Minggu, 01 Februari 2015

7 TIPS MENGATASI NGANTUK DI KELAS


Hola.

Hoaam
Lo ngantuk?
Kagak,Cuma lagi pengen mangap aja.


Ngantuk tentunya sudah pernah di rasakan oleh siapapun. Dari anak bayi yang rewel kalo ngantuk sampe kakek-kakek yang langsung tidur gitu ngantuk. Dari tukang sapu yang letih nyapu in jalan yang balik kotor lagi dan kotor lagi, sampe Pak Presiden yang lemas ngurusin tingkah pola masyarakatnya. Ya pokoke gitu deh, semua orang pasti bisa ngantuk.

Iyah termasuk yang gampang ngantuk. Tapi suka susah tidur karena gak ada yang ngelonin  #eh #abaikan #bedakonteks

Oke,jadi ini 7 TIPS MENGATASI MENGANTUK DI KELAS
  1.   Fokus
    Biasanya,kalau kita fokus dan memahami apa yang sedang di jelaskan oleh guru/dosen kita maka kita ga bakal ngantuk. Jadi,cobalah untuk memahami apa yang diungkapkan oleh Guru/Dosen kita tersebut.
  2.   Interaktif
    Kalau fokus sudah tidak mempan,maka cobalah untuk berinteraksi dengan pengajar ataupun teman sebelah kita. Tapi kalau sama teman sebelah kita jangan malah ngegosip yo. Dan sama pengajar juga jangan nanggepin penjelasan beliau dengan pertanyaan yang aneh-aneh.
    Misalnya;
    Guru : “jadi kita dapat menggunakan gelatin,gelatin ini sejenis agar-agar...”
    Murid : “Bu,agar-agarnya pake gula apa enggak?”
    *lalu semua mendadak hening*
     
  3.  Bergerak
    Cobalah untuk merenggangkan sejenak urat-urat sekitar leher atau lengan. Tidak disarankan untuk situp di tengah-tengah kelas.

  4. Mencubit lengan
    tidak hanya mencubit lengan, menepuk-nepuk pipi sendiri dengan pelan juga akan bisa mengurangi rasa kantuk.
  5. Duduk di depan pengajar
    Ini masalah takut atau tidak takut.kalau di depan pengajar masih berani nguap dan sampe ketiduran... selamat, kamu akan mudah sekali menadapatkan nilai E.
  6. Bantai tidur
    Biasanya yang benar-benar ga tahan kantuknya dia bakalan tidur sejenak 5-10 menit lalu bangun langsung cling matanya. Tapi sayangnya, cara ini sangat besar resikonya. Karena kamu bisa kebablasan sampe selesai kelasnya. Mending bangun tidurnya muka cantik,ini gitu terbnagun, kelas udah pada mau bubar, kamu terbnagun dengan wajah penuh iler. Hidih.

  7. Wudhu
    Ini adalah cara paling efisien. Selain menyegarkan, wudhu dapat melepaskan tubuh kita dari ikatan syaitan. Karena sesungguhnya ketika kita mengantuk, maka telah ada 3 ikatan syaitan.

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menceritakan: “Setan mengikat pada tengkuk setiap orang diantara kalian dengan 3 ikatan (simpul) ketika kalian akan tidur. Setiap simpulnya ditiupkanlah bisikannya (kepada orang yang tidur itu): “Bagimu malam yang panjang, tidurlah dengan nyenyak.” Maka apabila (ternyata) ia bangun dan menyebut nama Allah Ta’ala (berdoa), maka terurailah (terlepas) satu simpul. Kemudian apabila ia berwudhu, terurailah satu simpul lagi. Dan kemudian apabila ia sholat, terurailah simpul yang terakhir. Maka ia berpagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya. Jika tidak (yakni tidak bangun sholat dan ibadah di malam hari), maka ia berpagi hari dalam keadaan kotor jiwanya dan malas (beramal shalih)” (Muttafaqun ‘alaih)
    Sip. Syukur-syukur ini bisa membantu kalo ada yang sering ngantuk di kelas ya. Oke deh. Ciao. Selamat tidur di kelas.

2 komentar:

  1. tambahin kaka. aku paling ampuh makan permen karet. serius ampuh. apalagi permen karet terbukti meningkatkan konsentrasi. cuma yaaa.. jangan lah buat gelembung waktu lg belajar -.-
    tp ini cuma untuk perkuliahan aja ya. hhe untuk sekolah jangan coba :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bulan puasa gimana qaqa .-.

      Hapus

You word can change the world! you can left a comment on my post :)

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers