Rabu, 31 Agustus 2016

Asyiknya Kunjungan ke Keraton Kanoman dan Rasakan Kenyamanan di Swiss Belhotel Cirebon

Kunjungan ke Keraton Kanoman dan Rasakan Kenyamanan di Swiss Belhotel Cirebon - Sesuai perjalanan sejarahnya, Cirebon terbagi menjadi Keraton Kasepuhan dan Kanoman. Keraton ini masih sangat kental dengan adat-sitiadat yang dipegang kuat sesuai dengan pakem kesultanan. Ada beberapa hal yang masih rutin dilakukan seperti grebeg Syawal, dan juga aktivitas mengunjungi makam Sunan Gunung Jati.  Sebagai bagian dari peninggalan Kesultanan Cirebon, Keraton Kanoman memiliki peran penting dalam sejarah bangsa Indonesia. 

Dari segi awal berdirinya, Keraton Kanoman dirintis oleh Pangeran Mohamd Badridin atau Kertawijaya yang masih sebagai keturunan ke VII Sunan Gunung Jati. Pangeran ini memiliki gelar Sultan Anom I. Kesultanan pada masa itu selalu terkait dengan perkembangan agama Islam yang dilakukan Sunan Gunung Jati yang memiliki nama lain Syarif Hidayatullah. 

Bagaimana dengan kondisi Keraton Kanoman saat ini? Langsung saja, berikut ini beberapa info pentingnya:

Luas Keraton Kanoman mencapai 6 hektar dan terbagi menjadi bangunan-bangunan kuno hingga berjumlah puluhan bangunan. Di dalamnya ada barang-barang dan alat transportasi kuno seperti kereta Jempana dan Paksi Naga Liman, sedangkan di ruang tengah terdapat sebuah bangunan yang diberi nama Siti Hinggil. 

Naga Liman Sumber: akarnews.com

Dari sisi desain interiornya, keraton ini cukup unik, sebagian besar dindingnya dihiasi dengan pernak-pernik cantik berupa piring porselen dari Tiongkok. Porselen itu menempel pada dinding di Keraton Cirebon, termasuk di Keraton Kanoman dan menjadi ciri khas dari situs bersejarah di Cirebon. Sedangkan di sisi lainnya terdapat patung berbentuk macan yang menjadi simbol Prabu Siliwangi. Ada juga keris, gamelan, tombak dan bukti sejarah lainnya. 
Piring porselen nampak menghiasi dinding gerbang keraton
Sumber: plus.google.com


Keraton Kanoman merupakan bangunan membentuk empat persegi panjang yang membujur dari utara ke selatan dan terdiri dari empat bagian utama, yakni bagian depan, halaman pertama hingga ketiga. 

Bagian depan meliputi ada pancaniti, cungkup alu, lesung, dan pancaratna. Sedangkan di halaman pertama yang lebih dikenal dengan nama lemah duwur atau tanah tinggi dapat kamu temui bangunan Balai Panggung dan juga Balai Manguntur

Halaman kedua akan ditemui bangunan bernama Bale Paseban, dan juga Gerbang Seblawong. Dan di halaman terakhir atau ketiga, ada bangunan bernama Langgar Kanoman untuk area shalat, Gajah Mungkur untuk lonceng, dan juga Bale Semirang. Bagian lain terdapat Paseban Singabrata untuk lokasi perwira keraton, dan jinem sebagai tempat ruang sultan berlantai keramik, serta kaputren untuk tempat tinggal keturunan atau putra dan putri sultan. 

Di bagian pintu depan juga ada sebuah lambang berupa gambar seperti bumi, wayang, bintang. Simbol angka tersebut umumnya terbagi menjadi dua macam, berupa Surya Sangkala atau matahari dan Chandra Sangkala berupa gambar bulan. Sehingga akan terbaca 1510 saka atau 1588 M yang mengisyaratkan tahun berdirinya. 

