"Kalau kuliah di kedokteran nanti jadi dokter, kalau di arsitektur nanti jadi arsitek, kalau di Hukum nanti jadi pengacara. nah di biologi jadi apa?"

Halo para makhuk chordata..

Biologi, adalah salah satu mata pelajaran yang kita dapat sejak SMP. dan saat SD pun, biologi itu sudah ada di pelajaran IPA/SAINS. Saat SMA pun buat yang masuk IPA tentu biologi tidak asing lagi. nah saat di Universitas, kita mengenal adanya Jurusan Biologi Murni. 

Kita selalu berpikir kalau jurusan di bangku kuliah itu adalah jurusan yang langsung menjurus kepada pekerjaannya. misalnya ya kayak kedokteran yang jadi dokter, keperawatan yang jadi perawat, ilmu kebudayaan jadi budayawan, farmasi ya jadi apoteker. sedangkan matematika,fisika,kimia,biologi hanyalah sebuah mata pelajaran atau mata kuliah yang dipelajari untuk mendukung mata kuliah itu. tentu saja di semester satu buat jurusan eksakta akan mempelajari 4 ilmu wajib itu. 

Then, the question is: mau jadi apa Lulusan sarjana Biologi ini?


Mari kita telaah dari arti biologi.

" Biologi adalah ilmu alam yang mempelajari kehidupan dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya.[1] Ilmu biologi modern sangat luas dan eklektik, serta terdiri dari berbagai macam cabang dan subdisiplin. Namun, meskipun lingkupnya luas, terdapat beberapa konsep umum yang mengatur semua penelitian, sehingga menyatukannya dalam satu bidang." -Wikipedia

See? we learn all about this world!

hampir semua aspek kehidupan di pelajari, tentunya bukan setengah-setengah. tetapi secara mendalam.
Tujuan dari jurusan ini tentunya bukan menjadi guru biologi. karena kalo mau jadi guru tentunya yang diambil adalah jurusan biologi pendidikan. sedangkan Biologi Murni ini tujuannya adalah menjadi PENELITI / SCIENTIST.

Suka kepo dengan hal apapun?suka melihat sesuatu sampai detail? suka penasaran dengan fenomena? Nah,maka kamu berpotensi menjadi peneliti.

tapi bukan jadi peneliti hati gebetan ya.

What the meaning and function of scients?

Guys, kita sekarang telah tau bahwa bumi kita sudah semakin rusak. Tidak hanya alam, manusia pun tubuhnya semakin rentan akan penyakit. semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat banyak orang semakin lalai dengan dunia nyatanya. nah, untuk itu di prediksi 5 tahun kedepan para ilmuwan akan di tuntut untuk meneliti serta menemukan inovasi-inovasi baru untuk tetap menjaga keseimbangan bumi ini.

Nah, ini saatnya para peneliti muda harus lahir!

selain itu orang biologi juga dipakai di tim forensik, dipakai didunia industri, dan banyak lagi yang membutuhkan produknya untuk diteliti. ada juga peneliti sekaligus dosen~

sekarang Iyah mau cerita bagaimana Kehidupan Kuliah Di Jurusan Biologi
  
SEMESTER 1-2

Begitu kamu masuk di semester satu, kamu akan mendapatkan matakuliah yang tak jauh berbeda dengan matapelajaran pada jurusan IPA umumnya. kamu bakalan mendapatkan kembali pelajaran Biologi dasar (sudah pasti!), Fisika dasar, Matematika dasar, Kimia dasar,(yang berikutnya kan di singkat dengan Biodas,Fisdas,Madas dan Kimdas). Lalu juga ada mata kuliah PKN,Ilmu Sosial dan Budaya (ISBD) serta Agama yanga hanya di pelajari di semester 1 ini saja.
di sini kamu akan menemukan 3 buah laboratorium yang wajib kamu masuki setiap minggunya. Lab Fisdas,Biodas,dan Kimdas. dengan hari yang berbeda-beda tentunya.

Semester 2 akan ada yang matakuliah yang lebih menjurus. dan kamu juga akan kembali menemuilaboratourium yang berbeda.

SEMESTER 3-4

Di kedua semester ini adalah tahun paling melelahkan (kata senior iyah). karena selain ada 5 lab yang akan di masuki dalam waktu satu minggu, ada juga namanya PL alias Praktik Lapangan. ada PL pantai,PL Hutan, dan PL Malam. di PL inilah uang kamu akan mengalir dengan sederas-derasnya. uang untuk perjalanan,makan,dan alat praktek pribadi. oh iya, saat PL malam, itu artinya kamu akan nginep di kampus. dan besoknya kamu tetap akan ada kuliah di kelas. prokprokprok.



SEMESTER 5-6

Semester ini adalah semester konsentrasi jurusan. kamu akan sedikit terpisah dari stambukmu. karena disini akan ada pembagian lagi. misalnya konsentrasi Mikrobiologi, konsentrasi Ekologi Hewan, Konsentrasi Genetika, Konsetrasi Fisiologi tumbuhan, Konsentrasi Fisiologi Hewan, Konsentrai Fisio dan Eko Hewan, Konsentrasi Kultur Jaringan, dan ada beberapa konsentrasi lagi. sesuai dengan minat kamu saja.
oh iya, di tahun ini kamu akan menjadi kakak asuh dari junior yang baru masuk. kamu akan dimintai bahan dan pertolongan oleh Maba yang akan beradaptasi dengan kerasnya dunia biologi.serta kamu kalau cerdas,dan ceria (hehe) kamu bisa menjadi Asisstan Laboratorium (Aslab) yang kece badai.

SEMESTER 7-8

Tahun ke empat adalah tahun dimana kamu muali menyusun penelitian. dan kelas-kelas serta lab-lab yang kamu gagal di semester-semester sebelumnya, silahkan mengulang di tahun ini pula. yang masih jadi aslab ya tetap jadi aslab.

pokoknya di tahun keempat ini menentukan mau cepat tamat atau masih nyaman guling-guling di laboratorium universitas sih. hehehe.kalau sudah tamat ya bakalan punya lab yang lebih keren dong ya.


kayaknya ini saja yang iyah masih pahami dari jurusan iyah sendiri, sampai sekarang walaupun iyah mudah-mudah susah menghadapi kerasnya hidup di alam liar biologi ini, iyah tetap suka karena benar-benar iyah banget. Biologi menutaskan kekepoan iyah serta bisa menjadi penyaluran ide-ide iyah yang rada aneh. hehehe

sudah deh, tulisan ini khususnya buat para calon mahasiswa yang pengen masuk Biologi tapi bingung Jurusan S1 Biologi Murni, Mau jadi apa? . Semoga sudah terjawab ya... Wassalam! salam biologi, Pencinta alam!

UPDATE: Merespon banyaknya pertanyaan terkait jurusan biologi Iyah membuat tulisan baru silahkan lihat di : Frequently asked-jurusan biologi