Minggu, 24 April 2016

10 Hal Asyik Kalau Kamu Jadi Mahasiswa Biologi


Assalamualaikum! Hai semuanya kabarnya pada baik kan? semoga jangan kayak Iyah yang akhir-akhir ini sering di bully mulu karena kalau iyah ngomong sulit untuk nahan bahasa-bahasa biologi yang asing di telinga non-biologi. ceilah bahasanya non biologi...

Mungkin bagi sebagian orang biologi itu hanya mata pelajaran saat sekolah biasa dan kayaknya membosankan banget kuliah Jurusan Biologi Murni ya kan? udah bingung mau jadi apa, terus pelajarannya cuma menghafal doang. Eiits, tunggu dulu! siapa bilang Biologi se-boring itu? nih Iyah jabarin dari Temen-temen Iyah yang Biologi

10 Hal Asyik Kalau Kamu Jadi Mahasiswa Biologi

1. Kamu lebih dekat dengan Tuhan 
irisan daun pinus
agama apapun kamu, ketika kamu pertama kali melihat sel dari mikroskop, kami pasti berdecak kagum dan bergumam dalam hati betapa hebatnya kuasa Tuhan. Begitu juga iyah danteman-teman biologi setiap kali kami nge-lab (praktikum di laboratorium). Ngeliat koloni mikroba cantik, inget Tuhan, Ngeliat susunan unik dari sistematika hewan, inget Tuhan. Inget laporan usai praktikum yang sulit Acc, jadi pengen cepat di panggil Tuhan...

2. Kamu bisa pegang barang-barang mahal
ini mahal. kata asisten.
Berapa sih harga Lamborghini? milyaran ya? duh kalau anak Biologi pasti udah biasa pegang barang-barang super mahal di laboratorium. Salah satunya VCR. Kalau ga tau apa itu VCR seacrh google deh. begitu juga dengan alat sentrifugasi, autoclave de el el. walaupun masih jadi praktikan tapi kami udah pegang barang-barang super mahal ang kalau ga hati-hati makenya.. *glek. lagi-lagi inget Tuhan. 

3. Kamu gak penakut atau pun penggeli

gimana mau takut atau geli kalau pas mos di suruh cium kodok. Gimana mau takut ular kalau praktikum kamu di suruh mengukur bukaan mulut ular. Lagi pula sejak awal memang sudah di beritahu. misalnya begini ya, kamu di sengat telson (bagian tajam ekor) Kalajengking, terus kamu panik dan adrenalin kamu segera naik, cocok lah racunnya segera berkembang. yang bener kamu tenang dan cucuk lagi bagian yang terkena itu dengan ekor si kalajengking. karena penetralisirnya disitu juga, udah pernah di coba sama aslab nya iyah. Jadi gitu deh kamu gak perlu takut. tapi tetep aja sih... kalau jumpa Blatta sp. iyah tetep jerit-jerit panik.

4. Kamu jadi gak gampang ketipu HOAX
tau dong sekarang banyak beredar penelitian-penelitian yang ga tau sumbernya dari mana. share sana share sini karena udah banya yang share terus semua orang percaya. contohnya kayak kerupuk yang di campur plastik caranya dnegan cara di bakar, atau madu asli ga bakal di datengin semut. daaan semua itu hanya berdasarkan "menurut penelitian bahwa bla bla bla" HOAX! Coba kalau kamu anak Biologi, kamu tau dasarnya, dan kalau penasaran tinggal di uji coba di lab. memang sih ga semudah itu ngelakuin penelitian. tapi penelitian sederhana kayak mengetahui kadar daun mint sebagai antibiotik itu cuma melewati prosedur sederhana kok!

5. Kamu jadi kepo dengan segala hal
Ih ini bunga apa ya? khasiatnya apa ya? bisa jadi obat ga? bisa jadi pestisida gak? Ih hewan apa ini lucu bangeeet, masih satu famili sama kucing enggak ya? kalau bisa di kawinin sama kucing ku pasti lucu deh keturunannya.

6. Kamu jadi banyak tau tentang alam
Kalau iyah pribadi sih gak terlalu tau-tau banget ya. namanya juga sering males menghapal *getok jidat sendiri* tapi kalau temen-temen iyah yang lain sih bisa tau misalnya waran air di sungai ini kandungan pH nya asam atau basa. Iyah juga ada inget sih dikit-dikit kayak lumut Pogonatum sp. yang bisa jadi obat darurat kalau di hutan. Atau kayak pohon yang salah satu bagian sisinya di tumbuhi lumut itu artinya mengarah ke barat.

7. Kamu bisa ngerasain kerennya pake baju Lab
Keren yang disini gak cuma di Labpratorium aja. kalau SMA sih biasa ya kalau mau praktikum pakai baju lab. Tapi kalau udah jadi mahasiswa Biologi kalau bisa ga usah di lepas lagi baju Labnya. hahaha. Kerennya lagi kalau pakai baju lab sambil bawa kereta kencang-kencang, berkibar bok baju nyaaaaa. demi ngejar asisten dan jurnal yang baru diprint buat Acc. anak Lab pasti tau rasanya. pasti tauuu.

8. Jiwa Psikopat mu akan tersalurkan dengan baik
dont kill me plis :'(
kesinabung bareng tim PKM
Tau psikopat? orang-orang yang ga punya hati dan membunuh serta menyiksa orang tanpa ragu. merasa punya kecenderungan seperti itu? kamu masuk biologi aja, kamu di butuhkan untuk 'tega' membedah banyak hewan demi ilmu pengetahuan. Iyah? termasuk tega. selalu sempurna dalam mendislokasi (membunuh tanpa suntikan) kepada mencit.

9. Bergadang mu akan bermanfaat
Begadang jangan begadaaang~ kalau tiada artinyaaaa~ Biasanya bergadang ngapain? karena insomnia kayak anak-anak alay sekarang? Kamu pasti senang masuk biologi. karena memang tugas yang banyak memaksamu harus bergadang. Kalau ada yang ketemu sama iyah pasti bingun bedain mana iyah mana panda.

10. Banyak jalan-jalan ke tempat-tempat asik

Ini sih udah pasti. kamu gak perlu luangin waktu buat jalan-jalan di sela-sela kepenatan kuliah. karena praktikummu memang jalan-jalan! kayak iyah semester lalu yang nginep di Aek nauli selama4 hari, ke pantai dari pagi sampai malam, ke kebun binatang juga. asik kan? hohoho.


Nah itu deh asiknya. ada yang gak setuju? makanya jadi anak biologi haha.

Salam Homo! Ciao! *Homo sapiens maksudnya*

12 komentar:

  1. Pas praktikum dulu itu ada praktikum belah kodok dan jantungnya masih berdenyut. Itu aku kok jadi merasa berdosa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang bang,99% pertama kali bedah kodok rasanya ga tegaan hehe

      Hapus
  2. Yah,gak ada bahas reproduksi ni yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. next ya kita bahas reproduksi bang, abang ada request repro apa? hahaha

      Hapus
  3. Yah,gak ada bahas reproduksi ni yah?

    BalasHapus
  4. Bagian jadi psikopat itu kok horror ya, aku gak tegaan iih harus bunuh2 gitu :(. Rasanya gak kepribinatangan huhuhu :((. Itu juga alesan napa dulu aku ga masuk fak kedokteran.. syereem bedah2nya :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi itu bagian paling menyenangkannya kak hahaha *siapin silet*

      Hapus
  5. Panda mah Gemuk n lucu.. Lah kamu iyah? hahahaha

    BalasHapus
  6. Poin 2 jadi inget, pernah ada yang mecahin labu evaporator, sampe minta sumbangan ke beberapa angkatan hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. labu evaporator bah, iyah aja hati-hati banget kalau udah masuk lab kimia bang hahaha. horor ini horor

      Hapus
  7. Vicka Arya11/23/2016

    Itu bukannya mesin PCR (polymerase chain reaction), ya? Kalau VCR tuh apa?

    BalasHapus

You word can change the world! you can left a comment on my post :)

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers