5 Pekerjaan Yang Bersentuhan Langsung Dengan Hutan

by - Jumat, Juli 16, 2021

Hai, sobat! kali ini aku mau cerita nih tentang kerjaan apa aja sih yang bisa dilakukan di hutan? Atau pekerjaan apa sih yang bisa dilakukan sambil jalan-jalan di hutan? soalnya, teman-teman ku sering nanya tuh "Iyah di hutan ngapain sih?" "Iyah sering kehutan itu, kerja?"

Yak, mungkin tulisan singkat yang aku bagikan kali ini bisa menjawab sedikit rasa penasaran kalian ya!




1. Patroli hutan / Ranger

Ini adalah pekerjaan yang gak akan bisa kamu lakukan sendiri. Pekerjaan ini harus pakai tim yang mengandalkan kekompakan, ketahanan fisik dan tahan untuk jauh dari keluarga. Karena, sekali masuk ke dalam hutan, kalian harus berjalan di dalamnya sesuai rute yang telah di tentukan selama kurang lebih 2 minggu. Kalau di wilayah Taman Nasional Gunung Leuser, aku sering mendengar cerita bahwa mereka bisanya masuk dari hutan wilayah Sumatera dan berjalan kaki selama beberapa hari dan taraaaa, keluar di wilayah Aceh.

Kerjanya Patroli hutan ini ngapain sih? sesuai dengan namanya, mereka patroli. mereka masuk hutan untuk memeriksa kondisi hutan. apakah ada orang jahat yang melakukan illegal loging (menebang kayu hutan diwilayah yang dilarang/ tidak izin) atau ada perangkap yang dipasang oleh pemburu, memeriksa adakah jejak hewan yang hampir punah atau populasinya tinggal sedikit sehingga nantinya laporan itu dijadikan acuan untuk memberi penjagaan lebih ketat di wilayah tersebut.
Apakah tim patroli bisa menangkap penjahat di hutan? sayangnya gak bisa :( mereka hanya bisa mengumpulkan bukti dan mengirim pesan lewat telepon satelit (karena di hutan susah sinyal) kepada penegak hukum wilayah tersebut.

O iya, bahasa ranger sering di salahkaprahkan sebagai pemandu wisata alam. Padahal dalam bahasa inggris, ranger ya artinya penjaga hutan.

Bagaimana cara menjadi tim patroli hutan? Biasanya setiap taman nasional atau ngo punya nih timnya :) jadi lihat aja lowongan yang ada dari Instansi yang bersangkutan.


2. Guide Lokal

Kalau kita berjalan-jalan untuk berwisata atau sekadar trekking untuk menghirup kualitas oksigen terbaik langsung dari sumbernya pasti kalian akan ditawari untuk menggunakan jasa guide. Nah, menjadi guide lokal ini biasanya masyarakat yang tinggal di areal wisata alam. Mereka sudah paham seluk beluk daerahnya dan biasanya juga sudah dibekali pengetahuan perihal penjagaan alam. Jadi selain menemani pengunjung, guide juga bisa memberikan informasi tambahan yang bermanfaat untuk kita.

Cara jadi guide? Biasanya sih pemuda setempat yang lahir disana diberdayakan. Kalau enggak lahir di situ? tinggal di lokasi wisatanya yang lama~




3. Peneliti

Menjadi peneliti biasanya identik dengan laboratorium, buku-buku dan berdiam di suatu ruangan. padahal, banyak sekali loh peneliti yang untuk mengumpulkan data-datanya mereka harus 'jalan-jalan' di banyak tempat. Seperti peneliti arkeologi, kehutanan dan biologi. Para peneliti akan mencari sesuatu lalu menyimpulkan hasil penelitian mereka dengan data-data yang ada. Banyak sekali penelitian yang dilakukan di hutan, tentang tumbuhan, hewan, konflik manusia dan satwa di sekitar hutan, produksi karbon, kualitas oksigen dan banyaaaak lagi.

Biasanya yang bisa meneliti ini dosen, atau mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir, tesis dan disertasi. Tentu aja penelitian ga selesai dalam waktu 2-3 hari. Biasanya bisa beberapa minggu sampai Berbulan-bulan :D




4. NGO/LSM Lingkungan

Nah, kalau tadi udah ada para ranger yang berpatroli dengan tim berasal dari NGO, ada juga tim lain yang langsung terjun tapi bukan untuk berjalan jauh. biasanya, tim-tim kecil lainnya ini ada untuk membimbing masyarakat sekitaran hutan dan juga untuk membantu mempercepat pemulihan hutan.




5. Polisi Hutan

Namanya juga udah polisi, jadi tugasnya lebih untuk penegakan hukum. Kalau kita di hutan ketemu illegal logging, pemburu, atau penjahat lainnya yang merusak isi hutan, kita ga bisa main hakim sendiri. harus bawa pak polisi hutan. Biasanya, polisi hutan juga mendampingi kegiatan-kegiatan di hutan. Mau jadi polisi hutan gimana? Daftar PNS dan lamar polisi hutan :D oiya, cewek juga boleh lo~




Oke, kayaknya ini aja sih yang bisa iyah bagikan. Mungkin ada lagi yang tau pekerjaan apa lagi yang tinggal di hutan, bisa tulis di kolom komen ya~ Sebenarnya kayak fotografer alam juga bisa, cuma gimana ya, apa itu pekerjaan pokok?




Buat penutup, kerjaan iyah yang nomer 4. Sedang mengejar bisa jadi nomer 3. Hehe.




Gajah besar makan pepaya, See ya!

You May Also Like

0 komentar

Your word can change the world! you can be left a comment on my post :)