Minggu, 27 Maret 2016

16 Tipe Orang Unik Yang Iyah Temui Ketika Travelling




Dari kecil Iyah udah sering travelling berempat. Sama Ayah, Mamak dan kakak. Mulai dari destinasi wisata dalam kota, luar kota sampe luar negeri. Pas Iyah udah besar, udah sulit buat jalan bareng. Iyah mau pergi sama temen juga belum di zinin tanpa ada yang ngawasin. Euh, sulit euy.

Kadang kalo iyah bilang mau pergi barneg temen ke tempat yang sebelumnya udah pernah kami sekeluarga kunjungin pasti Mamak bilang ngapain ikut kan udah pernah. Huhuhu sedih. Pernah juga protes kenapa pigi-piginya pas iyah masih kecil, kan ga inget lagi. apa jawab mamak? “kalo masih kecil di bawa kan murah ongkos, ngurus paspornya juga gampang.” Huwewewewewe

Udah la, daripada ngenes sama paspor periode ini masih kosong, mending iyah inget-inget beberapa kejadian unik pas traveling

1. SKSD (Sok Kenal Sok Dekat)

Ini kejadian pas iyah ngunjungin sepupu iyah di Malaysia pas umur iyah sekitar 7 atau 8 tahun gitu. Jadi iyah di ajak main ke taman apertemen. Pas lagi main, tiba-tiba sepupu iyah bilang bentar mau ke kamar mandi. Nah, di sana ada seorang anak perwakan chinese gitu ngajak kenalan ke iyah. Awalnya sih masih ngerti, tapi pas udah ngobrol pake bahasa melayu panjang lebar iyah ga mudeng. soalnya sepupu iyah ngajak iyah ngobrol masih ada bahasa indonesianya.... dulu belum ada upin-upin, jadi walaupun bahasa melayu dan indonesia itu mirip, tetep aja Iyah susah ngeh. Iyah cuma bisa diam tapi tetep senyum, tapi doi tetep ngomong panjang lebar. Pas sepupu iyah balik dia kaget, dan dia ngomong ke anak yang SKSD itu kalau iyah ga terlalu paham bahasa melayu....

Yah, mungkin dia ngerasa keren udah bisa ngobrol sama orang indon...

2. JOROK

Ini adalah hal yang paling buat iyah rada gimana gitu kalau jalan-jalan. Beberapa kali iyah ke jakarta, iyah ga mau ikut mamak sam akak uti naik metromini lagi. karena bau ketek yang sangat menyengat belum lagi tempat duduk dan pinggiran jendelanya jauh lebih jorok dari angkot di medan. Nah, satu ketika kami ke sentosa island di singapore. Tau dong monorel singapore itu bersih banget, kebetulan waktu itu tempat duduknya lagi penuh jadi iyah berdiri. Ada bule cantik yang duduk di depan iyah dia bilang ke iyah kalo dia bakal turun di pemberhentian berikutnya, jadi iyah bisa duduk. Dengan bahasa inggris yang terbata-bata iyah pun mengucapkan terimakasih atas tawarannya. Pas udah sampe di stasiun berikutnya si bule berdiri, dan tersenyum ke iyah dan beranjak pergi. Pas iyah mau duduk, barulah iyah liat ada bekas ‘noda’ dari bekas duduk si bule, euh. Ga bisa berkata-kata lagi deh.

3. MINTA FOTO


Mungkin ini hal yang paling bego dari sekian banyak tingkah iyah yang terlampaaaaau polos. Ini kejadiannya di masjid raya aceh. Iyah lagi moto-moto dan video-video (dan filenya hilang semua karena sdcard nya ilang). Terus ada bapak-bapak lagi duduk bersadar di salah satu pilar masjid. Iyah ngeliat si bapak, dan si bapak liat iyah dan bilang dengan logat aceh “Foto dek?” Iyah bingung, terus “cekrek!” iyah foto deh si bapaknya dan iyah ngacir. Iyah menyimpulkan bapak itu pengen di foto. Ternyata pas muter-muter lagi, si bapak tukang foto. Karena tadi bapak itu duduk, iyah ga liat ada kamera di baliknya. Maluuuuuu X”(

4. SALAH KIBLAT

waktu itu pas lagi perjalanan ke batam naik kapal laut. Itu pertama kalinya iyah naik kapal laut. Pas jam sholat, iyah ke musholanya dan liat ada kompas gede banget. Katanya di suruh ngikutin arah kompas. Iyah (lagi-lagi) dengan polosnya ketika kompasnya geser iyah ikut geser, maklum dulu ga ngerti. Dan karena kebetulan bukan pas baru masuk waktu solat jadi ga rame orang, eeh ada ibu-ibu yang ikut geser juga pas iyah geser. Udah siap solat ibunya bilang “susah ya kalau soalt di kapal” iyah pun bilang “iya ya bu”. Jadi... kami sama-sama ga ngerti -_-

