tinggi akan berkumpul orang-orang yang wawasannya berbeda-beda. Jadi iyah gak tau apa presepsi orang di luar sana melihat orang-orang yang memilih meneladani perintah Allah secara kaffah.

Sekarang lambat laun semua sudah bisa akrab dengan iyah. berteman dengan iyah yang sesungguhnya, bukan iyah di dalam presepsi mereka. ya walupun begitu iyah berharap karena sudah bisa akrab dengan yang lain iyah gak kebablasan dan terikut arus negatif sih.

teman-teman yang lain juga ada yang ngakak karena tau iyah di panggil 'Mamad', klo kata Indah dan Santi,"Astaga, gak cocok kali lo kau di panggil Mamad..!" mereka ketawa kekeh sambil makan. dan mereka keselek. haha.

Sampai disini deh cerita Iyah. moga aja iyah tetap bisa Istiqomah di jalan-Nya. Inshaa Allah.. Amiin..

Minggu, 28 September 2014

SOCIAL MEDIA, PENGALIHAN DIRI YANG KESEPIAN?

Akhir-akhir ini BBM iyah semakin ribut oleh broadcast-broaddcast kayak begini;
"chat, PING!!!"
"chat please :)"
"Met pagiiiih, chatting yuuk"

Penat liat BBM, melipir ke Facebook, gitu buka beranda

"sendirian di rumah nich :("

"siapa aja ajakin keluar dong,lagi bosen"

Sebenarnya, semakin banyaknya aplikasi socialmedia seperti facebook,twitter,myspace,skype, de el el seharusnya membuat kita lebih mudah bersilaturahmi dengan yang jauh. sedangkan internet messanger seperti BBM,Line,Wechat,whatsapp,beetalk,kakaotalk, dan teman-temannya membuat kita lebih hemat biaya pulsa dibandingnya menggunakan sms. tapi tergantung juga sih, kalo sehari cuma make 2-3 kali sms mending ga usah pake aplikasi-aplikasi itu.

untuk orang-orang yang setiap hari harus saling berhubungan dengan banyak orang, internet memang sangat membantu dari segi efisiensi waktu sampai iritnya biaya perbulan. bahkan sekarang klo lagi kongkow di cafe bisa nelpon gratisan pake aplikasi chatting via Wifi.

Rabu, 17 September 2014

PLN, kembalikan saja saya ke jaman batu!

"Mak,Ayamnya mau di presto kan?"
"Iya,set nya kurangin aja lima menit yabiar jangan lembut kali."
"Iya Mak."

*colokin presto*
JLEB! mati lampu. Iyah dan mamak saling menatap nanar ayam di presto.

******
Iyah gak tau apakah di kota-kota lain selain kota medan juga sedang mengalami rutinitas mati lampu. seakan-akan pelanggan Listrik ini bayar listriknya setengah-setengah makanya dapat listriknya pun kayak bagi hasil gini.

Iyah masih ingat ketika tahun lalu ada wacana di koran bahwa PLN Sumatera Utara akan menyewa genset untuk menambah daya listrik agar mencukupi untuk bulan november 2013. saat itu statusnya masih menyewa. lalu ketika kampanye pemilihan calon legislatif kemarin lalu nyaris 2 bulan full gak pernah ada lagi mati lampu di Medan. keren kan efek kampanye?

kalau kata tentor bahasa inggris Iyah saat dulu les semua masalah listrik ini hanya omong kosong. saat mau di pilih kembali maka orang-orang di bangku pemerintahan itu akan berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat. namun nantinya saat mereka sudah duduk di bangku yang di inginkan maka kenyamanan untuk rakyat itu pun dilupakan. ah. manusia..

lain lagi komentar dari tentor fisika. beliau mengomel karena bila alat-alat listrik mati tiba-tiba dan bolak-balik hidup mati maka alat tersebut bila bisa bertahan 10 setelah asik hidup mati tiba-tiba gitu maka daya tahannya ga sampe 5 tahun. lampu,kulkas,ac,tv dan alat-alat yang senantiasa membutuhkan listrik akan rusak dengan cepat. menyedihkan.

