Hai Assalamualaikum,
Hari ini iyah ngetik postingan blog ini dengan keyboard portable dan tablet disebabkan laptop sudah tidak dapat diajak kerjasama seperti jaman daholo kala. Iyah sedih karena gak bisa gambar pake mouse pen, lah iyah, pake tablet kan bisa gambar? huwewewe kalau kamu seorang digital artis pasti kerasa beda feel nya gambar pake mouse pen. kek ada rasa rasa gimana gitu sensasinya hihi. Sebenernya lebih ke kenangan perjuangan iyah belajar make mouse pen sih :') tapi dibanding cerita sedih iyah sejak awal paragraf ini, lebih sedih lagi karena komik webtoon kesukaan iyah, 304SR harus tamat gak jelas karena drama author felicia huang! huwewewewewewewewewewe

Fyi, sebagai seorang penikmat seni yang normal (garis bawahi, bold, italic, ukir kalo bisa) ya iyah harus menekankan kata-kata normal disini. karena rata-rata penikmat seni gratisan banyakyang gak normal. Ya iyah mengenal nama Felicia Huangsebagai author 304SR sejak jaman di challenge webtoon dengan komiknya claas  break (udah gak ada lagi, udah di hapus pihak webton dan gaada re-uploader nya) dari sana iyah udah kagum banget sama gambarnya 'cece' Felicia Huang ini. sampe-sampe ragu, seriusan nih author dari indonesia? masa iyah bisa kecolongan komikus se kece ini? kemana aja gue? berhubung iyah udah merasa mengenal banyak komikus indonesia mulai dari legend sweta kartika, annisa nisfihani, dini marlina, alex irzaqi, faza meonk, etc etc etc, eh lupa, bang dodi komikusnya digidoy dari medan, hehe.  Terus Felicia Huang ini siapa...? gak mungkin gambar sekece dannyaris setara sama park taejoon komikusnya lookism baru pertama kali menyebarluaskan komiknya!

Well, senormalnya lo kepo sama orang tentu yang pertama kali dilakukan adalah googling nama beliau. Iyah googling, gak nemu riwayat apapun dalam kehidupan perkomikannya selain 304SR. Akhirnya iyah nyerah, tanpa membuat hipotesaaneh-aneh tentang kehidupannya Felicia Huang. Bahkan, kepikiran kalau itu bukan nama aslinya aja enggak....

Sampai akhirnya di Instagramnya webtoon.id ada gambar doi dan di tag keakun ig-nya @real__hy ngeliat user namenya, iyah mikir "ooh... k-popers toh. mungkin dulu suka buat artwork bias nya dan komik fan fict nya kali ya makanya iyah gak kenal...." see? iyah selalu postif thinking dulu sama orang-orang yang gak iyah dekat.

Udah tau ig-nya, udah follow, yaudah, nikmatin aja gambar-gambar 'cece' Felicia Huang. Dan terus ngikutin cerita Descya, Dirga, Reihan, Bejo, Juna, Pak Zam, Laoshi Yanjie, etc etc etc, meskipun sering banget hiatus nya. Berhubung bukan obsesi sama manusia, iyah gak spesial ngecekin akun ig nya dia. Pas dia buat stories ya awak tengok, postingan dia ada di timeline ya awak bukak. kek gitulah, normal-normal aja, liat komen di ig dia, di webtoon dia ya normal. dan dia buat iklan merchendise nya 304SR di IG nya ya normal, meski beberapa kali Iyah liat distories nya dia bilang susah nyari percetakan bagus, banyak barang pesanannya dia yang 'fail' dan yang dimaksudnya gagal itu karena cetakannya meset dikiiiit aja. 'oh, wajar sih dia perfeksionis, keliatan juga dari gambar-gambarnya yang cantik dan detail' pikir iyah. pengen dulu beli merch Dirga dkk, tapi mengetahui harga gancinya aja di banderol 25 rebuan satu, saya tau diri mak'e....

Then, saking seringnya webtoon 304SR hiatus, jadi kayak gak terlalu menunggu-nunggu dan kecarian gitu tiap update malam sabtu. dan akhirnya.... setelah berminggu-minggu 'cece' Felicia Huang UPDATE! DENGAN JUDUL PREVIEW EPILOG!

YAAAAA LORRRD GUA KETINGGALAN BERITA APAAN YAAAK? APA YANG GUA TINGGALKAN? EMANG GUA BERAPA ABAD GAK NGIKUTIN  304SR???!!!

calm down iyah.... calm down....

Pelan-pelan iyah baca episode aneh itu.... 4 tahun berlalu dari karantina OSN si Descya nikah sama Juna. Hah? sorry? ini komik 304SR kan? yang gaada romancenya, yang banyakan kritik sosial ala komik dan komedi kan? yang alurnya detail banget, rapi dan dan dan dan...huwe...... ini author udah kejedot apaan dah huwe.... padahal si 'cece' sendiri yang nyindir popularitas webtoon romance lebih tinggi karena pembaca lebih suka adegan adegan baper baperan.

Lalu beranjaklah iyah liat komentarnya, kebanyakan suruh dia  berentiin drama hidupnya yang ngeluh sakit lah, ngeluh cuci darah, ngeluh masalah keluarga, prestasi-prestasinya mentor OSN, di terima pramugari Qatar Airlines.... semuanya ternyata bohong termasuk nama aslinya...

Men, gue sedih banget, sama orang gak dikenal dangak punya masalah apapun sama dia, hanya sekadar ngefans sama karyanya rasanya sediiiih banget tau kenyataan dia.

Seriusan Iyah gak perduli latar belakang orang dan masa lalunya  selama karya dia layak dihargai :')

Iyah googling nama Felicia Huang di google ternyata udah banyak sejak 8 januari berita dia yang nipu (gak tau sih termasuk nipu apa gimana, soalnya barangnya ada cuma dia manajemennya aja yang jelek sehingga gak ada pendataan siapa aja yang mesen) dan dasar netizen indonesia yang jempolnya cepat banget ngepoin orang, ketahuan lah kasus merch 304SR ini bukan yang pertama kalinya, tapi dia juga buat open comission, desain, dll sejak tahun 2012 dan gak di selesaikan sama dia padahal udah kerjasama dengan plaftrom gede. Caranya dia menghilang, ganti nama, terus main lagi dengan karya-karyanya di platfrom yang lain. Tapi jagonya beliau, dia mampu ganti-ganti style gambarnya sehingga orang gak terlalu ketara dia dengan nama lainnya adalah orang yang sama. 

Dan dia ternyata bukan orang tionghoa...

Iyah gatau kenapa bisa beliau begitu... ya semua orang juga pernah salah sih, ga mungkin ga pernah khilaf, tapi klo udah salah, lalu kabur, buat salah lagi, kabur lagi... gimana ya.

Cari duit sekedar buat jajan-jajan didunia gambar emang termasuk mudah sih, jujur aja karena gak semua orang punya skill yang sama.

Oh astaga Iyah ga tau mau nulis apalagi. Sebenarnya ini lebih ke bentuk kekecewaan kenapa 304SR harus tamat ga jelas... pengen nawarin diri mau ambil alih ngelanjutin tu komik (khayalan yang muncul saking kecewanya) skill dan juga waktu juga belum ada.

Untuk Author 304SR entah siapapun nama aslimu.... entah apapun ras mu... entah apapun agamamu.... entah berapapun umurmu.... kali ini jangan kabur, selesaikan masalahmu dan kembalilah ke dunia perkomikan indonesia... skill mu terlalu berharga untuk sebuah masa lalu yang bisa di perbaiki :( mungkin orang nantinya gak percaya sama jualannya, tapi kalau karya siapa yang bisa memungkiri?

Sekian, curhatan kali ini ditutup dengan jari yang pegel karena keyboard nya kecil dan amit-amit jangan sampe iyah kena CTS. Selamat malam senin, selamat menjumpai kesibukan esok hari! be produktif!