Sabtu, 01 Agustus 2015

8 Tipe Pemain Catur

8 Tipe Pemain Catur- Main catur itu lihat lawannya tipe pemain yang gimana. dan gimana juga tipe permainan kamu. yuk ah di liat!

1.Tipe GrandMaster
Tipe ini mainnya serius. Strategi tersusun rapi. Matanya menatap tajam sampe lawannya jadi kebelet pipis dan merinding disko. Tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama dalam menggerakkan pionnya. Gerakannya sangat tegas namun hati-hati. Ga sampe 10 langkah,bahkan pion si lawan belum gerak semua tiba-tiba udah skak mate. Kampret.

2. Tipe GrandMaster ala Warkop

Permainannya berdasarkan pengalaman di warung kopi atau pos KamLing. Gayanya santai dengan satu kaki di angkat ke kursi dan secangkir kopi di sisi kanannya. Mainnya sambil ngobrol ngalor ngidul sama lawannya. Ngomongin politik sampe uang sekolah anak yang naek. Susunan caturnya agak beserak tapi tetap memiliki peluang besar untuk menang. Kalau sudah kejebak akan lama terdiam untuk berpikir. Dan tiba-tiba memnyerang lawannya langsung skak mate. Kampret.

3. Tipe agak Grandmaster

Biasanya tipe ini baru belajar teknik-teknik catur. Terpaku pada teori sampe-sampe bingung sama langkahnya sendiri. Agak susah buat men skak mate lawan. Paling ujung-ujungnya remis. Paling jago stale mate lah. Tapi kalau sudah sering latihan bisa jadi lawan berat.

4. Tipe Deking

Kalau ada orang lagi main catur,orang ini bakalan ada buat jadi deking yang ngarahin permaian salah satu lawan. “alah,kok itu yang ko gerakkan. Kuda kau rawan itu, roker aja raja kau dulu. Awas,mau nyekak dia bentar lagi. Kasikan aja pion itu, tenang gak prenya itu. Kita serang pake kuncung abis tu.” Dan sekian banyak komentar lainnya. Nyebelin sih,ganggu konsentrasi yang main. Tapi giliran dia yang di ajak main jawabannya bakal.... “ah,aku gak jago-jago kali, pasti kaulah yang menang”. Kampret.

5. Tipe Gak Mau Kalah
“Skak Raja atau benteng hilang”, “eeeeeeeehhh kayaknya tadi aku salah langkah deh,kok bisa skak sekali dua ya? Aduuh,coba ulang dua langkah sebelumnya, ya?ya?”

6. Tipe Nyerah
Dia jatuhin rajanya sendiri.

7. Tipe Pelatih
Manusia tipe ini sebenernya jago main catur. Tapi dia lebih suka ngelatih orang yang main sama dia. Kalau misalnya kita salah langkah dan membahayakan diri sendiri, dia sebagai lawan akan bilang, “Ganti aja yang lain yang ko gerakin, nanti kalau aku majukan ini kau gawat”. Kadang dia juga mau ngasih poin misalnya main tanpa benteng atau main tanpa mesa dia. Ujung-ujungnya tetap dia yang menang sih.

8. Tipe 3S (Sangat Serius Sekali)
Dia bakal melototin papan catur sambil di kepalanya berpikir apa strategi selanjutnya. Dia bakal membuat sebanyak-banyaknya spekulasi kemungkinan gerakan lawan. Dan berapa langkah dia bakal menang atau bagaimana cara dia bertahan dan membandingkan setipa untung rugi kehilangan pionnya juga harga yang harus di terimanya. Pokoknya smeuanya harus di rencanakan dengan benar-benar matang. Dan akhirnya lawannya bakal bilang “eh,gue pulang ya. Lo lama banget mikirnya.” Dan dia jawab, “Lo?giliran aku ya?”

Yang mana tipe kamu saat main catur? :D

*****

Iyah pertama kali belajar main catur kelas 1 SMP. Di ajarin sama adek kelas 5 SD. Namanya Filia. Iyah sering nongkrong di perpus, dan Filia juga. Pas dia ngajak maen catur Iyah ketawa bilang gak bisa. Trus dia ngajarin dasar-dasarnya sesabar mungkin. Dan akhirnya iyah bisa maen catur sama Filia. Setelah sering main sama Filia di perpus, temen sekelas namanya Taufik ngajak tanding catur dan gak tau gimana ceritanya jadi berguru catur ke dia. Haha. Mungkin karena dia kasian liat Iyah mainnya sama anak kecil kali ya. Wkwkwk.

Teknik skak jerat babi (istilahnya gitu lo). Permainan 4 kuda. Main pake setengah papan catur. Cara main tanpa Mesa. Menghindari kena langkah kuda. Dll. Taufik yang ngajarin.

Setelah beneran bisa baru deh belajar sama Ayah dan di beliin papan catur. Dan sampe sekarang satu-satunya permaian yang iyah halalkan di HP (setelah janji sama diri sendiri ga main game di HP) Cuma catur. Aduh,guru kecil Iyah dulu,Filia apa kabar ya? Ga ada kabarnya lagi. Taufik juga apa kabar ya? ga tau deh pada SMA dan kuliah dimana. :’D - end, 8 Tipe Pemain Catur

7 komentar:

  1. Mbaknya suka main catur ya juga ya?
    Aku malah ga bisa. Bingung lian mereka main. Mungkin butuh orang yg tipe pelatih hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya suka :D biasanya laki-laki banyak yang bisa catur lo mas,hehe

      Hapus
  2. Kalo aku sih tipe Grand Master dan Grand Master ala Warkop :p
    Kalo lawannya mau ngajakin serius (diem), ya serius. Kalo biasa-biasa aja, biasanya pake tipe Grand Master ala Warkop :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. asek, berarti jago dong. kalo ketemu main catur yuk!

      Hapus
  3. awak dulu belajar sama bapak dirumah,, awalnya main asal"an sama temen,, trus diliat jalannya gk bener,, dikasih tau deh sama si bapak,,, akhirna bisa sampai sekarang.,,

    ehh iyahh,, ada niat main catur kah ma awak :D *SenyumLicik wkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu saja pembalasan iyah bang. *pasang iekt kepala* *latihan*

      Hapus
  4. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Permainan Catur
    Silahkan kunjungin web kami http://chess.gunadarma.ac.id/ kami menyediakan beberapa artikel mengenai permainan catur.

    BalasHapus

You word can change the world! you can left a comment on my post :)

Find Me On G+

Mahdiyyah Ardhina (2016). Diberdayakan oleh Blogger.

Follow Me :)

Google+ Followers