Hai gaes, kayak yang kalian tau akutu kerjanya di hutan. Dimana ada banyak musuh besar untuk kulit kita (hiks). Kalau dihitung, aku sangat aktif berkegiatan di hutan itu sejak tahun 2019 ya. sering aku dapatin komentar temen-temen yang bilang bahwa warna dan kondisi kulit ku yang terlihat diwajah ga terlalu berubah. Entah untuk menghibur atau memang kenyataannya begitu hehe.



Aku, sedang tarik ulur perasaan. eaak sedang bekerja.



Kadang sering juga dilihat aneh karena kehutan tetap bawa seperangkat skincare dan makeup. "Ngapain sih cantik-cantik? mau godain monyet?" kadang-kadang celetukan lucu itu sering terucap oleh rekan kerja yang hampir rata kaum adam. Cih, mereka mah cuci muka pake aer rawa juga tetep kinclong mukanya :')


Yah begitulah faktanya, kalau ke hutan atau bekerja di lapangan, kulit kita yang perempuan memang perlu perlindungan dan perawatan ekstra agar tetap seperti tidak apa-apa. (Apakah ini berarti takdir kita sebenarnya memang dirumah saja?).


Nah, di sini aku punya rangkaian skincare yang aku pake dan semoga cocok untuk kamu gunakan juga saat berpetualang. 


1. Sabun Mandi, Careso Hand and bodywash


Aku pertama kali ketemu sabun ini waktu event Medan X Beauty. Jangan ditanya prosesnya gimana kok aku jadi bisa beli ini. Nah sabun ini ada 3 varian, dan semuanya mengandung Eucalyptus. Eucalyptus + Whitemoss (ini yang aku pake), Eucalyptus + Spearmint, dan Eucalyptus + Vanilla. Kalau diketerangannya sih pengujian sabun ini non animal tested. Jadi mungkin itu yang ngebuat produk ini ga tau khasiatnya sangat luar biasa di hutan. Pokoknya kalau aku mandi pake ini, nyamuk dan serangga jahat lainnya terhempas manjah~ 

Ada satu moment yang buat aku makin yakin untuk selalu repurchase sabun ini. Bahkan ini aku sudah habis 3 botol plus nyetok 2 botol lagi. Jadi temen aku ditempelin pacet (haemodipsa sp.), terus aku ambil pake tangan, eh itu pacet langsung lisis alias rusak kulitnya. Wow aku amazed  dong.

Ketahanan efek dari sabun ini yang aku rasakan hanya 4-5 jam saja, jadi kalau engga ada waktu untuk mandi biasanya sabunnya aku larutin pake sedikit air lalu pake wash lap aku lap ke kaki dan tangan.

Harga : IDR 55.000-129.000 (tergantung diskon)


2. Sun Screen

Namanya kerja diluar ruangan, tentu kita terpapar banyak sekali sinar matahari. Sejak aku ngeliat foto supir truk yang wajahnya menua sebelah karena yang sebelah terpapar sinar matahari dan sebelahnya tidak, disitu aku semakin aware untuk selalu menggunakan sun screen.


baca artikelnya di sini : Photo of truck driver shows what 28 years of sun damage looks like

 Untuk ini sih aku serahin ke kalian coocknya dimana, dan yang pasti aku minimal memilih minimal SPF 30. Aku juga engga pake yang SPF 50 karena untuk beberapa jenis sun screen  ini dapat memicu komedo. Kalau untuk produk mahal sih banyak yang ngekalim produk mereka engga comedogenic , cuma sebagai pengguna yang sangat rutin pake sun screen, saya tidak sanggup dong sellau beli yang mahal. hehe.

Jadi aku pake merk Wardah SPF 30. Nah selama ini aku rasa yang paling berpengaruh buat muka aku tetep sama aja kalau dari lapangan dan lagi di kota adalah penggunaan sunscreen ini.

Harga : IDR 28.000-35.000 (Wardah SPF 30)


3. Toner

Lagi-lagi aku pake toner dari Wardah acne series. Toner ini fungsinya untuk memberikan kelembaban kulit wajah. Ini tuh aku pakai paling pertama sebelum Sun Screen. Kalau engga pake rasanya muka terlalu keset dan pori-pori aku kelihatan gede rasanya. Nah ada perbedaan cara pakai di aku. Kalau biasnaya toner ini ditaruh di kapas muka dan di tap-tap, aku pakai dengan cara aku pindahin ke botol sprayer. Udah, itu aja bedanya.

Harga : IDR 30.000 (Toner Wardah Acne Series)


4. Lip Balm

Bibirku enggak tipe cewek-cewek korea. Bahkan cenderung gelap, sampe-sampe ada yang nuduh aku udah merokok sejak jadi anak lapangan. Sembarangan, minta di teckle! Nah, usahaku ya sebatas selalu pake lipbalm baru di timpa liptint atau kadang lipmatte biar nampak cerah. Fungsinya lip balm ini supaya bibir gak gampang kering dan terkelupas juga sih. Karena suhu di hutan itu susah di prediksi. kadang bisa dingin banget, kadang panas meski enggak sepanas di kota.

Harga : IDR ± 28.000 (rata-rata segitu kan?)


5. Bio Oil

Ini adalah andelan ku untuk si kulit kentang. Soalnya kulit aku itu setiap luka pasti bekasnya lama sekali hilang. Contohnya bekas kena knalpot waktu aku TK, 20 tahun lebih, masih terlihat samar bekasnya. Apalagi sejak aku sering ke gores sana-sini di hutan. Maka penyelamat agar kulit ku 'keliatan' sedikit mulus adalah Bio Oil ini. Habis mandi, langsung balur kayak pake lotion.  Dan ini aman digunakan dihutan karena baunya enggak memancing serangga.

Harga    : IDR 142.000 (Bio Oil Skincare Oil 60ml)


6. BioTalk Calendula Salve

Terkadang kita ada nyentuh yang aneh-aneh kalau dihutan. Kegesek jenis daun yang bisa buat gatel-gatel atau kondisi tanah, air yang enggak cocok sama kulit kita. Nah, salep ini paling ampuh untuk segera mereakan gatel-gatel di berbagai kondisi tersebut. Biasanya ini di pake untuk orang eksim.

Harga : IDR 155.000 (pilih yang asli, soalnya ini tiruannya banyak banget!)


7. Minyak Herba Sinergi dari HPAI

Ini tuh paling enggak bisa aku tinggal... kadang di gigit semut berbisa, atau juga aku pernah dicokot ular (non venom)... aku balurin dan aku bungkus perban satu malaman. Alhamdulillah anaknya masih ada sampe sekarang sehat sentosa. 

Ini juga aku pake waktu kepentok sampe membiru, kasih minyak ini wush~ sakitnya Insya Allah segera hilang dan bisa melanjutkan kegiatan


Harga     : IDR 35.000 (100ml)


Itulah skincare yang bisa aku share ya teman-teman, semoga juga cocok di kalian. Kalau di aku ini udah paket komplit. Sebagai tambahan, aku juga selalu bawa Vitamin C Kapsul (diminum saat terasa pegel mau demam), CTM Tablet (aku minum saat biduran atau alergi ikan kambuh), Paracetamol/Amoxilin (diminum seagai pendamping obat lain) dan Bodrex (saat sakit kepala). Aku juga selalu bawa botol madu, garam, betadine salep. Kalau ini kayaknya aku harus buat postingan sendiri ya?


Oh iya, kalau sudah lebih dari 5 hari didalam hutan, kadang aku minta kopi buat aku jadiin masker wajah hehe. Terus aku bawa oat sama minyak herborist buat dijadiin lulur dadakan. Ini makenya harus hati-hati biar enggak kecium semut dan serangga lainnya. serangga tuh suka banget wangi-wangi menyengat. Jadi jangan pake parfum kalau lagi kehutan ya!


 Oke see ya in forest, have fun and stay glowing!