Jumat, 29 September 2017

Awas, Karena Gadget Anak Indonesia Mengalami STANTING!

Hola semua, kali ini iyah hadir di dalam acara yang diselenggarakan KOMINFO (Direktorat Kementrian Komunikasi) yang diadakan di Four Points. Nah, kali ini dalam rangka temu blogger, kominfo mengadakan acara flashblogging dengan tema "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Dalam Penurunan Prevalansi Stunting" 
Awas, Karena Gadget Anak Indonesia Mengalami STANTING!

 Nah Iyah, emangnya apasih Stunting itu?

dari narasumber pertama acara ini yang di bawakan oleh Bapak Galopong Sianturi SKM, MPH - GIZI Net dari Kementrian Kesehatan menjelaskan bahwa hampir 9 juta atau lebih dari 1/3 anak indonesia mengalami Stanting!

Stanting sendiri adalah kondisi di mana seorang anak tingginya lebih pendek di banding anak seusianya. Jadi kalau adik kita tumbuhnya lebih pedek dari anak-anak seusianya, positif dia terkena stunting. tumbuh kembang itu sendiri terbagi dua tahap, dimana setelah pubertas akan ada masa pertumbuhan lagi seara pesat yang lalu akan di bawa secara permanen sampai ia dewasa. 18 pada perempuan dan di umur 21 pada lai-laki pertumbuhan tinggi itu akan berhenti.

STANTING, FLASHBLOGGING, KOMINFO MIRA SAHID GALOPONG
Bapak Galopong beserta Pak Moderator M. Ayub SE
Nah, menurut pemaparan pak Galopong, Stanting ini terjadi sejak masa 100 hari pertama dalam kehidupan. Mulai dari gizi dan kondisi psikis seorang ibu hamil harus di perhatikan agar sel-sel yang sedang berkembang di dalam rahim dapat berjalan dengan sempurna.

Kalau dari sisi Biologinya, pertumbuhan sel itu sendiri bersifat Irreversibel, di mana sekali berkembang tidak akan mengalami perubahan untuk waktu berikutnya. itulah kenapa sangat penting meperhatikan gizi selama kehamilan seorang ibu. 

Kementrian Kesehatan sendiri telah berupaya untuk mencegah anak Indonesia mengalami Stanting. Mulai dari memberi asupan gizi pada ibu hamil dan imunisasi pada balita di puskesmas-puskesmas. Imunisasi juga banyak di lakukan pada balita untuk mencegah campak agar tidak di campakkan  dan Rubella. rubella sendiri akhir-akhir ini menjadi perhatian masyarakat karena sudah banyak ibu hamil yang terkena rubella dan menyebabkan kecacatan permanen pada si buah Hati. tak hanya itu, demi mencegah stunting, Kemetrian keshatan juga mengunjungi Sekolah Menegah Atas (SMA) untuk memberi edukasi dan membagikan tablet penambah darah kepada para perempuan agar sehat dan tidak mudah mengaami anemia.

Oh iya, bagi yang suka diet juga jangan terlalu berlebihan ya :( karena ibu hamil yang sehat itu dapat di lihat dari lingkar lengannya tidak kurang dari 20cm. kalau ibunya kurus, nanti anaknya kekurangan gizi duh, kena Stanting deh!

Nah lo... jadi apa hubungannya Stanting dengan gadget Iyah?

Ini dia, pengunaan gadget tentu sudah melekat erat dengan masyarakat kita. Kalau kata kak Mira Sahid dari KEB (Kumpulan Emak Blogger)sebagai Narasumber kedua yang bercerita tentang dunia blogging, kebanyakan masyarakat memiliki lebih dari 5 akun sosial media. It's mean, kita banyak menghabiskan waktu di sosial media. dibandingkan melakukan hal-hal yang bermnafaat, malah banyak yang nge kepoin hal-hal yang gak jelas. nah makanya jadi berpengaruh deh sama kesehatan kita. ada yang dmei beli kuota sampe gak beli makan siang, atau karena ibunya keasikan stalking artis anaknya jadi lupa di kasih makan. hehehehe.
STANTING, FLASHBLOGGING, KOMINFO MIRA SAHID GALOPONG
Kak Mira Sahid yang muda, enerjik dan Kocak abis!
Mending dunia maya di manfaatin dengan ngeblog, lebih terarah, menambah wawasa. apalagi untuk ibu rumah tangga, jangan kira kerjanya cuma di dapur, kasur sama usmur doang. tapi IRT sekarang selain mengasuh anak dengan intensif di rumah juga bisa menambah wawasan dari ngeblog.

Seru banget deh acaranya, gak nyangka Iyah loh bahwa kesehatan dan dunia digital dapat terkait erat! bahkan hubungan politik dan kesheatan juga ada. Sekian deh info yang bisa Iyah Kasih sama temen-temen semuanya! Sun sayang, jaga kesehatan firi agar dapat menghasilkan GEMAS (generasi emas) terwujud di tahun 2045 nanti!
Iyah foto bareng Mbak Mira Sahid
Tulisan Ini diikutsertakan dalam lomba # FlashBlogging oleh Kementrian Komunukasi di Four Points 29 September 2017

11 komentar:

  1. M A N T A P .

    Aku termasuk stunting nggak ya yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. botak sih gak termasuk stanting

      Hapus
  2. Jadi kak apa guna yang jual peninggi dan pelangsing di Instagram itu ? kan dia bisa nambahin ting loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada gunanya, tapi kan jangan kena dulu baru di obatin hehe

      Hapus
  3. Iya, mak nya sibuk main gadget kan
    Terus anak sama suami terabaikan

    Kalau emak-emak yang di stalking apaan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. stalking ayu ting-ting kak hoahahaha

      Hapus
  4. beda berarti ya kak, antara cebol sama stanting :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bedanya apa kak?

      Hapus
    2. bedanya seperti aku dan kamuuu, aku sehat kamu cebool

      Hapus
  5. Aseeemmmm....jadi hubungan gadget sama stunting itu karena lupa ngasi makan anaknya toooo......hedeeh :D

    BalasHapus

You word can change the world! you can left a comment on my post :)

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers