Misteri Lubang Ular di Atas Makam Kuburan -Menjelang puasa, masyarakat indonesia memiliki tradisi berziarah atau nyekar ke keluarga-keluarga yang lebih dulu berpulang. Walaupun tak ada anjuran nyekar dalam islam karena takut musryik, sebenarnya banyak hal yang dapat diajarkan apalagi kepada anak-anak yang sudah harus dipahamkan kehidupan.

hari ini (15/6) iyah, Tulang-Tulang(Paman-paman dalam bahasa batak) dan sepupu-sepupu mulai dari yang umur 3 tahun sampe umur 23 tahun pergi berziarah ke makam unyang/opung, atok/kakek dan beberapa keluarga yang lebih dulu berpulang.

Gambar hanya ilustrasi.

Begitu sampai kami langsung membersihkan makam-makam yang mulai ditumbuhi rumput liar. Tulang pudan (paman bungsu) menjelaskan pada kami "kalian lihat, siapapun kita, kelak akan bersama rata ditanah ini. di sini sebelum amal di hitung kita sudah menadapat keistimewaan ataupun azab di dalam kubur ini. dan lagi orang yang sudah ke alam barzah takkan dapat berinteraksi lagi dengan kita." penjelasan tulang yang lugas mengajarkan kami pemahaman bahawa hidup di dunia ini akan berakhir di kubur. dan juga yang sudah pergi tak ada menghantui ataupun gentanyangan.

Setelah bebersih kami baca yasin. namun karena iyah kepo,belum selesai baca yasin iyah sudah tanya-tanya tulang siapa saja keluarga yang di kubur di pemakaman umum siantar ini. Beberapa keluarga di kubur berdekatan namun ternyata ada yang jauh dikubur di sisi seberang pemakaman. Namanya kakek Selasa. Di beri nama Selasa karena beliau lahir hari selasa dan meninggal saat belum sempat di berikan nama. karena penasaran iyah minta tulang ke kuburan kakek selasa itu. kami melewati banyak sekali kuburan (yaiyalah namanya di kuburan). iyah melihat-lihat juga nisan-nisannya. barangkali ada nama yang cantik dan bagus. hehe. sampai akhirnya iyah terpaku sekitar tengah pemakaman. tulang menunjuk ada kuburan yang berlubang...

iyah mengintip lubang itu. ternyata lubang itu dalam sekali karena tak kelihatan dasarnya. iyah bertanya kepada tulang kenapa bisa ada lubang sedalam itu. saat itu iyah tidak berpikiran aneh2. "mungkin sarang ular. ular yang bikin lobang di situ iyah." jelas tulang sambil kami terus berjalan. "lubang ular...?" gumam iyah.

dan lubang itu ada di bagian nisan kepala.

aduh iyah bingung bilangnya, pokoknya posisi lubang itu di kepala kuburannya. iyah terhenyak. deg deg deg gitu.

sambil terus berjalan mencari kubur kakek Selasa iyah memperhatikan ada satu-satu kuburan lainnya yang memiliki lubang lurus ke dalam kubur tersebut. astagfirullah al adzim...

entahlah kalau itu siklus alam yang biasa bahwa ular termasuk dekomposer bersama cacing dan bakteri yang mengurai makhluk lain yg telah mati.

pada akhirnya kuburan kakek Selasa ga dapat. kata tulang Godang (Paman tertua) yang tinggal di siantar, kuburan kakek selasa sudah di timpa dengan kuburan baru orang dewasa.

Mungkin pengalaman ini menambah pemahaman dan kesadaran iyah untuk selalu berbuat budi yang baik semasa di dunia.

Mungkin juga ini karena kebanyakan nonton rahasia illahi.

wallahu allam
***********
setelah pulang iyah cerita-cerita sama tulang-tulang lainya. salah satu tulang ada yang bilang *kok ga di senter pake hape lubangnya iyah?"


HIYYY, Gak lagi-lagi deh penasaran sama Misteri Lubang Ular di Atas Makam Kuburan...