Minggu, 29 Juni 2014

Misteri Lubang Ular di Atas Makam Kuburan

Misteri Lubang Ular di Atas Makam Kuburan -M
enjelang puasa begini masyarakat indonesia memiliki tradi berziarah atau nyekar ke keluarga2 yang lebih dulu berpulang. walaupun tak ada anjuran nyekar dalam islam karena takut musryik, sebenarnya banyak hal yang dapat di ajarkan apalagi kepada anak-anak yang sudah harus di pahamkan kehidupan.

hari ini (15/6) iyah, tulang-tulang(maksudnya paman-paman) dan sepupu2 mulai dari yang umur 3 tahun sampe umur 23 tahun pergi berziarah ke makam unyang/opung, atok/kakek dan beberapa keluarga yg lebih dulu berpulang.

begitu sampai kami langsung membersihkan makam2 yang mulai ditumbuhi rumput liar. Tulang pudan (paman bungsu) menjelaskan pada kami "kalian lihat,siapapu kita,kelak akan bersama rata ditanah ini. di sini sebelum amal di hitung kita sudah menadapt keistimewaan ataupun azab di dalam kubur ini. dan lagi orang yang sudah ke alam barzah takkan dapat berinteraksi lagi dengan kita." penjelasan tulang yang lugas mengajarkan kami pemahaman bahawa hidup di dunia ini akan berakhir di kubur. dan juga yang sudah pergi tak ada menghantui ataupun gentanyangan.
setelah bebersih kami baca yasin. namun karena iyah kepo,belum selesai baca yasin iyah sudah tanya2 tulang siapa saja keluarga yang di kubur di pemakaman umum siantar ini. beberpa keluarga di kubur berdekatan namun ternyata ada yang jauh dikubur di sisi seberang pemakaman . namanya kakek selasa. selasa karena beliau lahir hari selasa dan meninggal saat belum sempat di berikan nama. karena penasaran iyah minta tulang ke kuburan kakek selasa itu. kami melewati banyak sekali kuburan (yaiyalah namanya di kuburan). iyah melihat2 juga nisan2nya. barangkali ada nama yang cantik dan bagus. hehe. sampai akhirnya iyah terpaku sekitar tengah pemakaman. tulang menunjuk ada kuburan yang berlubang...

iyah mengintip lubang itu. ternyata lubang itu dalam sekali karena tak kelihatan dasarnya. iyah bertanya kepada tulang kenapa bisa ada lubang sedalam itu. saat itu iyah tidak berpikiran aneh2. "mungkin sarang ular. ular yang bikin lobang di situ iyah." jelas tulang sambil kami terus berjalan. "lubang ular...?" gumam iyah.

dan lubang itu ada di bagian nisan kepala.

aduh iyah bingung bilangnya, pokoknya posisi lubang itu di kepala kuburannya. iyah terhenyak. deg deg deg gitu.

sambil terus berjalan mencari kubur kakek Selasa iyah memperhatikan ada satu-satu kuburan lainnya yang memiliki lubang lurus ke dalam kubur tersebut. astagfirullah al adzim...

entahlah kalau itu siklus alam yang biasa bahwa ular termasuk dekomposer bersama cacing dan bakteri yang mengurai makhluk lain yg telah mati.

pada akhirnya kuburan kakek Selasa ga dapat. kata tulang go yg tinggal di siantar kuburan kakek selasa sudah di timpa dengan kuburan baru orang dewasa.

mungkin pengalaman ini menambah pemahaman dan kesadaran iyah untuk selalu berbuat budi yang baik semasa di dunia.

mungkin juga ini karena kebanyakan nonton rahasia illahi.

wallahu allam
***********
setelah pulang iyah cerita2 sama tulang-tulang lainya. salah satu tulang ada yang bilang *kok ga di senter pake hape lubangnya iyah?"


HIYYY, Gak lagi-lagi deh penasaran sama Misteri Lubang Ular di Atas Makam Kuburan...

4 komentar:

  1. Mau tanya,
    apakah pada saat ada lubang dalam makam tersebut ada masalah di keluarga besar nya?
    apa ada yg terjadi pada yg terjadi pada orang kesayangan almarhum ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ga tau mas, saya ngeliat lubang ular itu kebetulan tidak ada di makan keluarga saya

      Hapus
  2. Mau tanya,
    apakah pada saat ada lubang dalam makam tersebut ada masalah di keluarga besar nya?
    apa ada yg terjadi pada yg terjadi pada orang kesayangan almarhum ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas teguh..
      Saya baru saja ziarahi makam alm ayah saya dan ada lubang berdiameter kira2 30cm dan cukup dalam..
      Sy searching dan ketemu artikel ini..
      Yg bikin sy tertarik adl pertanyaan mas teguh ttg kondisi keluarga yg masih hidup..
      Bagaimana cara menghubungi mas teguh..???

      Hapus

You word can change the world! you can left a comment on my post :)

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers