SEO, seo adalah , cewek berjilbab, kartun jilbab


 
"Iyah, aku mau ikut lomba blog, tapi... "
Tapi apa?
"Tapi lombanya SEO.."
terus kenapa? ikut aja lagi, buat tulisan mu menarik supaya banyak yang baca trus trafiknya..bla..bla.bla.."
"Aku belum tau SEO, Iyah. Emang SEO apaan?"
-______________-
 


Guys, jadi SEO itu singkatan dari  Search Engine Optimization , yang artinya mesing pencari.

'SEO ini adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.-Wikipedia-'

Nah jadi secara sederhananya cara kerja SEO ini ketika kamu ketikkan keyword, maka SEO akan bekerja untuk mencari kata kunci yang benar-benar tepat dengan apa yang kita maksud. contohnya gini nih. kalo Iyah mnegetikkan kata 'Kerudung Dusta", maka yang keluar di paling atas adalah salah satu postingan yang pernah iyah buat di blog ini.


ini juga berlaku dalam pencarian gambar.


Nah,jadi sebenarnya SEO memudahkan kita buat mencari halaman yang benar-benar relevan. tidak terpengaruh kapan halaman itu dibuat. coba aja kalo pas kita nyari di google terus keluarnya sesuai tanggal terbaru yang menulis tentang keyword itu. waduh, kasian dong yang tulisannya berkualitas tapi dia nulidnya jaman baholak duluuu...

Terus gimana Iyah soal lomba yang penilaiannya lewat SEO?

Jadi gini, biasanya penyelenggara acara sudah membuat syarat dan ketentuan tuh. di dalam ketentuannya di tulis kalau pemenangnya yang dapat page teratas dari keyword 'kucing' misalnya. biasanya nih yang jadi urutan teratas tuh  yang blognya sudah popular. karena otomatis tanpa dia promosiin dan maksa temen-temennya buat buka blog dia, dia sudah punya pelanggan yang setia baca tulisannya.

selain pengaruh sering di buka banyak orang, menyebar link juga perlu. Iyah sih masih bingung soal ini. pokoknya kalo kita naroh link yang mengarah ke tulisan blog kita dimana-mana dan banyak, biasanya ratingnya bakal naik. gitu. eh,tapi mungkin karena banyak di sebar terus banyak orang yang buka kali ya? (yah malah nanya balik --,)

jadi kalau mau ikut lomba model SEO gitu ya usahain trafik blog kita udah ratusan atau bahkan ribuan yang buka setiap hari. gitu.

katanya ada orang yang main curang dengan SEO ya Iyah?

kalau curang ya pasti ada lah. cuma Tuhan dan kitab-Nya yang gak bisa kita curangi  #eaaa . kalau cuma system yang masih di buat manusia ya bias di curangin manusia juga kale.. ada penyedia jasa SEO. gak tau sih gimana caranya mereka bisa buat suatu page kayak pernah di buka ribuan orang dalam waktu singkat. widdiw.

Dulu pas iyah SMP, Iyah belum terlalu ngerti SEO beginian (sekarang juga masih belum paham sepenuhnya sih). jadi ada lomba blog ketika JAMBORE IT . blognya harus baru. lombanya di hari pertama kemping. maka setelah selesai semua langsung SMS semua temen yang di kenal buat buka postingan blog tentang JAMBORE IT yang di buat temen Iyah. di hari ketiga, guru IT iyah ngecek, yang buka blog temen Iyah yang ikut lomba itu ada 70-an. tiba pengumuman kami juara 2. guru IT iyah ngecek blog yang juara 1 (yang kebetulan tuan rumah) ternyata yang buka blog mereka ribuan... wedew. ga tau deh kenapa bisa gitu.

kalau ada orang yang melakukan kecurangan SEO dalam skala besar, misalnya perusahaan-perusahaan yang mau produknya laku. dengan keyword yang gak nyambung pun halaman tentang produk mereka bisa nongol di page teratas. kalau ketahuan sama pihak Google.. halaman mereka langsung di contreng alias di blacklist sama mesin pencari bersangkutan. halaman perusahaan mereka tetap ada, tapi gak bisa di cari lagi lewat mesin pencari. harus langsung di buka linknya .-.

jadi sekian deh yang bisa iyah kasi tau soal SEO. kalau ada yang salah pemahaman iyah soal SEO ini ya maap...