Smart Magz, Salah Satu Yang Berpengaruh Dalam Hidupku

by - Rabu, Mei 15, 2019

Dulu, saat aku baru saja selesai SMP. Baru tamat dan bahkan belum menetukan mau ke SMA apa, Kakakku yang masih berkuliah di Ilmu Komunikasi USU menawariku untuk mengikuti salah satu kegiatan yang di mulai oleh seniornya. Awalnya aku gak ngerti gitu, tapi karena aku adek yang patuh sama kakak, datanglah aku ke bawah tangga perpustakaan USU. Kalau tidak salah itu hari minggu.

Aku tidak terlalu ingat siapa-siapa aja yang hadir di kala itu. Yang pasti ada bang Hanan dan adiknya Ozan, ada bang Huda, ada Beby kalau enggak salah doi yang sekolah di prime one school? ya pokoknya anak-anak yang sudah tau sekolah dimana karena rata-rata mereka bersekolah di swasta. sementara aku waktu itu pengennya masuk SMA 5, tapi gak jadi hehe.

singkat cerita, aku terlibat sejak edisi pertama smart magazine dan menghiasi covernya soal mos dan profil sekolah ku. oiya, ini foto-foto lama yang ku dapat. cover pertamanya entah mana padahal itu gambarnya lumayan lucu menurut ku.



Di edisi kedua, mulai bermunuculan para wartawan remaja baru. kalau enggak salah disitu ada kak wiwid yang baru baru ini setelah sekian tahun jadi penyiar di salah satu radio hits kota medan akhirnya hijrah ke salah satu perusahaan fashion di jakarta. terus ada yang baru aku temui, kak diayu yang sudah menikah dan punya satu anak yang lucu (aku liat di facebook kak hahah) sempet malu juga karen agak gak kenal akunya. malu akutu maluu. ada bang Jo, ada bang franky yang kata kak diayu doi sekarang sudah jadi polisi! ozan yang sudah melanglang buana, dan bang arif apa kabarnya ya? terus kak shanaz yang dulu ceweknya bang hanan terus kabar terakhr sakit dan ternyata kak anaz temen sekelasnya kak funy tehpocii aka belum buncit. waah dunia sempit sekali pemirsah.

salah satu komik ku dulu di smartmagz :D


Aku banyak banget belajar selama di smartmagz. terutama soal menulis. kalau aku yang dulu melihat tulisan aku yang sekarang pasti bakal di kemplang haha. karena aku ngerasa tulisan aku masa SMA jauh lebih bagus dari sekarang. wajar juga nilai bahasa indonesia ku gak pernah di bawah 95 dulu. karena materinya di cekoki terus setiap jumat sama bang hanan dkk :'D


Dulu juga ada kelas di setiap bulannya soal menulis, fotografi, mengundang bang ais pesulap yang dulu ngehits juga di medan dan sekarang udah jadi dokter! kami di libatkan jadi panitia, dapat banyaaaak banget kenalan teman baru di kota medan. dasar aku dulu 'agak' minder karena sekolah SMA ku bukan sekolah favorite dan tidak elite aku jarang gitu ngobrol sama yang lain. Paling aku suka nempelnya sama temen-temen dari darma pancasila, ada kak dara, kak dita dan kawan kawan, ada bang egi duh sekarang dimana ya?




Kami para reporter smartmagz merasakan bagaimana kami di terima sebagai media di acara-acara ngehits di kota medan. nge gigs dll. dulu jamannya masih bbm, gak terlalu gila kali sosmed sekarang. bahkan kak wiwid sam abang apa gitu pernah ngeliput nungguin artis sampai jam 2 malam!


salah satu cerpen yang ku buat dan aku yang buat ilutrasinya ahahaha
Aku dulu selain menulis artikel yang bolak balik kena revisi dari editor haha bahkan pernah tulisan ku di rombak abis susunanya sama bahasanya id ganti disitu aku sediiih banget. motto ku dulu jangan sampai tulisanku di obrak-abrik editor hahaha. gaya!
:)
jadi selain nulis artikel, aku juga ngisi ilustrasi dengan gambarku yang jelek.... dulu cara aku ngerjainnya, aku gambar di hvs, terus aku scan dan... aku editnya di paint. iya sodara sodara, aku sampai SMA kelas 2 belum ngerti-ngerti banget photoshop :D

buat ilustrasi dari cerpen kiriman pembaca
Dan dulu,majalah ini cukup hits di seantaro SMA kota Medan. Bahkan, waktu itu banyak temen aku yang membayar untuk berlangganan majalah ini. Sebenarnya ini di bagikan gratis ke sekolah-sekolah. Betapa cuek nya aku dulu, aku gak nanya loh darimana biayanya dan sebenarnya dulu smartmagz ini buat apa repot-repot di buat? Apakah ini PKM? atau tugas akhir abang-abang sekalian? sampai hari ini aku gak tau :)
Untuk menghasilkan tulisan yang baik tentu harus banyak membaca. begitu pula kami dulu. kami rajin mencari tau dan membaca apa sih yang sebenarnya lagi ngetren di kalangan kami? terus kami bakal ceirta dengan ceria ke abang-abang pengurus. lalu kami bakal di kasi tau tema apa yang sebenarnya mau di bawakan di bulan ini.

 
Tapi, setelah setengah tahun, entah kenapa aku ngerasa mulai ada yang gak beres. mungkin pada sibuk kuliah... (btw aku gak pernah tau kapan orang abang-abang itu wisuda loh dulu tiba-tiba udah nikah aja ahaha) waktu itu bang hanan di gantikan kak anaz dan berikutnya kami makin ....... em gimana ya bilangnya, pokonya ada di terima reporter bacth kedua dan setelah itu malah vakum :( sempat merayakan satu tahun SmartMagz sih, sayang hanya bertahan selama 1,5 tahun dengan 12 edisi kalau enggak salah. Edisi terakhirnya itu covernya kak cut dari DP hahaha. aku masih ingat. dan setelah itu tidak ada salam perpisahan... 

Setahun kemudian, mau di coba lagi dengan portalpelajar. gak tau kenapa, gak hidup juga.
 
yah, semoga tulisan ini dapat mengobati rindu deh. sebenarnya ini ada di draft blog tahun 2013 cuma hanya foto-foto ini. jadi ni aku mau ngurangin draft dan aku tulis deh ini hehehe.

jadi siapa anak medan dan masih SMA di tahun 2011-2012 tapi ga tau Smart Magz? 


((Bonus))
ini majalah khusus sekolah ku saat SMP btw. hehehe.


You May Also Like

1 komentar

  1. Waw kali punya pengalaman gini.

    Seumur-umur aku cuman nulis di mading sekolahan. Itupun seminggu kemudian ilang. Bukan karena abis masanya melainkan dirobek sama entah siapa. Kasian aku tuh!!

    BalasHapus

You word can change the world! you can left a comment on my post :)