Jumat, 11 Maret 2016

SAKIT JANGAN NGEYEL

Penyebab Mahasiswa Kena Typhus
Hari Sabtu, tepatnya pas acara Durian kepala Iyah udah nyut-nyutan. Iyah pikir biasa aja, ini efek isi kepala gak pernah di pake, sekalinya di pake belajar ya gitu. Kayak kembang-kempis otaknya. Hehehe.

Hari Minggunya Iyah makin puyeng, mungkin karena pulang larut malam. Biasa dong ya alibi jomblo di malam minggu... gak mau cepet pulang pas malam minggu hahaha. Hari Minggu cukup heboh dan ngeselin karena si Kakak mau caw dari medan dan ngadem di jonggol. Iye, sekarang eike sendirian, kakak Iyah udah ke jonggol. Beneran di jonggol.

Terus terus terus, kepala Iyah makin mual dan perut pusing. eh kebalek. Pokoknya gitu deh, pas hari senin, di hari keberangkatan Kakak, Iyah harus masuk jam 8, gak sempat bilang apa-apa, cuma salim doang trus Iyah cabut ngampus. Di kampus udah gak iya nih, yang biasanya Iyah jarang keringetan trus ini kok keringat dingin kayak orang masuk angin. Berasa mau entut tapi ga bisa entut. *jorok amat sih Iyah*
Penyebab Mahasiswa Kena Typhus
atit peyut
"Ini biasa... ini biasa..." pikir Iyah. Trus temen Iyah bilang sbeelum kami masuk Lab "Eh, pucat kali muka mu Mad, Udah makan? Nah, nah" Ujar Dodoy sambil nyodorin bekal makan siangnya. Iyah menolak halus. "Udah Doy, aku udah makan bekal di mesjid tadi." Eh Eh Eh, kok berasa nulis cerpen jadinya ya?

Pokoknya gitu deh, karena Mamak nganter Kakak ke Jakarte, Iyah jadi gak bisa ngeluhin perasaan ini *pret*. Iyah meriang bences tengah malam. Meriang beneran, bukan singkatan dari Merindukan Kasih Sayang *pret pret*

Dan sehari sebelum Gerhana Matahari Total Iyah gak sanggup lagi, usai euforia ngejurnal bareng kelompok, Iyah Idzin ke asisten Lab buat gak ngikutin praktikum hari itu. Boro-boro dikasihani, malah di sodorin muka sinis seolah bilang "alah praktikan selalu nipu pura-pura sakit". Aaah... semoga Aslab yang selalu ngaku dajjal itu ga baca ini T_T Untung ada Aslab yang baik sebut saja namanya bunga walau doi laki-laki. Doi ngijinin Iyah dan menerima alasan kalo dokter gak buka pas Gerhana eh pas Libur nasional maksudnya hahahaha

Jadi selasa sore Iyah ke dokter Rizal, Dokter langganan sejak Iyah masih buntel ampe ceking, sejak pala botak sampe ada rambut, sejak bilang teloto sampe jadi helikopter. Terakhir Iyah kesana buat buka jaitan pas kecelakaan kemaren.

Ditanya keluhan, di liat buku riwayat sakit. Dan tarararara syukur Iyah cepet sadar sakit, kalo gak Iyah udah tekapar kena typus. Iyah gak percaya, padahal tiap hari iyah makan kampus, eh makan di kampus kok bisa kena gejala typus?

1. MAKAN GAK TERATUR
Penyebab Mahasiswa Kena Typhus
Walau Iyah orang biologi, iyah agak gak memperhatikan jam biologis iyah. Makan sih tetep 3 hari sekali, tapi jamnya itu loh, suka-suka pala Iyah. Kalo masuk jam sepuluh, barus sarapan jam sembilan. kalo masuk jam 8 sarapan jam 7. Seenak jidat deh pokoknya haha.

2. UDAH LAPER TAPI DI TAHAN-TAHAN
Penyebab Mahasiswa Kena Typhus
Naaaah ini, sejak masuk Lab biokimia Iyah jadi parno banget buat jajan-jajan di kaki lima. Iyah nguji sendiri adanya kandunga-kandungan boraks, formalin, rhodamin b de el el. Jadi kalo pulang ngelab sampe maghrib, Iyah tahan-tahan biar makan di rumah aja. Atau kalau sempet ke cafe dekat kampus. Tapi lebih seringnya nahan laper sampe lapernya malah ilang. Sampe rumah udah capek bin ngantuk jadi males makan.

3. ABIS MAKAN LANGSUNG LARI
Penyebab Mahasiswa Kena Typhus
Gegara buru-buru mau ngampus, mau ngelab, mau asistensi, jadi ada kebiasaan buruk gitu siap makan langsung ngacir. Gak di tunggu dulu pinomat makannya masuk ke lambung. Jadi kalo makan langsung ngacir, nutrisinya gak terserap sempurna dan berubah jadi ee' alias feses lebih cepat. Jadi... ya nutrisinya kebuang di ee'

4. BEGADANG
Penyebab Mahasiswa Kena Typhus
Halo mahasiswa, ada yang gak pernah ngerasain begadang?

5. KECAPEKAN
Penyebab Mahasiswa Kena Typhus
Ini mah pure salah Iyah. gak manage kegiatan dengan baik. Muuphin Iyah oh Ayah, Mamak, Iyah jadi sakit deh.


Nah, Ini deh sedikit cerita iyah soal sakit sakit ala mahasiswa. Jadi kamu jangan lupa makan teratur ya! Kamu... Iya kamu...
Btw, Iyah udah lama ga posting gambar atau komik Iyah. Ada yang kangen sama gambar iyah? atau kangen sama Iyah? ah lupakan.

2 komentar:

  1. ge we es ya iyah....

    asli ini telat kali xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga papa telat kak, ni asih sakit.. sakit merinduuu~

      Hapus

You word can change the world! you can left a comment on my post :)

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers