Sampai Kapan Nge-Blog Hanya Untuk Hobi?

by - Jumat, Februari 01, 2019

Hai Normies!

Alasanku menulis soal ini, karena ada temanku yang bertanya. "Berapa sih yang didapatkan dari nge-blog?" Aku terdiam, tak tau nominalnya berapa. Lebih tepatnya aku tak pernah mencoba untuk mengkalkulasi. Karena sudah rahasia umum, kalau bukan dari adsense, tentu dari postingan berbayar. dan keduanya tidak bisa diukur untuk blog yang masih seenak jidat ngeposting dan sesuka hati menulis topik apapun di blognya. Yup, seperti blog ku kalian pasti tau ini nichenya apa. Personal. About me, about my life, relationship, interest, well apapun yang berputar di sekeliling aku.

Aku tipe-tipe manusia yang enggak begitu mentingin soal nominal yang kudapat. Bukan karena gak pernah ngerasain susahnya ga ada duit, tapi karena manajemenku soal duit memang jelek wkwk. Jadi ya soal ngeblog ini belum pernah di seriusin. Dulu pernah nyoba daftar adsense. Terus... gak urus lagi. Ada email masuk juga yah entah kenapa waktu itu males ngebacanya serius.

Lalu kalau aku tidak tau keuntungannya berapa, kenapa aku mau membayar untuk domain ini?

Kenapa ya? sejak awal buat ini kalau mau di bilang ikut-ikutan ya bisa di bilang iya. Dan selama ini hasil nulis juga masih lebih dari cukup kalau hanya untuk membayar domain ini pertahun. Murah memang bayaran untuk blog yang berumur hampir 10 tahun ini. Tapi ya mau bagaimana lagi. Aku takkan memaksakan untuk serius disini.

Karena menulis adalah kesukaanku sejak dulu. Dibayar atau tidak? dibayar sukur gak di bayar ya rapopo. Berbagi itu kan balasannya gak selalu materi.

Cuma kadang aku ngerasa keren gitu ya sama orang-orang yang bisa lolos adsense. Rajin gitu ngurusin urusan yang keliatan ribet. Gak kayak aku, kalau gak ada yang nyuruh dan ngarahin susah banget aku untuk ngerjain urusan administratif begini. 

Jadi, sampai kapan ya ini blog di biarin begini? kayaknya kalau blog yang ini cukup jadi diary online ku lah. Nanti kalau udah ketemu aku maunya apa Insya Allah bakal buat baru dan di seriusin.

Oke, see ya.



You May Also Like

0 komentar

You word can change the world! you can left a comment on my post :)