3 bulan lebih lagi sudah akan masuk tahun 2015. entahlah kapan berakhirnya predikat Medan mati lampu ini.

Setiap mati lampu Iyah bakal menunggu 1 jam, lalu menelpon 123.lalu mencet tombol nomer 2. setiap di telpon katanya seluruh customer sedang melayani pelanggan lain. kalau kita menunggu sekitar 2 menit baru deh bisa tersambung. kalau ga sabar nunggu 2 menit, kita tutup telponnya lalu telpon 123 lagi, ya gitu aja siklusnya, ga bakal bisa nyambung dan ngomong ke customer service PLN nya.

Pe el en satu dua tiga, selamat malam.

malam.

dengan ibu siapa,dimana?

Minggu, 14 September 2014

Belajar Membuat Postingan Terjadwal

Hai.

Maaf ya kalau pembukaannya gak asik gini. Maklumin dong si anak MABA yang baru siap PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) di MIPA USU. singkatan peembe itu menurut iyah sih cuma modus. tohsebenarnya sama aja kayak ospek di ploncoin. heu.

udah 2 minggu kurang lebih Iyah gak posting apapun di blog ini. di karenakan aktivitas yang padat. kalo ada singkatan yang cukup umum di masyarakat soal P4 (pergi pagi pulang petang) nah sama iyah itu gak berlaku. karena  jadinya PPBPLM (Pergi Pagi Buta,Pulang Larut Malam). ini seriusan. di karenakan itulah Iyah membutuhkan agar membuat Postingan terjadwal.

Emang Postingan terjadwal itu apa Iyah?

Postingan terjadwal itu dimana kita menulis di hari ini lalu postingan itu akan muncul sesuai waktu yang kita tentukan. misalnya kita menulis suatu tema di tanggal 28 oktober misalnya. tapi di tanggal 28 Oktober itu kita ga sempat online. nah ya udah dengan postingan terjadwal kita bisa ngetik sebelum tanggal 28 tapi tulisan itu terbit/terpublish nya tanggal 28 oktober.

Caranya gimana Iyah?

CARA MEMBUAT POSTINGAN TERJADWAL

Selasa, 02 September 2014

OBSESI SNMPTN (based on true story)

Halo masyarakat indonesia yang haus akan pendidikan... #CIYE

kali ini Iyah mau cerita tentang kisah nyata seorang teman yang di tulisnya di notes facebook nya. karena kisahnya menurut iyah sangat mengharukan dan mungkin ada juga yang mengalami sedikit 'masalah' saat SNMPTN, ini adalah kisah yang inspiratif untuk dibaca. iyah juga sudah idzin dengan penulisnya :D silahkan di simak teman-teman :)

Story By : Annisa Hasibuan

"  Lama gak nulis dan ntah kenapa pengen nulis lagi, rasa-rasanya aku sudah cukup kuat untuk menceritakan pengalaman yang menyakitkan dan berbuah manis ini. haha.. Ya gaes.. Bagi adik kelas yg sekarang duduk dikelas 3 SMA , pasti pada sibuk seriusan untuk belajarnya, apalagi untuk semester 5 ini . mati-matian ngusaha'i nilai tinggi.
Seperti itulah aku dulu, Obsesi banget buat ngedapeti jalur undangan. hmm sekarang disebutnya SNMPTN.
Jujur saja, pada saat kelas 1 SMA, niat untuk belajar itu ilang timbul - iilang timbul cenderungnya sih ngiilang mulu.. Salah satu faktornya juga si Mungil yang tingginya minim ini posisi duduknya itu hampir bangku belakang. ditambah lagi teman-temannya ngajak menggosip mele, yaudah deh pecah benar belajar itu jarang apalagi pelajaran MIPA, apapun gak ngeh aku. ALhasil nilai pun cukup-cukup makan, Mau gak mau harus puas dengan peringkat 6 dikelas.
       Akhir semester tiba dan Aku memilih Jurusan IPS dikelas 2 SMA. Awal masuk IPS itu? Beratt broh.. setiap teman yg lewat selalu bilang gini

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers