Hai. iyah mau cer..... eh bentar,ada panggilan efek tadi malam ini.
*skip*


Emang tadi malam ada apa iyah?

Ada kucing. 
Ah enggak becanda, yang bener ada konser Nasyid, atau lebih tepatnya Konser Fatin Shidqia Lubis jebolan X-factor.

Awalnya Iyah seneng banget gitu liat brosur ada Edcoustic sekitar 1 bulan lalu. iyah ngarepin mereka nyanyiin lagu "Aku ingin mencintai-MU" hahahaha. meleleh dah iyah dengernya.

Akhirnya setelah di timbang-timbang dan di timang-timang, iyah di beliin tiket sama kakak iyah, *garis bawahi dibeliin* tak lupa pula membujuk izin dari orangtua


"ini konser nasyid Ma"
"Ampe malem?engga laa... mulainya jam 4-an kok.."
"Pulangnya sebelum maghrib deh"
"enggak,konsernya duduk,mana ada berdiri desak-desakan"
"ga ada yang macem-macem deh, orang konser Nasyid juga"

Dan segudang bujukan lagi. Akhirnya di kasih.

Mungkin emang udah feeling orangtua kali yak, sebelumnya iyah klo nonton biasanya gak menjurus ke konser,tapi lebih tepatnya pertunjukan/penampilan. dimana gak desak-desakan. Ga ada yang jerit dan lompat. pokoknya itu klop sama keadaan iyah *oke soal ini iyah ceritain terakhir*

Hari H, Iyah sama Sepupu Iyah berangkat ke sana setelah belanja tanpa pulang dulu ke rumah. Karena di bilang acaranya jam 4. gak ganti baju,gak bawa persiapan apa-apa. daaaan... ketika sampai sana kita berdua panik! karena semua pintu *iyah kira* udah di tutup. di kirain acara udah di mulai. kakak iyah katanya udah di dalem. waduh,tiket di tangan kaka iyah lagi. 
And then,
ternyata acara belum mulai.padahal iyah nyampenya itu udah jam setengah 5.sampiiit. 
okelah, mungkin cuma setengah jam telatnya... okey...
1,
2,
Maghrib. 
GOD! tau gini akika bisa ganti baju dulu cyiiiiin~~

oke, Iyah gak bakal cerita jalannya konser tapi...

5 ALASAN IYAH GAK MAU NONTON KONSER



foya~ ini pas fatin baru muncul. fatinistic langsung berhamburan ke depan.
akhirnya iyah ikutan juga -_-''

1. CLAUSTROPHOBIA

sesak woi,sesak....

Claustrophobia itu phobia pada tempat sempit, seperti lift,toilet dan tempat lain yang space nya itu dikit. Penderita ini biasanya bakal gugup,berkeringat,mual, dan sesak nafas. dan efeknya bakal berkelanjutan setelah usai dari tempat sempit itu.
Nah,sebenarnya tempat konser itu kan luas. Namun karena desak-desakan dan biasanya karena sambil nonton orang  bakal stuck alias gak gerak dari tempat itu. beda dengan orang belanja di pasar yang padat,tapi tubuhnya tetap mengalami pergerakan yang signifikan. oh iya,ini beda dengan agrophobia. klo agrophobia takut keramaian..

Iyah penderita phobia ini dari kecil. gak sadar sih punya phobia ini. taunya karena di bilang ortu aja. habisnya, yang satu ini bukan ketakutan terhadap satu hal, tapi memang ketidakmampuan tubuh masing-masing orang. 
udah lama sekali iyah gak ke tempat yang sesak orang. lebih tepatnya iyah dihindari ke tempat-tempat yang bakalan sesak/sempit.
awalnya iyah pikir yaudahlah, mungkin udah ga phobia lagi. Memang cuma mual sama sesak dikit doang.

dan,efeknya baru terasa setelah iyah pulang. Muntah. hahaha. jorok ah.

2. GAK INGAT TUHAN


Nah, ini yang paling parah. Ketika kamu nge-Fans sama seseorang, tujuan utama kamu ke tempat itu ya untuk ngeliat Artis atau apalah namanya. sehingga tujuan kamu itu kamu gak boleh ketinggalan momen-momen dia tiba-tiba muncul *kayak hantu ya* . sehingga kebanyakan gak mau ninggalin tempat kamu itu. jangankan 5 menit buat sholat. sedetik pun kamu ogah. yah kayak kata pepatah, "Hilang pantat,Hilang tempat" Buset. pepatah dari mana itu? haha

Di tambah lagi penyelenggara dan tempat konser sangat mendukung upaya kamu untuk Gak Ingat Tuhan itu. Mereka maunya, "ayo sukseskan acara kami, datanglah kemari, apapun yang terjadi jangan pergi lagi" -__-
Nah,kenapa mereka di bilang mendukung? 

Pertama, pernah gak sih lihat masjid dekat tempat konser? Mungkin alesannya karena bisa menggangu yang sedang beribadah. fine. Lalu, pernah gak dapat tempat sholat yang 'LAYAK' di lokasi konser? oke, kalau ada kasi tau iyah.  
ginisih masih mending pake sajadah...

Kedua,  kenapa harus mepet di waktu-waktu sholat? kenapa gak pagi? dari jam 7 pagi sampe jam 12 siang itu kosong lo. atau sekalian aja setelah isya sekalian? sebenernya iyah lebih setujunya pagi sih..

Dan yang bikin Iyah Shock adalah, di tempat kami sholat, dimana satu-satunya tempat di Gedung itu yang ada airnya, yang sholat gak lebih dari 10 orang. lalu kemana ratusan orang tadi?!kemana mereka?! padahal mereka keluar berbondong-bondong ketika adzan maghrib..
anu,iyah tekankan ya, ini awalnya konser nasyid. pastinya non-muslim itu kecil banget  kemungkinan ada. kalau misalnya yang cewek berbondong-bondong lagi halangan, yang cowok apa?halangan juga gitu?
mungkin mereka sholat di tempat yang lain.. dan mereka tayamum.. mungkin....

3. GAK SEHAT


Alarm biologis iyah jarang gak tepat waktu. kalau udah jam makan seharusnya iyah udah duduk manis di meja makan rumah. kalau pun gak di rumah,di tempat yang layak makan lah.
sedangkan di tempat konser jarang banget jumpain yang namanya makan berkarbohidrat. yang ada jajanan-jajanan semua. yang *mungkin gak semua* pake bahan pengawet. halah,dikit aja pun pengawetnya,lebay lu. yah,mungkin semakin banyak yang bisa di lakukan seseorang kekurangannya juga makin banyak. sejak puasa tahun lalu iyah kena alergi akut, yang di picu oleh bahan kimia. semoga aja ini seperti kata dokter, perubahan hormon. semoga cepat ilang.. iyah pengen bisa jajan sembarangan lagi.. *LHO?*

Jadi makanan yang layak makan itu di konser jarang, kalau terlalu sering pergi nonton konser, minimal penyakit yang bakal kamu dapat, kolestrol, Maag dan masuk angin.

4.KESAN GAK BAIK


Anak cewek pulang jam setengah 12 malam? astaga!darimana?!
Iyah pernah pulang malam, tapi sama orangtua. tapi kali ini udah naik kereta, sama kakak, sukur masih ada abang yang cowok *emang ada abang cewek?*. iyah gak kebayang deh sama yang naik angkutan umum sudah selarut itu. gila men, bahayanya... 
soalnya gak ada yang nyangka acaranya bakal selarut itu. temen kakak iyah aja sampe nginep karena ga berani pulang ke kosnya selarut itu. bener juga sih.
yah, mungkin laki-laki ga masalah pulang malam. tapi cewek keluar malam itu, gimana ya? bukan iyahnya lebay. tapi iyah ngerasa ini sudah jelek sekali. *terus showeran*

 5.SIA-SIA

Yap. Iyah ngerasa sia-sia. biasanya setiap iyah datang ke acara itu iyah dapat ilmu. bisa dari unsur kebudayaan *keseringan nonton konser gratisan* , atau teknik pemain musiknya, yah, apa gitu kek. yang positif. tapi baru kali ini iyah ngerasa 'kok gak guna ya dateng kemari?' 

 نِعْمَتَانِ مَغْبُونٌ فِيهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ، الصِّحَّةُ وَالْفَرَاغُ

”Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang”. (HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas)


Ibnu Baththol mengatakan, ”Seseorang tidaklah dikatakan memiliki waktu luang hingga badannya juga sehat. Barangsiapa yang memiliki dua nikmat ini (yaitu waktu senggang dan nikmat sehat), hendaklah ia bersemangat, jangan sampai ia tertipu dengan meninggalkan syukur pada Allah atas nikmat yang diberikan. Bersyukur adalah dengan melaksanakan setiap perintah dan menjauhi setiap larangan Allah. Barangsiapa yang luput dari syukur semacam ini, maka dialah yang tertipu.”

Yup,waktu senggang dan nikmat sehat yang di kasih malah iyah curahkan ke kegiatan yang sia-sia. :(

"Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,". (Qs. Al-Mukminun : 1-5)

ternyata semalam iyah bukan orang-orang yang beruntung.

sudahlah, lain kali kalau mau nonton iyah harus lebih selektif. yang lebih berkelas. tapi gratisan. 

ciao.