Assalamualaikum :)

Kali ini iyah ingin (baca:dipaksa) membuat tutorial bagi pengguna SAI yang masih pemula ._.

pertama bagi yang belum tau apa itu SAI ;
" SAI adalah software seperti photoshop. namun, SAI ini jauuuuh lebih sederhana dari photoshop dalam penggunaannya. SAI ini banyak di gunakan untuk kalangan Mangaka (plis jangan nanya lai mangaka itu apa...). jadi,di bandingkan photoshop, SAI ini lebih peka dalam bentuk-bentuk Anime gitu.
kelemahan SAI adalah, tidak bisa memasukkan tulisan di dalam nya. hmmm... klo menurut iyah sih cuma itu doang."
 Oke,pengertian tentang SAI di atas ya keluar dari perasaan iyah sendiri saat mengunakannya. Cause, iyah ga terlalu mahir menggunakan photoshop. jadi ya ini, SAI the right choice :p

Sebelum nya, teman-teman bisa download SAI di sini:

Download SAI FREE

jadi SAI ini sudah banyak yang gratis. link yang iyah kasih di atas sudah beserta crack nya~

SAI ini juga tidak seberat photoshop.
nah,jika sudah di download, kalian juga bisa menambahkan tool-tool lainnya dari devianart. kemarin itu sih yang ngelengkapin SAI punya iyah, kakak iyah. jadi iyah ga tau doi download dimana aja tool nya. katanya cari aja semua di devian art. gitu...

udah ah,pengantarnya banyak banget, capcus. buka SAI mu!





1. klik file.kalau pilih New berarti kamu mau menggambar langsung di PC kamu.


2. nah,kalau udah kebuka,tinggal pilih ukurannya. iyah sih sukanya pilih yang A4. tapi,tergantung pemakaiannya juga. kamu juga bisa menentukan ukuran dan resolusi sendiri. ga perlu tergantung dengan pilihan ukuran yang sudah di tentukan :)


3.nah,udah terbuka canvasnya. iye,jadi yang putih itu namanya Canvas. itu udah bisa di coretin kok.

begitu pertama kai terbuka, otomatis jadi layer 1.
kalau ternyata rasa kamu yang A4 tadi ga cocok ukuran atau resolusinya, masih bisa di ganti kok :3

4. kamu udah bisa klik tool ink yang di sebelah kiri bawah. di gambar ini iyah ngasi contoh perbedaan pengunaan SAI dengan mouse biasa dan Mouse pen. kalau mau tau tentang mousepen yang iyah gunakan ada disini : http://mahdiyyaha.blogspot.com/2012/08/narsis-ala-iyah.html

di postingan itu juga ada perbedaan gambar yang iyah gunakan full hanya pakai mouse dengan saat baru pertama kali menggunakan genius mousepen :)

oke,selesai :D

Baik, untuk pengenalan paling dasar udah selesai, sekarang kita buka dari awal lagi ya. kali ini kita membuka foto atau sketsa yang udah ada di PC. kalau sketsa yang awalnya manual di kertas ya di scan dulu. di foto juga ga masalah. toh yang mau diambil cuma nyeplak gambar nantinya. paling biar bagus resolusinya di ganti jadi lebih besar. oke,penjelasan lebih lanjut di tutorial berikutnya aja.


1.klik open. ntar bakalan ada keluar jendela baru untuk memilih foto atau sketsa yang kita butuhkan.


2. nah,kebuka kan gambarnya. sekarang udah bisa di apain aja nih gambar. mau di jadiin kartun bisa,di jadiin kayak lukisan bisa,mau di manupulasi juga iso..


3.oke. ini contoh paling absurd. ntar akan menyusul tutorial-tutorial yang waras. sabar ya :)


oke,oke, selesai lah bagian dasar dari membuka foto atau sketsa, iyah lanjut lagi boleh...?


1.kita kembali ke New canvas. lupakan soal foto.

sekarang untuk pengguna mouse biasa. kalau dari layer 1 (itu yang di kanan bawah), maka gambar yang udah di coret ga bisa di geser-geser lagi. karena itu iyah sarankan,kalau yang pake mouse, klik Linework.maka akan terbuka layer baru dengan fungsi berbeda.


pilih curve untuk mouse biasa :) . itu lo, tool yang di sebelah kiri.

2. sekarang klik dan tahan tombol CTRL pada keyboard. see? bakalan keluar titik-titik yang bisa kamu geser sesuka hati.


3. sekarang kamu merasa gambarnya terlalu monoton karena garisna sama besar semua? tidak terlihat alami? (oke,iyah udah kayak tukang obat)

so, pilih tool pressure. pressure ini gunanya untuk memberikan tekanan pada garis. mudahnya, mengatur ketebal-tipisan garis. kalau kamu udah klik pressure, tanpa di klik CTRL pun titik-titik tadi juga akan muncul dengan sendirinya.

4.Then,kamu klik titik di garis yang ingin kamu tebal/tipis kan.

.


Alhamdulillah,selesai untuk pengetahuan tentang SAI yang paling dasar. ntar,bakalan iyah lanjut tutornya.


Iyah tau banyak pengguna SAI yang udah Pro. tapi banyak juga pemula yang bolak-balik tanya iyah untuk hal dasar seperti ini. ingin banget rasanya langsung bertukar pengetahuan secara langsung. namun apa daya waktu tak mengizinkan. #eaaa


iyah belum terlalu mahir membuat tutorial. jadi maaf kalau iyah seperti menggurui atau sok tau banget padahal masih pemula juga ._.v


Thanks a lot buat Reza  yang selalu semangat(baca:memaksa) iyah membuat tutorial ini.

udah lama niat mau bikin tapi tertunda mulu. makasiiiih juga yang mau baca sampe habis...

bonus:

perbedaan masing-masing tool di mouse dan pen
bye.sampai bertemu di tutorial berikutnya. Wassalam.