Kalau kamu tertarik mengunjungi tempat ini, lokasinya cukup mudah ditemukan, yakni ada di Jalan Winaon, Kampung Kanoman, Lemah Wungkuk. Kamu bisa menggunkan jasa pemandu untuk menjelaskan secara detail mengenai sejarah Keraton ini dan termasuk perjalanan sejarah perkembangan Islam di Cirebon. 

Berkunjung ke Cirebon akan terasa lengkap jika kamu juga memesan hotel di kota ini. Jadi kamu bisa lebih lama menikmati liburan dan berwisata di Kota ini. Salah satu hotel yang jadi rekomendasi utama adalah Swiss Belhotel Cirebon. 

Swiss-Belhotel Cirebon ada di Jalan Cipto Mangunkusumo, Cirebon. Akomodasi ini cukup mudah dijangkau karena berdekatan dengan fasilitas publik. Lokasinya cukup strategis, dan merupakan akomodasi dekat dengan Bandara Cakrabuwana dan juga Stasiun Kereta Api Cirebon. Hotel ini berada dalam kawasan CSB Mall atau Cirebon Super Block Mall yang menjadi pusat perbelanjaan terbesar di Kota Cirebon. Jika ingin menginap disini, dapat memesan dulu melalui Traveloka.

Apa saja sih keunikan hotel ini? langsung aja yuk bahas detail infonya.

Pertama, desain hotelnya sendiri mengangkat tema modern dengan beragam pilihan kamar menarik. Beberapa jenis kamar tersebut meliputi Presidential Suite, Honeymoon Suite, Executive Suite, Business Suite, Deluxe, dan Superior. Kamar-kamar ini menggunakan electronic key card dan dilengkapi fasilitas yang menunjang seperti halnya hotel bintang empat lainnya. Kamarnya bersih dan tertata rapih. Sebagian besar kamar hotel memiliki lantai kayu dengan kelengkapan tambahan seperti TV, lemari pendingin, dan juga minibar. 
Sumber: traveloka 
Kedua, dinner romantis di Swiss Belhotel, biasanya di moment tertentu hotel ini memberi penawaran spesial untuk makna malam romantis, dengan menu yang cukup beragam. Area nya ada di swimming pool di lantai 3. 

Hotel ini juga ada menu unik yang merupakan percampuran rasa nusantara dengan Eropa, yakni Italia lebih tepatnya. Menu ini adalah rawon special dan spagheti empal gentong. Menu ini sebagai inovasi terbaru yang memadukan bumbu rempah Indonesia dengan pasta.  Jadi taburan saus bolognase digantikan dengan rawon.

Tak ketinggalan, tersedia juga pilihan beragam, mulai dari menu Indonesia dan juga menu Asia dan menu internasional lainnya. The View and bar turut melengkapi kebutuhan untuk menyantap makanan kecil dan minuman ringan seperti cocktails, lainnya. Ada juga restoran yang akan memanjakan lidah kamu bernama Swiss Cafe.  

Dan jika kamu menginginkan menu lainnya, bisa juga menuju foodcourt di CSB yang hampir ada di sekeliling hotel dan mal. 

Ketiga, Swiss Belhotel berada di kawasan Cirebon Superblock yang hadir sesuai dengan konsep 4 in 1. Ada empat tempat menarik yang ada dalam satu kawasan yang terintegrasi ini meliputi hotel, mall, ruko dan perkantoran. Hotel ini baru resmi dibuka tahun 2012. Ada juga beragam tenant ternama yang ada dalam mal kawasan ini. 

Keempat, kelengkapan fasilitas tambahan. Hotel ini dilengkapi dengan ballroom yang bisa menampung ribuan orang.  Maka tak jarang sering digelar acara resepsi pernikahan dan perhelatan resmi lainnya di hotel ini. Sementara  meeting room juga disediakan lengkap dengan fasilitas tambahannya. 

Cukup menarik kan wisata di Cirebon? Langsung aja yuk buat jadwal liburan kamu ke kota ini dan nikmati kekhasan dan keindahan salah satu wilayah Indonesia tercinta ini. 

Happy travelling….

0 Responses:

Posting Komentar

You word can change the world! you can left a comment on my post :)

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers