Guys, kalian tau ga si film Jungle yang diperankan  oleh Daniel Radcliffe pada tahun 2017? Bagi yang belum pernah menonton, aku akan ceritakan sekilas tentang alur film yang diangkat dari kisah nyata tersebut.


Film jungle (2017) menceritakan tentang beberapa orang yang ketemu di salah satu camp liburan. Beberapa diantara mereka memang teman lama dan ada juga yang baru kenal disana. Tiba-tiba nih ya, si tokoh utama, ya si Daniel Radcliffe itu ketemu sama orang asing di warung sekitar dia nginep. Trus diajak beceritalah tu ya kalau ada sekelompok suku pedalaman dengan emas di sekitar mereka. Nah si orang asing ini ngajak pergi buat ngeliat suku itu. Pulang lah si Daniel ke penginapan dan cerita dengan teman-temannya. Ugh, ada yang langsung "skuy!" ada juga yang ragu berat. Singkat cerita, pigilah orang itu bertiga dengan orang asing tadi.

scene di film jungle saat mereka menyusuri sungai

Ini mirip banget sama lokasi kami.


Dan ini kami. hehe.

Awal cerita seru ini, liat hutan yang indah, jumpa sama penduduk desa dan salah satu temannya yang perawat juga bisa membantu masyarakat yang ingin berobat. Abis istirahat dari desa itu, lanjut lagi perjalanannya. Tapi, mulai aneh ni gak sampe-sampe. sementara kakik kawannya dah ada yang lecet parah karena kutu aer. Tepincang-pincang dan gak sanggup lah dia jalan terus-terusan. buat rakit lah orang itu. Rupanya si orang asing itu takut sungai, jadi besalah ngasih intruksi. Dah berantamlah orang itu jadinya. Tepisah jadi dua kelompok Si Daniel tadi sama kawannya yang sehat tetap naek rakit. Yang si orang asing sama kawannya yang sakit rencanya pulang aja (kalo aku ga salah ingat).

Rupanya, gagal juga si Daniel tadi sama kawannya. Kenak terjang aer bah, tepisah orang itu. Luntang lantung lah si Daniel di hutan berhari-hari (apa berminggu ya?). Dah ki kasih tau endingnya aja, Akhirnya kawan dia tadi bisa nemuin dan nyelamatin si Daniel yang udah kurus kering kayak zombie. Si orang asing sama kawannya yang sakit tadi? ilang.


Nah, garis besar dari cerita ini adalah ketemu orang asing-diajak travel ga jelas-bawa kawan-kena naas.

Aslinya cakep banget, cuma karena aku gak pande moto aja.

Gitulah yang kurasakan hari ini. Yah ini sebenarnya salah aku juga karena aku pergi di waktu yang mepet banget. jadi aku ada kenalan dari satu acara, trus diundang ketempatnya. Aku bilang iya nanti aku datang. Biasalah basa-basi orang indonesia. Tapi abis itu dia nge wa terus memastikan kapan aku bisa datang. wah ape nih pikirku, santai dulu ga sih bos. Tapi akhirnya, aku nekat pergi karena beneran mikir kalau ga sekarang bakal ketunda atau bahkan ga jadi. Dengan mengajak temen perempuanku dari suatu komunitas dan juniorku di kampus yang laki-laki kamipun pergi. Serius deh, ada titik dimana aku sangat bersyukur membawa juniorku yang laki-laki ini.

Lihatlah Boiga yang menggemaskan ini~

Orangtuaku udah bilang, kalau bisa pulang lebih cepat, aku pulanglah. tapi waktu aku nyampe ke lokasi yang dijanjikan dan ternyata kami telat banget dijemput. Abis itu, kami diantar sampai lokasi kendaraan terakhir bisa masuk. Aku sampaikanlah pesan dari ortuku untuk pulang lebih cepat. Terus dibilang "Gak, gak bisa!" Aduh, kaget bingit dong akika. Udah kadung disana, yaudahlah bismillah. dengan pesan aku harus pulang pagi hari di hari ketiga. 

ini Lulu. 

Selama perjalanan menuju lokasi camp yang ditengah hutan, aku mengakui bahwa ini lokasi yang seru abis. Cantik, masih alami banget, dan hewannya benar-benar banyak. Menginaplah kami selama dua malam disana. Dimana janjinya saat malam kami akan diskusi tentang kegiatan yang mau kami lakukan tapi obrolannya selalu ngalor ngidul kayak uwak-uwak di kede kopi. Eeeh abistukan, di hari terakhir pada saat kami mau pulang, astagfirullah lelet banget. Yang liat pohonlah, nyari orangutan lah, ngobrol sama pengunjung lain lah. udahlah aku kesel, pake acara hapeku kecebur di sungai. Hadeeh.

Sungai yang menyelamatkan hape ku di bebatuan. Syukurlah enggak hanyut jauh.


Sudah sampai di desa, aku sudah minta langsung pulang saja karena tau bus di hari libur pasti ramai sekali. Belum lagi karena kami selama 3 hari dua malam gaada sinyal, saat menelpon masing-masing orangtua kami semuanya menangis. mengira anaknya menghilang~ udah lihat adegan histeris itu, bukannya langsung bergegas mengantar kami untuk pulang, Eeeh di tahan lagi woy, kayak ga dikasih pulang. Ditunjukkin data yang dijanjikan akan dikasih kekami, tapi setelah hampir dua jam ngobrol apa yang terjadi? yak data itu enggak langsung dikasih. Aku ngerti sih alasannya. Cuma aku ngerasa ini jadi membuang waktuku banget. pas udah sampai desa pun masih lelet banget ngobrol ngeo-negonya sama masyarakat. Akhirnya kami diantar oleh beberapa anak muda setempat sampai ke tempat pangakalan bus. Kami sampai sektiar pukul 5 sore. Bus terakhir lewat dan udah penuuuh. Aku lemas seketika. Si orang yang ngundang aku itu datengin aku lagi tapi aku udah gondok segondok-gondoknya. Udah nyusahin, gak ngasih solusi, bertingkah menyebalkan pula. Akhirnya karena ada dua orang ibu lagi yang memang harus sampai Medan malam itu, jadilah kami charter mobil balik. Kira-kira perorang kami bayar 70 ribu kurang lebih. Okelah ya, its not a big deal. Cuma yang buat aku panik itu hape aku kan mati karena kecebur, sementara jam 4 pagi sudah harus ke Bandara. Aduuh, ga sempat dah tu mikirin gimana alat komunikasiku untuk 10 hari kedepan.


overall  ini petualang yang asyik sih kalau aku ga dikejar waktu.

 

Yang penting akhirnya aku udah sampai rumah pukul 11 malam, mandi dan ganti baju untuk berangkat lagi. Alhamdulillahnya nasibku ga sampe kayak film Jungle. aku dan kedua temanku masih selamat, sehat wal afiat.


Hikmahnya, terkadang dadakan memang akan jadi, tapi terencana adalah langkah yang sangat bijak dalam hidup. Kita selalu percaya kalau Allah akan menolong kita, tapi terkadang saat kita ngeyel atau melakukan hal buruk (mengarah atau melakukan maksisat), jangan heran itu jadi hari naas nya kita. Yah, kalau disini aku karena ga dengerin omongan orangtua sih hehe. Udah tau mau berangkat jauh ada aja tingkah.


Sekian ceritaku, semoga ada pelajaran yang bisa diambil. Ciao!