5. IKUTAN NYASAR


Ayah iyah itu orang yang paling akurat kalau nentuin jalan. Jarang nyasar. Satu kali kami pernah ke berastagi yang padahal udah berkali-kali tapi entah kenapa malah jadi nyasar. Ayah iyah dengan tenang bilang, yaudah kita ngikutin orang yang di depan itu aja, pasti mau ke gundaling juga. Kami pun ngikutin mobil avanza biru tua, tiba-tiba mobil itu berhenti dan Ayah iyah pun menyalip dan melanjutkan perjalanan. Eh tiba-tiba kami liat mobil avanza biru itu ngikutin dari belakang. Pas udah sampai di gundaling dan parkir, supir pemilik avanza itu keluar sambil mengucapkan terimakasih karena tadinya mereka nyasar.

6. DI BUKAIN PINTU SAMA ARTIS

Iyah itu jarang ngikutin berita infotaiment, jadi buat artis-artis yang gosipnya gak heboh dan panas iyah gabakal tau nama artisnya. Pas iyah ke jakarta buat liat kakak iyah yang nampil di studio Epicentrum ANTV, Iyah sama Mamak makan di Sevel. Mamak nunggu di luar dan iyah bawa 2 Bento pake nampan. Eh, pas sampe mau keluar dari sevel ada yang bukain Iyah pintu. Wuiih baik banget ni orang pikir Iyah. Orang itu senyum, iyah juga senyum sebagai tanda terimakasih. Dalam hati kok mukanya familiar ya? Nah, pas orang itu keluar lagi, Mamak iyah bilang “eh ada artis tuh, Surya Saputra.” Iyah ngeliat ke arah yang di tunjuk Mamak. Oalala, itukan yang bukain pintu tadi, pantes familiar -_-

Duuh, kalau cerita soal orang unik yang di temuin itu gaada habisnya deh, terkahir kali tuh yang paling berkesan pas iyah naik gunung sibuatan dimana para pendakinya ramaaaah banget, ada juga iyah nubruk anak bule yang encesnya banyak banget. Adalagi yang nanya tempat padahal sesama pendatang dan doi nanya pake bahasa dia. Aduh!

Btw, di judul tulisannya ada 16, kok iyah cuma nulis 6, 10 lagi kemana? :| *loh?

20 komentar:

  1. Coba pas dibukain pintu sama Surya Saputra kalian saling tatapan mata... lamaaaa... kek di sinetron2 itu Yah :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya kak, kami umurnya beda jauh. ntar jadi skandal lagi gegara ketangkep paparazi hihihi

      Hapus
  2. jiah ini kok yang buat unik malah iyahnya, keunikan iyah saat traveling nih kahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimana uniknya gue cobaaa pfft

      Hapus
  3. Cieee Iyah motoin tukang photo wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, koplak kali itu -_- masih inget ekspresi si bapak saat di foto

      Hapus
  4. Hemph jadi inget, dulu pernah nyasar di jakarta, kemudian ngikutin orang yang berplatnomor sama, dan ternyata orang itu pun sama-sama nyasar

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus? sampe tujuan apa enggak bang?

      Hapus
  5. Bahaha, daku pernah dapat yang SKSD 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, sebenernya ga salah sksd kan kak, tapi kasian kalo ga mudeng :D

      Hapus
  6. sama-sama nyasar ahahhaa.. untung akhirnya nyampe gundaling ya.

    BalasHapus
  7. Waktu itu gue juga pernah pergi ke Padang, karena si sopirnya nggak pernah ke Padang, jadinya kita nyasar. Kejadiannya sama seperti Iyah, kami kami mengekor (ngikutin) mobil yang ada di depan karena kami kira yang di depan tau. Eh tau-taunya sama-sama nyasar. Huft lah.

    BalasHapus
  8. Ahaha, asli mah itu yg sholat di kapal, apa gak malah jadi natap kompas terus, yah?

    Kalo nyasar ngikutin kendaraan juga udah pernah pas ke Parapat, kami nyasar dan diikuti 2 mobil di belakang yg akhirnya nyasar juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, dikit-dikit natap atas, namanya masih esde kak haha

      Hapus
  9. mintaa tanda tangannya lah iyyah.. :D

    BalasHapus
  10. Wah ternyata orang2 itu pada unik2 sekali ya mbak :D

    BalasHapus
  11. pengalaman traveling emang selalu berkesan

    BalasHapus
  12. traveling memang hrs bermodal lumayan yah

    BalasHapus

You word can change the world! you can left a comment on my post :)

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers